Inilah Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi Venue Pernikahan Pilihanmu!

24 Mar 2020 | By Wedding Market | 68
Inilah Beberapa Syarat yang Harus Dipenuhi Venue Pernikahan Pilihanmu!
Foto: Fox Tail Barns

Ketika sedang merencanakan sebuah pernikahan, salah satu hal yang lebih dahulu untuk diprioritaskan dibandingkan hal yang lain adalah memilih venue pernikahan. Apakah vendor venue pilihanmu sudah tepat? Ada beberapa syarat venue pernikahan yang harus dipenuhi oleh vendor pilihanmu

Pernikahan merupakan sebuah momen yang sangat spesial bagi calon pasangan pengantin yang baru ingin membangun bahtera rumah tangga bersama. Jadi, wajar saja jika kamu menginginkan sebuah pernikahan yang berkesan. Karenanya, syarat ini akan menjadi penentu untuk memilih hal-hal lainnya, seperti jumlah undangan, katering, tema pernikahan, dan sebagainya. 

Restu sudah diterima, tanggal bahkan konsep sebuah pesta pernikahan sudah disepakati oleh kedua belah pihak keluarga. Maka, inilah selanjutnya tugas yang harus dirimu dan pasangan jalani yaitu mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan yang sesuai dengan konsep yang sudah kamu sepakati bersama.

Banyak sekali jenis venue pernikahan yang bisa kamu pilih, lho, ladies. Tetapi, sebelum kamu memilih venue pernikahan untuk hari pernikahan kamu. Maka kamu harus memerhatikan 7 elemen syarat penting ini. Dengan alasan untuk mempermudah kamu dalam menentukan pilihan yang tepat, kok.

Berikut beberapa syarat venue pernikahan yang harus dimiliki oleh venue pilihanmu, ya.

Foto: The Springs Event

1. Kapasitas venue harus sesuai dengan jumlah undangan

Kapasitas daya tampung untuk para tamu undangan merupakan sebuah hal yang utama. Bagaimana tidak, kamu harus menyesuaikan venue pernikahan yang sudah kamu pilih itu  dengan jumlah tamu undangan yang akan kamu undang.

Tentunya, kamu tidak ingin kan kalau venue pernikahan yang sudah kamu pilih itu ternyata fasilitas ruangan yang disediakan sempit dan sesak. Apakah kapasitas yang ditampung tidak sebanding dengan jumlah tamu undangan? Pastinya, venue yang terlalu kecil dibandingkan dengan jumlah tamu bisa membuat para tamu undangan merasa tidak nyaman ketika menghadiri acara pesta pernikahanmu.

Tetapi, kamu juga jangan memilih venue pernikahan yang terlalu besar juga. Dengan hal itu, akan membuat pesta pernikahanmu terlihat sepi, lho.nah, inilah syarat venue pernikahan, perhitungkan kapasitas venue dengan tamu undangan dengan tepat agar acara pesta pernikahamu dapat dinikmati.

2. Memilih lokasi yang mudah dijangkau

Lokasi pesta pernikahan juga termasuk ke dalam syarat venue pernikahan pilihanmu. Disarankan untuk jangan terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan ya, ladies. Perlu mempertimbangkan dengan tepat, baik itu lokasi yang strategis dan bisa dijangkau dengan mudah oleh tamu undangan yang ingin hadir.

Beda halnya, jika kamu ingin menggelar sebuah acara pesta pernikahan di luar kota. Kamu perlu memastikan dengan baik terhadap para tamu undangan agar memiliki akses yang mudah untuk dijangkau sehingga bisa datang ke acara pesta pernikahan kamu tepat waktu.

3. Memerhatikan kemacetan yang ada di sekitar lokasi

Kemacetan juga dijadikan sebagai salah satu faktor penentu dalam memilih lokasi sebuah acara. Mencari lokasi yang tidak terlalu padat oleh acara lainnya juga menjadi sebuah pertimbangan yang bagus. Hal ini bisa membuat para tamu undangan dengan senang hati datang ke acara pesta pernikahan kamu.

Jika area yang ada di sekitar venue pernikahan mu ternyata macet. Itu juga dapat mempengaruhi ketepatan acara pernikahan yang kamu gelar. Terutama jika kamu memilih waktu untuk menggelar sebuah acara pesta pernikahan tepat pada Sabtu malam.

Tentunya, di mana lalu lintas lebih padat dibandingkan hari lain. Kamu perlu kerja double untuk memperhitungkan jalur-jalur alternatif yang bisa dilalui untuk menuju lokasi acara pesta pernikahan. Tak hanya itu, kamu juga perlu menginformasikannya pada peta lokasi yang tertera pada undangan pernikahanmu.

4. Fasilitas parkir yang cukup memadai

Selain kamu perlu mempertimbangkan kapasitas venue, ternyata kapasitas parkir juga menjadi salah satu syarat venue pernikahan. Seringkali tamu undangan kamu merasa kesulitan untuk mencari parkir ketika menghadiri sebuah pesta pernikahan. Maka dari itu, kamu perlu memilih venue pernikahan dengan fasilitas area parkir yang sesuai dengan kapasitas.

Pasti kamu tidak mau kan kalau para tamu undangan ternyata terlambat datang hanya karena kelamaan cari parkir kendaraannya? Jika area parkir di tempat acaramu terbatas, kamu perlu mencari alternatif lain. Misalnya dengan menyediakan jasa valet parking atau menyewa lahan parkir tambahan di dekat lokasi pesta pernikahanmu.

Namun, kalau kamu mengalami peristiwa yang seperti ini, kamu harus koordinasikan mengenai hal ini dengan wedding organizer untuk menghindari kesulitan parkir. Agar tidak terjadi miss comunication, lho!

5. Konsep pernikahan harus disesuaikan dengan venue pilihanmu

Konsep pernikahan menjadi salah satu penentu dalam syarat venue pernikahan. Apalagi jika kamu memilih pernikahaan yang mengusung konsep tema atau adat tradisi tertentu. Maka dari itu, penting sekali untuk kamu memilih venue pernikahan dengan nuansa yang selaras dengan konsep pernikahanmu.

Beberapa venue pernikahan memang memiliki desain arsitektur dan interior yang kemungkinan besar saja sesuai dengan konsep pernikahanmu. Jadi, kamu tidak perlu lagi untuk menyiapkan dekorasi yang berlebihan. Manfaatkan dekorasi yang sudah melekat pada gedung. Beda halnya, jika kamu ingin dekorasi tambahan pada venue pesta pernikahan yang sesuai keinginanmu, maka pilihlah venue pernikahan yang mudah ditata, ya.

6. Antisipasi cuaca

Nah, suaca juga menjadi salah satu pertimbangan lainnya dalam syarat venue pernikahan. Jika tanggal pernikahanmu jatuh pada musim hujan,lebih baik kamu memilih venue pernikahan di dalam ruangan (indoor). Eits, bukan apa-apa, lho. tujuannya itu untuk menghindari bubarnya pesta pernikahan karena turun hujan atau angin kencang.

Beda halnya, Jika kamu ingin mengadakan acara pesta pernikahan di tempat terbuka (outdoor), kamu juga harus mempersiapkan keperluan lainnya, seperti tenda tambahan untuk para tamu undangan. Sebagai salah satu langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kemungkinan cuaca memburuk.

7. Memiliki katering yang sudah sepaket dengan venue pernikahan

Memilih hidangan makanan untuk para tamu undangan yang tepat sangat penting agar tamu bisa menikmati dengan rasa bahagia. Ada beberapa venue pernikahan sudah sekaligus menyediakan beberapa pilihan katering yang sepaket dengan penyewaan venue.

Jika kamu menyukai menu yang disediakan dan kualitas catering dari venue tersebut, maka hal ini tentu tidak akan menjadi sebuah masalah. Tapi, jika kamu mempunyai catering favorit lainnya, lebih baik kamu memilih venue pernikahan yang bisa bekerjasama dengan vendor catering pernikahan lainnya.

Kamu perlu tahu lebih banyak mengenai vendor catering mana saja kah yang menjadi rekanan vendor dari venue  pernikahan yang kamu pilih. Karena ada beberapa venue yang terkadang tidak mengizinkan kamu menggunakan jasa katering selain katering rekanan mereka. Bukan begitu, ladies?

Nah, di atas ada beberapa ulasan mengenai syarat yang harus dipenuhi oleh venue pernikahan pilihanmu. Terkadang memilih venue pernikahan itu gampang-gampang susah, lho. disarankan untuk kamu jangan terlalu gegabah hanya karena takut keduluan oleh pasangan calon pengantin yang lainnya.

Semua harus dipikirkan dan dipersiapkan secara matang ya, ladies. Rembukan terlebih dahulu dengan pasangan bahkan dengan keluarga kamu pun juga.  Pastinya, semua pasangan calon pengantin menginginkan hari spesialnya itu berjalan dengan baik dan memberikan kesan yang baik juga. Ingat, menggelar pesta pernikahan hanya sekali dalam seumur hidup, lho.

Jadi, apakah kamu sudah punya kandidat venue yang tepat untuk pernikahanmu? Jangan lupa untuk memesan vendor venue pernikahan dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tempat, ya!


Artikel Terkait