Pilih Kategori Artikel

5 Cara Mudah Mendapatkan Wedding Organizer Terbaik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Calon pengantin pastinya menginginkan pernikahan yang berjalan dengan lancar. Maka dari itu, pemilihan vendor menjadi hal penting dalam proses persiapan pernikahan termasuk wedding organizer. Apakah kamu ingin mengetahui trik dalam mencari wedding organizer terbaik? 

Terdapat beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui mengenai pencarian wedding organizer. Tak hanya dari segi budget yang murah saja. Kamu dan pasangan wajib melakukan riset mendalam mengenali beberapa komponen yang wajib kamu ketahui sebelum memilih wedding organizer.

1. Cek Portfolio

wm_article_img

Cara mudah untuk mendapatkan wedding organizer terbaik adalah dengan mencek porfolio dari wedding organizer tersebut. Sebagai calon pengantin kamu wajib mengetahui portfolio dari wedding sebelumnya. Hal ini untuk mengetahui kualitas dari vendor yang akan kamu pilih. 

Cara ini juga bisa membantu kamu mengetahui apakah selera dan gaya dari wedding organizer yang akan kamu pilih sudah sesuai dengan kamu dan pasangan. Misalnya kamu akan mengambil konsep pernikahan outdoor. Maka sebaiknya kamu mencari wedding organizer yang terbiasa dengan pernikahan tersebut. 

Kamu tak hanya mengecek dari segi hasil kerja wedding organizer. Kamu juga bisa melihat testimoni dari calon pengantin sebelumnya. Cara ini bisa jadi patokan kepuasan dari para klien. Pastinya semakin banyak testimoni positif artinya memang semakin bagus kerja dari wedding organizer tersebut. 

Portfolio sendiri juga bisa membantu kamu dan pasangan mendapatkan inspirasi pernikahan. Semakin banyak porfolio yang dimiliki wedding organizer, maka kamu dan pasangan akan punya banyak pilihan. Kerap kali ada pasangan yang belum punya konsep sama sekali. 

Dengan bantuan porfolio, bisa jadi kamu dan pasangan jadi terinspirasi. Selain itu, portfolio juga membantu kamu memilih mana hal yang tidak kamu inginkan. Misalnya pada segi dekorasi kamu tidak mau ada warna bunga yang terlalu norak. 

2. Lihat detail paket pernikahan

Sebagai calon pengantin pastinya kamu dan pasangan harus menemukan paket yang sesuai dengan keinginan dan budget. Maka dari itu, kamu harus mencari detail paket pernikahan jika ingin mendapatkan wedding organizer terbaik. Ada beberapa hal detail yang wajib kamu perhatikan.

Pertama dari segi makanan. Kamu harus melihat kelengkapan dari paket catering yang ditawarkan. Pastikan menu sudah sesuai mulai dari prasmanan sampai pondokan. Pastikan jumlah porsi yang ditawarkan hingga variasi makanannya. 

Kedua adalah dari segi dekorasi. Pastikan paket yang disampaikan sudah sesuai dengan selera dan budget. Misalnya dari segi desain dan dekorasi. Bila kamu menginginkan tema rustic misalnya. Pastikan item atau komponen yang ditawarkan sudah sesuai dengan konsep yang kamu dapatkan. 

Ketiga dari segi make up dan juga pakaian. Kamu harus tahu apakah paket pernikahan tersebut sudah memenuhi kebutuhan kamu dan pasangan. Misalnya baju dan make up untuk keluarga. Seringkali hal ini tidak terpikirkan sehingga terlewat. Jadi pastikan kamu mendapatkan detail pernikahan ini ya.

Terakhir, jangan lupa minta detail lainnya misalnya bonus atau paket tambahan yang akan kamu dapatkan. Misalnya janur kuning atau penyediaan buku tamu. Memang harganya tidak seberapa tapi jika tidak dipikirkan pastinya jadi masalah besar. 

Salah satu indikator wedding organizer terbaik adalah memberikan paket yang lengkap. Dengan begitu kamu dan pasangan tidak lagi repot-repot memikirkan hal detail. Jadi sebaiknya kamu mempelajari lebih dalam paket yang ditawarkan oleh wedding organizer tersebut.  

3. Cek vendor yang digunakan 

wm_article_img

Tidak semua wedding organizer mampu memenuhi kebutuhan pengantin. Terkadang mereka memakai vendor lain untuk melengkapi paket pernikahan yang ditawarkan ke calon pengantin. Maka dari itu, kamu sebaiknya mengecek vendor yang dipakai. 

Wedding organizer terbaik pastinya akan memberikan pilihan vendor yang pastinya berpengalaman dan memiliki kualitas terbaik. Banyaknya pilihan vendor menjadi penting karena kamu dan pasangan juga membutuhkan perbandingan sebelum akhirnya memilih. 

Tak hanya dari segi kualitasnya saja. Kamu dan pasangan sebaiknya memilih vendor yang sesuai dengan konsep. Misalnya kamu ingin konsep pernikahan di gedung. Pastinya kamu mencari paket pernikahan dengan dekorasi mewah dengan berbagai pilihan venue.

Jangan sampai kamu memilih wedding organizer yang tidak mencantumkan nama vendor. Dengan begitu, kamu tidak bisa membandingkan atau melihat secara keseluruhan gaya pernikahan yang akan dibawakan. Apalagi kalau kamu dan pasangan menginginkan konsep tertentu misalnya adat. 

Pernikahan adat membutuhkan pengalaman tersendiri. Vendor yang menangani juga harus punya pengetahuan dan pengalaman terhadap adat tersebut. Jadi, jangan sampai kamu dan pasangan malah salah memilih vendor sehingga pernikahan bisa jadi berantakan. 

4. Detail budget 

Paket wedding organizer terbaik juga harus diikuti dengan informasi budgeting yang jelas. Mungkin wedding organizer tidak akan memberikan secara detail harga dari setiap paket, misalnya harga pondokan per porsi. Tapi kamu perlu mengetahui detail budget secara umum.

Misalnya kamu dan pasangan sangat ingin punya pernikahan dengan dekorasi yang mewah. Jika kamu mengetahui besaran budget untuk dekorasi, maka kamu jadi bisa membayangkan seberapa mewah dekorasi yang akan kamu dapatkan. 

Banyak calon pengantin yang merasa tertipu karena mungkin dari gambar dan kenyataan tidak sesuai. Maka dari itu, cara mudah untuk mengeceknya dari budget. Pastinya semakin mahal budget, kamu akan semakin mendapatkan dekorasi yang mewah. 

Mungkin kamu dan pasangan juga sangat concern terhadap makanan. Kamu memang harus mengukur vendor makanan dari segi makanan saat test food. Tapi jangan lupa kamu juga harus mengecek berapa budget yang dikeluarkan. Ini juga memastikan kelas vendor yang ditawarkan sesuai dengan konsep.

5. Cara Komunikasi yang Baik

wm_article_img

Wedding organizer terbaik pastinya punya tim professional yang siap membantu persiapan pernikahan kamu. Sebagai calon pengantin, kamu harus memastikan wedding organizer tersebut benar-benar bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar supaya tidak ada yang kurang saat hari H. 

Ciri wedding organizer yang baik adalah selalu inisiatif dan memberikan update kepada kamu dan pasangan. Biasanya mereka juga tidak hanya memberikan update tetapi juga masukan. Pastinya saat kamu memakai jasa mereka, kamu dan pasangan punya harapan mendapatkan bantuan mengenai persiapan.

Pastinya kamu dan pasangan belum punya banyak pengalaman mengenai persiapan pernikahan. Wedding organizer harus bisa diandalkan dalam hal ini. Tak hanya berkomunikasi dengan kamu dan pasangan saja, wedding organizer juga wajib menjalin komunikasi dengan keluarga. 

Komunikasi yang baik ini menjadi kunci dari kesuksesan pernikahan. Setiap kendala yang kamu dan pasangan dapatkan sebaiknya harus diketahui oleh wedding organizer. Tim organizer juga punya tugas untuk membantu menyelesaikan. Jangan sampai malah kamu dan pasangan dibiarkan begitu saja.

Itu dia beberapa unsur dan hal-hal yang perlu kamu ketahui saat memilih wedding organizer terbaik. Temukan vendor terbiakmu di Wedding Market!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...