Pilih Kategori Artikel

Cara Memilih Jasa Makeup Pengantin yang Tepat untuk Hari Istimewamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara masalah makeup pengantin tentu tidak sembarang seperti makeup di acara biasa atau makeup sehari-hari. Jasa makeup pengantin sangat dibutuhkan oleh calon pengantin yang ingin menikah. Maka dari itu, kamu sebagai calon pengantin harus tau bagaimana cara memilihnya supaya kamu bisa terlihat sangat chic di pesta.

Tentu cantik seperti princess merupakan hal yang setiap pengantin wanita inginkan bukan...? Untuk mendapatkan impian ini tentu saja kamu harus memilih jasa makeup atau MUA yang tepat untuk merias wajah kamu. Nah, kira-kira bagaimana cara memilih jasa makeup yang tepat? 

Cara Dapatkan Makeup Pengantin yang Tepat untuk Hari Pernikahanmu

wm_article_img
From: kim_mirim_ from Instagram

1. Mencari Referensi 

Upaya ini adalah cara pertama kamu untuk menemukan jasa makeup pengantin atau MUA terbaik. Kamu bisa melakukan pencarian referensi ini pada kerabat terdekat kamu, sahabat atau teman-teman terbaikmu tapi bisa juga mencari di internet seperti media sosial, website-website resmi jasa makeup dan lain-lain. 

Hanya saja, kalau di media sosial kamu harus waspada. Karena kemungkinan besar bisa terjadi penipuan. Jika kamu ingin mencarinya di media sosial, untuk antisipasinya kamu pilih yang followersnya banyak dan akunnya dibuat sejak lama. Hindari akun jasa makeup yang followers-nya kurang dari 300 dan akunnya baru beberapa bulan atau tahun saja yang dibuat. Kreteria akun seperti ini sangat berpotensi penipuan dengan cara meminta DP. 

Mengingat kemungkinan buruk ini, akan menjadi lebih baik jika kamu mencari referensi ke kerabat atau teman-teman dekat kamu saja. Siapa tau mereka pernah menggunakan MUA saat wisuda atau saat pernikahannya dulu. Mendapatkan informasi dari yang sudah berpengalaman seperti ini tidak akan terlalu mengkhawatirkan. 

2. Sesuaikan Budget

Tips kedua, kamu harus menyesuaikan budget dengan tingkat kelas jasa makeup pengantin yang kamu pilih. Jika kamu sudah menemukan referensi yang terbaik, tanyakan atau cari tau harga jasa makeup-nya terlebih dahulu. Baik di website resminya, sosial media atau pada teman-teman kamu yang sudah pernah menggunakan jasanya.

Kalau kamu sudah mengetahuinya masukkan di list persiapan pernikahanmu. Jika kamu punya beberapa opsi, pilih yang menurut kamu sesuai dengan budget yang sudah kamu siapkan. 

Memang tidak selamanya yang murah itu tidak bagus. Bahkan ada jasa makeup yang hanya 300 ribuan saja bahkan ada yang jutaan rupiah dan harga seperti itu belum tentu menjamin tingkat kualitasnya. Untuk itu, sangat dianjurkan buat kamu mencari informasi harga ke teman terdekat kamu yang sudah menggunakan jasanya. Karena mereka tentu lebih tau kualiatas dan keseimbangannya dengan harga makeup yang ditawarkan.

3. Pertimbangkan Fasilitas yang Didapatkan

Setiap MUA pasti berbeda-beda tawaran paketnya. Penting sekali buat kamu untuk mempertimbangkan fasilitas paket makeup yang akan kamu dapatkan nanti. Pastinya sesuai dengan kebutuhan kamu di untuk persiapan pernikahan.

Ada jasa makeup pengantin yang hanya menawarkan rias wajah, rambut atau kerudung saja ada juga yang paket komplit seperti sewa gaun, perhiasan, buket dan lain sebagainya. Paket komplit, tentu akan lebih mahal, untuk itu sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhanmu.

4. Sesuaikan Jarak

Selanjutnya penting juga buat mempertimbangkan jarak MUA yang ingin kamu gunakan. Pilihlah yang sekiranya jaraknya lebih cepat dijangkau dan lebih dekat dengan rumah atau vanue pernikahan kamu. Supaya nanti tidak terjadi kendala yang berdampak buruk pada waktu pernikahan kamu.

Jika kamu mau menggunakan jasa makeup yang ada di sosial media, pastikan sebelum hari pernikahan kamu sudah mengunjungi tempat MUA tersebut untuk menghindari penipuan. Khawatir kalau kamu belum pernah tau tempat penyedia jasa tersebut, di hari pernikahan nanti saat kamu ingin berkunjung ke salon jasa makeup-nya ternyata tidak ada tanda-tanda ada salon. Masalah ini akan sangat mengacaukan pernikahan kamu nanti.

5. Lihat Portofolio

Mengetahui hasil makeup yang sudah pernah dikerjakan perias dari MUA yang ingin kamu pilih merupakan hal yang tidak kalah pentingnya untuk diselidiki. Penyedia jasa makeup pengantin yang sudah terpercaya dan terkenal kualitasnya pasti tidak akan ragu untuk memajang hasil makeupnya di website atau sosial media resminya.

Lihat before dan after dari protofolio yang dipajang. Perhatikan hasil makeup yang wajah aslinya sesuai dengan jenis kulit kamu. Jadi, kalau kulit wajah kamu termasuk jenis kulit berjerawat. Lihat hasil makeup MUA tersebut saat merias wanita dengan jenis kulit berjerawat.

Selain itu, pertimbangkan juga jenis alat dan produk makeup yang digunakan. Biasanya sudah tercantum di website-nya alat dan produk apa saja yang dipakai untuk merias wajah pengantin. Kalau kamu ingin mengadakan pesta pernikahan outdoor maka kamu harus pilih MUA yang menggunakan produk makeup waterproof supaya ketika acara pesta dimulai makeup kamu tidak luntur.

6. Sesuaikan dengan Style Riasan yang Diinginkan

Style riasan biasanya tergantung jenis acara yang ingin kamu hadiri atau kalau sebagai pengantin di acara pernikahan sepertinya kamu harus mencocokannya dengan konsep atau tema pernikahan yang akan kamu usung. 

Caranya kamu tinggal melihat hasil riasan yang sudah dipajang di website penyedia jasa makeup tersebut. Pastikan kamu menemukan gaya makeup yang kamu inginkan di sana. Setiap MUA memang mempunyai karakter gaya riasan yang beda-beda. Bahkan ada juga yang memiliki banyak tawaran gaya makeup. Itulah sebabnya, kamu harus memilihnya dengan teliti.

Jika kamu ingin mengusung konsep pernikahan adat, kamu harus memilih model riasan yang tradisional. Jangan memilih yang gaya makeup modern yang glamour. 

7. Lihat Reputasi dan Testimoni

Reputasi dari penyedia jasa makeup pengantin akan sangat baik jika memang terpercaya dan hasil makeup-nya berkualitas, begitu pula sebaiknya. Cara untuk mengetahui hal tersebut, kamu membutuhkan testimoni yang benar terkait kepuasan hasil makeup yang ditawarkan MUA tersebut.

Kamu bisa melakukan cara ini dengan melihat hasil testimoninya di  sosial media, pastikan kamu mengetahui bedanya testimoni buatan penyedia jasa atau mutlak dari pelanggan. Biasanya testimoni palsu cenderung berlebihan. 

Untuk menghindari pemalsuan, sebaiknya kamu harus mencari testimoni makeup dari teman atau kerabat terdekat kamu yang pernah menggunakan jasanya. Kalau memang responnya positif. Kamu bisa memilih penyedia jasa tersebut. Akan tetapi kalau sebaliknya, sebaiknya jangan dilanjutkan.

8. Lakukan Uji Coba

Sebelum mencoba untuk merias wajah kamu di hari pernikahan, cara memastikan penyedia jasa makeup tersebut benar-benar bagus. Kamu bisa melakukan uji coba makeup iseng-isengan di salonnya. Jika memang hasilnya memuaskan kamu bisa putuskan untuk menggunakan jasanya. 

Karena jika tidak melewati tahap ini dan hanya terpengaruh dari testimoni yang belum tentu benarnya, bisa jadi akan berdampak buruk pada riasanmu di hari pernikahan. Tentu kamu tidak ingin secelaka ini kan di pesta? 

Itulah pembaca cara memilih jasa makeup pengantin yang tepat untuk pernikahanmu. Jangan lupa setelah melewati tips memilih MUA yang tepat di atas, kamu harus segera pesan ya supaya jadwal rias tidak bentrok. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...