Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Jenis Lagu Pernikahan Jawa untuk Resepsi Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan dengan gaya adat Jawa masih menjadi salah satu gaya pernikahan yang cukup primadona bagi sejumlah kalangan. Selain menyesuaikan dengan budaya  yang ada, pernikahan dengan tema adat juga dipandang lebih sakral dan berkesan bagi para mempelai. Sebagai pelengkap pesta  pernikahan dengan gaya  adat Jawa, biasanya juga  dilengkapi dengan lagu pernikahan Jawa yang dimainkan pada saat resepsi acara pernikahan.

Dengan adanya lagu-lagu pernikahan Jawa, biasanya akan menambah kesan romantis, unik, dan juga elegan pada pesta pernikahan yang digelar. Terlebih jika lagu-lagu yang digunakan tersebut pas dan tepat sesuai dengan momen yang  ada maka kesan istimewa pun bisa semakin terpancar pada pesta pernikahan tersebut.

Lagu Pernikahan Jawa yang Bisa Kamu Hadirkan saat Pesta Pernikahan

wm_article_img
Foto: elida_suryandari from Instagram

Kalau kamu juga ingin menghadirkan pesta pernikahan dengan adat Jawa yang dilengkapi dengan lagu-lagu khusus Jawa, beberapa rekomendasi jenis lagu pernikahan untuk resepsi pernikahan adat Jawa berikut bisa menjadi referensi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Lagu-Lagu Campursari

Tidak bisa dipungkiri kalau musik-musik Jawa itu identik dengan aliran yang dinamakan dengan campursari. Musik yang memadukan antara gamelan tradisional dan juga alat musik modern ini cukup banyak digandrungi oleh orang-orang di Jawa dan juga bahkan orang-orang yang tidak memiliki latar-belakang seorang suku Jawa.

Beberapa penyanyi campur sari yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga adalah mendiang Didi Kempot. Dengan berbagai lagu campursari, Beliau menjadi salah satu penyanyi campursari yang banyak digemari.

Jika kamu ingin menghadirkan lagu pernikahan adat Jawa, musik-musik dengan aliran campur sari menjadi salah satu yang harus kamu hadirkan. Lagu-lagu campursari yang syahdu bisa menjadi pengiring bagi para tamu undangan ketika sedang menikmati hidangan atau ketika sedang bersantai sembari berbincang dengan tamu undangan yang lainnya.

2. Musik-Musik Keroncong

Pilihan lainnya yang bisa kamu hadirkan pada pesta pernikahan dengan adat gaya Jawa adalah musik dan lagu-lagu keroncong. Meskipun aliran musik ini bukan murni berasal dari Jawa namun ia tetap menjadi salah satu aliran musik yang bisa diterima dengan baik dimana pun termasuk di Jawa.

Musik dan lagu-lagu keroncong pada umumnya mengusung lagu yang cenderung slow dengan menonjolkan permainan alat musik petik seperti cello, gitar, ukulele, dan ataupun gitar dengan tiga senar. Ditambah dengan permainan ketipung (sejenis kendang) akan menambah musik ini menjadi syahdu dengan ciri khas yang menarik.

Kamu bisa menghadirkan musik-musik dengan tema dan lagu keroncong sebagai musik pengiring pesta pernikahan yang kamu gelar. Terlebih saat ini sudah semakin banyak lagu-lagu Jawa yang bisa dimainkan dengan menggunakan aliran keroncong. Kehadiran musik-musik dengan alunan keroncong ini bisa menjadi pendamping suasana yang tepat pada resepsi pernikahan yang kaamu lakukan.

3. Musik Gamelan Tradisional Jawa

Pilihan musik-musik lagu pernikahan Jawa yang bisa kamu pilih berikutnya adalah alunan gamelan klasik Jawa yang cukup memesona. Sesuai dengan namanya, musik ini mengusung irama alunan gamelan Jawa klasik dengan gendhing (irama) yang memang dikhususkan untuk gelaran pesta pernikahan.

Sebenarnya ada cukup banyak jenis gendhing yang bisa dimainkan untuk pesta pernikahan. Jika kamu menggunakan vendor pernikahan dengan adat Jawa, biasanya mereka sudah mengetahui irama apa saja yang perlu dimainkan selama prosesi berlangsungnya acara. Jika kamu ingin menggunakan musik ini, kamu tidak perlu menghadirkan satu set gamelan Jawa beserta pada pemainnya. Kamu cukup memutar rekaman atau kaset gamelan selama prosesi pesta pernikahan.

4. Lagu-Lagu Pop Jawa

Musik Jawa tidak hanya campursari saja. Saat ini telah mulai muncul genre yang mengarah ke pop dan dikemas dengan aransemen musik dan juga bahasa Jawa. Lagu dan musik seperti ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang bisa kamu gunakan sebagai lagu pernikahan Jawa untuk menemani para tamu undangan dalam bersantai dan bersantap hidangan.

Untuk pernikahan dengan gaya  adat Jawa, sebaiknya kamu menghindari pemilihan musik atau lagu-lagu yang terlalu keras dan ‘bersemangat’. Hal ini justru bisa saja malah mengurangi kesan istimewa dan sakral pada pesta pernikahan yang kamu gelar. Dengan memilih jenis lagu yang tepat maka suasana pesta pernikahan yang kamu gelar pun akan menjadi semakin istimewa.

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan lagu-lagu dan musik pada pesta pernikahan, tentu kamu perlu mempertimbangkan banyak aspek. Mulai dari penyediaan anggaran, pemilihan grup penyanyi, dan bahkan juga pemilihan musik-musik yang sesuai dengan gelaran pesta pernikahan tersebut.

Untuk pesta pernikahan dengan gaya adat Jawa, mungkin memilih lagu-lagu dan musik dengan irama yang ‘halus’ bisa menjadi pilihan tepat. Selain bisa menjadi sarana hiburan, kehadiran musik-musik yang tepat dan sesuai momen juga bisa menghadirkan kesan romantis yang mendalam selama berlangsungnya pesta pernikahan. Kamu juga bisa selingkan daftar lagu romantis agar dipadukan dengan nuansa modern.

Itulah beberapa rekomendasi jenis musik dan lagu pernikahan Jawa yang bisa kamu pertimbangkan. Kini dengan beberapa rekomendasi di atas, semoga kamu tidak lagi bingung dalam memilih musik pengiring yang tepat untuk pesta pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...