Pilih Kategori Artikel

Jadikan Dekorasi Pernikahan Lebih Hidup dengan Ragam Pencahayaan dan Lampu Dekorasi Pelaminan Mewah Ini!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada hari pernikahan, bukan pengantinnya saja yang harus glowing, pelaminan yang menjadi singgasana kedua mempelai juga harus bersinar, dong! Untuk menciptakan dekorasi pesta pernikahan yang sempurna, elemen pencahayaan juga sangat penting untuk diperhatikan, disamping backdrop ataupun dekorasi pernikahan lainnya. Maka dari itu, kamu membutuhkan lampu dekorasi pelaminan supaya suasana pesta pernikahanmu terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Perihal pencahayaan ini tidak bisa disepelekan, pasalnya pemilihan teknik pencahayaan atau lampu dekorasi pelaminan yang tepat akan sangat mendukung nuansa atau ‘ambience’ yang ingin diciptakan untuk konsep pernikahan impianmu. Teknik pencahayaan pada dekorasi pernikahan, baik indoor maupun outdoor ada beraneka ragam. Untuk pernikahan yang digelar dalam ruangan, biasanya menggunakan lampu-lampu LED terang yang akan sangat berfungsi memperjelas detail-detail pada setiap sudut ruangan. Sementara itu, pada konsep pernikahan outdoor khususnya di malam hari, lampu dekorasi berfungsi sebagai penerangan dan juga akan sangat membantu untuk menciptakan suasana hangat dan romantis di acara resepsimu.

Karena masalah pencahayaan ini bersifat teknis, kadang calon pengantin langsung mempercayakan saja pada vendor dekorasi untuk mengaturnya sedemikian rupa. Namun, ada baiknya kamu juga mengetahui ragam jenis tren pencahayaan pada dekorasi pernikahan, khususnya untuk lampu dekorasi pelaminan. Dengan pemilihan lampu yang tepat, kamu bisa mewujudkan konsep pernikahan impianmu, entah itu pernikahan bernuansa hangat, romantis, dreamy ataupun megah. Oleh karena itu, WeddingMarket telah merangkumnya dalam artikel ini. 

Jika kamu masih bingung untuk menentukan model pencahayaan ataupun lampu dekorasi pernikahan yang tepat, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Color Wash

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi Pernikahan | Lotus Design (foto via instagram/johan.k.lotus)

Color wash merupakan dekorasi lampu pernikahan yang memberikan efek pencahayaan menjadi warna-warni. Lampu warna-warni yang dihasilkan dari color wash berasal dari pencampuran dua bahan yaitu gel dan asetat. Kombinasi dari dua bahan tersebut akhirnya memberikan efek lampu menjadi warna-warni yang indah.

Penggunaan color wash bertujuan untuk memberikan efek dramatis pada setiap momen dalam pesta pernikahanmu. Misalnya ketika momen dansa pengantin, agar suasana menjadi semakin romantis maka color wash di-setting menjadi berwarna gelap. Selain untuk menunjang suasana, color wash juga punya fungsi lain yaitu memberikan kehangatan ekstra bagi para tamu yang datang. Untuk urusan pemasangan, color wash biasa dipasang di dua tempat yaitu di lantai maupun langit-langit ruangan, atau khusus untuk lampu dekorasi pelaminan.

2. Gobo

wm_article_imgGobo lighting via pinterest

Gobo merupakan teknik pencahayaan yang sering digunakan di ballroom sebuah gedung.  Gobo merupakan sejenis lampu stensil die-cut yang berfungsi memproyeksikan suatu objek di berbagai permukaan. Objek yang diproyeksikan bisa beragam namun objek yang paling sering dibuat di pesta pernikahan adalah inisial atau nama pengantin. Teknik pencahayaan ini juga dapat digunakan untuk memproyeksikan pola atau tekstur pencahayaan tertentu. Menarik bukan?

3. Lampu Lanskap

wm_article_imgwm_article_imgDekorasi Pernikahan : Lotus Design (via instagram/uplightpro)

Jika kamu ingin menggelar pesta pernikahan secara outdoor, lampu lanskap adalah pilihan terbaik. Selain berfungsi sebagai media penerangan, lampu satu ini juga bermanfaat untuk menyorot benda-benda di pesta pernikahanmu, termasuk pula untuk pelaminan. Lampu lanskap yang ditata di sekitar pelaminan akan menjadikannya sebagai spotlight di acara pernikahanmu, sehingga semua mata akan tertuju ke arah singgasana tempatmu berada. 

Selain itu, lampu lanskap juga bisa dipergunakan untuk memberikan penerangan jalan kepada para tamu yang datang.Penerangan tersebut perlu sekali dipersiapkan mengingat beberapa pesta pernikahan diadakan pada malam hari. Penerangan yang memadai berguna sekali untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan, seperti jatuhnya tamu karena tersandung benda asing atau seorang tamu tiba-tiba menginjak sesuatu yang tidak dia inginkan. Di sisi lain, lampu landskap juga berfungsi untuk menambah kesan dramatis di pesta pernikahan yang bisa membuat para tamu takjub ketika melihatnya.

4. Twinkle Light

wm_article_imgDekorasi Pernikahan Outdoor | Lotus Design (via instagram/johan.k.lotus)

Twinkle light atau lampu tumblr led merupakan sebuah rangkaian lampu dekorasi pelaminan yang biasa dipasang secara melintang di sebuah pesta pernikahan. Dipasangnya twinkle light secara melintang memiliki tujuan agar dekorasi pernikahan terlihat berbeda dari yang lain. Dibandingkan dengan lampu dekorasi pernikahan lain, twinkle light termasuk jenis lampu hias yang mudah untuk ditemukan dan harganya pun cenderung terjangkau. 

Selain itu, untuk menciptakan twinkle light yang lebih bagus, kamu bisa menggunakan twinkle light dari jenis lampu led dekorasi pelaminan. Dengan menggunakan lampu tersebut, cahaya yang dihasilkan bisa lebih terang dan suasana romantis pun bisa lebih mudah untuk diciptakan. Hanya saja, ketika menggunakan lampu dekorasi ini, kamu perlu hati-hati, mengingat penggunaan lampu twinkle yang berlebihan justru membuat tampilan pernikahanmu menjadi norak. Oleh karena itu, gunakanlah lampu twinkle secukupnya.

5. Lampu Sorot

Kemudian ada lampu sorot untuk lampu dekorasi pelaminan. Walaupun lampu sorot lebih sering digunakan pada acara-acara besar seperti konser musik atau acara formal yang lain, ternyata lampu sorot juga bisa digunakan pada acara pernikahan, loh. Pada acara tersebut, lampu sorot berfungsi sebagai media untuk memusatkan perhatian agar para tamu fokus pada pengantin, seperti saat pengantin berdansa, memotong kue pengantin maupun saat pengantin berjalan dari pintu menuju kursi pelaminan.

Bagi pengantin yang tidak terlalu suka menjadi pusat perhatian, penggunaan lampu sorot tidak cocok untuk mereka. Namun jika kamu tipe pengantin yang cuek dan tidak masalah diperhatikan oleh banyak orang, penggunaan lampu sorot adalah pilihan terbaik. Pasalnya pesta pernikahan merupakan hari yang penting bagi kamu, sehingga tidak ada salahnya jika kamu menjadi pusat perhatian orang-orang.

6. Pin Spotting

Pin spotting merupakan model pencahayaan yang memfokuskan pada desain sempit untuk menerangi objek tertentu. Objek yang sering menjadi fokus pin spotting mulai dari kue pengantin hingga altar pernikahan. Tentunya kamu juga bisa menggunakan lampu dekorasi pelaminan dengan pin spotting.

Kegunaan pin spotting pada pesta pernikahan adalah untuk membantu para tamu agar bisa memperhatikan detail-detail kecil seperti kue pengantin, terutama ketika pengantin akan memotong kue pengantin secara bersama-sama. Dengan adanya pin spotting, para tamu bisa lebih mengetahui terkait dengan desain kue pengantin yang dipersiapkan di pesta pernikahan, yang diharapkan desain kue tersebut bisa menginspirasi orang lain untuk menggunakannya juga.

7. Under Lighting

wm_article_imgDekorasi Pencahayaan | Etcetera Lighting

Under Lighting adalah lampu dekorasi pernikahan yang biasa ditempatkan di bawah untuk menembakkan cahaya ke arah atas. Tujuan dari penempatan tersebut adalah untuk mempercantik desain objek di atasnya sehingga lebih enak dipandang. Begitupun untuk lampu dekorasi pelaminan, dengan penempatan di sisi bawah pelaminan akan memberi spotlight dan mempercantik tampilan dekorasi pelaminan. Dalam acara pernikahan, under lighting sering ditempatkan di bawah meja kaca atau di bawah bunga-bunga yang menuju jalan ke pelaminan, atau di bawah dinding-dinding untuk mempertajam objek di atasnya. Dengan dekorasi under lighting yang cenderung eksklusif, membuat objek di atasnya menjadi lebih 'hidup' dan tersorot.

8. Up Lighting

wm_article_imgLighting | Uplight Lighting

Lampu dekorasi pernikahan ada banyak ragamnya, mulai dari standing lampu dekorasi, lampu tembak dekorasi hingga jenis up lighting. Khusus untuk up lighting, lampu jenis ini memang dibuat untuk dipasangkan di atas bangunan.

Up lighting sendiri sering kali digantungkan pada dinding bangunan bagian atas hingga bagian bawah. Fungsi dari up lighting adalah untuk mempercantik dinding dan kain dripping serta menghindari dinding nampak terlalu polos tanpa ada aksesoris yang mempercantiknya. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa berkonsultasi dulu dengan ahlinya. Konsultasi tersebut bisa berupa desain up lighting, warna lampu hingga aksesoris tambahan yang bisa mempercantik desain up lighting.

Memilih dan memilah teknik pencahayaan mana yang paling tepat untuk digunakan dari sekian banyak pilihan lampu dekorasi pernikahan memang menjadi PR tersendiri, tetapi tetap perlu dilakukan mengingat setiap detail dalam pernikahan harus benar-benar terkonsep dengan baik. Untuk memudahkanmu memilih lighting yang paling cocok, alangkah baiknya dipercayakan pada vendor-vendor berpengalaman. Kamu bisa menemukan para dekorator lighting profesional di WeddingMarket untuk acara spesialmu. Tak hanya itu saja, temukan juga berbagai promo menarik lainnya untuk kebutuhan pernikahanmu.

Itulah beberapa rekomendasi lampu dekorasi pernikahan yang bisa kamu gunakan untuk baik untuk lampu dekorasi pelaminan, maupun untuk mempercantik ruangan secara keseluruhan. Dekorasi lampu tersebut selain bisa membuat pesta pernikahanmu semakin meriah, juga bisa merubah suasana pernikahan menjadi lebih sakral dan lebih magis. Tentunya untuk menciptakan dekorasi pernikahan yang sempurna, kamu harus menyiapkan dari jauh-jauh hari ya, dears.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...