Referensi Mahar Uang Dibingkai untuk Pernikahanmu

31 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 141
Referensi Mahar Uang Dibingkai untuk Pernikahanmu
Foto: issnia on Lazada

Melihat aneka desain mahar uang dibingkai dengan frame sepertinya memang menarik. Terlebih bila dibentuk sesuai dengan keinginan, hingga kelak bisa dijadikan kenang-kenangan.

Memilih uang untuk mahar memang hal yang lumrah. Bahkan beberapa tahun yang lalu, tren menghias uang asli menjadi mahar dengan aneka desain sempat menjadi booming.

Begitu juga untuk kamu yang ingin melakukan hal yang sama. Sebaiknya segera urungkan niat agar kamu tidak terjerat hukum. Di Indonesia sedniri saat ini memang sudah diberlakukan pasal yang mengatur warganya untuk tidak menggunakan uang sebagai mahar.

Namun, sebetulnya bukan tidak boleh digunakan. Uang boleh digunakan namun tidak diubah bentuknya, dilema, stapler atau digunting hingga mendapatkan bentuk yang diinginkan. Jika tertangkap, pelaku pembuat mahar seperti ini bisa dipenjara bahkan kena denda hingga satu miliar rupiah.

Jadi yang bisa digunakan untuk hiasan pada mahar uang adalah uang mainan. Dan hanya digunakan sebagai simbolis saja, sementara uang aslinya bisa kamu diserahkan dengan cara yang lebih baik.

Sebenarnya ada banyak keuntungan bila kamu atau jasa pembuat mahar hanya menggunakan uang mainan. Di mana kreasi unik tersebut bisa didapat dengan harga yang terjangkau, bisa dijadikan pajangan tanpa harus merasa risau, terlebih bila rumah sedang ditinggalkan. Bisa juga dijadikan sebagai kenang-kenangan, dan pastinya akan terhindari dari proses hukuman.

Bisa kamu bayangkan sendiri bila mahar dibuat dari uang asli. Kemudian ketika kamu membutuhkannya, kamu tidak bisa menggunakannya karena uang dalam keadaan rusak. Sayang, kan? Untuk itu jika ingin tetap menggunakan uang asli, sebaiknya dipilih desain yang paling aman tanpa harus ‘melukai’ uang dengan proses lipat, lem atau strap. 

Jika enggan menggunakan uang asli, kamu bisa memilih uang mainan sehingga bisa dibuat seperti buket bunga pada umumnya. Bahkan uang mainan bisa digunting dan dilipat sesuai dengan kebutuhan. Jumlahnya sendiri bisa disesuaikan dengan jumlah asli maharnya. Namun jika tidak tidak, itu pun tidak akan dipermasalahkan.

6 Contoh Mahar Uang Dibingkai

1. Kipas

Referensi Mahar Uang Dibingkai untuk Pernikahanmu
Foto:  kreasimahar uput_uput on Youtube

Mahar uang dibingkai dan dibentuk menjadi kipas, sepertinya paling banyak dan mudah dibuat. Jika kamu memutuskan untuk membuatnya dari uang mainan, kamu tidak perlu khawatir bila harus menggulung atau menempelkannya satu sama lain.

Jenis mahar pernikahan ini bisa kamu coba buat sendiri, lho! Kamu bisa memulai dengan menyiapkan lembaran uang kertas mainan sebanyak mungkin. Kemudian bingkai menyerupai kipas dan kreasikan warnanya sesuai dengan keinginan.

Setelah disusun menyerupai kipas, kamu bisa merekatkannya pada alas yang akan digunakan untuk menyimpannya di dalam frame. Untuk bagian bawahnya, di mana akan terlihat bagian yang bertumpuk dan kurang rapi, bisa kamu tutup menggunakan, bunga kering, lace, nama pengantin, juga tanggal pernikahan.

Jika ingin terlihat lebih rumit dan unik, kamu bisa menggulung sedikit bagian dari kertas, sebelum disusun. Selanjutnya tetap berikan hiasan atau pernak-pernik lain untuk menghiasnya.

2. Inisial

Foto: diTaNiya shop on Tokopedia

Bosan dengan desain yang begitu-begitu saja, kamu bisa memilih menggunakan uang kerta mainan yang digulung sama rata, kemudian disusun hingga menunjukkan inisial namamu dan pasangan.

Karena menggunakan uang mainan, kamu bisa membubuhkan lem kertas agar kerta bisa merekat erat pada bagian alas yang akan digunakan. Jangan lupa untuk menyertakan tanggal pernikahanmu di bagian bawah, sebagai pengingat.

3. Burung Merak

Inspirasi uang mainan yang dibuat mahar bisa dibentuk menyerupai burung merak yang cantik. Memang dibutuhkan kesabaran untuk menyelesaikan kreasi yang satu ini. Namun meski begitu, kamu akan merasa puas, begitu melihat hasil akhirnya.

Bagian tersulit dari kreasi burung merak ini terdapat pada bagian badan dan paruhnya. Sementara pada bagian ekornya tidak akan terlalu sulit, karena kamu hanya perlu menyusunnya seperti kipas, kemudian meletakkannya pada alas keras sebelum dibingkai.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menyertakan manik-manik agar ekor burung terlihat berkelap kelip dan cantik. Tidak hanya satu, kamu bisa sekaligus membuat dua ekor burung yang saling berhadapan, sebagai simbol atas pernikahanmu.

4. Rumah Adat

Referensi Mahar Uang Dibingkai untuk Pernikahanmu
Foto: satujam.com

Kreasi contoh uang mahar dalam bingkai yang menarik berikutnya tak lain seperti gambar di atas, di mana uang dilipat dan digulung sedemikian rupa hingga membentuk rumah adat.

Jika gambar di atas merupakan bentuk rumah adat Sumatera Barat, kamu bisa mengkreasikannya dengan desain rumah adat lainnya. Pasti tidak kalah menariknya dan kamu bisa memilih menggunakan uang kertas dengan warna lain, sehingga terlihat lebih berwarna.

5. Masjid

Foto: kreasimaharuangmurah031 on Shopee

Pilihan kreasi mahar pernikahan berikutnya jatuh pada desain masjid. Meskipun kreasi ini banyak digunakan, namun bila kamu berhasil mengkombinasikan warnanya dengan lebih baik, mahar akan terlihat berbeda.

Mahar dengan bentuk masjid pastinya sangat tepat digunakan untuk pengantin yang ingin menunjukkan sisi religiusnya. Untuk kamu yang ingin mencoba membuatnya sendiri, bisa memulai dengan membuat lipatan uang kertas mainan yang dilipat dan disusun menyerupai kubah masjid.

Jika kamu kesulitan membuat kubahnya. Kamu bisa menggunakan satu set kubah yang di jual di pasaran. Selanjutnya gulung uang dan susun untuk menjadi tiang masjid. Untuk hiasan lainnya, kamu bisa menggunakan lafaz Allah atau bismillah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bulan dan bintang pada bagian kubahnya. Selanjutnya pemilihan frame sebaiknya dipilih yang desainnya simpel dengan warna pastel.

6. Hati

Inspirasi terakhir mahar uang dibingkai yang sangat cantik berbentuk hati. Mahar uang ini dapat dibentuk bersamaan dengan bunga kering kemudian dibentuk menyerupai hati. Mahar uang kertas mainan bisa kamu pilih, sehingga bisa dengan leluasa dibentuk tanpa harus takut rusak atau terjerat hukum.

Selain itu, kamu juga bisa menyertakan lafadz Allah dan Muhammad di tengah hati nampak begitu menarik. Sementara namamu dan pasangan bisa diletakkan di ujung frame, disertai dengan tanggal pernikahan. Di sini kamu juga bisa menyertakan manik-manik hingga kreasi terlihat lebih cantik.

Pilihan warna background juga sebaiknya diperhatikan betul. Seperti pada gambar di atas, kreasi mahar terlihat begitu elegan dan sangat indah.

Itu dia beberapa kreasi mahar uang dibingkai yang bisa kamu tiru dan kamu coba buat sendiri. Sebenarnya masih banyak sekali kreasi lainnya yang tidak kalah menarik. Dan jika kamu kesulitan untuk membuatnya sendiri, kamu juga bisa memesan pada pembuat jasa souvenir di kotamu. Mana desain yang paling menarik menurutmu? 


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket