Pilih Kategori Artikel

8 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Calon Pengantin Menjelang Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hari pernikahan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh calon pengantin. Berbagai persiapan pernikahan tak jarang telah dimulai dari jauh-jauh hari, salah satunya untuk mendapatkan tubuh fit dan ideal. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, dengan olahraga teratur menjelang pernikahan, makan-makanan sehat, ataupun melakukan perawatan sebelum menikah. Ada pula calon pengantin yang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan body goals di hari pernikahannya nanti. Tentu hal tersebut boleh saja, namun juga perlu berhati-hati karena ada resiko yang dapat ditimbulkan. Sebenarnya, cukup dengan olahraga teratur serta menjaga pola makan yang sehat saja, kamu juga bisa mendapatkan tubuh yang ideal.

Apakah kamu sudah menerapkan pola hidup sehat? Tahukah kamu, ada juga jenis-jenis makanan tertentu yang sebaiknya dihindari calon pengantin? Hal ini berguna untuk mencegah berbagai masalah dan gangguan kesehatan menjelang pesta pernikahan. Selain itu, dengan menghindari jenis-jenis makanan ini, kamu juga dapat mencegah potensi munculnya gangguan masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Adakah salah satunya makanan favoritmu? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Makanan cepat saji (Junkfood)

wm_article_img
ilustrasi: amirali-mirhashemian/unsplash

Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan cepat saji (junkfood) kebanyakan tidak sehat, entah itu mengandung nilai kalori yang cukup tinggi, kolesterol dan lemak jahat, atau bahkan pengawet. Makanan cepat saji seperti burger, hotdog, pizza, sebaiknya kamu hindari apabila ingin mendapatkan tubuh ideal di hari pernikahanmu nanti. Sebab, makanan-makanan tersebut berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan, gangguan pencernaan, hingga timbulnya masalah kulit seperti jerawat. Tentunya hal ini tidak diharapkan, bukan? Apabila kamu terpaksa harus mengkonsumsi makanan cepat saji karena tak punya banyak waktu atau terlalu sibuk, disarankan untuk mengimbanginya dengan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium. Contohnya pisang, alpukat, sayur bayam, dan mangga.

2. Makanan yang mengandung garam tinggi

Apabila kamu mendambakan kulit yang sehat di hari pernikahanmu nanti, sebaiknya hindari makanan yang mengandung garam atau sodium tinggi. Selain dapat memicu peningkatan tekanan darah dan juga dehidrasi, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan kulit cenderung berminyak dan mudah berjerawat. Gak mau 'kan make up pengantin mahalmu jadi kurang maksimal karena benjolan jerawat? Maka dari itu, selain melakukan perawatan kulit menjelang pernikahan, kurang-kurangi juga makanan asin, ya!

3. Goreng-gorengan

wm_article_img
Ilustrasi: Brian Chan/unsplash

Makanan yang digoreng memang nikmat, tekstur crispy dan renyah goreng-gorengan sungguh susah buat ditolak, ya? Gak heran deh makanan yang satu ini menjadi favorit hampir setiap orang. Namun, masalahnya adalah jika minyak yang digunakan untuk menggoreng cenderung tidak sehat, maka akan mengakibatkan penumpukan lemak di berbagai area tubuh, loh! Selain itu, goreng-gorengan juga bisa menyebabkan masalah kulit seperti wajah berminyak, jerawat dan komedo. Nah, kalau kamu tak ingin perawatan kecantikan yang dilakukan sebelum pernikahan sia-sia karena masalah-masalah tersebut, sebaiknya kurangi makan goreng-gorengan beberapa bulan menjelang pernikahan.

5. Minuman berkarbonasi 

wm_article_img
Ilustrasi: Amanda Shepherd/unsplash

Calon pengantin sebaiknya juga menghindari minuman berkarbonasi seperti soda dan minuman beralkohol menjelang pernikahan. Kenapa? Sebab minuman jenis ini mengandung gas dan gula yang tinggi. Gas pada minuman berkarbonasi dapat membuat perutmu kembung, sementara itu kelebihan gula dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan, antara lain: diabetes, fatty liver, asam urat, kerusakan gigi serta memicu berbagai penyakit kronis lainnya. Ganti kebiasaan minum minuman karbonasi dengan air putih, jus buah atau air kelapa saja ya dears, biar tubuhmu sehat dan bugar menjelang pernikahan. Bonusnya, berat badan akan terjaga, loh!

6. Hindari sayuran ini

Makan sayuran memang bagus untuk kesehatan. Namun, ada beberapa jenis sayuran yang sebaiknya dihindari untuk sementara waktu mendekati hari pernikahan. Jenis-jenis sayuran tersebut antara lain: brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran tersebut mengandung raffinose, sejenis gula yang dapat menyebabkan bakteri penghasil metana dalam usus besar meningkat. Hal tersebut kurang bagus, karena akan menyebabkan perut menjadi kembung. Nah, buat jaga-jaga sebaiknya kamu hindari juga ketiga jenis sayuran tersebut ya! 

7. Kafein

Para pecinta kopi tampaknya juga perlu puasa kafein untuk sementara waktu. Minuman nikmat ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh, akibatnya tubuhmu jadi tampak lesu. Tentunya hal ini tidak diharapkan, bukan?

8. Produk olahan susu (dairy product)

wm_article_img
Ilustrasi: baibaz/iStock

Satu lagi jenis olahan yang perlu kamu hindari menjelang pesta pernikahan, yakni dairy product. Beberapa produk olahan susu cenderung sulit untuk dicerna tubuh, akibatnya kamu akan mengalami kembung karena gas. Bahkan keju dan yoghurt tertentu dapat meningkatkan berat badan, loh! Jika kamu ingin tetap mengonsumsi makanan ini, maka sebaiknya pilih produk olahan susu yang rendah lemak, ya!

Itu dia beberapa makanan yang harus dihindari calon pengantin menjelang hari pernikahan. Semoga impianmu untuk mendapatkan tubuh ideal serta kulit sehat, mulus yang diidam-idamkan dapat terwujud. Tentunya dengan asupan nutrisi yang tepat, serta pola hidup yang sehat. Jangan lupa imbangi  juga dengan rutin melakukan beberapa olahraga sederhana yang baik untuk kesehatan, ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...