Pilih Kategori Artikel

Tubuh Ideal di Hari Spesial! Ini Dia Olahraga Sederhana yang Dilakukan untuk Persiapan Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbagai macam persiapan pernikahan perlu dilakukan oleh pasangan calon pengantin, baik itu elemen-elemen pernikahan seperti gedung, catering, dekorasi, MUA, fotografi, dan lain-lain, juga persiapan mental dan fisik agar tetap fit.

Banyak diantaranya yang melakukan diet ketat agar bisa tampil sempurna di hari pernikahannya. Namun, tetap harus diperhatikan karena diet ketat kadang tidak cocok dengan kondisi tubuh sebagian orang sehingga bisa membahayakan kesehatan. Sebagai gantinya kamu bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang lebih aman dan sehat, agar tetap bisa fit menjelang hari pernikahanmu nanti.  

Lantas, apa saja jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk persiapan menjelang pernikahan? Berbagai olahraga sederhana bisa kamu coba, contohnya lari, renang, yoga, pilates hingga angkat beban. Sembari berolahraga, kamu dan pasangan juga bisa memanfaatkan sesi olahraga ini untuk saling mendekatkan diri satu sama lain, loh. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya! 

JENIS-JENIS OLAHRAGA SEDERHANA UNTUK PERSIAPAN PERNIKAHAN

1. Jogging atau Lari

wm_article_img
Foto: Polar Photograph

Olahraga pertama yang bisa kamu terapkan untuk persiapan menjelang pernikahan adalah jogging atau lari. Olahraga sederhana ini tidak membutuhkan persiapan khusus, sekaligus murah dan dapat dilakukan kapan saja. Namun, ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari olahraga lari.

Dilansir dari alodokter.com, apabila kamu melakukan olahraga lari secara rutin beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh antara lain adalah menurunkan berat badan, menjaga kesehatan lutut, menjaga osteoporosis, mengurangi resiko jantung koroner dan juga bisa memperbaiki suasana hati, loh!

Agar olahraga yang kamu lakukan tetap aman, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu beberapa hal ini: 

  • Gunakan sepatu olahraga yang nyaman untuk mengurangi risiko cedera

  • Sebelum lari, sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti berjalan selama 5 menit

  • Apabila kamu belum terbiasa melakukan olahraga lari ini, sebaiknya dimulai secara perlahan dan rutin, misalnya 2 atau 3 kali seminggu. Setelah cukup terbiasa, kamu bisa menaikan intensitasnya menjadi setiap hari. 

  • Kombinasikan lari dan berjalan secara bergantian selama beberapa menit, jika sudah siap barulah bisa tingkatkan intensitasnya menjadi berlari tanpa berjalan

  • Jika menurutmu lari yang dilakukan sudah cukup, lakukan pendinginan dengan berjalan pelan agar detak jantung dan tekanan darah kembali normal.

Agar manfaat yang diperoleh dari olahraga lari ini semakin maksimal, kamu juga perlu mengimbanginya dengan konsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan pola hidup sehat, ya. Dengan demikian, cepat atau lambat tubuhmu akan merasakan manfaatnya.

Penting juga untuk diperhatikan apabila kamu mempunyai penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kondisi kesehatanmu dengan dokter sebelum kamu bisa menjadikan olahraga lari sebagai rutinitas untuk persiapan pernikahan.

Nah, daripada repot-repot diet, gak ada salahnya kamu mencoba untuk rutin melakukan olahraga lari agar berat badanmu terjaga. Olahraga lari dapat memicu pembakaran kalori atau lemak dalam tubuh, yang otomatis ikut menurunkan berat badan.

Jadi, pada saat hari H kamu bisa tampil cantik dengan gaun atau kebaya pengantin yang sudah dipilih. Apalagi kalau olahraganya bersama calon pasangan, pastinya momen ini akan menjadi semakin berkesan deh. 

2. Berenang

wm_article_img
Foto: unsplash/Maksym Tymchyk

Jika kamu mendambakan berat badan ideal, sehingga bisa tampil memukau saat menjelang pernikahan tapi malas berolahraga karena capek, takut kepanasan, atau mager, maka berenang bisa menjadi solusinya. Olahraga yang satu ini juga bisa membakar banyak kalori dalam tubuh sehingga bisa menurunkan berat badan.

Maka dari itu, kamu bisa menambahkan olahraga renang ke dalam list untuk persiapan pernikahan. Aktivitas berenang merupakan salah satu olahraga aerobik yang melibatkan semua otot tubuh. Saat berenang ini semua otot bekerja sehingga membutuhkan banyak energi.

Nah, energi ini diperoleh dari pembakaran kalori dalam tubuh. Karena itulah olahraga yang satu ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Apabila dilakukan secara rutin dengan teknik yang tepat, berenang dapat meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh, loh.

Saat berenang otot-otot dilatih menjadi lebih kuat sehingga massa otot pun meningkat. Imbasnya, metabolisme tubuh ikut meningkat sehingga tubuh bisa membakar kalori lebih banyak meskipun sedang tidak berenang. Nah, apabila kamu ingin melakukan olahraga renang untuk persiapan menjelang pernikahan, perhatikan hal-hal berikut ini: 

  • Lakukan pemanasan sebelum mulai berenang

  • Apabila kamu belum terbiasa berolahraga, mulailah berenang dengan intensitas ringan, sekitar 15–20 menit selama dua hari sekali. Jika sudah merasa terbiasa, bisa tingkatkan intensitasnya menjadi 30 menit selama 4-5 kali dalam seminggu

  • Menggunakan gaya renang yang berbeda, efektif untuk melatih otot-otot tubuh

  • Bilamana memungkinkan, kamu juga bisa melakukan olahraga aerobik air yang lain

  • Selain rutin berenang, imbangi dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Selain beberapa keunggulan di atas, berenang juga memiliki risiko cedera yang sangat rendah dibandingkan dengan olahraga lainnya. Sehingga kamu bisa berenang hampir setiap hari tanpa harus khawatir. Tau-tau menjelang pernikahan berat badan sudah ideal, ya!


3. Yoga

wm_article_img
Foto: unsplash/Bruce Mars

Selanjutnya ada olahraga yoga yang bisa kamu praktekkan rutin menjelang pernikahan. Yoga merupakan salah satu olahraga yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, pikiran dan juga jiwa. Jadi, sangat cocok sekali di kala menghadapi persiapan pernikahan yang begitu banyaknya, yang kadang membuat stres jelang pernikahan.

Gerakan-gerakan dalam olahraga yoga memasukkan berbagai teknik, diantaranya relaksasi, pengaturan napas, serta meditasi untuk memberikan ketenangan dan kedamaian pikiran. Apabila kamu tidak sempat mengikuti kelas yoga khusus dengan pelatih profesional, beberapa gerakan sederhana bisa kamu praktekkan di rumah. Diantaranya adalah tree pose, downward-facing dog, cat-cow dan mountain pose.

Apabila kamu ingin menjadikan olahraga yoga menjadi rutinitas menjelang pernikahan, berikut beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai olahraga di rumah:

  • Persiapkan tempat yang leluasa untuk bergerak, tenang dan juga bebas dari kebisingan. Sebaiknya kamu melakukan yoga di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, dan lebih bagus lagi hindari penggunaan pendingin ruangan

  • Sebelum memulai olahraga yoga, sebaiknya konsumsi segelas air hangat, begitupun seusai melakukan yoga. Tujuannya agar pembakaran kalori bisa lebih maksimal

  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat, nyaman dan memudahkan pergerakkanmu

  • Gunakan matras yoga untuk melindungi kaki atau bagian tubuh agar tidak menempel langsung di lantai

  • Ada beberapa jenis gerakan yoga yang membutuhkan alat bantu seperti tali, bantalan, atau kursi, persiapkan sebelum memulai

  • Persiapkan juga handuk kecil atau sapu tangan untuk mengusap keringat yang mungkin menetes ke matras yoga

  • Pastikan kondisi tubuh tetap fit dengan tidur yang cukup dan juga hindari makan makanan yang berat sebelum memulai olahraga yoga, sebaiknya 2 jam sebelum kelas dimulai. 

Olahraga yoga dapat dilakukan oleh mempelai pria maupun mempelai wanita. Nah, dengan rutin melakukan yoga menjelang pernikahan, kamu dan pasangan bisa terhindar dari berbagai stres dalam persiapan pernikahan.  


4. Pilates

wm_article_img
Foto: pexels/Burst

Olahraga yang bisa kamu lakukan menjelang pernikahan selanjutnya adalah pilates. Pilates kadang disangka sama dengan yoga, padahal pilates dirancang untuk memperbaiki postur tubuh. Olahraga satu ini, mengutamakan kekuatan dan kelenturan tubuh yang bisa membuat tulang belakang dan sendi menjadi lebih fleksibel.

Selain itu, latihan pilates juga bisa menguatkan otot bahu, punggung, otot di sekitar panggul dan perut. Dilansir dari hellosehat.com, beberapa manfaat latihan pilates rutin yang dilakukan antara lain: menguatkan otot inti tubuh, mengoreksi postur tubuh, mengurangi rasa sakit dari cedera, menajamkan fokus, meningkatkan kualitas kehidupan seks dan juga membantu ibu hamil untuk mempermudah dalam proses persalinan.

Dengan berbagai manfaat tersebut, kenapa tidak memasukkan pilates ke dalam list persiapan pernikahan? Selain membuat tubuh bugar, kamu juga bisa mendapatkan postur ideal menjelang pernikahan. 

5. Angkat beban

wm_article_img
Foto: unsplash/Yulissa Tagle

Untuk menjaga fisik kamu agar tetap bugar pada hari H resepsi pernikahan, olahraga angkat beban juga bisa kamu tambahkan ke dalam list persiapan pernikahan. Seperti yang dilakukan oleh penyanyi Raisa Andriana menjelang pernikahannya. Latihan beban ini merupakan salah satu jenis olahraga yang bisa membuat postur tubuhmu ideal. Sehingga busana pengantin yang kamu kenakan akan tampak lebih mempesona. 

Dengan latihan angkat beban yang rutin, otot-otot tubuh akan semakin kuat sekaligus meningkatkan massa otot. Beberapa manfaat latihan angkat beban antara lain untuk membakar kalori dan mengurangi lemak di perut, membuat tubuh semakin fit, memperbaiki ketidakseimbangan otot dan juga meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, menurut penelitian latihan angkat beban secara rutin juga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, loh. Dengan demikian kamu bisa lebih fokus dalam mengatur segala sesuatu untuk persiapan sebelum menikah. Menarik sekali, bukan? Nah, supaya tetap aman apalagi untuk pemula sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini, ya. 

  • Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan angkat beban. Pemanasan yang bisa dilakukan seperti latihan aerobik, jogging atau jalan cepat sekitar 5 menit. Gunanya untuk melancarkan peredaran darah ke otot

  • Mulailah dengan menggunakan alat sederhana seperti set dumbbell untuk pemula atau kettlebell

  • Sebaiknya bagi pemula juga memulai latihan dengan beban ringan yang bisa diangkat sebanyak 10 hingga 15 kali pengulangan dalam posisi benar. Setelah cukup terbiasa intensitasnya bisa ditingkatkan

  • Berikan fase istirahat 60 detik di setiap fase, tujuannya adalah untuk mencegah kelelahan otot, terutama bagi pemula yang belum terbiasa

  • Penting juga untuk membatasi waktu latihan tidak lebih dari 45 menit untuk mencegah resiko kelelahan otot

  • Setelah selesai latihan, lakukan peregangan otot agar otot kembali lentur, mencegah ketegangan otot dan juga mengurangi resiko cedera

  • Latihan angkat beban sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, berikan waktu istirahat satu atau dua hari di antara latihan. Tujuannya adalah untuk memberikan waktu kepada otot untuk kembali normal sembari mengisi energi untuk latihan selanjutnya

TIPS BEROLAHRAGA MENJELANG PERNIKAHAN

wm_article_img
Foto: pexels/andrea-piacquadio

Agar mendapatkan hasil yang optimal, kamu dan pasangan bisa menggabungkan beberapa jenis olahraga dalam kurun waktu tertentu. Mulailah olahraga sesegera mungkin apabila sudah menemukan waktu yang pas.

Ingat, untuk mendapatkan manfaat baik dari berbagai olahraga yang dilakukan itu membutuhkan waktu. Tidak ada yang terbilang instan, sehingga dalam hal ini komitmenmu untuk melakukan latihan secara rutin akan sangat berpengaruh pada tingkat kemajuan yang dihasilkan.

Sebisa mungkin, buatlah jadwal dan tentukan target secara realistis. Dengan demikian kamu bisa termotivasi untuk mengejar target yang sudah direncanakan. Di satu sisi, perhatikan juga kemampuan tubuhmu, sebab masih banyak persiapan pernikahan lainnya yang juga harus dipikirkan.

Jangan sampai memaksakan di luar kemampuan tubuh sehingga kamu kecapekan dan bisa jatuh sakit. Ingat juga untuk selalu menjaga pola makan dan tidur yang cukup, ya. Hal tersebut juga tak kalah penting untuk menjaga kondisi badan tetap bugar selama proses persiapan menjelang pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...