Pilih Kategori Artikel

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Perawatan Sebelum Menikah? Ini Panduannya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pengantin mana sih yang tidak ingin tampil sempurna di hari pernikahannya? Siapapun orangnya, pasti ingin tampil memukau dengan kulit yang halus dan glowing, senyum cantik memesona, rambut sehat berkilau serta bentuk tubuh ideal, bukan? Tentunya, tampil sempurna pada momen bahagia pernikahan merupakan impian setiap calon pengantin. Oleh karena itu, penting sekali kamu mengetahui bagaimana cara merawat tubuh dan kapan saat yang tepat untuk melakukan perawatan tersebut agar bisa semakin cantik di hari pernikahanmu.  

Menjawab kebutuhanmu untuk tampil sempurna di hari nan spesial itu, berikut ini panduan singkat cara merawat tubuh serta waktu yang tepat untuk melakukan rangkaian perawatan menuju pesta pernikahan. Dalam pembahasan artikel ini, jenis perawatan untuk persiapan pernikahan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan timeline terbaik yang disarankan, dimulai sejak enam bulan hingga beberapa hari menjelang pernikahan. Tujuannya, supaya kamu bisa cukup waktu dalam merencanakan perawatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah, sudah tidak sabar ‘kan untuk tampil cantik paripurna di hari pernikahanmu nanti? Yuk simak ulasannya! 

Perawatan yang Bisa Dimulai Enam Bulan Sebelum Pernikahan: Treatment Estetika Gigi dan Perawatan Kulit Wajah 

  • Treatment untuk Estetika Gigi

Ada berbagai macam treatment yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh senyum cantik menawan di hari pernikahanmu nanti. Diantaranya adalah perawatan untuk estetika gigi, yakni scaling, bleaching, dan veneer. Untuk melakukan perawatan gigi, disarankan mulai enam bulan sebelum pernikahan. Hal ini tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi dan mulut pasien. Enam bulan menjelang pernikahan dinilai sebagai waktu yang paling aman untuk memulai perawatan ke dokter gigi, sebab prosedur perawatan gigi tidak dapat dilakukan secara instan.

wm_article_imgFoto ilustrasi | MP Clinic

Dokter gigi perlu memeriksa terlebih dahulu kondisi gigi dan mulutmu sebelum menentukan prosedur perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Apabila kondisi gigimu sehat dan tidak ada kendala berarti, maka treatment estetik bisa dimulai setelah pembersihan karang gigi (scaling). Namun, apabila terdapat masalah pada gigi dan mulutmu, tentunya diperlukan perawatan terlebih dahulu agar kondisinya membaik. Maka dari itu, untuk observasi dan lain hal dibutuhkan waktu yang cukup panjang.

Treatment yang paling digemari oleh pasangan calon pengantin antara lain  bleaching atau memutihkan gigi dan veneer. Kedua treatment ini, memiliki durasi pengerjaan berbeda. Bleaching atau whitening gigi prosesnya relatif lebih cepat dibandingkan  veneer yang prosesnya lebih rumit. Proses pengerjaan bleaching hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dan hasilnya bisa bertahan hingga 4 tahun, tetapi efek sampingnya mungkin kamu akan merasakan ngilu selama beberapa hari. 

Sementara itu, untuk perawatan veneer butuh waktu yang lebih lama karena prosedurnya yang cukup rumit namun bisa bertahan hingga 20 tahun. Karena prosedur pembuatannya yang kompleks tersebut, tak heran jika harga veneer gigi bisa sangat mahal. 

Apabila kondisi gigimu bagus dengan  kadar putih gigi yang cukup baik, kamu tidak harus melakukan veneer atau bleaching, karena ada perawatan rumah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan warna putih alami gigimu dengan menggunakan tray dan gel. Perawatan ini tentunya jauh lebih ekonomis.

  • Perawatan untuk Kulit Wajah Glowing

Kulit sehat dan glowing merupakan impian semua wanita. Untuk mendapatkannya, sangat bergantung dengan cara kamu merawat tubuhmu. Kulit yang sehat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya faktor internal seperti genetik, makanan yang sehat, cukup minum, menghindari stres, dan tidur yang cukup. Kemudian faktor eksternal yang harus dihindari seperti polusi, paparan sinar matahari, radikal bebas, perawatan kulit yang tidak baik hingga penggunaan produk berbahaya. 

Selain menjaga kesehatan kulit dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut di atas, kamu juga bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan atau dokter kulit. Salah satu treatment yang paling umum yakni facial. Kamu bisa melakukannya secara rutin dua hingga empat minggu sekali. Perawatan ini cukup efektif untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah sehingga produk skincare bisa meresap lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa mencoba treatment face rejuvenation, face toning dan peeling agar kulit wajah bisa lebih sehat glowing. Agar mendapatkan perawatan yang tepat, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit terpercaya.

wm_article_imgIlustrasi Perawatan Wajah Sebelum Menikah | Raphael Lovaski

Perawatan yang Dimulai Tiga Bulan Sebelum Pernikahan: Diet atau Olahraga, Sulam Alis, Coolsculpting

  • Diet dan Olahraga

Untuk memperoleh berat badan ideal, salah satu caranya adalah dengan melakukan diet dan pola makan seimbang. Apabila belum terbiasa untuk diet, kamu bisa membatasi asupan gula dan minuman beralkohol selama dua hingga tiga bulan menjelang pernikahan. Hasilnya akan sangat kentara, kulit akan terlihat lebih segar serta potensi tumbuhnya jerawat bisa dihindari. 

Apalagi diimbangi dengan olahraga rutin menjelang pernikahan, selain sehat, bisa jadi kamu mendapatkan berat badan ideal. Jenis olahraga yang dapat dilakukan bermacam-macam, mulai dari jogging atau lari, berenang, yoga, pilates hingga angkat beban. Cara merawat tubuh dengan berolahraga dan diet sehat bukan hanya untuk mendapatkan manfaat dari luar saja berupa kulit yang sehat dan bercahaya, tapi juga demi kesehatan dan bentuk badan ideal.

  • Coolsculpting

Apabila perawatan tubuh dengan cara alami belum bisa membuatmu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, kini ada satu metode yang bisa dicoba untuk menghilangkan lemak di bagian tubuh yang tidak diinginkan dalam waktu yang relatif cepat yaitu coolsculpting atau cryolipolysis.  Metode ini masih terbilang baru, hanya disetujui oleh Food and Drug Administration, Amerika Serikat. 

Prosedurnya dengan menggunakan alat khusus, sel-sel lemak jenuh di bawah kulit akan dibekukan, dalam beberapa minggu akan mati dan pecah secara alami kemudian mengalir keluar melalui organ hati. Metode ini diklaim dapat menurunkan jumlah sel lemak di dalam tubuh sebanyak 20 – 25 persen, secara bertahap sehingga hasilnya terlihat lebih alami. Selain itu, coolsculpting tidak akan menimbulkan infeksi karena tidak melalui jalur pembedahan layaknya operasi sedot lemak. Namun, perlu tetap diperhatikan ada beberapa efek samping yang mungkin dialami pasca melakukan treatment ini. 

Dikutip dari hellosehat.com, beberapa efek samping dari coolsculpting diantaranya adalah muncul nyeri, kemerahan, dan bengkak pada area perawatan, muncul sensasi kulit seperti ditarik, dan juga hiperplasia adiposa paradoks (PAH). Oleh sebab itu, apabila kamu tertarik untuk melakukan perawatan ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar kamu terhindar dari resiko berbahaya yang mungkin ditimbulkan. 

wm_article_imgsumber: nytimes.com

  • Sulam Alis

Tak hanya perawatan wajah dan tubuh yang dilakukan para calon pengantin, sebagian orang juga menginginkan alis yang sempurna tanpa harus repot-repot menggunakan pensil alis. Gak heran deh perawatan sulam alis cukup banyak diminati. Lantas kenapa sulam alis perlu dilakukan jauh-jauh hari padahal pengerjaanya hanya sekitar satu jam saja? Sebenarnya untuk berjaga-jaga, sebab umumnya salon kecantikan yang menyediakan jasa sulam alis perlu melakukan reservasi terlebih dahulu mulai dari enam bulan bahkan ada yang hingga satu tahun, terutama di tempat yang sudah punya nama.

Perawatan yang Dilakukan Satu Bulan Sebelum Pernikahan: Perawatan Keratin Rambut, Luluran dan Scrubbing

  • Perawatan Keratin Rambut

Perawatan rambut juga tak kalah penting loh untuk dilakukan menjelang pernikahan. Salah satunya adalah perawatan keratin rambut yang bisa membuat rambut menjadi lembut, lebih mudah diatur, berkilau dan juga mencegah kerontokkan. Apalagi bagi kamu yang sering mewarnai rambut atau membentuk rambut dengan catokan, perawatan ini akan sangat baik untuk mengembalikan kilau rambut sehat. 

Keratin adalah sejenis protein yang ditemukan pada rambut, kulit, dan kuku. Fungsinya untuk menjaga kesehatan rambut agar tidak kusam dan tampak berkilau. Perawatan keratin bisa bertahan selama 2 hingga 3 bulan, oleh karena itu dianjurkan bagi calon pengantin untuk melakukannya satu bulan sebelum pernikahan. Namun perlu diingat, apabila kamu hendak melakukan perawatan ini, pastikan salon yang kamu pilih menggunakan produk yang aman dari zat kimia berbahaya. Agar kamu terhindar dari efek samping berbahaya seperti iritasi mata dan kulit hingga resiko kanker.

  • Luluran dan Scrubbing

Cara merawat tubuh dengan lulur atau scrub pastinya sudah tidak asing lagi di telinga. Perawatan ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, hingga memberikan efek relaksasi. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh si calon pengantin minimal sebulan sebelum pernikahan dengan rutin 1-2 kali seminggu. Dengan luluran atau scrubbing secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit yang halus dan terawat.

Perawatan yang Dilakukan Dua Hingga Tiga Minggu Menjelang Pernikahan: Totok Aura, Manicure dan Pedicure

  • Totok Aura 

Kalau perawatan tubuh yang satu ini dipercaya bisa membuka aura positif di tubuh loh! Totok aura adalah teknik acupressure yang dilakukan sambil menyalurkan bio energi atau tenaga dalam (prana) ke dalam tubuh. Treatment ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah, mengencangkan kulit, mencegah keriput, meremajakan dan mencerahkan kulit. Nah, dengan aura yang positif, si calon pengantin bakal tambah kinclong deh di pesta pernikahannya.

  • Manicure dan Pedicure

Kamu juga perlu melakukan perawatan hingga ke detail-detail kecil seperti kuku biar semakin maksimal menjelang pernikahan. Perawatan kuku dikenal dengan istilah manicure dan pedicure. Selain untuk membuat kuku-kuku menjadi bersih dan terawat, manicure dan pedicure juga merupakan perawatan awal untuk kamu yang ingin menggunakan nail art di pesta pernikahanmu. Agar lebih efisien baik waktu maupun tenaga, kamu bisa memilih salon yang menawarkan jasa manicure dan pedicure bersama dengan perawatan lainnya.

wm_article_imgIlustrasi | Giorgio Trovato

Perawatan yang Dilakukan Tiga Hari Sebelum Pernikahan: Spa, Nail Art, Hair Removal

  • Spa 

Semakin dekat hari H, kamu bisa melakukan perawatan spa di salon-salon atau klinik kecantikan. Dengan perawatan spa, kamu bisa merilekskan otot-otot tubuh yang mungkin tegang karena kelelahan mempersiapkan pernikahan, melancarkan peredaran darah dan juga menenangkan pikiran dari stres menjelang pernikahan. Pilihan jenis spa pun ada beraneka ragam, salah satunya adalah ratus untuk membersihkan daerah intim kewanitaan. 

  • Hair Removal

Biasanya di salon yang menyediakan perawatan khusus untuk calon pengantin, juga menyediakan paket hair removal untuk menghilangkan rambut-rambut yang tidak diinginkan pada bagian tubuh tertentu seperti ketiak, lengan, kaki, hingga daerah intim. Salah satunya dengan treatment waxing. Menghilangkan rambut-rambut dengan cara waxing bersifat semi permanen bertahan 2-8 minggu. Jika kamu menginginkan metode yang bisa menghilangkan rambut-rambut secara permanen, maka bisa mencoba perawatan dengan Intense Pulsed Light (IPL). Namun, metode ini memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaannya sehingga harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

wm_article_imgHair removal | ZAP Clinic

Itulah beberapa ulasan cara merawat tubuh dengan berbagai macam perawatan yang bisa kamu lakukan menjelang pernikahan. Untuk momen berharga tersebut, tentunya kamu harus mulai merencanakannya dengan matang dari jauh-jauh hari. Pilih salon kecantikan atau therapist professional terpercaya di WeddingMarket

Satu hal yang juga tak kalah penting, hindari stress dan overthinking ya. Kamu bisa mengikuti tips menghadapi stres dan ujian menjelang pernikahan yang pernah diulas sebelumnya. Jangan lupa masukkan perawatan tubuh ke dalam check list persiapan pernikahanmu ya. Semoga persiapan pernikahanmu berjalan dengan lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...