Pilih Kategori Artikel

Makeup Pengantin Aceh yang Variatif dan Mempesona
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Makeup pengantin Aceh selalu mencuri perhatian setiap tamu undangan yang hadir dalam acara pernikahan yang mengusung adat daerah serambi Mekah tersebut. Pernikahan adat tersebut sangat unik dan mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Keunikan tersebut bisa dilihat dari pakaian, dekorasi, pernak-pernik serta riasan wajah yang digunakan. 

Ciri khas dari pernikahan adat tersebut ialah menggunakan perpaduan warna hitam, merah dan emas. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu itu warna yang digunakan kini lebih variatif dan beragam. Untuk baju pengantin kini kamu bisa menemukan beberapa jenis warna lainnya yang lebih cerah seperti kuning, merah muda, atau hijau. 

Variasi yang digunakan pada bagian baju adat yang digunakan pengantin akan semakin terlihat menarik dengan menggunakan riasan wajah yang sesuai. Pada umumnya riasan atau makeup pengantin Aceh lebih terlihat mencolok atau bold. Dengan pakaian yang cukup bervariasi rasanya kurang cocok jika menggunakan riasan wajah yang lebih soft atau natural. 

Terlebih mempelai wanita sering menggunakan siger atau mahkota khas dari Banda Aceh yang yang ukurannya cukup besar dan tinggi. Dengan penggunaan mahkota ini maka perlu riasan yang lebih terlihat dengan jelas agar menjadikan perpaduan yang serasi. Untuk jenis riasannya pun cukup bervariasi dan bisa disesuaikan dengan jenis pakaian. 

Jika kamu membutuhkan inspirasi bagaimana riasan yang cantik, berikut ini beberapa inspirasi makeup tradisional Aceh yang bisa kamu gunakan. 

1. Penajaman di Area Mata 

wm_article_img
Foto: cutlenyriaspengantin from Instagram

Biasanya makeup pengantin aceh sering menonjolkan riasan pada area mata. Riasan yang digunakan pada bagian mata biasa nya lebih nampak tebal dan mencolok. Penggunaan bulu mata palsu biasanya lebih diutamakan karena cukup berpengaruh terhadap hasil riasan tersebut. Biasanya bulu mata ini akan menambah daya tarik tersendiri dari sang mempelai wanita. 

Tak hanya penggunaan bulu mata palsu penajaman di area mata untuk riasan pengantin adat ini sering menggunakan eyeshadow yang cukup tebal dengan warna tertentu. Salah satu contohnya ialah perpaduan antara coklat dan hitam bold. Setelah itu akan disempurnakan dengan penggunaan eyeliner yang cukup tajam. 

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan highlighter berwarna putih agak silver untuk digunakan pada bagian bawah mata. Untuk bagian bawah mata kamu tak perlu menggunakan terlalu banyak eyeliner karena sudah ditekankan menggunakan highlighter. Makeup pengantin Aceh ini akan nampak cantik dan serasi dengan pakaian adatnya. 

2. Warna Lipstik 

wm_article_img
Foto: mua_ichlasulamal from Instagram

Penggunaan lipstik untuk riasan adat Aceh sering menggunakan warna yang cerah dan mencolok seperti merah cabe. Warna ini lebih banyak digunakan kan oleh sebagian besar pengantin yang menggunakan adat Aceh dalam acara pernikahannya. riasan dengan lipstik merah merona ini akan sangat cocok dengan perpaduan aksesoris serta pakaian adat. 

Lipstik dengan warna merah merona akan sangat cocok dengan pakaian adat Aceh yang biasanya penuh dengan aksesoris dan aksen warna yang mencolok. Makeup pengantin Aceh ini tak masalah jika ingin digunakan dan tidak terkesan berlebihan. Sebab, seorang pengantin terutama mempelai wanita akan menjadi pusat perhatian. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan warna lain yang lebih muda seperti orange, merah muda atau coklat. Hal ini bisa menjadi variasi tersendiri bagi riasan untuk mempelai wanita. Penggunaan warna yang lebih muda juga cukup membuat sang mempelai wanita menjadi pusat perhatian dan nampak berbeda dari biasanya. 

3. Warna Nude 

wm_article_img
Foto: daraarvita_makeup from Instagram

Kamu juga bisa menggunakan kombinasi warna nude pada riasan atau makeup pengantin Aceh. Riasan ini cukup menggambarkan bahwa pernikahan tersebut diselenggarakan mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan warna nude akhir-akhir ini memang sedang banyak digunakan kecuali untuk pernikahan adat Aceh. 

Warna tersebut bisa kamu gunakan untuk riasan bagian bibir serta kelopak mata. Hal ini akan membuat pengantin nampak lebih flawless namun tidak menghilangkan kesan budaya dari daerah tersebut. Untuk eyeliner dan bulu mata tetap menggunakan riasan yang tebal dengan menambahkan bulu mata palsu. 

Riasan atau makeup pengantin Aceh ini sudah pernah digunakan oleh aktris dan nama Cut Meyriska yang melaksanakan pernikahan dengan adat Aceh. Ia menggunakan riasan dengan warna nude sehingga lebih kekinian namun tidak menghilangkan konsep adat. Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan jenis riasan ini agar nampak lebih modern. 

4. Eyeshadow Warna Gelap 

wm_article_img
Foto: bgsmake_up from Instagram

Selain warna nude, kamu juga bisa menggunakan eyeshadow dengan warna yang lebih gelap seperti coklat atau hitam bold. Untuk pilihan lainnya kamu juga bisa menggunakan perpaduan kedua warna tersebut sehingga akan membuat area mata menjadi lebih menarik. Perpaduan ini tidak akan terlihat gelap terlebih jika diaplikasikan oleh penata rias yang handal. 

Kamu bisa tetap menggunakan riasan mata lain seperti eyeliner serta highlighter untuk bagian lingkar mata. Hal ini tetap tidak mengganggu penggunaan warna gelap pada eyeshadow. Keduanya akan menjadikan area mata lebih tajam namun tidak nampak gelap. Penajaman tetap terlihat akan tetapi sang pengantin tidak akan terlihat seram. 

Jika kamu kurang nyaman dengan warna hitam maka kamu bisa menggunakan warna coklat untuk area kelopak mata. Makeup pengantin Aceh ini tetap akan terlihat menawan dan tidak terkesan berlebihan. Perpaduannya tetap cantik dan tidak membuat riasan di wajahmu nampak ketinggalan zaman. 

5. Penggunaan Foundation dan Item Riasan Lainnya 

wm_article_img
Foto: khairan.makeup from Instagram

Apapun jenis warna atau riasan yang digunakan untuk adat Aceh penggunaan foundation serta item riasan lainnya perlu diaplikasikan dengan benar dan secara tebal. Foundation menjadi di makeup paling dasar sehingga membuat riasan bisa lebih tahan lama. Warna kulit wajah dari pengantin bisa nampak lebih cerah jika menggunakan foundation yang benar. 

Penggunaan foundation ini biasanya akan lebih banyak dan tebal. Hal ini agar membuat kulit wajah dari pengantin lebih nampak berbeda dan sangat cocok dengan warna pakaian pengantin yang digunakan. Sebagian besar riasan yang digunakan cukup mencolok sehingga penggunaan Foundation akan sangat mempengaruhi. 

Selain itu, jenis item riasan lain pada makeup pengantin Aceh ini juga perlu digunakan dengan benar sesuai dengan konsep yang akan digunakan. Jika ingin nampak lebih mencolok maka gunakan item tersebut dengan lebih tebal sehingga hasilnya akan lebih jelas dan nyata. Jika kamu menyukai makeup yang lebih natural maka gunakan item kosmetik ini sedikit saja. 

Itulah beberapa inspirasi riasan wajah khas adat Aceh yang bisa kamu gunakan pada acara pernikahanmu nanti. Untuk hal ini sebenarnya kamu juga bisa membicarakan dengan penata rias atau MUA yang akan kamu gunakan. Kamu pun bisa pelajari cara makeup pengantin yang umum dilakukan.

Hal yang tak kalah penting lagi ialah kamu perlu memilih vendor yang tepat untuk bisa merias wajahmu dengan baik sesuai konsep adat Aceh. Makeup pengantin Aceh ini akan sangat terlihat cantik apapun warnanya jika ditangani langsung oleh vendor makeup pengantin dari WeddingMarket yang berpengalaman. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...