Pilih Kategori Artikel

Inilah Makeup Pengantin Bugis serta Tutorial Riasannya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara soal pernikahan memang seperti yang kita ketahui bahwa hal tersebut memang sangat sakral. Dimana kedua mempelai akan mengucapkan janji sehidup semati. Namun selain itu juga banyak hal yang perlu diperhatikan untuk kamu yang berencana menikah. Salah satunya adalah makeup pengantin bugis, dimana setiap kota maupun wilayah memiliki riasannya masing – masing.

Setiap wanita tentunya ingin tampil cantik dan menawan. Apalagi di hari yang membahagiakan tersebut tentunya ingin membuat acara pernikahan tersebut menjadi berkesan sepanjang hidupnya. Maka dari itu selain dekorasi dan catering. Riasan atau makeup kedua mempelai tentunya sangat penting sekali. Apalagi bagi kalian yang tinggal di adat bugis.

Pastinya makeup pengantin ala bugis mesti digunakan. Saat ini banyak sekali vendor yang bisa kamu pilih untuk mengatur acara pernikahan, terutama soal makeup pengantin bugis, selain kita tahu bahwa memiliki ciri khas juga menjadi kebanggaan tersendiri dengan make up tersebut. oleh karena itu, pilihlah vendor yang dimana mereka paham dengan make up bugis untuk hasil yang sesuai dengan mestinya.

Oleh karena itu, pilihlah vendor pernikahan yang tepat dan tentunya menyediakan riasan atau make up untuk pernikahan bugis. Vendor yang terpercaya akan memberikan pelayanan terbaik dengan riasan menawan. Untuk kali ini apabila kamu sedang mencari referensi mengenai riasan untuk pengantin adat bugis. Sebelum itu, berikut kita simak tutorial bagaimana merias makeup tradisional Bugis – Makassar.

Dadasa, Makeup Pengantin Bugis serta Tutorial Riasannya

wm_article_img
Foto: Tribunnews

Jika kamu belum tahu, makeup pengantin bugis dan juga makassar merupakan salah satu bagian riasan yang ada di Sulawesi Selatan. Nah makeup tersebut dahulunya berasal dari kerajaan Luwun yang terdapat di bagian utama serta awal mulanya di daerah bekas dari kerasakaan Gowa yang teletak di bagian selatan. Nah Suku Makassar tersebut menetap di daerah kabupaten Goa serta suku Bugis menetap di daerah Wajo.

Perlu kamu ketahui bahwa yang menjadi khas dari riasan pengantin dari bugis itu terletak pada hiasan hitam yang terdapat pada dahi. Nah hal itu disebut dengan dadasa. Riasan hitam tersebut melambangkan siluet bunga teratai yang dimana telah diyakini sebagai bunga suci serta sangat kaya akan khasiat atau manfaatnya. Selain itu hiasan tersebut dibuat supaya membentuk wajah mempelai wanita supaya lebih ideal, nah di zaman dulu orang tua membuat pola paes ini berdasarkan naluri.

Garis pertumbuhan rambut yang bisa dikatakan kurang baik dan juga tidak simetris dapat disamarkan apabila menggunakan dadasa. Nah untuk metodenya pasti menimbulkan kesulitan alasannya rata – rata jari perias pengantin memiliki ukuran yang berbeda dan beragam. Ukuran jari sang perias tersebut kecil sehingga tidak dijadikan sebagai pilar ukur untuk dahi lebar serta jari yang ukurannya besar. Sehingga tidak dapat digunakan untuk membuat paes di dahi pengantin yang kecil.

Dadasa yang bagus yaitu mempunyai titik tengah yang tepat pada tengah dahi. Nah dengan begitu akan terlihat serasi serta proporsional dengan bentuk wajah pengantin wanita. Selain itu makeup pengantin bugis tersebut bisa menjadikan mempelai wanita menjadi anggun serta percaya diri. Ada juga masing – masing suku mempunyai gin khasnya sendiri soal bentuk serta tata riasnya.

Orang bugis akan melukis dadasa dengan bentuk lengkung yang ada di bagian tengah dahi yang dimana sering disebut dadasa tumpul. Selain itu suku makassar membentuk dadasa yang terlihat runcing di bagian tengahnya, tepat di daerah tengah dahi yang disebut juga sebagai dadasa maningkasara.

Zaman dulu, warna hitam yang kerap kali digunakan dibuat dari kemiri yang sudah dihanguskan. Setelah itu ditumbuk halus, akan tetapi untuk mensiasati di pakai kkrim berwarna hitam maupun disebut juga pidif mudah dileskan dan tidak sakit. Bahkan tidak bereaksi pada wajah. 

Tutorial Makeup Pengantin Bugis

wm_article_img
Foto: unii_hanaj from Instagram

1.  Penataan Rambut

Untuk menata rambut, tentunya harus menyatu dengan konsep makeup pengantin bugis yang digunakan. Selain itu untuk pemakaian foam maupun hair spray adalah salah satu cara yang terbaik supaya bisa membuat rambut mudah di tata dengan rapih.

2. Penggunaan Bedak

Sebagai saran, kamu bisa menggunakan bedak yang padat ataupun krim. Alasannya karena dengan kita menggunakan bedak padat atau juga krim bisa menempel lebih lama pada wajah. Selain itu memakai spons yang terbaik. Selain itu juga perhatikan di titik penting pada wajah diantaranya seperti dahi, hidung, pipi, dagu dan juga leher. 

Nah terakhir kamu tambahkan bedak bubuk setelah menggunakan bedak krim maupun padat. Hal tersebut tujuannya supaya dapat menghindari kulit wajah yang tampak glowing atau mengkilap karena minyak.

3. Riasan Pada Mata

Sebagai saran, alangkah baiknya kamu menggunakan eye shadow bubuk. Mengaplikasi eyeshadow pun menjadi lebih baik apabila sudah menggunakan eye primer. Disisi lain, jangan sampai lupa bulu mata palsu yang lentik serta pastikan tidak terkesan kaku dan juga tambahkan maskara.

4. Blush on – Riasan Pipi

Penggunaan blush on pada makeup pengantin bugis ini akan membantu membuat wajah dari mempelai wanita menjadi terlihat segar dan juga merona. Oleh karena itu, supaya dapat memberikan kesan alami, kamu harus memilih kuas blus on yang ukurannya besar.

5. Makeup untuk Bibir

Sebelum kamu menggunakan lipstik, alangkah baiknya kamu gunakan bedak dulu pada bibir. Hal tersebut diperlukan karena dengan melakukan hal tersebut tujuannya agar warna lipstik yang diaplikasikan menjadi lebih merata serta akan tahan lama. Selain itu, supaya teksturnya menjadi lebih bagus, maka kamu bisa memakai kuas yang dimana khusus diperuntukan untuk bibir.

Nah itulah beberapa cara dan gambaran mengenai makeup pengantin bugis secara lengkap. Nah dengan mempelajari poin – poin diatas, kamu bisa melakukannya dimanapun baik dirumah atau tempat yang memang kamu anggap nyaman untuk mengaplikasikannya. 

Disisi lain memang benar bahwa untuk melakukan makeup untuk pengantin adat tentu tidak semudah merias pengantin modern. Akan tetapi walaupun demikian setiap riasan pasti memiliki makna tersendiri di dalamnya.

Untuk selanjutnya, berikut ini adalah beberapa foto riasan pengantin dari adat bugis yang mungkin salah satu dari sekian banyak foto dibawah ini bisa menjadi referensi untukmu baik untuk digunakan di pernikahanmu nanti maupun jika kamu berprofesi sebagai makeup artist maka bisa menjadi referensi juga untuk diaplikasikan di pekerjaanmu nanti.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu mengenai makeup pengantin bugis serta berbagai foto riasan pengantin yang sudah kamu lihat di atas. Kamu juga bisa pelajari cara makeup pengantin yang umum dilakukan. 

Kamu juga bisa lihat berbagai inspirasi makeup pengantin lain di situs WeddingMarket, termasuk vendor makeup pengantin yang bisa kamu andalkan di hari pernikahan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...