Inspirasi Makeup Pengantin Jawa Ini Jadikan Wajahmu Lebih Menawan

17 Nov 2020 | By Septina Muslimah WeddingMarket | Viewers: 506
Inspirasi Makeup Pengantin Jawa Ini Jadikan Wajahmu Lebih Menawan
Foto: Hipwee

Dalam acara pernikahan, make up menjadi salah satu unsur penting yang tidak boleh dilupakan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya vendor yang menyediakan jasa makeup pengantin. Hal ini bukanlah hal yang tabu, sebab para pengantin akan berlomba-lomba agar terlihat cantik ketika di depan para tamu undangan terutama di depan suami tercinta. Salah satu vendor makeup yang banyak diburu adalah vendor makeup pengantin Jawa.

Sejak dulu hingga sekarang, Jawa sangat dikenal dengan berbagai kebudayaannya yang sangat menawan. Pulau yang pernah disebut-sebut sebagai pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia ini memiliki luas wilayah yang tak kalah luas dibandingkan dengan pulau lain di Indonesia.

Wilayah yang luas menjadikan Jawa memiliki kebudayaan yang melimpah. Disetiap daerahnya, sedikit banyaknya pasti memiliki perbedaan dalam hal kebudayaan. Salah satunya dalam adat pernikahan. Sebenarnya adat yang digunakan masih sama, hanya saja dari segi pakaian dan riasan wajah sedikit memiliki perbedaan.

Sampai saat ini kita bisa dengan mudah menemukan banyak pengantin yang menggunakan makeup pengantin ala pernikahan Jawa. Mulai dari kalangan masyarakat biasa, hingga para artis pun turut menggunakan adat Jawa dalam pernikahan termasuk makeup yang dipakai.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kebudayaan yang diwariskan oleh leluhur menjadi salah satu alasan paling mendasar. Selain itu, pada makeup pengantin Jawa juga akan menjadikan siapapun yang menggunakan akan terlihat semakin menawan dan cantik, acara pernikahannya pun juga akan lebih sakral.

Makeup ala pernikahan adat Jawa memang terlihat sangat rumit dan membutuhkan proses yang lama dengan memakan waktu hingga berjam-jam lamanya. Maka dari itu, kamu juga perlu mengetahui tips makeup pengantin Jawa

Jika kamu melihat dan mengetahui makna-makna dibalik makeup pernikahan adat jawa, tentu kamu akan terkagum-kagum. Setiap riasan yang dipakai pun tidak semerta-merta di pasang melainkan pasti memiliki nilai filosofisnya tersendiri.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa makeup pengantin Jawa yang banyak dipakai oleh orang-orang dan bisa kamu jadikan referensi untuk pernikahanmu kelak.  Makeup tersebut adalah:

1. Makeup Solo Putri

Makeup Pengantin Jawa Solo Putri

Foto: Bergaya

Untuk wanita yang berasal dari Jawa Tengah tentu sudah tidak asing lagi dengan makeup Solo putri ini. Makeup pengantin ala Jawa yang satu ini berasal dari Jawa Tengah. Gaya make up jenis ini tidak terlalu jauh berbeda dengan paes ageng. Sebab sedikit memiliki kesamaan terutama pada riasannya yang identik dengan corak hitam dan gelap.

Pengantin adat Jawa yang menggunakan makeup Solo putri akan terlihat sangat anggun dengan balutan makeup tradisionalnya. Ditambah lagi dengan rambutnya yang dibentuk ukel besar, dan dilengkapi dengan hiasan bunga melati yang memanjang dan dibiarkan jatuh dan menjuntai ke bawah. Hiasan tersebut diletakkan di rambut mempelai wanita.

Dan salah satu yang tidak boleh dilupakan dalam makeup pengantin Jawa adalah keberadaan paes. Paes merupakan riasan hitam yang ada di bagian dahi si pengantin wanita hingga rambutnya. Awalnya, paes dibuat dengan menggunakan bahan semacam lilin yang bernama pindih. Kemudian seiring perkembangan zaman, para vendor makeup pengantin menggunakan cairan celak karena dianggap lebih aman dan tidak berbahaya.

Perlu diketahui bahwa paes di Puro Mangkunegaran memiliki 3 macam paes yang disesuaikan dengan bentuk wajah dari pengantin wanita.

Pertama, paes gajah birawa diperuntukkan bagi pengantin wanita yang memiliki wajah lebar. Kedua, paes candrakirana diperuntukkan bagi pengantin wanita yang memiliki wajah sempit. Dan yang ketiga, paes kumudaningrat diperuntukkan bagi pengantin wanita yang memiliki wajah sedang.

2. Makeup Ala Keraton

Makeup Pengantin Jawa Ala Keraton

Foto: The Wedding Rostantri

Untuk membuat makeup pengantin Jawa versi keraton ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam. Selain itu, dibutuhkan skill yang sangat mumpuni dalam proses make up nya tersebut. Makeup ala kraton disebut juga sebagai Jogja paes ageng.

Jogja paes ageng adalah salah satu riasan pengantin tradisional versi Jawa khususnya khas Yogyakarta yang memiliki daya tarik khusus bagi calon pengantin. Ciri khas dari Jogja paes ageng ini didominasi warna hitam.

Bagi mempelai wanita dengan penggunaan makeup pengantin Jawa, riasan yang berwarna hitam pada dahinya disebut sebagai paes. Warna hitam dipilih dalam pembuatan paes, sebab memiliki arti dan filosofi yang juga tinggi. Arti dan filosofi tersebut adalah supaya pengantin wanita bisa terhindar dari hal-hal buruk setelah menikah yang mungkin saja terjadi.

Selain itu, paes digunakan selain agar untuk mempercantik mempelai wanita, paes juga dipercaya bisa memperjauh perbuatan buruk yang artinya menghindarkan mempelai wanita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui bahwa pada riasan paes ageng dalam makeup pengantin Jawa, ternyata memiliki 4 simbol khusus dengan penggunaan nama yang tidak sama. Yaitu ada gajahan (di bagian tengah), pengapit (di sampingnya gajahan), penitis (di sampingnya pengapit) dan godeg (berada di paling pinggir). Dari keempat simbol tersebut memiliki makna yang berbeda-beda. 

Menjadi paling besar, gajahan ditempatkan di bagian tengah dahi dan memiliki arti paling besar, paling tinggi dan paling baik. Kemudian di sebelah kiri dan kanan dari gajahan adalah pengapit. Sesuai dengan namanya, pengapit tersebut mengapit gajahan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pengapit berada di sisi kanan dan kiri gajahan dengan arti yang dimiliki yaitu keseimbangan antara pendamping kiri dan kanan.

Kemudian, disamping pengapit terdapat penitis yang berarti kearifan. Dan yang terakhir yaitu godeg memiliki makna bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan harus bisa mengetahui asal-usulnya sendiri agar nantinya bisa kembali ke Tuhan secara sempurna tanpa mengutamakan segala sesuatu yang berkenaan dengan duniawi. 

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba make up pengantin Jawa versi keraton?

3. Makeup Jogja Putri

Makeup Jogja Putri

Foto: Popbela

Berbeda dengan makeup Jawa pada umumnya. Makeup Jogja putri memiliki riasan wajah yang lebih simple namun tetap cantik dan menawan. Makeup Jogja putri juga masih dilengkapi dengan paes, hanya saja untuk riasan lainnya tak sebanyak seperti makeup pengantin Jawa pada umumnya.

Biasanya pengantin laki-laki akan menggunakan kain batik sebagai bawahan dan baju berwarna putih serta terdapat blangkon dan juga keris sebagai hiasan. Sedangkan pada pengantin wanita terlihat sangat cantik dengan balutan kebaya bermotif khas batik Yogyakarta.

Keanggunan pengantin wanita akan semakin terlihat dengan penggunaan riasan yang simpel dan sederhana. Dalam makeup pengantin Jawa khususnya makeup Jogja putri ini menggunakan model rambut yang dibuat sanggul ke dalam. Selain itu masih ada tambahan pelat gunungan sebagai aksesorisnya. 

Itulah tadi beberapa contoh makeup pengantin versi adat Jawa yang sampai saat ini masih sangat digandrungi. Kamu pun bisa andalkan makeup pengantin Jawa hijab.

Jadi, dari ketiga makeup pengantin Jawa di atas, bagian mana yang akan kamu pakai untuk pernikahanmu nantinya? Pemilihan model dan juga riasan yang tepat akan menjadikanmu layaknya putri raja ketika di hari pernikahanmu nanti. Dapatkan juga vendor makeup pengantin terbaik hanya di WeddingMarket.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket