Manfaat yang Bisa Diambil Dari Persiapan Pernikahan

11 Mar 2020 | By Wedding Market | Viewers: 516
Manfaat yang Bisa Diambil Dari Persiapan Pernikahan

Pernikahan merupakan salah satu momen sakral dan hanya terjadi sekali seumur hidup. Untuk itu banyak sekali pasangan yang ingin momen tersebut dapat terkesan terjadi sekali seumur hidup. Persiapan pernikahan menjadi salah satu yang penting untuk membuat itu semua dapat terwujud. Tapi tentunya itu akan mengbiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit. Bahkan dalam persiapan pernikahan ada pasangan yang bisa sampai stress. Namun ternyata ada manfaat dari persiapan pernikahan yang bisa kamu dan paasangan ambil.

Setiap fase dalam hubungan adalah kesempatan untuk saling mempelajari dan menjadi sebih baik. Bahkan dari persiapan pernikahan yang padat dan banyak masih ada manfaat yang dapat diambil. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari pernikahan yang merupan jenjang yang serius dan bukan hal yang main-main. Mungkin ketika mempersiapkan pernikahan akan ada banyak tantangan dan kendala, namun itu semua bisa menjadi bumbu yang manis untuk membuat hubungan lebih harmonis. Berikut ini kami akan membahas manfaat dari persiapan pernikahan untuk kamu dan pasangan.

  1. Keahlian komunikasi membaik

Manfaat dari persiapan pernikahan yang kamu dan pasangan lakukan adalah memperbaiki dan memperlancar komunikasi. Komunikasi merupakan dasar untuk menjalani hubungan. Momen persiapan pernikahan bisa menjdao salah satu kesempatan yang baik unyuk membentuk pola komunikasi.

Bukan tidak mungkin komunikasi yang lancar ini bisa berlanjut setelah menikah. Kamu dan pasangan bisa berkomunikasi dengan berbagai topik mulai dari shering, meminta pendapat, menanyakan solusi, hingga hal lain yang menyangkut persiapan pernikahan.

  1. Mengatur keuangan

Sudah saling transparan soal status finansial berdua? Kini saatnya masuk ke tata kelola keuangan untuk kebutuhan bersama, yaitu budgeting dan realisasi biaya saat persiapan pernikahan. Di tahap ini, pasangan akan saling diuji untuk konsisten dan mahir untuk mengelola keuangan yang sifatnya jangka pendek, namun bisa punya imbas jauh ke depan. 

Jadi, gunakan persiapan pernikahan sebagai ajang untuk saling mengatasi masalah keuangan seputar pembayaran biaya pesta, strategi menabung, hingga hal- hal penting finansial lainnya yang tidak boleh luput sama sekali. 

  1. Kerja sama

Manfaat dari persiapan pernikahan selanjutnya adalah mampu untuk melatih kerja sama. Teamwork menjadi salah satu hal penting dan wajib dipelajari selama masa persiapan pernikahan agar menjadi tim yang kompak. Kamu dan pasangan akan diuji apakah bisa saling mengatasi masalah atau malah memancing perselisihan dengan masalah tersebut.

Ingatkan kepada pasangan dan diri sendiri untuk tetap saling bekerja sama, berbagi tudas, mengatasi konflik, saling berkopromi, dan mencari solusi dari banyaknya persiapan yang harus dilakukan menjelang pernikahan.

  1. Bisa melihat hal baru dari pasangan

Yakin tahu semua seluk beluk pasangan saat memutuskan ingin menikah? Bagaimana jika ternyata masih ada hal- hal yang baru atau sisi lain akan kalian pelajari saat mempersiapkan pernikahan?

Minimal, kalian akan saling belajar tentang keluarga besar pasangan ataupun hal- hal pribadi yang belum pernah diangkat jadi topik pembicaraan sebelumnya. Sepanjang bukan hal- hal yang akan mengancam kelanggengan hubungan, jadikan hal- hal baru ini sebagai pelajaran penting untuk pernikahan kalian. 

  1. Penting untuk tetap berhubungan

Satu hal yang sering dilupakan dan diperhatikan banya pasangan saat persiapan pernikahan adalah tentang pentingnya untuk saling memupuk hubungan cinta. Jangan biarkan stress dan kesibukan selama wedding planning membuat kalian terbuai dan lipa kalau acara pacaran masih harus tetap berjalan.

Walaupun kini maknanya mungkin sudah bergeser dari kencan romantis dengan persiapan berjam- jam, pelajaran ini akan menjadi salah satu tips hubungan yang langgeng. 

  1. Saling menerima

Manfaat dari persiapan pernikahan selanjutnya adalah membuat pasangan mampu untuk menerima kelebihan dan kekurangan karena tidak ada yang namanya kesempurnaan sejati.

Di saat persiapan pernikahan, kalian akan belajar untuk saling menerima apa adanya dan tidak terlalu muluk-muluk dalam hal ekspektasi. Kamu dan pasangan harus bisa menerima hal itu semua agar hubungan kalian bisa menjadi lebih baik untuk kedepannya.

  1. Tidak melulu tentang pernikahan

Pelajaran yang bisa kalian pelajari saat persiapan pernikahan adalah, hubungan bukan soal pernikahan melulu. Ada hal yang lebih penting yaitu pernikahan sendiri. Jangan sampai urusan pernikahan mengaburkan realita jangka panjang tentang hidup berdua yang jauh lebih krusial. Sudah siap belajar? Jalani deh wedding planning dan tetap fokus pada hal penting ini. 

Semoga manfaat dari persiapan pernikahan ini bisa menjadi hal yang berguna untuk kamu dan pasangan. Memang benar persiapan pernikahan yang panjang akan bisa membuat kamu dan pasangan kelelahan untuk menjalaninnya, namun jika dijalani dengan orang terkasih tentunya akan lebih menyenangkan dan bisa membuat hubungan semakin harmonis.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket