Pilih Kategori Artikel

Ini Sederet Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan MC di Acara Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pada awalnya mungkin kamu merasa bahwa kehadiran MC acara pernikahan tidaklah terlalu penting. Padahal, MC sendiri memiliki peran yang cukup penting. Bahkan tak jarang, mereka yang hendak menggelar pernikahan, menyeleksi MC yang paling tepat untuk pesta mereka.

Tugas MC sendiri sebenarnya cukup banyak. Namun kamu tak perlu bingung, sebab artikel ini akan mengulas mengapa sebaiknya kamu menggunakan MC untuk acara pernikahanmu. Yuk, cari tahu!

Alasan Harus Menggunakan MC di Acara Pernikahan

wm_article_img
Foto: josephdimento.com.au

1. Kendali Acara

Alasan yang pertama mengapa kamu harus menggunakan seorang Master Ceremony atau MC adalah karena perannya yang akan mengendalikan sebuah acara. Bahkan dari MC jugalah yang kemudian akan membantu menentukan berhasil atau tidaknya sebuah acara.

MC akan memandu jalannya acara dari awal hingga acara berakhir. Semua tahapan akan dilakukan dengan mengikuti rundown acara yang dibuat oleh penyelenggara acara atau yang ia susun sendiri. Bahkan MC juga yang akan menjaga mood seluruh tamu, pengisi acara dan semua yang hadir di pesta tersebut. Nyaman atau tidaknya suasana, akan dibentuk sedemikian rupa oleh seorang MC.

Kamu bisa menentukan MC pernikahan mana yang paling tepat dengan melihat pengalamannya dan caranya dalam memandu sebuah acara. MC sendiri beragam sifat dan cara pembawaannya, ini juga yang kelak akan menentukan seru atau tidaknya acara istimewamu.

Tidak jarang di antara mereka yang lebih  memilih MC komedi agar pesta pernikahan tidak berkesan kaku. Namun tidak sedikit juga mereka yang lebih suka dengan MC yang formal ketika membawakan acara.

Pada akhirnya semua keputusan akan kembali padamu dan pasangan, mana MC pernikahan yang paling tepat dan bisa disesuaikan dengan tema pernikahan yang akan kamu gelar.

MC jugalah yang akan menentukan kapan awal dan berakhirnya acara. Peran MC di acara pernikahan akan membuka acara dan menutup acara. Tak jarang MC pun memaparkan rangkaian acara sehingga siapa pun yang hadir tahu kapan dan bagaimana agar aktivitasnya tidak menganggu berlangsungnya sebuah acara.

2. Hiburan

Adanya keberadaan MC juga menjadi salah satu bagian dari hiburan atau entertaiment sebuah acara. Dengan begitu acara bisa berlangsung dengan baik tanpa berlebihan atau monoton.

MC acara pernikahan yang baik biasanya mampu menempatkan diri kapan melontarkan ucapan yang menghibur, kapan juga bicara dengan nada yang lebih halus. Hingga siapa pun yang berada di sana, secara tidak sadar akan terbawa suasana pada apa pun yang diutarakan MC.

Tidak jarang, tamu undangan atau siapa pun yang terlibat di sebuah pesta pernikahan, betah berlama-lama berada di venue, hanya karena ingin menikmati tampilan MC yang menghibur. Mereka akan menunggu, kira-kira kejutan apa yang akan diberikan seorang MC, sehingga bisa menyenangkan hati mereka.

MC dengan jam terbang yang tinggi biasanya memiliki kemampuan ini. MC bisa tahu persis bagaimana mengemas sebuah acara, bahkan jika acara berjalan di luar rencana dan rundown pun, MC bisa dengan mudah melakukan improvisasi.

3. Image

Alasan lain mengapa kamu harus menggunakan MC pernikahan karena mereka bisa berperan dan “mewakili” pengantin dan keluarga di hadapan para tamu undangan.

Sebab itulah kamu harus mempertimbangkan betul, MC mana yang akan menjadi “gambaran” dirimu dan pesta pernikahanmu. Salah memilih MC hanya akan membuat imagemu dan keluarga berantakan.

Memilih MC bisa disesuaikan terlebih dahulu dengan tema pernikahan yang hendak kamu gelar. Formal, non-formal, adat, keagamaan, sebaiknya dipertimbangkan secara matang.

Ajak serta keluarga untuk berdiskusi, kemudian lakukan seleksi, MC mana yang paling tepat. Tidak sedikit pengantin yang memilih MC dari kalangan artis, meskipun dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, namun tidak jadi masalah, selama MC tersebut mampu menghidupkan suasana di sebuah pesta.

Sementara jika kamu menggunakan bantuan wedding organizer, maka bisa meminta wo untuk menunjukkan beberapa kandidat MC. Setelah itu kamu bisa pilih sesuai dengan kriteria dan budget yang kamu inginkan.

Melihat alasan yang begitu kompleks, sebaiknya kamu memang tidak lagi mengabaikan keberadaan MC di sebuah acara. Terlebih pada acara pernikahan yang begitu sakral. Maka tak heran bila dalam satu pernikahan memiliki 2 MC atau lebih demi kelancaran acara.

MC acara pernikahan sendiri akan dibagi menjadi dua, yaitu MC akad dan MC resepsi. Karena memang tak jarang MC resepsi tidak menguasai acara akad lengkap dengan prosesi adat. Begitu juga dengan MC akad, yang tidak sedikit juga kurang menguasai acara resepsi yang cenderung lebih santai.

Selanjutnya bagaimana caranya menentukan MC yang tepat? Untuk itu, sebaiknya kamu menyimak beberapa tips di bawah ini.

Cara Menentukan MC Pernikahan yang Tepat

wm_article_img
Foto: jeremiahhartmann.com.au

1. Rekomendasi

Menentukan MC bisa berdasarkan rekomendasi. Itu artinya peran MC pernikahan tersebut layak untuk digunakan jasanya setidaknya akan tepat untukmu. Tanyakan pada teman, rekan atau kerabat yang pernah menikah. Tanyakan perihal MC yang pernah mereka gunakan. Cari tahu, kesan dari yang mereka dapatkan.

2. Media Sosial

Media sosial dari seorang MC bisa menjadi patokan untukmu apakah MC tersebut layak dan pantas untuk pesta istimewamu atau tidak. MC profesional biasanya memang bisa dengan mudah ditemukan diberbagai akun media sosialnya. Semakin banyak testimoni baik yang diberikan di setiap postingan yang ia tampilkan, memungkinkan kamu untuk memutuskan bahwa ia memang MC yang tepat.

3. Budget

Alasan berikutnya yang wajib kamu pertimbangkan saat memilih MC acara pernikahan adalah budget MC tersebut. Tidak jarang MC profesional bahkan mereka yang berasal dari kalangan selebritis mematok pembayaran jasanya dengan harga yang cukup tinggi.

Memang tidak akan jadi masalah besar jika kamu memiliki budget khusus untuk yang satu ini. Namun tahukah kamu, MC pernikahan itu jumlahnya sangat banyak dan harga jasa mereka pun beragam.

Tidak jarang dari mereka yang dibayar dengan harga murah sekalipun, mampu membawakan acara dengan sangat baik. Ini bisa saja terjadi karena belum banyak yang menggunakan jasanya.

Tidak sedikit pula yang mematok harga tinggi, padahal kemampuannya membawakan acara masih terhitung standar dan biasa-biasa saja. Dari sini, kamu bisa menentukan, siapa yang hendak dipilih.

4. Tatap Muka

Ini saran terakhir yang harus kamu lakukan ketika memilih seorang MC, kamu bisa meminta WO atau langsung berhubungan dengan MC untuk langsung bertatap muka. Dari kesan pertama yang kamu dapat, kamu bisa menentukan apakah MC tersebut layak digunakan sebagai pengendali acara di pestamu atau tidak.

Cara berpakaian, cara bicara, cara bersikap, bisa menjadi penilaian tersendiri di matamu. Saar bertatap muka, ajak serta pihak lain, seperti calon pasangan, panitia pernikahan atau keluarga lain.

Saat bertemu inilah kamu sebaiknya menanyakan banyak hal dan mengutarakan semua keinginanmu atas pesta pernikahan yang kamu inginkan. Kemudian minta pendapat dari MC bagaimana sebaiknya pesta dilangsungkan. Dari pendapatnya, kamu juga bisa melakukan penilaian, apakah MC tersebut memiliki wawasan yang luas atau tidak.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu tetap memilih menggunakan MC acara pernikahan, dilengkapi dengan cara memilih MC yang tepat. Bagaimana menurutmu? Apakah MC di acara pernikahan dibutuhkan untuk acara spesialmu nanti? Semua itu kembali dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai MC pernikahan, seperti panduan MC pernikahan bisa kamu baca secara mudah melalui artikel di WeddingMarket.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...