Pilih Kategori Artikel

Jangan Salah Pilih, Ini Cara Menentukan MC Pernikahan Kristen
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sukses atau tidaknya sebuah acara akan ditentukan juga, oleh pengisi acaranya. Salah satunya adalah peran MC pernikahan atau Master Ceremony. Termasuk untuk acara pernikahan dan agar tidak salah, kamu harus memerhatikan betul bagaimana memilih MC pernikahan Kristen sebaiknya. 

Ada beberapa kriteria penting yang harus diperhatikan, terutama untuk pernikahan Kristen. Di mana biasanya akan ditemui banyak perbedaan dengan agama lainnya, begitu juga dengan berbagai prosesi yang tidak boleh dilewatkan. 

Kemudian bagaimana sebaiknya menentukan MC pernikahan yang tepat untuk pernikahanmu? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan. 

1. Paham Tata Cara Pelaksanaannya

Pertimbangan yang pertama, saat menentukan MC untuk pernikahan dengan agama tertentu adalah, memilih mereka yang paham tata cara pelaksanaan pernikahan. Meskipun tidak menutup kemungkinan kamu memilih MC dari agama lain, namun mereka yang sudah paham akan tata cara pelaksanaannya secara detail, tetap bisa kamu pilih. 

Atau jika kamu sudah terlanjur suka dengan karakter MC yang akan kamu gunakan. Kamu bisa meminta MC tersebut untuk berkonsultasi atau mencari tahu bagaimana menajdi MC pada acara pernikahan di agamamu. 

Meminta bantuan pemuka agama, seperti bisa dilakukan agar MC tidak melalukan kesalahan. Atau melewatkan prosesi penting yang menjadi momen penting pada pernikahanmu. 

2. Kriteria

Berikutnya yang perlu kamu perhatikan saat memilih MC pernikahan kristen adalah kriterianya. Jangan sampai salah memilih MC yang bisa saja meninggalkan kesan buruk untuk pesta pernikahanmu. 

Alih-alih karena MC tersebut terkenal, kamu salah memilih karena  tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menguasai tema pernikahan yang kamu inginkan. Pastikan juga MC paham dengan tata cara, adat budaya serta tradisi yang akan kamu gunakan. Namun, tak ada salahnya jika mengandalkan selebriti MC pernikahan.

3. Profesional

wm_article_img
Foto: youreuropeanweddingcelebrant

Dalam acara apapun, termasuk sebuah pernikahan. Sebaiknya kamu tetap memilih MC profesional yang berkualitas dan memiliki jam terbang yang cukup tinggi. 

Untuk menentukan kualitasnya, kamu bisa melihat dari CV atau video yang mungkin saja dimiliki MC tersebut. Silahkan kamu memberikan penilaian setelah kamu melihat gayanya membawakan acara. 

Karena bagaimanapun juga, sistem atau cara kerja MC yang buruk, pastinya akan memberikan dampak tidak menyenangkan juga untuk acara istimewamu. 

Penilaian lainnya bisa kamu tentukan ketika kamu bertemu langsung dengannya. Di mana bila MC tidak datang dengan tepat waktu, bicara dengan bahasa yang kurang menyenangkan, sepertinya kamu bisa menghapus nama MC tersebut dari daftar vendormu. 

4. Berpenampilan Menarik

Tips berikutnya untuk menentukan MC pernikahan Kristen adalah dengan memilih MC dengan penampilan yang menarik. Ini bisa terlihat ketika, kamu bertemu dengannya pertama kali atau ketika  melihatnya membawakan acara di pernikahan lain. 

Selain kamu yang akan menjadi pusat perhatian karena kamu adalah pengantinnya. MC juga akan menjadi daya tarik di sebuah pesta pernikahan. Karena, pastikan kamu memilih MC yang bisa berpenampilan menarik sehingga tidak membuat pesta indahmu berantakan, hanya karena salah memilih MC.

Selain penampilan yang menarik, pastikan juga MC memiliki suara yang sedap untuk didengar. Karena MC akan berbicara sepanjang waktu, selama acara berlangsung. Bisa kamu bayangkan jika kamu memilih MC dengan suara nyaring yang melengking? Rasanya ia tidak akan cocok untuk sebuah acara pernikahan manapun 

5. Kreatif

wm_article_img
Foto: stephenleecelebrancy

Pilih juga MC pernikahan Kristen yang kreatif, pintar serta memiliki pengetahuan yang luas. Karena dengan penampilannya yang menarik dan elegan saja, namun tidak didukung dengan kemampuannya, rasanya pesta pernikahanmu pun akan hambar. 

Selain itu, MC yang memiliki kemampuan berbahasa asing lainnya, sepertinya bisa jadi menjadi pertimbangan lebih. Atau paling tidak, MC yang akan digunakan, bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 

Salah satu ciri lain dari MC yang kreatif adalah memiliki selera humor yang cukup. Meskipun sebuah pernikahan merupakan acara yang formal dan sakral, namun jika acara berlangsung serius sepanjang waktu, akan membuat suasana terasa sangat membosankan. 

MC yang kreatif biasanya akan menyisipkan guyonan-guyonan atau humor yang tidak berlebihan. Dan akan membuat suasana yang tegang menjadi lebih segar. 

6. Budget

Dan ini dia hal terakhir yang perlu kamu perhatikan, ketika menentukan MC pernikahan Kristen yang tepat, yaitu budget. Mengapa budget disimpan di list terakhir, karena memang untuk mendapatkan MC terbaik biasanya kamu harus merogoh saku agak dalam. 

Namun, sekali lagi, seharusnya ini tidak menjadi masalah yang cukup berarti bagimu. Karena MC-lah yang akan membuat pesta pernikahanmu, menjadi lebih berkesan. Tidak saja bagi dirimu, namun juga bagi para tamu undangan. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu pertimbangkan, saat memilih MC pernikahan kristen, baik diselenggarakan di gereja, ataupun tempat lainnya. Tidak ada masalah apakah ia pria atau wanita, selama ia paham dan tahu benar bagaimana menjadi MC yang baik dan menyenangkan. Untuk memudahkan pencarian MC sendiri, kamu bisa menggunakan rekomendasi teman atau mencarinya di media sosial. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...