Pilih Kategori Artikel

Mengenal Apa Itu Bridal Shower dan Hal yang Dibutuhkan untuk Menggelarnya
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Semakin ke sini, semakin banyak tradisi yang dilakukan oleh para pengantin untuk merayakan pra pernikahan hingga acara pernikahan. Acara demi acara ini biasanya bukan hanya digelar oleh calon pengantin saja, tapi juga teman-teman dekatnya. Salah satu tradisi ini adalah bridal shower. 

Bridal shower sering diartikan sama dengan bachelorette party, padahal ada perbedaan antara bridal shower dan bachelorette party. Jika bachelorette party biasanya dibuat dengan lebih meriah dan identik dengan kebebasan karena dianggap sebagai pesta lajang, bridal shower lebih hangat dan santai.

Banyak yang menganggap tradisi ini sebagai pesta menyenangkan yang dilakukan untuk melepas masa lajang sahabat, tapi tak sedikit pula yang menganggap bahwa tradisi ini hanya berisi pemborosan yang terlalu memaksakan dan tidak memiliki manfaat. Perbedaan pandangan ini sebaiknya kembali pada pribadi masing-masing. Selama tidak merugikan orang lain, tidak apa-apa, kan?

Nah, lalu apa sebenarnya bridal shower dan bagaimana tradisi ini menjadi sangat populer sekarang? Simak, yuk, selengkapnya!

Apa itu bridal shower

wm_article_img
Foto via instagram/jscmila

Bridal shower adalah suatu acara sebelum pernikahan yang umumnya diadakan oleh para bridesmaid atau sahabat-sahabat dari calon pengantin wanita. Selain untuk melepas masa lajang, acara ini juga digelar untuk memberikan dukungan, ucapan selamat, dan juga memberikan hadiah kepada calon pengantin.

Biasanya acara ini dilakukan dalam bentuk pesta santai yang di dalamnya memiliki berbagai bentuk acara, seperti permainan dan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan tentunya makan bersama. Mereka yang datang akan memberikan hadiah dalam bentuk peralatan dapur, peralatan rumah tangga, atau sesuatu yang berguna untuk kehidupan pernikahan nantinya.

Di Indonesia sendiri, biasanya teman-teman akan membawakan kue bridal shower untuk calon pengantin dan mengalungkan selempang bertuliskan “bride to be” dan semacamnya tanda ia akan menjadi seorang pengantin dalam waktu dekat.

Sejarah bridal shower

wm_article_img
Foto via instagram/bridalshowerjakarta.id

Jika saat ini teman-teman calon pengantin perempuan membawakan hadiah, ternyata hal ini tidak bisa dilepaskan dari sejarah masa lalu. Tradisi ini ternyata dimulai dari cerita asal Belanda di mana seorang perempuan kaya akan menikah dengan laki-laki yang berasal dari keluarga biasa-biasa saja. 

Orang tua pihak perempuan tidak menyetujui pernikahan karena adanya perbedaan ini. Bahkan, ayahnya memiliki laki-laki pilihan lain dan tidak akan memberikan mahar apabila anaknya nekat  menikahi laki-laki pilihan perempuan tersebut.

Hal tersebut menyebabkan teman-teman dari calon pengantin ingin membantu untuk menyediakan mahar. Akhirnya mereka mengumpulkan hadiah sebagai pengganti mahar. Hal inilah yang membuat sang ayah setuju dengan pernikahan anaknya karena merasa terharu akan tindakan teman-teman anaknya. 

Pada abad ke-19 tradisi bridal shower juga ditemukan di Amerika Serikat. Awalnya, acara ini digelar untuk membantu calon pengantin yang kurang mampu secara finansial dengan memberikan barang-barang yang dibutuhkan dalam rumah tangga. 

Namun, semakin ke sini, acara ini digelar dalam bentuk hiburan di mana orang-orang yang datang akan mengobrol, memberikan dukungan, dan menghujani pengantin dengan hadiah. Hal itulah yang diadaptasi sampai sekarang di berbagai belahan di dunia.

Yang harus disiapkan saat menggelar bridal shower

wm_article_img
Foto via instagram/jscmila

Tertarik untuk menggelar bridal shower juga? Tak perlu digelar dengan mewah, acara ini bisa dibuat lebih sederhana, kok. Namun, tentu ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan. Beberapa hal ini bisa disiapkan sebelum melakukannya.

1. Pilihan tema dan dekorasi

Sebenarnya tidak perlu ada tema khusus untuk menggelar acara ini, tapi kamu dan teman-teman bisa membuatnya lebih spesifik untuk membantu menentukan printilan lain yang dibutuhkan. Dengan menentukan tema, kalian juga bisa membuat acar ini lebih cocok dengan kepribadian calon pengantin.

wm_article_img
Foto via instagram/bridalshowerjakarta.id

Dekorasi juga menjadi sebuah hal yang tak kalah penting. Kalian bisa menggunakan balon dan tulisan untuk ditempel di dinding atau sudut ruangan lainnya. Jika memiliki tema tertentu, kalian juga bisa menambahkan elemen dekoratif lainnya untuk ditaruh.

2. Undangan

Sebenarnya undangan ini tidak terlalu dibutuhkan karena biasanya yang menggelar hanya beberapa orang terdekat yang semuanya akan terlibat dalam persiapan pesta ini. Namun, jika kamu ingin mengundang orang lain juga, tak ada salahnya untuk menyiapkan undangan.

3. Aktivitas dan permainan

wm_article_img
Foto via instagram/bridalshowerjakarta.id

Jika ingin membuat acara lebih menyenangkan, kamu bisa menyiapkan permainan dan memasukkannya ke dalam rundown acara. Banyaknya permainan yang ada mungkin akan membuat kalian bingung dalam menentukannya. 

Makanya, sesuaikan dengan kepribadian dan jumlah orang yang datang sebagai pertimbangan dalam memilih permainan. Selain itu, kalian juga bisa mengisi waktu dengan mengobrol santai  atau mendandani calon pengantin menjadi sosok yang lebih cantik. 

4. Hadiah

wm_article_img
Foto via instagram/cakesbyginasydney

Ini dia salah satu inti dari diadakannya acara bridal shower. Jangan lupa untuk menyiapkan berbagai hadiah yang akan diberikan kepada calon pengantin. Perlu diingat bahwa hadiah ini tidak harus selalu sesuatu yang mahal, tapi bisa saja benda-benda kecil yang memiliki fungsi dalam kehidupan rumah tangga calon pengantin nantinya.

5. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman juga perlu dipersiapkan. Jika tidak ingin menyiapkan makanan yang berat, kamu bisa menyiapkan beberapa makanan dan minuman ringan untuk menemani acara seru-seruan kalian. Bentuknya bisa camilan, kue, dan minuman segar.

6. Foto

wm_article_img

wm_article_img
Foto via instagram/artlialiu.official

Memori yang diingat pada acara ini memang yang paling penting. Namun, jangan lupa bahwa memori juga bisa diabadikan dengan berfoto. Dengan mengabadikannya, suatu saat nanti kalian bisa kembali melihat foto-foto ini dan bernostalgia. Tak perlu menyewa fotografer atau menggunakan kamera yang mahal, kalian bisa menggunakan kamera HP saja.

7. Ucapan selamat dan kata-kata yang mendukung

Meskipun biasanya acara bridal shower memang penuh dengan obrolan, kamu juga bisa mempersiapkan ucapan selamat, surat, atau kata-kata sejenis untuk mendukung calon pengantin dan menciptakan suasana yang lebih akrab serta haru. Hal ini perlu dipersiapkan agar kamu bisa menyampaikan ketulusan dengan lebih lancar.

Kapan dan dimana bridal shower dilakukan?

wm_article_img
Foto via instagram/bridalshowerjakarta.id

Tidak ada pakem tertentu untuk menggelar acara bridal shower. Pesta ini bisa dilakukan di rumah, hotel, restoran, kafe, atau tempat lainnya. Waktunya bisa disesuaikan dengan kesibukan kalian. Namun, usahakan untuk melakukannya sambil mempertimbangkan kesibukan calon pengantin juga. 

Biasanya acara digelar beberapa minggu atau satu bulan sebelum  acara. Selain memberikan dukungan kepada pengantin, ia juga bisa istirahat sejenak dari penatnya mempersiapkan pernikahan.

Bridal shower adalah acara pra pernikahan yang bisa dilakukan untuk bersenang-senang dan memberikan dukungan kepada calon pengantin. Namun, acara ini tidak harus selalu digelar karena bentuk dukungan kepada pengantin bisa bermacam-macam bentuknya. 

Pun, bagi calon pengantin, tidak perlu merasa sedih jika tidak ada acara bridal shower karena hal ini bukan suatu kewajiban. Yang paling penting pada pra pernikahan adalah mempersiapkan fisik dan mental supaya bisa maksimal saat acara pernikahan nantinya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...