Pilih Kategori Artikel

Mengenal Elemen dan Ide Dekorasi Pernikahan Adat Jawa Modern
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu tema pernikahan tradisional yang masih ramai digunakan hingga saat ini adalah pernikahan tema adat Jawa. Semua elemen dari pernikahan ini memiliki makna sendiri-sendiri, mulai dari pakaian yang dikenakan, urutan prosesi, hingga dekorasi yang diterapkan. Yang terakhir ini mungkin masih banyak yang belum tahu. Jadi, selain dari segi estetika, ternyata setiap elemen dari dekorasi yang ada memiliki maknanya sendiri-sendiri.

Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu, ada penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan terhadap dekorasi ini menjadi dekorasi pernikahan Jawa modern yang lebih cocok dengan konsep acara secara keseluruhan, biasanya menggabungkan tema Jawa dengan nasional. Ada beberapa ide dekorasi seperti ini yang bisa kamu jadikan inspirasi jika ingin menggelar pernikahan dengan tema serupa, tapi sebelumnya simak dulu yuk berbagai elemen yang sebelumnya ada di dekorasi pernikahan Jawa!

Elemen pada dekorasi adat Jawa

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

1. Gebyok

Gebyok biasanya digunakan sebagai backdrop dalam dekorasi. Bentuknya seperti pintu lebar yang terbuat dari kayu jati, melambangkan bahwa pasangan akan memasuki kehidupan baru. Selain itu, gebyok juga memiliki ukiran khas pada permukaan kayunya. Ukiran ini memiliki berbagai makna, lo, seperti kesejahteraan, keharmonisan, hingga kedamaian. 

2. Joglo

Joglo biasanya dipilih sebagai venue untuk pernikahan dengan adat Jawa. Namun, jika pernikahan digelar di dalam ruangan atau di luar ruangan yang tidak ada joglonya, hiasan berbentuk miniatur joglo bisa dipasang di pelaminan. Ciri khasnya adalah bangunan kayu yang memiliki atap limas dengan empat pilar penyangga.

3. Gunungan wayang

Gunungan wayang menjadi salah satu elemen dekorasi yang sampai sekarang tetap digunakan karena bentuknya yang unik, yaitu mengerucut di bagian atasnya. Di bagian tengah, terdapat berbagai bentuk ukiran, seperti rumah, hewan, ombak, dan lain sebagainya. Ada dua gunungan yang akan digunakan di dekorasi pernikahan adat Jawa, yaitu gunungan blumbangan bermakna perempuan dan gunungan gapuran yang bermakna laki-laki. Gunungan ini bisa ditaruh sebagai hiasan backdrop, untuk hiasan photobooth, hingga detail-detail dekorasi di sudut-sudut lain. 

4. Batik

Selain digunakan sebagai bahan kain yang akan dikenakan pengantin, kain batik juga biasa digunakan sebagai dekorasi. Sampai sekarang, kain batik juga masih digunakan di beberapa tempat, seperti untuk backdrop, sebagai penghias meja akad, atau bahkan untuk meja tamu. Motif yang dipilih harus diperhatikan karena motif pada kain batik memiliki peruntukkan yang berbeda-beda. Biasanya, motif yang digunakan adalah Sido Mulyo yang melambangkan keharmonisan dan Sido Asih  yang melambangkan kasih sayang selamanya.

5. Patung Loro Blonyo

Patung Loro Blonyo merupakan sepasang patung laki-laki dan perempuan yang sering diibaratkan sebagai Dewi Sri dan Sadhana. Seperti bentuk dari patung ini sendiri, mereka terlihat mengenakan pakaian pengantin, melambangkan kesetiaan dan doa supaya pernikahan kedua mempelai akan langgeng dan selalu harmonis.

6. Hiasan buah dan sayur

Hiasan ini biasanya ditaruh di samping kursi pelaminan dalam susunan tertentu yang dihias dengan janur. Isian buah dan sayur bisa beragam, seperti pisang, apel, nanas, wortel, terong, cabai, dan lain sebagainya. Hiasan ini juga bisa diisi dengan buah-buahan dan sayuran yang disukai oleh pengantin. Tak ada ketentuan spesifik sehingga bisa dipilih yang lebih mudah didapatkan. Tentu saja hiasan buah dan sayur ini diharapkan dapat menjadi doa supaya pengantin akan selalu diberkahi kemakmuran dan kesejahteraan.

7. Hiasan bunga

Seperti dekorasi pernikahan pada umumnya, dekorasi adat Jawa juga menggunakan bunga-bunga yang cantik sebagai hiasan maupun untuk buket. Ada beberapa bunga yang biasanya wajib ada sekaligus menjadi ciri khas, yaitu bunga melati, kantil, dan mawar. Masing-masing memiliki artinya sendiri, misalnya bunga melati memiliki arti kesucian dan ketulusan, bunga kantil memiliki arti kelanggengan, sementara bunga mawar merah bermakna bapak dan mawar putih bermakna ibu.

Nah, itu adalah beberapa elemen yang biasanya selalu ada dalam dekorasi pernikahan adat Jawa. Kini dengan adanya modernisasi, beberapa dekorasi mengalami penyesuaian. Berikut ini beberapa inspirasi untukmu.

Inspirasi dekorasi Jawa modern

1. Joglo dan rustic

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Konsep pernikahan Jawa di sini terlihat sangat kental dengan pemilihan venue joglo dan beberapa umbul-umbul janur kuning yang menggantung. Sementara itu, sentuhan modern terlihat dari pemilihan kursi warna putih bersih senada dengan hiasan kain. Dekorasi di sepanjang aisle dari pampas dan baby’s breath memberikan sentuhan rustic yang kekinian. Latar pemandangan gunung membuat konsep pernikahan ini juga menyatu dengan alam yang membuatnya terlihat megah.

2. Backdrop gunungan dan panel putih

wm_article_img
Dekorasi: Apple Deco

Gunungan biasanya ada di samping kanan dan kiri tempat duduk pelaminan untuk melambangkan pengantin laki-laki dan perempuan. Didekorasi ini, selain dua gunungan tersebut, terdapat juga di bagian belakang kursi yang digunakan sebagai backdrop yang dipadukan dengan panel berwarna putih. Selain itu, ada berbagai bunga dengan berbagai warna yang membuat pernikahan juga tambah dreamy sehingga membuatnya tampak lebih modern.

3. Gebyok untuk gerbang selamat datang

wm_article_img
Dekorasi: Apple Deco

Jika biasanya gebyok digunakan sebagai backdrop, yang satu ini digunakan sebagai gerbang selamat datang. Nuansa makin kental dengan adanya tarub dan kembar mayang yang dibuat dari janur. Hiasan ini memiliki makna dua individu yang menyatu dan bersiap menyambut kehidupan baru. Terlihat juga gunungan yang berada di ujung pelaminan yang melengkapi dekorasi ala Jawa ini. Sentuhan modern dapat dilihat dari bunga-bunga kecil dan cara menaruh nama mempelai serta foto-foto prewedding di sampingnya.

4. Dekorasi lesehan

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Jika biasanya acara pernikahan selalu menyediakan tempat duduk berupa kursi untuk tamunya, konsep lesehan ini bisa diterapkan jika ingin mencoba sesuatu yang baru. Tambahan amben bambu, tikar pandan, dan gantungan dari keranjang membuat konsep “pulang kampung” sukses dihadirkan. Sementara itu, di bagian pelaminan, gebyok bisa diganti dari kayu yang dianyam dengan berbagai tambahan dekorasi bunga modern untuk membuat suasana lebih harmonis.

5. Dekorasi Jawa dengan konsep taman

wm_article_img
Dekorasi: Apple Deco

Ingin menggelar pernikahan dengan berbagai prosesi adat Jawa, tapi juga ingin memasukkan berbagai elemen taman? Dekorasi ini bisa kamu terapkan. Gebyok dan gunungan yang khas bisa dipadukan dengan papan putih sebagai alas di bawah dan hiasan bunga yang sangat rimbun. Bukan melati atau mawar merah biasanya, taman buatan ini bisa dibuat dari berbagai bunga berwarna putih dan warna-warna pastel yang cantik.

6. Dekorasi putih modern

wm_article_img
Dekorasi: Apple Deco

Jika biasanya dekorasi pernikahan adat Jawa memiliki kesan yang ramai, sakral, dan temaram, dekorasi warna putih ini bisa memberikan kesan yang lebih bersih, terang, dan modern. Meskipun begitu, kamu bisa menaruh statement element dalam bentuk gunungan di tengah-tengah pelaminan, di belakang kursi yang digunakan untuk duduk pengantin. Dekorasi ini cocok untuk pernikahan yang diadakan di dalam ruangan.

7. Nuansa gold yang mewah

wm_article_img
Dekorasi: Rumah Kampung Decor

Di dekorasi ini, gebyok yang berwarna cokelat tua tidak menjadi backdrop keseluruhan pelaminan, tapi hanya ditaruh di bagian belakang kursi tempat duduk orang tua pengantin. Sementara itu, bagian belakang kursi pengantin, backdrop juga dibuat dari kayu yang diukir, tapi memiliki warna gold senada dengan kursi yang memberikan sentuhan lebih mewah. Jika diperhatikan lagi, tetap ada gunungan di bagian tengah backdrop ini, lo.

8. Kain batik yang disampirkan

wm_article_img
Dekorasi: Rumah Kampung Decor

Bingung bagaimana memasukkan elemen batik ke dalam pernikahan adat Jawa modernmu? Kamu bisa meniru yang satu ini dengan menyampirkannya untuk background foto dan menjadikannya taplak meja yang sengaja disusun dengan cara berantakan. Jangan lupa taruh juga beberapa pasang patung Loro Blonyo dan properti lain, seperti lampu antik, untuk melengkapi sudut yang satu ini. Spot ini bisa digunakan untuk para tamu berfoto. Untuk bagian tanaman, kamu bisa menggunakan pakis dan beberapa bunga putih yang lain.

9. Batik sebagai backdrop

wm_article_img
Dekorasi: Rumah Kampung Decor

Selain digantung menjadi backdrop berfoto, batik juga bisa digunakan sebagai backdrop pelaminan sebagai ganti gebyok yang mulai jarang digunakan seperti ini. Perpaduan antara kayu, batik, dan bunga akan membuat pernikahanmu jadi semakin terlihat indah dan megah. Kamu bisa memilih kursi pelaminan yang minimalis, tapi tetap memiliki detail yang identik dengan adat Jawa. 

10. Dekorasi gunungan minimalis

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Tanpa backdrop gebyok maupun kain, cukup dengan dua gunungan saja, ternyata pelaminan sudah tampak cantik. Apalagi, dengan latar kabut dan langit yang megah seperti ini. Dekorasi ini akan cocok diterapkan jika venue pernikahanmu adalah pegunungan yang memiliki pemandangan indah di belakang. Bunga yang ditaruh pun tak perlu terlalu banyak. Walau memasukan adat Jawa, kesan modern yang minimalis sangat jelas terlihat.

Nah, itu dia beberapa inspirasi dekorasi pernikahan Jawa modern yang bisa kamu dan pasangan terapkan untuk pernikahanmu kelak. Semuanya terlihat megah, sakral, indah, tapi juga sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Satu hal lagi yang tak kalah penting, agar persiapan pernikahanmu semakin matang, percayakan pada vendor-vendor terpercaya dan berpengalaman. Kamu dapat menemukan vendor pernikahan profesional untuk berbagai kebutuhan hari istimewamu di WeddingMarket Store. Mari rayakan dan wujudkan pernikahan impianmu bersama WeddingMarket!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami