8 Inspirasi Model Jas Pria untuk Hari Pernikahan

30 Nov -0001 | By Wedding Market | Viewers: 58
8 Inspirasi Model Jas Pria untuk Hari Pernikahan
Foto: Pixabay

Hari pernikahan merupakan hari yang sangat penting yang telah dinanti-nantikan baik oleh pengantin pria maupun wanita. Tidak hanya calon mempelai wanita yang harus menyiapkan pakaian yang akan dikenakan, calon pengantin pria juga harus memerhatikan jas apa yang akan dipakai, sehingga penampilannya juga sempurna. Berikut rekomendasi model jas pria yang bisa dipakai saat pernikahan.

Bagi setiap orang pernikahan adalah momen yang penting dimana kedua mempelai ingin tampil sempurna di hari istimewa itu. Calon pengantin pria harus tampil gagah dan menawan dan tidak boleh kalah dari pengantin wanita. Jas yang akan dikenakan oleh pengantin pria harus dirancang dengan baik agar tampilannya akan semakin memukau.

Bagi pria yang akan menikah, jas merupakan baju pengantin yang harus dikenakan.  Saat resepsi pernikahan ataupun akad dengan menggunakan setelan jas lengkap akan terkesan lebih formal dan elegan, jadi bukan hanya pengantin wanita yang terlihat sempurna, pengantin pria juga harus terlihat sempurna. Sebelum memilih model jas pria yang akan dipakai di hari pernikahan, berikut hal-hal yang haru diperhatikan terlebih dahulu:

Mempertimbangkan Bahan Jas

Memilih bahan yang tepat merupakan hal yang sangat penting karena jas yang dikenakan saat pernikahan harus nyaman. Kamu dan pasangan dapat memilih jenis bahan untuk membuat jas pernikahan tersebut. 

Kualitas bahan yang baik misalnya terbuat dari bahan wol, namun harganya cukup mahal. Atau dapat memilih bahan wool silk dengan tekstur yang lembut. Sekarang bahan yang cukup banyak digemari adalah bahan wool silk Italia karena teksturnya lyang mengkilap, sehingga membuat pemakainya terlihat elegan.

Untuk harga yang lebih terjangkau dibanding dengan wol dan wool silk kamu dan pasangan dapat memilih jas berbahan poliester atau high twis. Walaupun harganya terjangkau namun jas berbahan polyester nyaman untuk dipakai.

Memilih Motif dan Warna yang Pas

Untuk motif dan warna jas, kamu dan pasangan dapat memilih sesuai dengan selera dan keinginan. Jika pasanganmu memilih jas warna hitam polos, akan terlihat klasik dan elegan. 

Namun jika pasangan kamu berjiwa modis dan dinamis dapat memilih jas berwarna dan bermotif, selain itu terkesan lebih modern. Untuk pilihan alternatif warna lainnya, kamu dan pasangan dapat memilih warna jas lain seperti khaki dan abu-abu, namun perlu diingat untuk menyesuaikan warnanya dengan gaun pengantin wanita. 

Mengukur Panjang Lengan yang Sesuai

Dengan mengenakan jas yang pas sesuai dengan ukuran di badan, pengantin pria akan terlihat gagah saat berlangsungnya acara. Panjang lengan untuk jasnya berbeda-beda, ada yang lebih suka memerlihatkan manset di dalamnya, ada juga yang menyukai semuanya tertutup, tergantung pilihan masing-masing. 

Bagi yang ingin memerlihatkan mansetnya sebaiknya menunjukkannya hanya sekitar 1 cm saja,  dan bagi yang menyukai tertutup semua harus dipastikan panjang lengan jas berada di bawah pergelangan tangan. 

Menyesuaikan dengan Anggaran yang Dimiliki

Pada saat menghitung anggaran sisihkan untuk membuat jas pengantin pria sehingga pengantin pria tidak tampil ala kadarnya saja. 

Dengan anggaran yang sudah disesuaikan pengantin pria dapat memilih jas yang diinginkan dan pas untuk dipakai. Pastikan jas yang dipakai sesuai dengan selera dan nyaman untuk digunakan.

Berikut berbagai model jas pria yang dapat digunakan untuk pernikahan:

1. Tuxedo 

 
Foto: www.lazada.co.id

Pada acara yang resmi salah satu contohnya seperti makan malam atau resepsi pernikahan, dapat menggunakan jas tuxedo. Tuxedo mempunyai khas bentuk kerah yang melengkung yang terbuat dari bahan yang halus dan mengkilap.

Jas tuxedo ini akan sangat cocok jika dipasangkan dengan kemeja berwarna putih, berkerah sayap dan dipadukan dengan dasi kupu-kupu. Dengan menggunakan jas tuxedo pada hari pernikahan nanti akan membuat calon pengantin pria semakin menarik dengan tampilan formal dengan jas berpotongan regular fit ini.

2. Double Breasted

 
Foto: www.lazada.co.id

Jas model double breasted ini sangat populer dengan ciri mempunyai kancingnya yang berjumlah 4 sampai 6 buah, jas formal ini sangat pas untuk dipakai oleh pria-pria yang berbadan tinggi.

Jas ini terasa sejuk untuk dipakai, dengan desain yang modis dan detail full furing, sehingga pasangan kamu pun akan terlihat sempurna di hari bersejarah itu. 

3. British Style

 
Foto: www.lazada.co.id

Jas ini sangat populer dengan mempunyai ciri kancingnya lebih rendah dari jas biasanya. Jika memakai jas ini pengantin pria akan memberikan kesan yang elegan dan formal dengan menggunakan bahan yang lebih berat dan celana yang lebih lancip.

Kesan formal akan dipertegas dengan menggunakan nuansa monokrom warna basic dan detail kerah lapel dan kancing di bagian depan, sehingga pengantin pria dengan menggunakan jas ini akan terlihat sangat gagah.

4. Single Breasted

 
Foto: www.lazada.co.id

Jas single breasted ini berbeda dengan double breasted dimana hanya mempunyai satu baris kancing saja yang bisa terdiri dari satu,  dua atau tiga kancing. 

Jas ini mempunyai kesan yang kasual namun masih tetap sopan dan formal untuk digunakan. Jas ini akan cocok digunakan pada saat akad nikah atau resepsi yang terbuat dari bahan yang berkualitas yang nyaman digunakan dan tidak panas.  

5. Dinner Suits

 
Foto: www.lazada.co.id

Jika kamu dan pasangan memilih pesta pernikahan bertemakan santai atau semi formal seperti garden party dapat memilih jas ini yang akan cocok dipadukan dengan dasi kupu-kupu, sehingga akan membuat tampilannya menjadi lebih istimewa. 

Jas pengantin hitam ini mempunyai detail kancing pada bagian pergelangan tangan dan bagian depan, jas yang dapat membuat pengantin pria ini akan tampil sempurna dan akan menempel pas di tubuh karena mempunyai potongan regular fit.

6. Mandarin Suits

 
Foto: www.lazada.co.id

Jas ini sesuai dengan namanya mempunyai bentuk kerah mandarin yang tertutup yang akan pas digunakan untuk acara pernikahan yang diselenggarakan pada malam hari.

Salah satu kelebihan dari jas ini adalah pemakainya akan terlihat lebih ramping dan lebih modis. Selain itu jas mandarin ini akan terlihat elegan dan akan cocok digunakan saat hari pernikahan.

7. Italian Style

 
Foto: www.lazada.co.id

Italian style hampir mirip dengan british style dengan mempunyai dua ventilasi pada bagian belakang dan menggunakan bahan yang mengkilap. 

Setelan jas pengantin ini mempunyai ciri kancingnya yang lebih tinggi dibanding dengan jas pada umumnya. Pada bagian bawah depan jas membentuk potongan huruf v. Jas ini akan cocok digunakan bagi yang mempunyai badan yang tinggi. Selain itu pengantin pria akan terlihat gagah dan energik dengan potongan slim fit.

8. Summer Suit

 

Foto: www.lazada.co.id

Jas pengantin ini digunakan pada musim panas terlebih lagi bagi orang Indonesia summer sweet  adalah jas yang paling tepat untuk digunakan saat pernikahan. Jas ini mempunyai ciri dengan bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat sehingga tidak akan membuat pengantin pria kepanasan. Dengan warna yang cerah menggambarkan pesan semi formal namun masih tetap sopan untuk digunakan pada pesta pernikahan.

Itu dia model jas pria yang dapat memberikan inspirasi bagi pasangan kamu untuk nanti dikenakan di hari spesial pernikahanmu dan pasangan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket