Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Model Kebaya Modern Terbaru untuk Seragam Keluarga Pengantin
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Pada mulanya, hanya digunakan oleh para bangsawan di daerah Jawa saja, yakni kebaya Jawa yang dipadupadankan dengan sarung batik atau kain tradisional lainnya. Namun seiring berkembangnya waktu, kebaya mulai berkembang di berbagai wilayah lain di Indonesia, masyarakat yang menggunakannya pun tidak terbatas pada golongan bangsawan saja, tapi warga biasa pun bisa menggunakannya. 

Model baju kebaya juga ikut mengalami perkembangan, tak hanya kebaya tradisional seperti kutu baru, kini sudah banyak berbagai model baju kebaya modern yang bisa dipilih. Khusus untuk pernikahan, tidak hanya pengantin saja yang menggunakan kebaya, tapi para keluarga yang mengiringinya pun bisa menggunakan kebaya. Dalam hal ini, tidak hanya orang tua pengantin saja yang menggunakan kebaya, tapi saudara lain yang masih muda pun bisa menggunakan seragam kebaya di pesta pernikahan. 

Banyak diantara kebaya yang berkembang saat ini merupakan hasil inovasi antara unsur tradisional dan modern. Nah, jika kamu berminat untuk membuat seragam keluarga, terutama untuk saudara yang masih muda, berikut ini beberapa rekomendasi model kebaya modern untuk seragam keluarga pengantin yang bisa kamu tiru. Ada model kebaya berpotongan lurus hingga asimetris, kebaya dengan aksen ruffle dan juga cape. Daripada makin penasaran, yuk disimak! 

  1. Kebaya Batlist Modern

wm_article_img

sumber: lazada.com

Rekomendasi seragam keluarga pengantin yang pertama adalah model kebaya batlist. Kebaya batlist merupakan kebaya yang mempunyai model tangan kelelawar. Model kebaya modern yang satu ini memang termasuk baru yang cocok digunakan oleh para anak muda. Desainnya yang unik dengan model lengan yang besar, warna-warna yang cerah dengan disertai tambahan kain yang bisa dijadikan sebagai ikat pinggang, kebaya ini akan terlihat trendy ketika digunakan. Kebaya batlist biasa dikombinasikan dengan kain batik yang membuat tampilannya perpaduan antara modern dan tradisional. Selain kain batik, juga cocok dikombinasikan dengan kain songket sebagai bawahan.

  1. Kebaya Modern Ruffle

wm_article_img

photo via bukalapak.com

Kebaya ruffle merupakan kebaya yang terbuat dari perpaduan kain brokat dan kain organza. Kebaya ruffle sendiri adalah kebaya model terbaru yang cocok sekali untuk dijadikan sebagai seragam keluarga pengantin, cocok digunakan oleh keluarga yang masih muda. Hal ini tidak lepas dari desain kebaya ruffle yang dipenuhi manik-manik payet, dengan bagian bawah kebaya berbentuk mengembang dan kaku. Bentuk mengembang dan kaku tersebut berasal dari pengaplikasian bahan organza, dimana bahan tersebut memang memiliki tekstur yang kaku. Kebaya ruffle biasa dikombinasikan dengan rok batik sebagai bawahannya. Dengan kombinasi tersebut, keluarga kamu bisa tampil klasik tapi tetap modis disaat bersamaan.

  1. Kebaya Peplum Asimetris

wm_article_img

photo via bukalapak.com

Jika kamu ingin seragam keluarga yang berbeda, namun tetap ingin terlihat menarik, kamu bisa sekali memilih kebaya peplum asimetris. Sesuai dengan namanya, kebaya ini memang tidak seperti kebaya pada umumnya, yang punya bentuk simetris dan rata di bagian bawah. Kebaya peplum justru punya bentuk asimetris dengan potongan bawah kebaya berbentuk diagonal.

Selain bentuknya yang unik dan lucu, kebaya peplum juga cocok sekali digunakan oleh para wanita yang punya perut besar. Pasalnya bagian kebaya peplum yang melebar mampu menutupi bentuk perut para penggunanya. Untuk menambah daya tarik kebaya peplum, kamu bisa menambahkan detail lain seperti payet dan memilih bahan kebaya dengan warna-warna pastel seperti biru atau ungu pastel, yang membuat pengguna kebaya ini menjadi lebih anggun. 

Kebaya peplum juga mempunyai kelebihan lain yaitu kebaya ini bisa digunakan oleh semua wanita, entah itu berhijab ataupun tidak. Hal ini tidak lepas dari kebaya model kebaya peplum yang tidak membentuk badan serta bahan yang digunakan oleh kebaya ini juga tidak menerawang, sehingga aman sekali untuk digunakan. 

  1. Kebaya Tunik dengan Tambahan Selendang

wm_article_img

photo via Inspirasi Kebaya

Kebaya dengan aksen selendang memang sudah ada sejak dulu. Namun model kebaya tersebut, sempat ditinggalkan selama beberapa waktu karena dinilai tidak terlalu praktis. Hanya saja sekarang, kebaya tunik dengan aksen selendang justru berkembang pesat lagi di kalangan anak muda. Kebaya tunik dengan tambahan selendang sendiri punya bentuk seperti kebaya pada umumnya. Namun yang membedakan adalah kebaya tunik panjangnya dari paha hingga lutut. Di samping itu, penambahan selendang sebagai aksesoris, membuat tampilan kebaya tunik menjadi semakin menarik.

Biasanya dalam penggunaan selendang, disesuaikan dengan rok bawahan. Jika rok yang digunakan terbuat dari kain batik, maka selendang yang digunakan pun terbuat dari kain batik dengan motif yang sama. Baju seragam pernikahan modern ini sangat direkomendasi, terutama jika keluarga kamu tipe keluarga yang ingin tampil modis namun tetap syar’i. Hal ini tidak lepas dari kebaya tunik yang punya model longgar di badan dan cenderung menutup aurat.

  1. Kebaya Baby Doll

wm_article_img

photo via bukalapak.com

Kebaya baby doll adalah salah satu model kebaya lain yang ramah untuk perempuan berhijab. Hal ini tidak lepas dari kebaya baby doll yang punya bentuk longgar baik di bagian atas maupun di bagian bawah. Selain itu, kebaya baby doll terbuat dari bahan brokat yang dilapisi kain furing, yang membuat kebaya ini tidak menerawang. 

Kebaya baby doll biasa dipadupadankan dengan kain tenun atau kain batik sebagai bawahannya. Perpaduan kedua hal tersebut akhirnya menghasilkan seragam yang memiliki kesan modern dan tradisional. Tentunya hal tersebut menjadi terobosan terbaru, mengingat banyak anak muda yang enggan menggunakan kebaya karena kesan tradisional yang terlalu melekat di dalamnya. 

Namun dengan adanya inovasi di dalam dunia fashion dimana para designer mulai mengkombinasikan kebaya dengan unsur modern, membuat kebaya mulai banyak dilirik oleh anak muda dan mereka tidak segan menggunakan baju tersebut untuk acara formal. Salah satu contohnya kebaya baby doll yang bisa digunakan di berbagai acara termasuk digunakan sebagai seragam keluarga pengantin.

  1. Kebaya Cape

wm_article_img

photo via shopee.co.id


Rekomendasi seragam keluarga terakhir adalah model kebaya cape. Kebaya ini punya bentuk yang sederhana dengan model lengan batwing atau melebar. Desain kebaya yang sederhana dan tidak ribet ini, cocok digunakan oleh anak muda yang ingin tampil simpel namun tetap terlihat kekinian. Pasalnya aksen batwing yang ada di bagian lengan, membuat tampilan kebaya menjadi lebih unik dan menjadi ciri khasnya sendiri. Kebaya ini juga bisa digunakan oleh perempuan muslim. Caranya adalah dengan menggunakan manset atau baju daleman agar tidak menerawang.

Itulah beberapa rekomendasi model kebaya modern terbaru untuk baju seragam keluarga. Walaupun model kebaya tersebut cukup sederhana, tetapi tetap cantik dan nampak anggun ketika dipadupadankan dengan kain tradisional seperti batik dan songket, bukan? Jangan lupa ketika memilih seragam untuk keluarga, kamu juga harus menanyakan pendapat kepada saudara-saudaramu terlebih dahulu, ya. Semoga bermanfaat!


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...