Pilih Kategori Artikel

Panduan Memilih Venue Pernikahan Terbaik: Ajukan 10 Pertanyaan Ini Kepada Vendor!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Umumnya ketika pasangan memutuskan untuk menggelar pesta pernikahan, ada beberapa hal penting yang terlintas di benaknya. Salah satunya adalah dimana pernikahan akan dilangsungkan? Berapa budget untuk venue pernikahan? 

Tempat untuk melangsungkan pernikahan bisa di rumah mempelai wanita, di gedung, ballroom hotel atau venue pernikahan lainnya seperti restoran atau cafe. Besaran budget yang dialokasikan untuk wedding venue ini pastinya juga akan sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan yang akan didapatkan.

Apabila kamu dan pasangan mempunyai teman dekat yang sudah pernah menikah, boleh juga meminta referensi dan menanyakan pendapatnya, loh! Semakin banyak referensi, maka akan semakin membantu kamu untuk memilih venue pernikahan yang paling pas dengan budget maupun tema pernikahan impianmu.

LANGKAH-LANGKAH MEMILIH TEMPAT PERNIKAHAN TERBAIK BAGI CALON PENGANTIN:

Memilih wedding venue yang tepat untuk acara pentingmu, tentunya harus ada panduannya. Meskipun kamu dan pasangan telah mengantongi daftar tempat pernikahan yang sudah direkomendasikan oleh teman-temanmu. Tenang saja dears, kamu berada di halaman yang tepat, WeddingMarket di sini akan memandu kamu untuk mendapatkan venue pernikahan terbaik, dan tentunya sesuai budget yang dimiliki!

Sebelum menentukan gedung atau tempat pernikahan, coba kamu ketahui terlebih dahulu dasar atau alasan kamu memilih venue pernikahan tersebut. Kemungkinannya adalah sebagai berikut:

1. Memilih lokasi pernikahan karena ada kenangan di sana

wm_article_img
Dekorasi: Dekor Sae | Venue: Galea Belangi

Sebelum memulai pencarian gedung pernikahan, coba deh tanyakan pada pasanganmu, apakah ada suatu tempat yang memiliki kenangan bagi kalian berdua yang mungkin bisa dijadikan sebagai venue pernikahan? Bisa jadi lokasi pertama kali kalian berkencan, salah satu restoran yang sering didatangi, atau tempat yang pernah dikunjungi saat liburan bersama.

Kemungkinan seperti itu seringkali tidak disadari, namun lokasi-lokasi tersebut berpeluang untuk menjadi tempat pernikahan yang menyimpan kenangan berdua. Apalagi di masa sekarang, kamu bisa melangsungkan intimate wedding yang lebih private. Pemilihan lokasi 'bersejarah' sebagai wedding venue, tentu akan menambah kesan dalam pernikahanmu.

Jawaban atas pertanyaan di atas bisa iya atau tidak. Jika ada lokasi khusus yang ingin kamu jadikan wedding venue, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah venue tersebut memenuhi kriteria untuk dijadikan tempat pernikahan atau tidak. Diantaranya, memiliki kapasitas memadai, fasilitas yang mendukung, lokasi mudah dijangkau dan tentunya, cek apakah harga venue pernikahan tersebut masuk dalam hitung-hitungan biaya pernikahanmu?

2. Memilih venue pernikahan karena lokasi, fasilitas, dan layanannya

wm_article_img
Venue: Alila SCBD Jakarta

Beberapa aspek pertimbangan sebelum menentukan lokasi atau tempat pernikahan, yakni kemudahan menjangkau lokasi, kapasitas dan fasilitas yang ditawarkan, serta service atau layanan yang bagus. Aspek-aspek tersebut adalah hal-hal mendasar yang wajib terpenuhi sebelum kamu dan pasangan memutuskan untuk menggunakan venue pernikahan tertentu.

  • Lokasi

Pertama, pikirkan dimana lokasinya. Apabila kamu menyewa ballroom di sebuah hotel atau aula di sebuah gedung pernikahan, pertimbangkan kemudahan akses untuk dijangkau oleh para tamu undangan. Bukan hanya lokasinya yang sudah cukup dikenal, tapi juga tersedianya lahan untuk parkir kendaraan para tamu yang hadir.

Umumnya gedung-gedung pernikahan atau hotel telah memiliki sistem pengaturan lalu lintas dan parkir kendaraan untuk para tamu, akan tetapi tidak ada salahnya apabila kamu juga mengecek kembali perihal yang satu ini. Terutama untuk lokasi pernikahan yang diadakan di pusat kota, kemungkinan terjadinya macet dan berbagai kendala lain juga perlu untuk diantisipasi.

Selain gedung atau ballroom hotel, ada juga opsi lain yang bisa kamu pilih, misalkan restoran atau ruang publik yang berada di pinggir kota seperti kebun atau hutan kota. Apabila kamu memilih venue pernikahan di sebuah restoran, tanyakan apakah pestamu nanti akan berbagi dengan pengunjung-pengunjung yang lain atau tidak.

Begitu pula jika kamu memilih lokasi pernikahan outdoor, seperti di kebun, jangan lupa dipastikan bagaimana solusinya apabila turun hujan. Lokasi-lokasi pernikahan ini juga mungkin belum begitu familiar bagi para tamu undangan, pastikan juga kamu memberikan petunjuk jalan yang jelas apabila wedding venue tersebut yang kamu pilih, serta pertimbangkan juga jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan untuk menjangkau lokasi tersebut. Hal ini akan sangat berkaitan erat dengan jadwal pelaksanaan acara nantinya. 

  • Kapasitas

Setelah mempertimbangkan berbagai lokasi pernikahan strategis sekaligus mudah dijangkau, selanjutnya kamu perlu mengecek kapasitas dari venue pernikahan tersebut. Hal ini akan sangat menentukan kenyamanan pada saat acara pernikahan digelar nantinya.

Apabila tamu undangan pernikahan tidak terlalu banyak, maka kamu bisa memilih tempat pernikahan di area yang tidak terlalu luas, baik itu venue pernikahan indoor maupun outdoor. Misalnya di hotel, kamu bisa memilih intimate wedding package untuk 100 sampai 500 tamu

Sementara itu, apabila kamu merencanakan grand wedding, maka pemilihan tempat pernikahan harus disesuaikan  dengan jumlah tamu yang akan diundang, supaya tidak berdesak-desakan nantinya. Untuk itu, kamu perlu mencari tahu informasi ini di awal-awal sebelum menentukan hal-hal yang lainnya terkait dengan venue pernikahan. 

  • Fasilitas

Selanjutnya, pertimbangkan juga terkait fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh vendor wedding venue tersebut. Apakah harga yang ditawarkan sudah mencakup fasilitas-fasilitas dasar seperti kursi, sound system, lighting, dan juga tenda apabila tempat pernikahan outdoor. Poin ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan awal ketika kamu memilih wedding venue.

Banyak pasangan yang biaya pernikahannya membengkak karena lupa memastikan fasilitas dalam paket sewa gedung pernikahan yang mereka pilih. Sehingga, mau tak mau harus rela mengeluarkan dana lebih banyak karena hal tersebut. Apabila ada venue pernikahan yang memiliki fasilitas lengkap dan harga yang lebih murah, tentunya bisa dijadikan prioritas diantara pilihan-pilihan yang lainnya.

  • Layanan

Faktor kenyamanan dari segi pelayanan yang diberikan oleh vendor juga tak kalah penting dalam mempertimbangkan venue pernikahan. Tentunya percuma apabila memilih venue pernikahan yang bagus namun pelayanannya buruk. Sebab, pada saat persiapan maupun prosesi pernikahan digelar, kerjasama yang baik dengan vendor sangat penting untuk menciptakan suasana yang nyaman, baik untuk pengantin dan juga para tamu yang hadir. Oleh karena itu, jangan sepelekan perkara hal ini guna mengantisipasi munculnya masalah ataupun komplain di pesta pernikahanmu.  

3. Memilih venue pernikahan karena makanannya enak

wm_article_img
Venue: Karma Kandara Bali

Ada juga variabel lain yang mungkin bisa menjadi alasan kamu memilih venue pernikahan tertentu, yakni karena makanannya enak. Tentu saja, inti dari sebuah perayaan pernikahan selain untuk berbagi kebahagian, juga ingin menjamu para tamu undangan dengan yang terbaik. Termasuk, urusan perut.

Wedding venue tertentu mungkin memiliki keunggulan dari segi menu dan cita rasa makanannya, sehingga calon pengantin memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan di tempat itu. Beberapa opsi tempat pernikahan yang juga menyediakan makanan pernikahan seperti restoran,  hotel, bistro atau cafe bisa kamu tambahkan ke dalam daftar pilihan. 

4. Memilih venue pernikahan yang bekerjasama dengan vendor pernikahan rekanan

wm_article_img
Venue: Ibis Gading Serpong

Untuk poin yang satu ini juga perlu kamu pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk memilih tempat pernikahan. Ada beberapa venue pernikahan yang sudah terafiliasi atau bekerjasama dengan vendor rekanan tertentu, seperti dekorasi, fotografi hingga catering. Dengan adanya kerjasama tersebut, mengharuskan kamu untuk juga menggunakan jasa vendor pernikahan rekanan mereka apabila hendak menggelar acara pernikahan disana. 

Oleh karena itu, penting untuk kamu melihat track record dari vendor-vendor rekanan itu. Apabila rekam jejaknya cukup baik, tidak ada salahnya kamu melaksanakan resepsi di tempat pernikahan tersebut. Namun, jika kamu sudah memiliki pilihan vendor-vendor sendiri, maka sebaiknya tanyakan apakah bisa hanya menyewa tempat saja? Biasanya, ada harga berbeda yang ditawarkan. Pelajari dengan cermat sebelum memutuskan, ya!

5. Menyesuaikan dengan konsep dan budget pernikahan yang dimiliki

wm_article_img
Venue: Bale Asri

Alasan memilih wedding venue terakhir, yang paling banyak menjadi pertimbangan pasangan yang hendak menikah adalah terkait konsep dan budget yang dimiliki. Setiap pasangan tentu memiliki pernikahan impiannya, entah itu luxurious wedding, garden party, dreamy wedding dan lain sebagainya. Pemilihan venue pernikahan yang tepat akan menentukan keberhasilan mewujudkan konsep pernikahan impian itu, serta menjadi patokan banyak sedikitnya dana yang harus dikeluarkan oleh calon pengantin. 

Sebagai contoh, jika konsep pernikahan impian kamu dan pasangan adalah garden wedding, maka memilih venue pernikahan outdoor akan lebih efisien. Nuansa alam yang diinginkan akan lebih mendukung apabila pernikahan diadakan di area terbuka seperti taman, sehingga cukup dengan dekorasi sederhana impian itu bisa terwujud.

Namun, zaman sekarang tidak ada yang mustahil, venue pernikahan indoor pun juga bisa dikondisikan dengan nuansa layaknya ‘garden’ yang diinginkan, dengan biaya yang lebih besar tentunya. Sebab, sang dekorator pernikahan membutuhkan lebih banyak properti tanaman dan pohon-pohon untuk menghidupkan suasana ruangan seolah-olah menjadi sebuah taman. 

Jadi, dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa pemilihan tempat pernikahan yang tepat akan sangat menentukan konsep dan besar kecilnya budget yang harus dikeluarkan. Nah, pikirkan matang-matang sebelum memutuskan, ya!

Pertanyaan yang Harus Ditanyakan kepada Vendor Saat Memilih Venue Pesta Pernikahan

wm_article_img
Venue: Royal Tulip Gunung Geulis & Golf

Saatnya memilih dan menentukan dimana perhelatan istimewa sekali seumur hidup kamu dan pasangan akan digelar. Apakah di ballroom hotel, gedung pernikahan, atau venue outdoor. Kamu sudah mendapatkan daftar lokasi pernikahan terbaik di tanganmu. Selanjutnya kamu dan pasangan akan mulai melakukan survey lokasi dan mewawancarai vendor-vendor tersebut untuk memastikan beberapa detail penting sebelum memutuskan. 

Untuk mempermudah urusanmu dalam memilih venue pesta pernikahan ternyaman dengan harga terbaik, WeddingMarket telah merangkum pertanyaan apa saja perlu kamu ajukan kepada pengelola venue pernikahan yang akan menjadi tempat bahagia kamu nanti. Bila perlu dicatat, ya!

1. Berapa penawaran harganya?

Pertanyaan mengenai harga tempat pernikahan yang sedang kamu survei menjadi hal terpenting untuk diajukan di awal-awal. Sebab berkaitan erat dengan budget yang kamu anggarkan untuk pesta pernikahanmu. Jangan sampai sudah bertanya panjang lebar, tapi ternyata harga gedung atau venue tersebut terlampau jauh dari rencana pengeluaranmu.

Jika demikian, sebaiknya kamu dan pasangan memikirkan alternatif tempat pernikahan lain yang masih bisa masuk dalam hitung-hitungan biaya pernikahanmu. Apabila harga yang ditawarkan cocok atau masih dalam rentang yang sanggup kamu bayarkan, pastikan pula kemungkinan adanya biaya-biaya tambahan di luar itu.

Dengan demikian, kamu dan pasangan bisa lebih jelas dalam pengalokasian dana untuk venue pernikahan ini dan bisa menggunakan sisanya untuk keperluan persiapan pernikahan yang lainnya dengan lebih leluasa.

wm_article_img
Venue: ATRIA Hotel Gading Serpong

2. Apakah tempat tersedia pada tanggal pernikahan saya? 

Hal selanjutnya yang juga perlu dipastikan adalah ketersediaan tempat untuk tanggal pernikahan yang kamu tentukan. Apabila ternyata venue pernikahan tersebut telah terisi di jadwal yang diinginkan, maka  kamu dan pasangan harus pindah ke tempat lain. Kecuali, apabila tanggal pernikahanmu masih belum ditentukan atau fleksibel, maka tidak perlu dipermasalahkan. 

3. Berapa kapasitas maksimum tempat ini?

Beberapa tempat pernikahan memiliki aturan dan kapasitas yang terbatas, terutama pada masa pandemi ini. Oleh karena itu, kamu dan pasangan perlu menanyakan perihal kapasitas venue pernikahan sebelum menetapkan pilihan. Pastikan tempat pernikahan yang dipilih bisa mengakomodir tamu-tamu undangan dengan optimal, tidak terlalu sesak ataupun terlalu kosong karena memilih ruangan yang teramat besar. Penting sekali untuk menyinkronkan kapasitas wedding venue dengan jumlah tamu yang akan diundang.

wm_article_img
Venue: Holiday Inn Jakarta Kemayoran

4. Seberapa nyaman lokasinya?

Pertimbangan pemilihan venue pernikahan, bukan hanya karena keunikannya tapi juga wajib memenuhi syarat kenyamanan baik bagi pengantin, maupun untuk tamu undangan.  Kenyamanan harus menjadi faktor nomor satu dalam memilih tempat pernikahan. Perhatikan baik-baik, bagaimana lokasinya? Akses jalan menuju ke sana mudah atau tidak? Juga faktor-faktor lain yang mungkin bisa mengganggu kenyaman, sebaiknya ditanyakan.

5. Khusus untuk venue pernikahan outdoor, tanyakan bagaimana solusi jika hari itu hujan?

Kamu bisa jadi menginginkan pernikahan berkonsep outdoor di ruang terbuka seperti taman atau rooftop di hotel. Kamu menyukai suasananya sehingga ingin menjadikan tempat tersebut sebagai venue pernikahan. Namun, penting juga buat kamu berjaga-jaga apabila turun hujan di saat resepsi pernikahanmu. Tanyakan kepada vendor apakah ada solusinya? Bisakah pernikahan dipindahkan ke dalam ruangan apabila turun hujan yang cukup lebat? 

Lokasi Pernikahan Outdoor | Pine Hill Cibodas
Venue: Pine Hill Cibodas

6. Apakah venue bekerjasama dengan vendor rekanan?

Penting juga untuk kamu memastikan apakah penyedia venue pernikahan tersebut bekerja sama dengan vendor-vendor rekanan? Hal ini tentunya akan mempengaruhi harga paket yang ditawarkan. Meskipun pada umumnya, venue yang memiliki afiliasi dengan vendor pernikahan seperti katering, fotografi, dekorasi, menawarkan harga paket pernikahan yang lebih murah dibandingkan dengan kamu menggunakan jasa vendor secara terpisah.

Namun, kamu dan pasangan tetap perlu mengecek rekam jejak vendor rekanan tersebut sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak. Jika track record-nya bagus, berarti vendor tersebut cukup profesional dibidangnya, maka kamu dapat menggunakan jasanya. 

wm_article_img
Foto: Pyara Photo | Venue: Four Seasons Resort Bali

7. Apa ada larangan khusus?

Kamu juga perlu menanyakan kepada  pengelola apakah ada larangan khusus yang diberlakukan di venue pernikahan tersebut. Misalnya kamu ingin menggunakan dekorasi tertentu seperti lilin asli untuk setting table apakah boleh? Kemudian fotografer menggunakan drone untuk mengabadikan video apakah diizinkan atau tidak? Begitupun jika kamu mempunyai keinginan tertentu untuk diwujudkan, maka sebaiknya tanyakan dulu aturan dan larangan yang diberlakukan di tempat itu.

8. Apa saja fasilitas yang termasuk dan tidak termasuk dalam penawaran harga?

Di awal kamu sudah menanyakan perihal harga venue wedding pada  pengelola. Jika harga tersebut sesuai dengan budget yang kamu miliki, maka sebelum menyetujui kontraknya, tanyakan dulu fasilitas apa saja yang sudah termasuk dalam paket wedding yang ditawarkan tersebut.

Pastikan apakah harga tersebut sudah termasuk sewa kursi dan meja, lighting, sound system, dekorasi, staf dan lainnya. Kamu perlu memastikan hal ini untuk menghindari kesalahpahaman nantinya. Sehingga kamu bisa tahu, apa saja yang sudah tersedia dan apa yang perlu ditambahkan.

wm_article_img
Venue: Amaryllis Boutique Resort | Dekorasi: Bloomsville

9. Bagaimana prosedur pelunasan pembayarannya dan teknis apabila ingin membatalkan kontrak?

Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui apakah boleh pembayarannya dicicil, kapan tenggat waktu yang diberikan untuk melunasi sisa pembayaran dan bagaimana jika kamu ingin membatalkan kontrak sewa gedung pernikahan tersebut? Apakah dana yang telah dibayar dimuka bisa dikembalikan atau tidak? Hal-hal terkait masalah teknis pembayaran ini harus benar-benar jelas, supaya tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

10. Bagaimana teknis pelaksanaan protokol kesehatan di sana?

Khusus di masa pandemi COVID-19 ini, kamu harus menambahkan satu pertanyaan lagi terkait dengan teknis protokol kesehatan yang dijalankan di venue pernikahan tersebut. Bagaimana prosedur dan penerapannya pada tamu-tamu undangan, maupun vendor-vendor lain yang terlibat di acara pernikahanmu.

wm_article_img
Venue: The Ritz-Carlton Jakarta

Demikianlah penjelasan mengenai cara memilih venue pesta pernikahan ala WeddingMarket. Kamu bisa menerapkan panduan tersebut untuk mendapatkan tempat pernikahan ternyaman dengan harga terbaik. Untuk lebih mempermudah, kamu dan pasanganmu juga bisa mempercayai persiapan pesta pernikahan pada wedding organizer profesional berpengalaman dalam urusan pernikahan.

Segala kebutuhan untuk persiapan hari bahagiamu juga bisa  kamu dapatkan di WeddingMarket. Termasuk pula penawaran paket venue pernikahan terbaik dengan potongan harga menarik. Nah, pastinya lebih hemat! Yuk,  cek langsung promo menariknya sekarang!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...