Pilih Kategori Artikel

Pembukaan Acara Pernikahan, Berikut Hal yang Wajib Kamu Perhatikan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu acara yang sangat sakral yang sangat diistimewakan oleh semua orang. Oleh karena itu, susunan acara yang ada di dalamnya harus benar-benar dilaksanakan dengan khidmat dengan runtutan acara yang baik dan benar. Jika kamu adalah MC yang terpilih untuk memandu acara dalam sebuah pernikahan, maka kamu harus mengetahui poin-poin yang penting di dalam pembukaan acara pernikahan. 

Banyak orang hanya memerhatikan susunan acara resepsi pernikahan secara garis besar dan tidak mendetail. Akibatnya, canggung saat hari pernikahan. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan secara runtut mengenai poin atau bagian yang harus ada di dalam pembukaan atau sambutan acara pernikahan.

1. Salam dan Sapa

Sebagai MC yang baik, kamu harus bisa memberikan salam dan menyapa semua tamu undangan dengan sopan dan cara yang menyenangkan. Ini harus benar-benar diperhatikan dan kamu harus mencobanya terlebih dahulu di rumah. Mengapa demikian? Ini ditujukan agar ketika kamu membuka sebuah acara dalam sebuah pesta akan terlihat menarik dan benar-benar matang. 

Adapun teks MC pernikahan atau salam dan sapa yang biasanyanya dikatakan oleh mc-mc handal yaitu menyapa semua tamu undangan dengan salam penuh kepatuhan kepada Tuhan. Apa maksudnya?

Kamu bisa menyebutkan semua salam dari berbagai agama di Indonesia. Selain itu, setelah salam kamu bisa menyapa semua tamu undangan dengan ucapan salam sejahtera dan pemberian ungkapan bahagia karena bisa berjumpa dalam acara tersebut.

2. Memberikan Apresiasi

Pembukaan acara pernikahan yang baik harus didasari pada pemberian apresiasi. Banyak orang yang tidak sadar akan apa arti besar dari sebuah apresiasi itu sendiri. Tahukah Anda jika apresiasi ini sangat penting untuk menghargai semua orang yang terlibat di dalam acara pesta tersebut?

Berikan apresiasi untuk semua elemen yang terlibat di dalam acara pernikahan tersebut. Dengan begitu, ketika kamu memberikan apresiasi ini tandanya bahwa kamu mengetahui bagaimana cara menghargai orang lain. 

Adapun kata-kata untuk mengapresiasi pada poin ini antara lain selamat datang kami ucapkan kepada seluruh tamu undangan yang sudah bersedia hadir dalam meluangkan waktunya untuk mengikuti proses acara pernikahan pada kali ini.

3. Memperkenalkan Diri

Sebagai  orang yang memandu sebuah acara, maka kamu harus memperkenalkan diri kepada semua tamu undangan di tempat tersebut. Pembukaan acara pernikahan memang harus dibawakan dengan cara yang asik dan tidak membuat bosan.

Kamu bisa menggunakan berbagai tipe perkenalan versi kamu sendiri. Perkenalkan diri sebagai MC disini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. 

Kamu juga harus memperhatikan bahwa waktu yang digunakan untuk perkenalan ini harus singkat dan padat. Adapun contoh dari proses perkenalan MC kepada semua tamu undangan seperti “para undangan yang berbahagia pada saat acara pernikahan yang penuh dengan rasa bahagia ini, Izinkanlah saya Bella untuk memandu rangkaian acara pernikahan hingga selesai”.

4. Menciptakan Sebuah Atensi

Pembukaan acara pernikahan juga harus disesuaikan dengan penciptaan sebuah atensi yang cukup. Apakah kamu pernah mengetahui apa itu atensi? Atensi merupakan salah satu peran MC pernikahan yang perlu menarik perhatian audiens atau tamu undangan agar tidak terlalu fokus kepada acara yang sedang dilaksanakan. Biasanya atensi ini dilakukan dengan berbagai macam aktivitas. Adapun atensi yang bisa kamu pilih antara lain meneriakkan yel-yel bermain kuis sebentar dan lain sebagainya. 

Perlu diketahui untuk melakukan atensi kamu diharapkan tidak memakan waktu terlalu lama pada bagian ini. Jika bagian ini dilakukan terlalu lama maka suasana resmi pada proses pernikahan pasti akan terganggu.

5. Penjelasan Mengenai Deskripsi Acara

Pembukaan acara pernikahan tentunya juga akan menjelaskan mengenai deskripsi acara yang akan dilaksanakan. Pembacaan deskripsi acara ini sebaiknya harus runtut dan dibacakan dengan jelas.

Untuk membacakan deskripsi acara yang telah dibuat, kamu sebagai MC bisa memberikan variasi dalam mode penyampaiannya. Ini bisa kamu katakan dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua orang dan semua kalangan.

Adapun deskripsi acara yang akan dibacakan dan dirancang sebelumnya sebaiknya telah mengikuti bagaimana runtutan acara resmi pada sebuah pernikahan. Mengapa demikian? ini dikarenakan untuk memudahkan bagian bagian acara yang mungkin saja sebagian orang pasti sudah mengetahui runtutan acara di dalamnya.

Jadi, untuk runtutan acaranya sendiri kamu bisa menirukan seperti runtutan acara biasanya. Akan tetapi, dalam penyampaiannya kamu bisa menggunakan versi kamu sendiri baca.

Demikianlah uraian lengkap mengenai poin-poin atau bagian yang harus ada di dalam pembukaan acara pernikahan. Jika kamu sedang menjadi MC di pernikahan islami,  harus memperhatikan susunan acara perngajian pernikahan dan melaksanakan semuanya dengan maksimal.

Untuk itu, diperlukan latihan yang dapat dikatakan extra sebelum kamu benar-benar masuk ke dalam pesta pernikahan yang sebenarnya. 

Dengan memperhatikan poin-poin atau bagian yang ada di dalam pembukaan acara, kamu pasti akan berhasil untuk mengalihkan suasana yang mungkin akan membosankan menjadi suasana yang lebih interaktif dan juga bahagia. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...