Pilih Kategori Artikel

Susunan Acara Pengajian Pernikahan yang Sederhana dan Khidmat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu rangkaian dalam persiapan acara pernikahan adalah digelarnya acara pengajian.  Acara yang bertujuan untuk memberikan doa restu kepada mempelai dan meminta kelancaran acara serta kelancaran dalam menjalankan bahtera rumah tangga. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana susunan acara pengajian jelang hari pernikahan.


Untuk acara pengajiannya sendiri, ada yang menggelar acara pernikahan hanya dalam lingkup kecil. Dengan hanya mengundang saudara saja. Ada juga yang mengadakan acara pengajian dengan acara yang tersusun dan mengundang tamu undangan, seperti ibu – ibu pengajian misalnya.

Ada beberapa susunan acara pernikahan islam khususnya saat pengajian yang biasanya dilaksanakan, diantaranya adalah :

1. Siraman

Sebelum mengadakan pengajian, biasanya diadakan dulu acara siraman. Namun acara siraman pernikahan ini ada yang pelaksanaannya dilakukan berbarengan dengan pengajian, ada juga yang dipisah hari dan waktunya. Namun bagi kamu yang ingin acara siraman dan pengajian disatukan dalam satu waktu, kamu bisa menempatkan acara siraman sebelum acara pengajian

Acara siraman dalam susunan acara pengajian pernikahan bisa menjadi acara yang pertama dilakukan. Siraman sebelum menikah bertujuan untuk mensucikan diri bagi calon mempelai wanita. Selain itu juga dalam rangkaian siraman terdapat banyak makna yang tersirat bagi calon mempelai perempuan. Acara siraman ini bisanya diusung oleh adat jawa atau adat sunda.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

wm_article_img
Foto: by_arunaa from Instagram

Setelah acara siraman selesai dilaksanakan, kemudian calon pengantin dipersilahkan untuk mengganti pakaian dan berganti dengan pakaian muslim. Barulah acara selanjutnya yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Dalam hal ini ada beberapa versi, ada yang pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilakukan bersama – sama oleh para tamu undangan. Ada juga yang dilakukan khusus oleh qori’ atau pembaca Al-Qur’an.

Tentunya ayat yang dibacakan harus  yang memiliki arti dan makna yang mengandung tema pernikahan. Hal ini bertujuan untuk menjadi pengingat dan nasihat bagi calon pengantin.

3. Tausiyah 

Acara selanjutnya biasanya diisi dengan tausiyah dari ustadz atau ustadzah. Tausiyah dalam susunan acara pengajian pernikahan berisikan tentang petuah atau nasihat dan hal – hal yang menyangkut tentang pernikahan.

Tausiyah ini bisa dijadikan bekal oleh bakal calon pengantin dalam mengayuh biduk rumah tangganya kelak. Dengan diberikan tausiyah terlebih dahulu siapa tahu calon pengantin akan mengetahui ilmu baru yang belum diketahui untuk bekal berumah tangga nanti.

4. Permohonan Doa Restu

wm_article_img
Foto: annisahasna_25 from Instagram

Momen inilah yang paling ditunggu – tunggu dalam susunan acara pengajian pernikahan. Sebab memang momen atau acara inilah yang paling inti dalam pelaksanaan pengajian sebelum pernikahan. Yaitu saat calon pengantin meminta atau memohon doa restu kepada orang tuanya serta keluarganya.

Dalam acara ini biasanya diisi dengan pra kata yang dibacakan oleh calon pengantin. Para kata ini berisi kata kata permintaan maaf calon pengantin dan juga permohonan untuk direstui dalam menikah dan minta didoakan untuk kebahagiaan dan kelancaran dalam pernikahan.

Momen ini juga identik dengan momen sungkeman , sehingga suasananya mengharukan. Momen ini selalu dilewatkan dengan tangis haru dan bahagia. Tidak hanya calon pengantin yang menangis, tamu undangan juga selalu terbawa suasana.

5. Shalawat dan Doa 

Kemudian rangakain acara selanjutnya dalam susunan acara pengajian pernikahan shalawat dan doa. Shalawat nya biasanya dibaca bersama sama oleh tamu undangan, kemudian dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh ustadz. 

Doa yang dibacakan juga khusus untuk mendoakan keselamatan dan kebahagiaan calon pengantin, serta doa untuk kemaslahatan dalam membangun rumah tangga.

6. Makan-Makan

Dan acara yang terakhir adalah acara prasmanan yang disuguhkan oleh penyelenggara acara atau dalam hal ini keluarga calon pengantin. Prasmanan yang disuguhkan juga ada berupa makanan berat seperti nasi dan lauk pauk , buah , makanan manis. Setelah makan, maka acara selesai. Dan biasanya saat hendak pulang, para tamu undangan diberikan souvenir masing masing.

Itulah beberapa susunana acara pengajian pernikahan yang biasanya dilaksanakan, Namun, itu adalah rangkaian acara yang biasa dan umum. Jika kamu acara yang jauh lebih spesial , kamu bisa menyusun lagi acara dengan konsep yang jauh lebih khidmat.

Acara pengajian pernikahan ini tentunya harus terasa khidmatnya. Maka peran pemandu acara di sini sangat dibutuhkan dan sangat berpengaruh sekali.Maka dari itu kamu harus memilih MC pengajian yang bagus supaya acara pangajian pernikahan kamu semakin terasa khidmat dan tidak membosankan.. 

Sebenarnya susunan acara pengajian pernikahan  ini tidak terlalu wajib untuk dilaksanakan calon pengantin. Beberapa diantaranya hanya melaksanakan acara lamaran dan pernikahan. Kamu pun perlu tahu bagaimana sususan acara lamaran dan susunan acara resepsi pernikahan yang umum dilakukan.

Akan tetapi dianjurkan saja untuk calon pengantin, sebab acara pengajian ini sarat akan doa, sehingga diharapkan calon pengantin akan memperoleh banyak doa sehingga diharapkan pernikahannya mendapatkan berkah.

Tentunya doa sangat dibutuhkan sekai bagi calon pengantin, sebab saat menikah bagi kita adalah suatu jenjang kehidupan yang baru, sehingga doa akan memberikan energi positif bagi para calon pengantin.

Baca juga: Inspirasi Gaun Kebaya Pengajian Jelang Pernikahan Elegan dan Bersahaja ala Public Figure Tanah Air

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...