Pilih Kategori Artikel

Mengenal Perbedaan Makeup Pengantin dengan Finishing Dewy, Glossy, dan Matte
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Makeup menjadi salah satu hal krusial yang harus disiapkan matang-matang oleh pengantin, khususnya pengantin wanita. Pasalnya, riasan inilah yang akan menentukan bagaimana penampilan pengantin di hari pernikahan nanti. 

Banyaknya pilihan yang tersedia akan membuat calon pengantin mungkin bingung saat harus memilih jenis makeup. Selama ini mungkin yang kita ketahui tentang makeup hanyalah hasil yang tampak natural atau bold padahal ada kategori lain dalam dunia makeup, yaitu finishing. Ada beberapa jenis finishing makeup, seperti glossy, dewy, dan matte makeup.

Apakah kamu masih asing dengan beberapa istilah tersebut? Supaya tidak bingung dan mendapatkan hasil yang maksimal, coba simak dulu penjelasan dan beberapa perbedaannya berikut ini, yuk! Jadi, nanti kamu bisa memilih yang paling cocok untuk wajah dan juga untuk konsep pernikahan secara keseluruhan.

Pengertian dan perbedaan jenis makeup

  • Makeup matte

wm_article_img
MUA: Regina Pang Makeup

Makeup matte memberikan finishing yang lebih halus dan tanpa kilap. Produk yang digunakan memiliki kandungan yang mengurangi kilau atau efek berminyak pada kulit. Biasanya, foundation matte digunakan untuk menciptakan tampilan kulit yang halus dan pori-pori yang lebih kecil. Makeup matte memberikan kesan kulit yang lebih rata dan cocok untuk pengantin dengan jenis kulit berminyak atau kombinasi.

  • Makeup dewy

wm_article_img
MUA: Eva Lovira

Makeup dewy memberikan tampilan kulit yang lebih cerah, bercahaya, dan segar. Efek dewy ini didapatkan dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan dengan efek kilau alami pada kulit, seperti foundation atau primer dengan efek melembapkan. Makeup dewy memberikan tampilan kulit yang sehat dan bercahaya, cocok untuk pengantin yang ingin terlihat segar dan berkilau pada hari pernikahan mereka.

  • Makeup glossy

wm_article_img
MUA: Molita Official

Makeup glossy menggunakan produk yang memberikan efek berkilau yang lebih intens pada wajah. Biasanya, highlighter atau produk dengan tekstur berkilau digunakan untuk memberikan highlight di area tertentu, seperti tulang pipi atau bagian dalam sudut mata. Makeup glossy memberikan tampilan yang lebih dramatis dan bertekstur, cocok untuk pengantin yang ingin penampilan yang mencolok dan glamor.

Jenis kulit yang cocok untuk berbagai jenis makeup

wm_article_img
MUA: Marlene Hariman

  • Kulit kering

Dewy: Makeup dewy sangat cocok untuk kulit kering karena memberikan efek lembap dan bercahaya. Gunakan foundation dengan tekstur lembap dan tambahkan highlighter pada area tertentu untuk menciptakan tampilan kulit yang terhidrasi.

Glossy: Gunakan produk berkilau seperti lip gloss atau highlighter di area yang ingin disoroti untuk memberikan tampilan yang berkilau dan cerah.

Matte: Hindari penggunaan makeup matte karena dapat membuat kulit kering terlihat lebih kusam. Namun, jika kamu ingin menggunakan makeup matte, pastikan untuk mempersiapkan kulit dengan baik menggunakan pelembap yang benar-benar melembapkan sebelumnya.

  • Kulit berminyak

Dewy: Penggunaan makeup dewy pada kulit berminyak harus dilakukan dengan hati-hati. Pilihlah produk yang memberikan efek lembap, tetapi tidak berlebihan agar kulit tidak terlihat terlalu berminyak. Gunakan primer yang dapat mengontrol produksi minyak dan pilih foundation dengan tekstur ringan.

Glossy: Hindari penggunaan makeup glossy di seluruh wajah karena dapat membuat kulit terlihat semakin berminyak. Gunakanlah sedikit produk berkilau pada area tertentu, seperti tulang pipi atau bagian dalam sudut mata, untuk memberikan sorotan yang lembut.

Matte: Makeup matte cocok untuk kulit berminyak karena dapat membantu mengontrol kilap dan minyak berlebih pada wajah. Gunakan primer dan foundation matte yang tahan lama untuk menciptakan tampilan kulit yang halus dan bebas kilap.

  • Kulit normal atau kombinasi

Dewy: Makeup dewy cocok untuk kulit normal atau kombinasi karena memberikan tampilan kulit yang segar dan bercahaya. Pilihlah produk dengan tekstur ringan dan lembap untuk menciptakan tampilan yang seimbang.

Glossy: Gunakan sedikit produk berkilau pada area-area tertentu yang ingin kamu jadikan center of interest untuk memberikan sentuhan kilau yang lembut.

Matte: Makeup matte juga dapat digunakan pada kulit normal atau kombinasi untuk menciptakan tampilan kulit yang halus dan rata. Pastikan untuk menggunakan pelembap yang sesuai sebelumnya agar kulit tetap terhidrasi.

Jenis makeup yang cocok untuk berbagai konsep pernikahan

wm_article_img
MUA: Kanya Putri

  • Makeup dewy

1. Pernikahan outdoor

Tema pernikahan di taman atau di luar ruangan sering kali mengusung nuansa alami dan segar. Makeup dewy memberikan tampilan kulit yang sehat dan bercahaya yang sangat cocok dengan suasana outdoor yang terang. Tampilan dewy akan memberikan kesan alami dan cerah yang harmonis dengan keindahan alam sekitarnya.

2. Pernikahan bohemian atau rustic

Tema pernikahan bohemian atau rustic sering kali mencerminkan gaya yang santai, natural, dan berjiwa bebas. Makeup dewy dapat memberikan kesan kulit yang sehat dan alami, serta menciptakan tampilan yang ringan dan segar. Makeup dewy yang ditonjolkan dengan lipstik warna-warna alami dan sentuhan blush-on yang lembut akan melengkapi gaya pernikahan dengan tema ini.

3. Pernikahan di pantai

Tema pernikahan di pantai umumnya mencerminkan suasana santai, alami, dan segar. Makeup dewy cocok untuk pernikahan pantai karena memberikan tampilan kulit yang terhidrasi dan bercahaya di bawah sinar matahari. Makeup dewy dengan tampilan yang ringan dan sentuhan kilau yang lembut akan memberikan kesan yang sejuk dan segar seperti suasana pantai.

4. Pernikahan vintage

Tema pernikahan vintage sering kali menampilkan nuansa klasik dan elegan. Namun, dengan menggunakan makeup dewy, kamu dapat menciptakan tampilan yang memadukan sentuhan vintage dengan kesan segar dan bercahaya. Makeup dewy dengan tampilan kulit yang halus dan berkilau akan memberikan kontras yang menarik dengan gaya vintage yang lebih tradisional.

  •  Makeup glossy

1. Pernikahan glamor atau mewah

Tema pernikahan yang glamor atau mewah sering kali mengusung gaya yang mencolok dan berkilau. Makeup glossy dengan efek berkilau yang intens dapat memberikan sentuhan yang dramatis dan mencerminkan kemewahan. Penggunaan produk berkilau seperti lip gloss atau highlighter yang memberikan sorotan intens pada area tertentu dapat memperkuat tampilan glamor.

2. Pernikahan yang digelar malam hari

Untuk pernikahan yang diadakan pada malam hari, makeup glossy cocok untuk menciptakan penampilan yang seksi dan mencolok. Efek berkilau pada mata, pipi, atau bibir akan memberikan tampilan yang lebih outstanding dan penuh energi. Kamu dapat menggunakan eyeshadow dengan tekstur berkilau, lipstik berwarna-warni, atau menggunakan produk dengan efek glossy lainnya pada seluruh wajah.

3. Pernikahan kontemporer atau futuristik

Tema pernikahan yang lebih kontemporer atau futuristik sering kali mengusung tampilan yang berani dan modern. Makeup glossy yang berkilau dapat memberikan tampilan yang avant-garde dan mencerminkan nuansa futuristik. Kamu dapat menggunakan produk dengan tekstur berkilau atau mengaplikasikan highlighter pada area yang ingin di-highlight untuk menciptakan tampilan yang lebih mencolok.

4. Pernikahan tema glitter atau bling-bling

Jika kamu mengadopsi tema pernikahan yang melibatkan kilauan dan glitter, makeup glossy dapat menjadi pilihan yang sempurna. Makeup glossy dengan efek berkilau yang intens akan memberikan tampilan yang mencolok dan penuh dengan kilauan. Kamu dapat menggunakan produk dengan glitter, lipstik glossy, atau menggunakan highlighter yang lebih intens untuk menciptakan tampilan yang memancarkan nuansa gemerlap

  • Makeup matte

wm_article_img
MUA: Kanya Putri

1. Pernikahan klasik atau elegan

Tema pernikahan klasik atau elegan sering kali menekankan keanggunan dan kesederhanaan. Makeup matte dengan tampilan kulit yang halus, pori-pori yang lebih kecil, dan tanpa kilap cocok untuk menciptakan tampilan yang rapi dan minimalis yang sesuai dengan tema ini.

2. Pernikahan formal

Pernikahan formal atau dengan dress code gaun dan black tie sering kali membutuhkan penampilan yang rapi, tahan lama, dan tidak banyak oksidasi. Makeup matte dapat memberikan kesan kulit yang halus, tahan lama, dan bebas kilap yang sesuai dengan formalitas acara tersebut.

3. Pernikahan minimalis atau modern

Tema pernikahan minimalis atau modern sering kali menekankan keindahan dari kesederhanaan dan tampilan yang clean. Makeup matte dengan tampilan kulit yang halus dan polos akan cocok dengan tema ini karena menonjolkan keanggunan alami.

4. Pernikahan monokromatik

Tema pernikahan monokromatik umumnya melibatkan penggunaan warna yang seragam atau dominan. Dalam hal ini, makeup matte dapat menjadi pilihan yang cocok dengan satu warna yang mendominasi yang disesuaikan dengan warna dekorasi secara keseluruhan.


Ternyata perbedaan dari ketiga jenis makeup tersebut cukup mencolok, ya. Nah, setelah membaca beberapa penjelasan makeup pengantin dengan finishing dewy, glossy, dan matte tersebut, mana yang kira-kira akan kamu pilih?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...