Pilih Kategori Artikel

9 Ornamen dalam Baju Pernikahan Adat Lampung
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Melangsungkan pernikahan dalam balutan busana adat kebesaran dari masing-masing daerah para calon pengantin, tentu menjadi satu kebahagiaan dan juga kebanggaan tersendiri yang dapat dikenang. Dan di Indonesia sendiri, keanekaragaman budaya pun dapat tercermin dari keunikan dan juga ciri khas dari busana dan tata rias pengantinnya, termasuk dari wilayah Lampung yang dikenal sebagai wilayah perbatasan tanah Jawa dan juga Sumatra ini. 

Selain makeup pengantin Lampung, ornamen yang muncul pada aksesoris busana pengantin Lampung amatlah beragam, baik yang dikenakan oleh calon mempelai wanita, maupun pria. Simak ulasannya berikut ini ya dears!

1. Siger

Siger atau mahkota adalah hiasan kepala yang dikenakan oleh calon mempelai wanita dengan bentuk dasar menyerupai tanduk. Mahkota yang terbuat dari lembaran kuningan ini sendiri ditatah hiasan bertitik dengan motif bunga. 

Mahkota yang menyerupai tanduk ini sendiri memiliki 9 buah lekukan, baik pada bagian depan maupun belakang. Dan pada setiap lekukan, akan dilengkapi dengan hiasan berbentuk bunga cemara berbahan dasar kuningan.

2. Serenja Bulan

wm_article_img
Foto: riasyahana13 from Instagram

Nah, pada bagian atas Siger atau Mahkota yang menyerupai tanduk yang dikenakan oleh para mempelai wanita dari tanah lampung, akan ada mahkota kecil berupa bunga hias yang lazimnya berjumlah satu hingga tiga buah dalam satu mahkota. 

Serenja bulan sendiri memiliki lekukan kebawah sebagai bentuk kelopak bunga dan juga lekukan yang cukup runcing ke bagian atas sebagi bentuk mahkota bunga. Peletakan ornamen hiasan yang satu ini pun dianggap sebagai puncak dari Siger itu sendiri dears!

3. Kopiah Emas

Bilang sang calon mempelai wanita mengenakan Siger atau Mahkota menyerupai Tanduk, maka para calon mempelai pria akan mengenakan kopiah berbahan kuningan berwarna emas bertakhtakan karangan bunga dengan ujung berbentuk runcing ke atas. 

4. Mulan Temanggul

wm_article_img
Foto: ingea.mahendra from Instagram

Selepas dari hiasan kepala, maka Busana Pengantin adat Lampung pun memiliki ragam ornamen yang beragam, salah satunya adalah Mulan Temanggul yang terbuat dari lempengan kuningan berupa rangkaian tiga buah keeping yang dikaitkan dengan rantai berbahan serupa. Penggunaan hiasan yang satu ini biasanya digantungkan pada bagian leher hingga menjuntai ke bagian dada.

5. Buah Jukun

Kemudian, ada rangkaian kalung panjang yang tebuat dari bahan kuningan dengan motif ornamen berupa rangkaian buah kecil bulat berbentuk bunga yang disebut sebagai Buah Jukun Dears! Untuk hiasan busana yang satu ini, akan dikenakan melingkar dari bahu pengantin hingga ke bagian perut dan juga pinggang belakang. 

6. Bebe

wm_article_img
Foto: bedirudat from Instagram

Bebe merupakan sulaman dari kain halus yang berlubang-lubang yang bagian pinggirnya bermotif bunga. Di atas sulaman tersebut diberi payet warna putih. Perlengkapan ini biasanya dipakai dengan cara merekatkan pada bagian bahu dengan posisi di atas gelang burung.

7. Gelang Kana

Hiasan pada busana pengantin adat Lampung selanjutnya adalah gelang berbahan dasar kuningan yang dikenakan pada lengan kanan atas dan juga pergelangan tangan dari calon mempelai wanita maupun pria. Gelang ini sendiri memiliki motif ukiran berbentuk bulat dan berukuran lebih besar daripada gelang biasa. 

8. Bulu Serti dan Pending

wm_article_img
Foto: janx_oi

Bulu serti adalah ikat pinggang pengantin wanita yang terbuat dari kain berlapis beludru merah. Di atas kain warna merah itu terdapat kepingan kuningan yang berbentuk bulat dan bertakhtakan hiasan bulatan-bulatan kecil yang melingkar.

Pending atau ikat pinggang bagi calon pengantin wanita adat Lampung ini sendiri biasanya terbuat dari  rangkaian kepingan kuningan berbentuk logam dan dipakai di atas bulu serti.

9. Gelang Burung 

Gelang burung pada pakaian adat pengantin Lampung ini terbuat dari bahan kuningan berbentuk seperti burung bersayap yang dirangkai dengan kain pengikat. Cara memakainya sendiri adalah dengan mengikatkan kain pengikat pada lengan kanan dan kiri dibawah bahu dari kedua calon pengantin wanita dan pria Dears.

Nah, apakah kalian ingin mengenakan busana pernikahan khas adat Lampung seperti yang baru saja kita ulas Dears? Untuk kamu yang akan langsungkan pernikahan dengan adat Lampung, ketahui juga foto pernikahan adat Lampung dan catering pernikahan Bandar Lampung agar pernikahanmu semakin lancar.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...