Pilih Kategori Artikel

Uniknya Proses Pernikahan Suku Biak
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Papua menjadi salah satu daerah di ujung timur Indonesia yang memiliki ragam suku dan bahasa. Memiliki keberagaman seperti ini yang dapat terlihat di satu wilayah di kabupaten. Nah, proses pernikahan suku Biak yang akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Ternyata, suku Biak juga memiliki proses adat pernikahan seperti pada umumnya. Proses pernikahan suku Biak memanglah sangat unik yang memiliki aturan adat berasal dari tetua adat atau leluhur yang masih di jalankan sampai saat ini.

Berikut proses pernikahan suku Biak yang unik

wm_article_img

  • Melamar

Sama persis dengan aturan adat daerah lainnya, suku Biak pun melakukan prosesi lamaran sebelum menggelar acara resepsi pernikahan. Namun yang membedakan di sini ialah, kalau suku Biak memiliki dua jenis lamaran yang sering disebut sanepen dan fakfuken.

Ada beberapa dari masyarakat suku Biak yang gemar menjodohkan anak-anaknya sejak masih kecil. Proses pinangan yang dilakukan oleh antara pihak orang tuanya ini disebut sanepen. Lain halnya dengan fakfuken merupakan proses lamaran yang ditunjukkan oleh pihak keluarga perempuan saat kedua calon mempelai sudah berusia 15 tahun.

Saat fakfuken, dari pihak laki-laki membawakan tanda perkenalan berupa gelang atau kalung yang terbuat dari manik-manik. Jumlah kaken yang dibawakan sesuai kemampuan dari pihak keluarga laki-laki. Pihak keluarga perempuan pun juga akan memberikan kaken saat sudah mantap untuk menerima lamaran dari pihak yang melamar.

Setelah proses lamaran di terima, kedua belah pihak akan menentukan mas kawin yang akan dibawakan dari pihak laki-laki untuk pihak perempuan. sepertinya, pada zaman dahulu laki-laki yang berasal dari keluarga terpandang akan memberikan mas kawin berupa perahu. Namun sekarang kebanyakan orang hanya memberikan gelang yang terbuat dari kulit karang (kamfar). Sekarang dengan berkembangnya zaman, banyak juga yang memilih perhiasan perak untuk dijadikan mas kawin.

Selesai penentuan mas kawin yang sudah dirundingkan, pihak kedua belah pihak orang tua akan segera mendatangi tetua adat (orang yang sangat di hormati) untuk menanyakan beberapa hal yang berkaitan dalam menggelar acara pernikahan, salah satunya adalah menanyakan hari baik. Persiapan acara pernikahan biasanya dilakukan seminggu sebelum hari H.

Proses persiapan di mulai dengan acara makan bersama dengan semua saudara laki-laki dari pihak ibu kedua mempelai. Keesokan harinya, calon pengantin perempuan akan di hias dan di antar kerumah calon pengantin laki-laki, sebagai tempat prosesi pernikahan berlangsung. Saat menikah, kedua mempelai pengantin memakai baju adat dan perhiasan khas Biak.

Di awali dengan penyerahan seperangkat alat benda pusaka seperti panah, parang, dan tombak dari pihak keluarga wanita kepada pihak laki-laki. Hal tersebut menjadi simbol bahwa keluarga sudah menyerahkan anak perempuannya kepada pihak laki-laki. Pihak laki-laki pun membalas dengan hal yang sama yang berarti menerima perempuan itu dan akan menjaganya dengan baik seperti anak sendiri.

Acaranya berlanjut dengan pemberian sebatang rokok yang wajib di hisap kedua mempelai yang di awali oleh pihak pengantin laki-laki. Lalu, tetua adat akan memberikan masing-masing satu untuk kedua mempelai. Prosesi ini di iringi doa dan mantera yang di bacakan tetua adat.

Doa yang biasa diucapkan berupa permohonan restu pada Yang Maha Esa dengan harapan agar kedua mempelai selalu bahagia dalam menjalin rumah tangga nantinya. Selesai berdoa, kedua mempelai saling menyuapi ubi. Proses pernikahan suku Biak di akhiri dengan acara makan bersama keluarga besar kedua mempelai.

Unik bukan proses pernikahan suku Biak yang sudah dipaparkan? Memang di Indonesia ini beragam adat dalam melakukan proses pernikahan yang memiliki ciri khas tersendiri. Kita bangga menjadi salah satu bagian dari negara Indonesia!

Foto: Okezone,Youtefa post

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...