Pilih Kategori Artikel

Sah! Ini Detail Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Jarang mengumbar kisah cintanya dengan sang kekasih, Jessica Mila akhirnya mengumumkan pernikahannya dengan Yakup Hasibuan, anak pengacara terkenal Otto Hasibuan. Sebelumnya, pada Agustus 2022, mereka juga sudah membagikan kabar lamaran ketika bepergian bersama ke luar negeri. Hari ini, Jumat, 5 Mei 2023, pasangan ini memutuskan untuk mengikat janji suci setelah dua tahun bersama. Keduanya melakukan pemberkatan di Gereja HKBP Rawamangun, Jakarta Timur. 

Tak hanya itu saja, untuk memenuhi keinginan orang tua, Yakup Hasibuan menggelar pernikahan sesuai dengan adat daerah asalnya yang merupakan adat Batak. Ada berbagai prosesi yang dilakukan sebelum pernikahan dilangsungkan hari ini. Untuk mengikuti kemeriahannya, kita simak yuk detail pernikahan Jessica Mila bersama Yakup Hasibuan berikut ini!

Sebelum acara pernikahan, ada banyak prosesi adat Batak yang dilakukan

wm_article_img
Fotografi: Venema Pictures

Ada beberapa prosesi yang dilakukan oleh Jessica Mila yang bukan merupakan orang asli Batak sebelum pernikahan digelar. Sebagai informasi, Jessica Mila merupakan orang Manado. Apa saja prosesi tersebut?

1. Mangain

Mangain adalah proses pemberian marga kepada Jessica Mila yang bukan merupakan orang Batak asli. Setelah proses ini, nama Jessica menjadi Jessica Mila Agnesia boru Damanik. 

2. Marhusip

Acara dilanjutkan dengan adat Marhusip yang merupakan proses di mana kedua keluarga melakukan pembahasan terkait rencana kelangsungan pernikahan. 

3. Marsipanganon

Arti dari kata yang satu ini adalah makan bersama. Biasanya prosesi ini akan dilakukan di acara-acara penting, termasuk saat melangsungkan acara pranikah. Tujuannya adalah supaya kedua belah pihak keluarga bisa memiliki hubungan yang semakin erat.

4. Martonggo Raja

Martonggo Raja adalah sebuah seremoni yang dilakukan sebelum upacara pernikahan digelar. Biasanya pada prosesi ini, tuan rumah yang akan menggelar acara akan mengumpulkan para saudara dan tetangga yang biasanya akan dimintai bantuan saat menggelar pernikahan nantinya.

Selama prosesi tersebut berlangsung, Jessica Mila mengenakan pakaian songket Hiou motif Tapak Catur/Satur yang dibuat khusus oleh desainer Merdi Sihombing. Songket istimewa ini dipadukan dengan atasan berwarna senada yang dibuat oleh Studio Boh. Pakaian bernuansa lilac ini membuat Jessica Mila tampil anggun. Aksesori yang dikenakan pun minimalis dalam bentuk kalung sederhana, anting mutiara, dan cincin.

Sementara Jessica Mila mengenakan pakaian full berwarna ungu, Yakup mengenakan setelan berwarna biru tua di luar kemeja putih yang ia kenakan. Setelan yang membuatnya tampak gagah ini dibuat oleh Wong Hang Tailor.

5. Martumpol

wm_article_img

Ada satu lagi prosesi yang dilakukan oleh Jessica Mila dan sang kekasih, yaitu Martumpol. Martumpol merupakan sebuah prosesi berisi perjanjian untuk menggelar pernikahan yang dilakukan oleh sepasang calon pengantin di depan pendeta gereja. 

Dalam prosesi ini, Jessica Mila terlihat mengenakan kebaya biru yang dibuat oleh Myrna Myura dan ulos yang juga dibuat oleh Merdi Sihombing. Jika pada prosesi sebelumnya, pakaian yang dikenakan didominasi warna lilac, kali ini Jessica Mila mengenakan perpaduan beberapa warna yang didominasi biru, seperti aqua blue, ice blue, silver pearl dengan taburan kristal Swarovski. Warna ini dipilih karena melambangkan ketenangan dan kedamaian.

Songket yang dikenakan oleh Jessica memiliki motif perpaduan dari motif pada Ulos Toba dan Hiou Simalungun. 

Acara pemberkatan

wm_article_img
Foto via Merdianti Octavia Sahetapy
Acara pemberkatan yang berlangsung pada hari Jumat ini berlangsung dengan khidmat dan penuh haru. Selama pemberkatan berlangsung, Jessica Mila mengenakan gaun berwarna putih yang full dengan bordiran di permukaannya. Melengkapi gaun indah ini, ia mengenakan veil putih dengan bordiran juga di tepiannya. Jessica mengenakan aksesori berupa anting simpel yang cukup menarik perhatian yang juga berwarna putih. Tampilan monokromatik ini membuatnya tampak anggun dan berkelas.

wm_article_img
Foto: David Salim Photography / Cherry Jessica

Mengimbangi tampilan elegan Jessica Mila, Yakup mengenakan kemeja putih dengan tuxedo yang juga berwarna putih buatan Wong Hang Tailor. Melengkapi tampilan ini, Yakup mengenakan bow tie hitam senada dengan celana panjang yang dikenakan.Tentu saja, ada corsage yang membuat tampilannya tampak lebih manis.

wm_article_img
Foto: David Salim Photography / Cherry Jessica

Senada dengan pakaiannya yang anggun, makeup yang dikenakan Jessica Mila tampak flawless, minimalis, tapi tetap on point. Tampilan mata dengan eyelash yang natural dan alis berserat membuat Jessica tampak fresh, didukung dengan pilihan lipstik berwarna peach. Rambut yang ditata sleek dengan bun yang ditutup veil membuat penampilan minimalisnya makin elegan.

wm_article_img
Foto via Merdianti Octavia Sahetapy

Dalam foto ini, tampak detail gaun Jessica Mila yang memiliki train panjang menjuntai.Tak hanya itu, dalam pemberkatan ini tampak beberapa sahabat datang menjadi bridesmaid dengan midi dress satin. Masing-masing membawa hand bouquet dari mawar putih yang senada dengan dekorasi yang juga didominasi bunga berwarna putih. 

Itu dia detail prosesi demi prosesi hingga pemberkatan pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan yang dilaksanakan pagi ini. Kita doakan semoga pasangan ini bahagia selalu sampai maut memisahkan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami