Pilih Kategori Artikel

Persiapan Lamaran untuk Wanita, Kelihatan Sepele padahal Penting Juga
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Selain mempersiapkan pernikahan, lamaran juga sebuah rangkaian acara yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Lamaran adalah sebuah momen di mana salah satu pihak meminang pasangannya untuk hidup bersama dalam pernikahan. Meskipun ada juga pihak wanita yang melamar, rasanya lebih banyak pria yang melakukan hal ini. Mereka akan memberikan cincin kepada wanitanya sebagai pengikat dalam janji suci.

Selain melakukannya secara privat kepada pasangan, acara lamaran juga biasanya dilakukan dengan meminta kepada keluarga. Pihak pria akan datang ke rumah pihak wanita untuk meminta restu dan membuatnya lebih resmi. 

Meskipun dilakukan oleh pria, bukan berarti wanita hanya menunggu di rumah tanpa mempersiapkan sesuatu, ya. Beberapa hal ini perlu dipersiapkan oleh pihak wanita saat acara lamaran akan dilangsungkan. Simak yuk penjelasan selengkapnya!

1. Tempat dan waktu lamaran

wm_article_img
Foto: Taf Story | Dekorasi: Moist Decoration

Lamaran memang bisa juga dilangsungkan di luar, seperti di kafe atau restoran. Namun, seringnya acara ini digelar di rumah wanita sehingga tempat perlu diputuskan bersama terlebih dahulu untuk mempersiapkan segala hal lainnya. Selain itu, waktu juga sesuatu yang penting. Kamu dan pasangan bukan hanya perlu menentukan tanggal berdua saja, tapi juga melibatkan kesediaan keluarga dari kedua belah pihak. 

2. Susunan acara

wm_article_img
Fotografi: Visual.can

Supaya lebih terarah, sebaiknya siapkan rundown atau susunan acara untuk acara lamaranmu. Kamu bisa menyesuaikan akan acara apa saja yang ingin dimasukkan. Sebagai panduan, template ini mungkin bisa kamu gunakan:

  • Calon mempelai pria beserta keluarga datang ke rumah calon mempelai wanita

  • Pembukaan acara lamaran

  • Sambutan dari pihak tuan rumah

  • Calon mempelai pria mengutarakan niat untuk melamar

  • Jawaban dari pihak wanita disampaikan

  • Tukar cincin

  • Pemberian hantaran

  • Perkenalan keluarga kedua calon mempelai

  • Makan bersama

  • Penutupan

  • Memberikan seserahan kepada pihak pria

Untuk mendukung lancarnya acara, kamu bisa menunjuk teman atau seseorang untuk menjadi pemandu acara atau MC di acara lamaran ini. Hal lain yang tak kalah penting untuk disiapkan adalah soundsystem yang akan membuat suara ketika acara demi acara menjadi lebih jelas, apalagi jika tempat berlangsungnya acara luas dan tamu yang diundang ada banyak.

3. Tamu yang datang

wm_article_img
Fotografi: Visual.can

Biasanya acara lamaran hanya akan didatangi oleh pihak keluarga dari kedua belah pihak saja. Namun, bisa jadi ada juga teman dekat yang ingin kamu undang. Untuk itu, pastikan untuk menanyakan ke pasangan berapa jumlah keluarga yang akan datang dan tentukan juga siapa yang akan kamu undang. Hal ini digunakan untuk mengantisipasi tempat yang dipilih agar muat dan makanan yang disediakan supaya tidak kurang atau berlebih sehingga malah akan terbuang pada akhirnya.

4. Makanan untuk tamu yang datang

wm_article_img
Foto: Al's Catering

Sebagai tuan rumah, salah satu hal yang perlu dipersiapkan adalah hidangan untuk pihak keluarga yang datang. Hidangan yang perlu disiapkan, antara lain cemilan, seperti kue kering dan basah, serta buah-buahan. Makanan berat juga perlu dipersiapkan, biasanya makanan ini akan disajikan secara prasmanan. Selain itu, makanan khas daerah pihak wanita juga bisa dihidangkan untuk tamu yang datang. Usahakan untuk memilih makanan yang merupakan selera banyak orang sehingga mereka yang datang akan lebih nyaman ketika memakannya.

5. Cincin tunangan

wm_article_img
Fotografi: Taf Story

Cincin biasanya mungkin disiapkan oleh pihak pria. Namun, untuk memastikan bahwa cincin ini memiliki model yang kamu suka dan ukuran yang pas, tak ada salahnya untuk menyiapkannya bersama. Hal ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya alergi jika salah satu pihak memiliki ketidakcocokan akan bahan tertentu. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan selain emas, lo, yaitu perak, palladium, platinum, dll.

Apalagi, cincin tunangan bisa jadi akan dipakai selama beberapa waktu. Untuk membuatnya lebih indah, jangan lupa juga mempersiapkan kotak untuk cincin ini karena benda kecil inilah yang akan menjadi pusat perhatian sepanjang acara lamaran.

6. Pakaian sarimbit

wm_article_img
Fotografi: Taf Story

Sebenarnya tak ada aturan yang mengharuskan calon mempelai mengenakan pakaian tertentu. Namun, tak ada salahnya memilih pakaian sarimbit supaya kalian tampak lebih serasi selama acara. Jika tak ingin mengenakan pakaian dari bahan yang sama, warna atau corak yang serupa juga bisa dipilih. Selain bersama pasangan, pakaian dengan keluarga juga bisa dibicarakan. Namun, perlu diingat bahwa hal ini tidak wajib dilakukan, ya.

7. Dokumentasi

wm_article_img
Fotografi: Taf Story

Hal ini adalah salah satu yang krusial. Kamu bisa menggelar lamaran di mana saja, tapi akan terlihat indah di foto jika memilih fotografer yang bagus. Tentunya, kamu juga perlu mempertimbangkan bujet.

Jika tak ingin menyesal, pastikan sudah melihat portofolio dari fotografer yang kamu pilih, ya. Kamu juga bisa meminta rekomendasi kepada teman-temanmu untuk menemukan fotografer yang sesuai selera. Jangan lupa untuk berlatih pose-pose juga untuk berfoto supaya hasilnya makin luwes dan maksimal meskipun beberapa foto mungkin akan diambil secara candid.

8. Seserahan

wm_article_img
Fotografi: Taf Story

Biasanya seserahan akan diberikan oleh pihak pria untuk wanita. Isi dari seserahan ini berupa makeup dan skincare, kebutuhan sandang, hingga perhiasan. Kedua pasangan bisa mendiskusikan isian dari barang-barang ini. Selain itu, pihak wanita biasanya juga akan memberikan seserahan untuk diberikan kepada pihak laki-laki setelah acara selesai sebagai oleh-oleh. 

Walau kelihatannya pihak wanita hanya perlu menunggu saja di rumah, nyatanya ada banyak hal yang harus dipersiapkan supaya acara lamaran berjalan dengan lancar. Meskipun begitu, tentu saja persiapan acara lamaran untuk wanita ini tak seheboh dan seribet mempersiapkan acara pernikahan. Tak perlu adanya hiburan atau pengiring.

Nah, untuk gelaran acara lamaran yang lancar dan sukses, pastikan juga kamu mempercayakan pada vendor-vendor profesional terpecaya. Kamu dapat menemukan berbagai kebutuhan untuk persiapan pernikahan di WeddingMarket. Dengan sedikit bantuan, kamu sudah bisa menggelar acara lamaran yang tak terlupakan selamanya.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...