Pilih Kategori Artikel

15 Rekomendasi Venue Pernikahan di Alam Terbuka, Paling Romantis untuk Hari Istimewa!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Apakah kamu sering membayangkan menikah di tengah-tengah alam yang hijau, disaksikan pepohonan yang mengelilingi, dilengkapi suara burung-burung yang merdu, dan dihembus angin alami? Pernikahan impian ini bisa kamu wujudkan dengan memilih venue pernikahan di alam terbuka. Mungkin akan mudah untuk menemukan venue pernikahan outdoor. Namun, jarang ada yang menawarkan venue yang benar-benar dekat atau bahkan menyatu dengan alam.

Tak perlu khawatir, ada beberapa lokasi yang bisa kamu pertimbangkan untuk acara pernikahan yang lebih dekat dengan alam. Berikut ini beberapa rekomendasinya. Simak sampai habis, ya!

1. The Lodge Maribaya, Bandung

wm_article_img
Foto: via Bandung Tour

The Lodge Maribaya menawarkan pemandangan pegunungan yang hijau dan hutan pinus yang sejuk, cocok untuk pernikahan outdoor dengan tema rustic atau bohemian. Venue ini sangat dekat dengan alam yang memberikan suasana pernikahan yang alami dengan udara segar khas dataran tinggi. Area outdoor pun luas sehingga kamu bisa mengundang lebih banyak tamu. Mereka bahkan menawarkan konsep pernikahan dengan tajuk khusus, Menikah di Alam. 

2. Dusun Bambu, Lembang, Bandung

Masih di daerah Lembang yang memang terkenal dengan pemandangan dan udara sejuknya. Dusun Bambu adalah tempat wisata alam yang juga cocok dijadikan venue pernikahan outdoor. Terletak di kaki Gunung Burangrang, venue ini menawarkan suasana alam yang asri dengan pemandangan danau, hutan bambu, dan pegunungan. Kombinasi yang akan memanjakan mata para tamu yang datang. Terdapat banyak spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto dengan background yang indah. Tak hanya itu, ada lagi kelebihan lain dari lokasi ini, yaitu kamu bisa menggelar pernikahan dengan konsep yang lebih eco-friendly.

3. Plataran Borobudur, Magelang

wm_article_img
Foto: via Excelsior Decoration

Jika pemandangan di sekitar masih kurang, bangunan candi bersejarah akan membuat acara pernikahanmu semakin megah dan eksklusif. Plataran Borobudur menawarkan venue pernikahan dengan latar belakang Candi Borobudur dan pegunungan Menoreh. Lokasinya yang eksotis dan dikelilingi oleh alam membuat tempat ini sangat cocok untuk pernikahan yang menyatu dengan keindahan budaya dan alam sekitar.

4. Taman Ujung Water Palace, Karangasem, Bali

Jika membicarakan pernikahan di Bali, kebanyakan orang akan memikirkan venue yang dekat dengan pantai. Namun, sebenarnya ada juga lokasi lain yang bisa diperhitungkan. Salah satunya adalah venue taman, seperti  Taman Ujung Karangasem. Lokasi ini adalah tempat pernikahan outdoor yang sangat menyatu dengan alam dan sejarah. Kompleks ini dikelilingi oleh taman yang luas dengan kolam air, pepohonan, dan latar belakang gunung, cocok untuk pasangan yang menginginkan pernikahan di tempat bersejarah dan alami. Pemandangan laut pun masih akan tetap terlihat dari kejauhan.

 5. The Highland Park Resort, Bogor

wm_article_img
Venue: The Highland Park Resort

The Highland Park Resort di Bogor menawarkan suasana pernikahan outdoor dengan latar belakang Gunung Salak. Resort ini memiliki tema Mongolian camp yang unik dan menawarkan pemandangan alam yang asri dengan udara sejuk, menjadikannya pilihan yang tepat untuk pernikahan yang menyatu dengan alam. Mereka juga menawarkan paket pernikahan dengan kamar untuk menginap yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

6. Taman Safari Indonesia, Bogor

Kamu mungkin belum pernah membayangkan sebelumnya untuk menikah di tempat wisata, apalagi di kebun binatang. Namun, ternyata siapa saja bisa menikah di lokasi ini, lo. Taman Safari Indonesia di Bogor menyediakan layanan untuk paket prewedding hingga acara pernikahan dengan venue yang menyatu dengan alam.  Di sini, pasangan bisa menikah dengan latar belakang hutan tropis dipenuhi satwa liar yang akan memberikan suasana unik serta tidak bisa didapatkan di lokasi pernikahan lainnya.

7. Kebun Raya Bogor

wm_article_img
Foto: via Mustika Decoration

Masih berlokasi di Bogor. Tempat ini benar-benar menjadi lokasi yang cocok untuk pernikahan dengan tema menyatu dengan alam. Apalagi kalau bukan Kebun Raya Bogor, salah satu kebun raya terbesar dan tertua yang ada di Indonesia. Dengan area hijau yang luas, pepohonan besar, dan taman-taman yang asri, Kebun Raya Bogor cocok untuk pernikahan outdoor yang menyatu dengan alam, terutama bagi pasangan yang menyukai suasana taman yang tenang dan alami. 

8. Bukit Rhema, Magelang

Selain dikunjungi untuk tempat pariwisata, ternyata Bukit Rhema juga bisa digunakan untuk acara pernikahan, lo. Bukit Rhema, yang dikenal juga sebagai Gereja Ayam, menawarkan venue pernikahan dengan latar belakang pemandangan perbukitan dan hutan tropis. Tempat ini menyuguhkan suasana alam yang tenang dan mendamaikan, sangat pas untuk pernikahan kecil yang intim. Cocok jika kamu ingin mengundang tamu dalam jumlah terbatas.

9. Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta

Menikah di hutan kini semakin banyak dilakukan dan menjadi tren. Hutan Pinus Mangunan adalah tempat pernikahan outdoor populer di Yogyakarta yang menawarkan suasana alami di tengah hutan pinus yang menjulang tinggi. Tempat ini cocok untuk pernikahan dengan tema rustic, bohemian, atau eco-friendly. Suasananya sejuk  dikelilingi pemandangan pohon-pohon yang rindang.

10. Hutan Kota by Plataran, Jakarta

wm_article_img
Venue: Hutan Kota Plataran

Tinggal di Jakarta, tapi ingin tetap mengadakan pernikahan dengan suasana alam yang kental tanpa harus pergi ke luar kota? Tenang, kamu bisa melakukannya di Hutan Kota by Plataran. Terletak di kawasan GBK (Gelora Bung Karno), Hutan Kota by Plataran menawarkan venue outdoor yang hijau di tengah kota Jakarta. Venue ini telah menjadi pilihan favorit bagi banyak pasangan yang ingin menyelenggarakan pernikahan di area hijau, tapi tetap di pusat kota. Lokasi yang luas memungkinkanmu untuk mengundang tamu dalam jumlah yang besar.

11. Tanah Gajah, Ubud, Bali

Ubud terkenal dengan pemandangannya yang asri dan kental dengan kebudayaan. Tak heran jika banyak orang yang memilih lokasi ini menjadi destinasi wisata favorit untuk dikunjungi, bahkan dijadikan lokasi pernikahan. Tanah Gajah di Ubud adalah resort mewah yang sering menjadi venue pernikahan outdoor. Dengan pemandangan sawah hijau yang luas dan arsitektur tradisional Bali, tempat ini memberikan kesan alami dan elegan.

12. Jambuluwuk Resort, Batu, Malang

Batu, Malang memiliki udara segar dengan pemandangan pegunungan yang menyenangkan. Jambuluwuk Resort adalah resort yang menawarkan venue pernikahan outdoor dengan pemandangan pegunungan ini. Banyak pasangan telah mengadakan pernikahan di sini dengan suasana sejuk dan asri di tengah alam pegunungan Batu. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Luas lokasinya pun bisa disesuaikan untuk pernikahan intim ataupun besar.

13. Ijen Resort & Villas, Banyuwangi

Terletak di lereng Gunung Ijen, Ijen Resort & Villas menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan sawah terasering dan pegunungan sebagai latar belakang. Tempat ini sering digunakan sebagai venue pernikahan outdoor yang menggabungkan keindahan alam Banyuwangi dengan suasana yang sejuk dan tenang. Suasana tenang dan jauh dari keramaian ini membuatnya cocok untuk pernikahan yang intim.

14. Omah Pakem, Yogyakarta

wm_article_img
Venue: Omah Pakem

Ingin menggelar pernikahan dengan tema alam, tapi tetap dekat dengan konsep tradisional? Omah Pakem, Yogyakarta akan menjadi pilihan yang tepat. Gunung Merapi akan menjadi pemandangan indah yang terlihat. Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah ingin venue dengan joglo atau pemandangan sawah yang membuat pengalaman akan semakin paripurna.

15. Pine Forest Camp, Bandung

Hutan pinus yang satu ini akan memberikan kesan yang bukan hanya dekat dengan alam, tapi juga memberikan kesan yang mewah dan elegan paripurna. Letaknya yang berada di 1200 mdpl juga akan memberikan pemandangan asri dengan udara yang segar. Jika kamu berencana membuat momen pernikahan ini untuk melakukan penyegaran dari aktivitas di kota yang selalu padat dan panas, venue ini akan menjadi lokasi yang sangat tepat.

Beberapa pilihan venue pernikahan tersebut bisa kamu pertimbangkan jika ingin menggelar pernikahan dengan konsep dekat dengan alam. Namun, jangan lupa mengecek lokasi untuk memastikan ada fasilitas yang dibutuhkan, seperti kamar, toilet, tempat parkir yang cukup, dan lain sebagainya. Pastikan juga akses untuk menuju ke tempat ini bisa dijangkau dengan mudah agar keluarga maupun tamu tidak kesulitan saat akan menuju venue pernikahan.


Foto cover | Venue: Pinehill Cibodas

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...