9 Inspirasi Riasan Pengantin Sunda Cantik dan Natural

04 Mar 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 306
Ini Dia 9 Inspirasi Riasan Pengantin Sunda
Foto: cloudfront.net

Hari yang paling dinantikan oleh kaum perempuan adalah hari pernikahannya, dimana menjadi momen bersanding dengan pasangannya. Tidaklah heran para perempuan ingin tampil cantik di hari pernikahannya tersebut. Banyak persiapan yang harus dilakukan seperti mencari beragam riasan pengantin, seperti riasan pengantin Sunda yang sederhana namun elegan.

Pada riasan pengantin dengan adat Sunda, tentunya tidak akan ketinggalan untuk memakai mahkota siger sebagai pelengkap bahkan keharusan. Siger dapat dipadukan dengan segala konsep pernikahan, dan tidak akan sulit untuk memadukannya baik konsep modern maupun syar’i.

Riasan Sunda ini juga tidak terlalu terikat dengan adat, sehingga bagi kamu yang ingin bereksperimen dengan berbagai riasan. Namun kamu juga harus memahami cara untuk memadu padankannya. Berikut ini ada beberapa inspirasi riasan pengantin Sunda yang bisa kamu terapkan.

1. Soft dan Natural

Foto: dininurdianimua on Instagram

Contoh pertama yang bisa menjadi inspirasi kamu adalah riasan pengantin adat Sunda yang menggunakan kesan natural. Kamu bisa menggunakan siger warna perak saat menggunakan gaun warna putih dengan payet yang berkilau. Selain itu kamu juga dapat menambahkan sentuhan riasan dengan warna yang soft, sehingga menambah kesan natural.

Kamu bisa membuat permainan warna gelap pada sudut mata, jika kamu memiliki bentuk mata bulat dan besar.  Setelah itu, gunakan lipstik berwarna pink dan koral pada riasan pengantin agar tampilan lebih terkesan natural. Bahkan kamu juga bisa menambahkan glitter warna emas yang lebih lembut jika kamu ingin menggunakan riasan mata yang lebih minimalis. Kemudian bagian tengah bibir dipertajam dengan lipstik glossy berwarna pink.

Padukan riasan mata yang minimalis dengan blush on oren, untuk mendapat hasil yang benar-benar natural. Kamu bisa membuat alis berserat dan samakan warna lipstik dengan warna bibir aslinya. Riasan ini cocok untuk kamu yang tidak suka riasan berlebih.

2. Riasan Segar

Foto: redberrywedding on Instagram

Pemakaian riasan pengantin Sunda yang terlihat lebih segar cocok dipadukan dengan pakaian berwarna cerah. Terutama untuk penggunaan siger berwarna emas yang diperindah dengan kilauan warna perak. Kamu bisa pertegas warna riasan pada bagian mata dan bibir.

Gunakan warna mata dan alis yang lebih tajam, serta blush on yang menampakkan pipi kemerah-merahan. Untuk sentuhan akhir kamu bisa menggunakan lipstik berwarna seperti buah ceria tau pink tua, sehingga senyum kamu akan terlihat lebih cantik.

3. Riasan Mewah

Foto: wwglamongan on Pinterest 

Rias pengantin sunda juga bisa dibuat serba gemilau tanpa mengurangi kesakralan adat. Terutama saat menggunakan siger yang berkilau kemewahan, serasikan dengan riasan yang gemerlap. Terapkan glitter pada riasan mata yang terkesan tajam dengan rambut alis yang lebih hitam natural. Padukan dengan blush on tipis dan lipstik glossy berwarna pink tua untuk mempermanis bibirmu.

4. Contour dan Highlighter

Foto: makeupbylaode on Instagram

Meskipun terhitung riasan adat, tapi tetap bisa dilakukan untuk riasan pengantin Sunda yang satu ini. Tapi kalau kamu ingin riasan yang hasilnya natural gunakanlah contouring yang sederhana hanya pada bagian tertentu. Saat kamu menggunakan siger warna emas, kamu bisa mengaplikaskian contour dan highlighter untuk membentuk warna pada garis pipi dan alis sehingga akan membuat kulit kamu seolah berwarna tembaga.

Kamu tidak perlu menggunakan glitter yang berlebihan, cukup pertajam warna bulu mata dan alis. Selain itu, kamu bisa memakai lipstik warna orange kecoklatan juga agar bibir kamu lebih memawan.

5. Menggunakan Warna Sebagai Tema Makeup

Kamu bisa bermain dengan warna sebagai tema untuk riasan kamu di hari pernikahan. Kalau kamu ingin riasan pengantin adat Sunda ini menggunakan tema peach untuk memberikan kesan segar. Sementara jika ingin memberikan kesan manis yang feminim, maka kamu bisa menggunakan warna pink sebagai tema riasan kamu.

Penggunaan warna pastel sangat cocok bagi kamu yang menginginkan riasan natural tapi ingin tampil lebih segar. Dengan siger perak bermanik ungu kamu bisa memadukan warna peach pada bibir, pipi dan kelopak mata . Pertajam pada bagian mata kamu agar terlihat lebih cantik dan segar, meski dengan riasanyang terkesan alami.

6. Gaya Ombre

Pembuatan konsep ombre pada riasan pengantin Sunda akan membuat kamu tampil lebih manis dan cantik. Teknik ombre ini juga dikenal sebagai model riasan pengantin terbaru. Kenakan riasan dasar yang lebih cerah dengan pemakaian warna putih dan pastel.

Dengan sentuhan warna putih tipis pada bagian bawah mata, kamu bisa mempertegas warna mata dan alis. Untuk pipi tambahkan blush on warna pink kemerahan dan lipstik glossy berwarna pink cerah pada bagian pinggir bibir. Kemudian pada bagian tengah bibir gunakan warna merah gelap, lalu padukan dengan siger warna emas bermanik perak dan ungu.

7. Riasan Matte

Model riasan seperti ini terbilang sederhana karena tidak perlu menggunakan contour ataupun highlighter. Untuk hasilnya kamu tidak perlu khawatir, selain cantik kamu juga akan tetap terlihat kece dan berbeda. Untuk mempertajam bagian mata, beri sedikit sentuhan warna putih dan glitter gold pada bagian sisi. Untuk bibir aplikasikan blush on tipis warna pink pada pipi. Aplikasikan juga lipstik matte warna pink terang pada bibir. Kamu juga bisa padu padankan berbagai warna untuk mendapatkan wajah flawless dengan hasil matte.

Pada bagian mata, kamu bisa gunakan warna coklat untuk eyeshadow dan sedikit glitter. Pakai blush on padat warna pink untuk pipi, supaya lebih menonjol. Sentuhan terakhir kamu bisa gunakan lipstik matte berwarna orange. Hasil riasan pernikahan yang matte ini bisa kamu aplikasikan bersama siger perak dan gaun pengantin putih.

8. Lipstik Bold

Foto: bennusorumba on Instagram

Pernikahan menggunakan hijab putih dan siger perak, tidak harus selalu disesuaikan dengan riasan pengantin Sunda yang natural. Kamu bisa memakai warna lipstik yang lebih bold seperti warna merah marun atau merah menyala.

9. Riasan Bold

Foto: marlenehariman on Instagram

Penerapan riasan yang serba bold ini akan membuat kamu tampil glamor dan memukau. Untuk riasan mata, gunakan eyeshadow tebal warna coklat tua dengan sentuhan ungu gelap. Beri warna coklat muda pada pipi dengan warna yang terang dan hampir sama dengan warna bibir, namun pada bibir coklat mudanya bibir lebih tajam dan glowing. Kamu bisa aplikasikan overdrawn lipstik, untuk menambah volume pada bibir.

Kalau kamu ingin kesan yang lebih tegas, maka warna bold bisa menjadi pilihan riasan pengantin Sunda Pada bagian mata gunakan warna yang gelap dan buatlah model smokey eyes yang bisa mempertajam bentuk mata kamu. Untuk bagian bibir, kamu bisa menggunakan warna merah. Untuk riasan pengantin sunda hijab ataupun tanpa hijab, selalu menambahkan daun sirih bentuk wajik pada kening.

Dalam adat, hal tersebut dimaksudkan untuk lambang penolak bala. Selain Itu pada sanggul disematkan juga enam kembang tanjung dan kembang goyang.  Untuk memperkental nuansa adat ditambahkan juga untaian bunga melati yang sengaja dibuat jatuh sampai tubuh.

Itu dia beberapa inspirasi riasan pengantin Sunda, yang dapat kamu aplikasikan saar pernikahan nanti. Kalau kamu bingung bagaimana mewujudkan riasan pengantin Sunda, kamu bisa menyewa jasa MUA untuk membantu mewujudkan makeup yang menawan. Bahkan kamu juga bisa melihat inspirasi dari makeup pernikahan para artis atau figur publik. Salah satunya seperti makeup pernikahan Anisa Azizah yang menggunakan konsep adat Sunda


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket