Aneka Referensi Riasan Pengantin Kekinian

02 Mar 2021 | By Ravica WeddingMarket | Viewers: 207
Aneka Referensi Riasan Pengantin Kekinian
Foto: weddingdates.ie

Menjadi pengantin adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap wanita. Maka dari itu momen tersebut harus dibuat berkesan. Salah satunya dengan makeup atau riasan. Pasalnya dengan menggunakan riasan makeup yang terbaik bisa membuat wajah setiap wanita menjadi terlihat lebih cantik dari biasanya. Maka dari itu tak heran bila seiring  berjalannya waktu, riasan pengantin semakin beraneka ragam.

Riasan pengantin pada umumnya diharuskan membuat pengantin menjadi pangling dan berbeda dari biasanya. Hal ini karena nantinya pengantin diharap memiliki aura yang berbeda dengan tamu undangan. Dengan begitu maka pengantin akan menjadi pusat perhatian sebagaimana mestinya.

Ada banyak model atau gaya riasan pengantin yang sering digunakan oleh para MUA atau perias pengantin. Dari mulai yang bold hingga natural sekalipun. Pastinya para perias akan merias pengantinnya sesuai dengan keinginan si calon pengantin. Ada yang ingin riasan wajahnya tebal, ada juga yang ingin tipis saja.

Berikut ini adalah beberapa tipe riasan pengantin yang bisa jadi referensi bagi kamu yang hendak mempersiapkan pernikahan. Untuk itu, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

5 Referensi Riasan Pengantin Kekinian

1. Riasan ala India

Foto: amazon.com

Di Indonesia sendiri masih jarang orang yang saat menikah menggunakan riasan ala pengantin India. Namun bagi yang keturunan India atau yang memiliki darah India, biasanya akan memilih riasan khas pengantin India saat menikah.

Wedding makeup khas India diketahui identik dengan riasan atau makeup yang tebal, khususnya di daerah mata. Untuk daerah mata biasanya akan dipertebal garis mata dan menggukan warna yang gelap. Tidak lupa di bagian hidung ditambahkan dengan tindik. Ada yang memilih tindik yang berdiamet besar, namun ada juga yang hanya tindik kecil berbentuk permata.

Makeup khas India juga biasanya menggunakan lipstik berwarna merah marun atau merah darah. Tidak sedikit juga yang menggunakan makeup dengan lipstik coklat. Pengantin India juga tak pernah ketinggalan dari riasan dan aksesoris emas. Pada bagian wajah, selain tindik terdapat juga kalung di kepala. Ditambah lagi dengan anting, riasan leher yang sampai berlipat lipat dan juga riasan di tangan dan kaki.

Pengantin khas India juga biasanya tidak menggunakan sanggul dan lain sebagainya. Tapi rambut mereka di untuk rantai, lalu ditutup oleh kain sari yang mewah. Penutup kepala ini lah yang membedakan riasan dari pengantin India dengan pengantin lainnya.

2. Riasan Ala Adat

Foto: Hipwee.com

Kemudian yang khas dari pengantin di Indonesia biasanya akan menggunakan riasan adat. Ciri khas dari riasan adat adalah riasannya yang tebal namun tidak setebal riasan khas India. Setiap adat di Indonesia sebenarnya memiliki tampilan riasan yang berbeda. Namun kini kita akan bahas beberapa adat saja sebagai contoh.

Misalnya pengantin adat Sunda yang menggunakan siger sebagai salah satu ciri khasnya. Pada bagian tengah dahinya diberikan tanda warna hijau berbentuk belah ketupat. Sekilas nampak sama dengan pengantin India, hanya saja pengantin India tanda di tengah berwarna merah dan berbentuk bulat.

Selain adat Sunda ada juga adat Jawa yang memiliki ciri khas pada riasan di bagian kepala pengantin. Pengantin Jawa akan diberikan riasan paes pada dahinya dan menggunakan siger di belakang. Tidak ada yang menyamai pengantin Jawa dalam hal riasan pengantin, karena adat Jawa memiliki paes yang Digambar pada dahi pengantin.

Kemudian ada juga riasan pengantin Betawi dengan penghalang wajah berbentuk tirai. Polesan warna lipstik merah juga menjadi ciri khas pengantin Betawi. Pengantin Betawi riasannya cukup sederhana, begitupun dengan model bajunya.

3. Riasan Ala Pengantin Internasional

Foto: stylesmod

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang banyak yang memilih untuk dihias dengan model pengantin internasional. Pengantin yang mengusung tema Internasional biasanya akan diberikan riasan yang sangat simple dan tidak terlalu bold. Bahkan dalam hal pakaian saja tidak terlalu rumit, cukup menggunaka gaun putih dan rambut di sanggul kecil dengan hiasan mahkota.

Meski gaya makeup pengantin ini wajahnya juga tidak terlalu mencolok, namun tetap terkesan sangat cantik dan elegan. Tampilan tersebut bisa memberi kesan terlihat lebih mewah. Oleh karena itu kini banyak yang memilih untuk menggunakan riasan pengantin ala internasional.

Biasanya riasan ala internasional ini digunakan saat resepsi. Tak terkecuali diaplikasikan saat pemberkatan di gereja. Riasan khas internasional juga cukup ternilai elegan karena banyak digunakan oleh putri dan ratu kerajaan di berbagai negara saat melangsungkan pernikahan. Salah satunya seperti putrid an ratu dari kerajaan Inggris.

4. Riasan Flawless

Foto: luckyhakim9 from Instagram

Ada lagi yang terbaru dalam dunia riasan pengantin, yaitu riasan flawless. Maksudnya adalah tampilan riasan pada pengantin yang terlihat mengkilap dan bersinar atau glowing. Riasan ini juga sangat sederhana dan membuat pengantin tidak terlalu bold.

Makeup pengantin flawless sekarang banyak yang digunakan oleh para MUA atau perias. Sebab, makeup yang satu ini sangat banyak diminati oleh para calon pengantin. Dengan riasan flawless juga menjadikan pengantin tidak nampak lebih tua dari usianya.

Riasan flawless sangat megandalkan sekali jenis makeup, yaitu highlighter. Dengan menggunakan highlighter ini maka akan membuat wajah tampak lebih bersinar. Hal ini dikarenakan adanya efek gliter yang disematkan pada tulang pipi, cuping hidung, dahi dan juga bagian lain yang menjadi sorotan pada wajah.

Kemudian riasan ini bisa ditambahkan dengan blush on warna pink agar tidak terlalu tebal namun tetap terlihat merona. Untuk warna lipstick yang digunakan biasanya berwarna nude, pink rose, dan blush pink, atau warna lembut lainnya.

Bahkan dengan riasan flawless ini, bisa menjadikan penampilan kamu seperti boneka dan juga speerti jauh lebih muda dari usianya.

Riasan ini akan disandingkan dengan pakaian pengantin yang model gaun, jarang yang digunakan pada model kebaya. Karena riasan pengantin seperti ini lebih condong kepada konsep pernikahan yang mengusung tema internasional.

5. Riasan Barbie

Foto: beautynesia.com

Terakhir yang tak kalah menarik adalah membuat makeup pengantin ala Barbie. Biasanya akan dibuat sedemikian rupa supaya tampak seperti boneka Barbie. Untuk tampilan warna mata yang berwarna biru bisa dibantu dengan menggunaka kontak lensa. Inspirasi riasan pengantin wanita yang satu ini juga bisa diaplikasikan bagi yang berhijab.

Itulah beberapa referensi tentang riasan pengantin yang bisa kamu jadikan gambaran saat melakukan pernikahan nanti. Utuk riasan pada wajah, kamu bisa mengonsultasikan riasan yang ingin kamu gunakan bersama MUA kamu. Dengan begitu nanti akan memungkinkan kamu untuk memperoleh hasil yang memuaskan dan menyenangkan hati kamu selama melangsungkan pernikahan. Sebab jika riasannya gagal, maka biasanya pengantin akan merasa tidak percaya diri.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket