Pilih Kategori Artikel

Punya Rencana Adakan Pernikahan di Gedung? Simak Biaya yang Dibutuhkan!

Tiap pasangan punya banyak cara untuk merayakan hari pernikahannya. Bisa dengan cara sederhana agar pernikahan terasa lebih hikmat dan intim. Ada pula yang memilih pernikahan diadakan besar-besaran dan mewah agar banyak orang ikut datang serta mendoakan kehidupan mereka setelah menikah. Keduanya percaya, semakin banyak doa yang tercurahkan, semakin baik untuk pernikahan mereka kedepannya.

Kedua pilihan itu tidak ada masalah, kamu dan pasangan bebas memilih bagaimana pernikahan impian kalian. Namun, sebelum memutuskan, tentunya harus memiliki banyak informasi tentang kekurangan, kelebihan, dan bagaimana biaya dari masing-masing pilihan. Kamu dan pasangan juga harus berdiskusi dengan keluarga besar agar tidak terjadi miss komunikasi selama acara berlangsung.

Kedua pilihan memiliki masalah masing-masing. Tidak jarang pernikahan yang diadakan secara sederhana tidak didukung oleh keluarga. Mengapa? Beberapa orang menganggap pernikahan merupakan hari paling bahagia dan harus dirayakan secara besar-besaran. Menikah dengan acara mewah pun memiliki masalah tersendiri. Tidak hanya itu, pernikahan secara sederhana dan mewah berkaitan erat dengan masalah dana yang harus dipersiapkan.

Satu lagi yang tidak kalah penting dan rumit ketika mempersiapkan pernikahan. Apa itu? Ya, tempat untuk kamu dan pasangan saling mengucapkan janji suci pernikahan. Masalah tempat menjadi salah satu persiapan paling rumit. Karena, semua detail pernikahan lainnya berhubungan dengan tempat atau venue. Tak jarang pasangan mengalami kesulitan dalam menentukan tempat pernikahan.

Karena itu, WeddingMarket hadir untuk memberi insight buat kamu yang masih bingung menentukan tempat pernikahan. Berikut merupakan ulasan bagaimana biaya pernikahan ketika diadakan di gedung–salah satu pilihan tempat mengadakan acara sakral tersebut.

Biaya nikah di gedung

Menggelar pernikahan di gedung tidak hanya tentang sewa tempat saja, tetapi banyak hal lain yang harus diperhatikan. Berikut tujuh poin detail pernikahan yang harus diperhatikan.

1. Biaya sewa gedung

wm_article_img
Venue: The Ritz Carlton Jakarta

Kamu dan pasangan bisa memilih mengadakan pernikahan di hall khusus atau menyewa ballroom hotel. Biasanya, biaya sewa gedung digabungkan dengan paket-paket pernikahan yang disediakan tempat tersebut. 

Kamu bisa memilih tempat pernikahan sesuai dengan kapasitas tamu dan fasilitas. Harga sewa tempat tergantung dengan kedua hal itu. Kalau sewa gedung dipisahkan dengan harga lain-lain, kamu bisa mendapatkan kisaran harga mulai Rp4 juta hingga puluhan juta tergantung kapasitas gedung tersebut.

2. Biaya catering pernikahan

wm_article_img
Foto: Wifa Catering

Selama acara pernikahan, makanan merupakan salah satu faktor paling penting. Kalau kamu mengadakan pernikahan di gedung, mereka akan menyediakan paket catering makanan untuk jumlah tamu yang sudah kamu perkirakan. Adapun biaya yang dipatok umumnya tercakup dalam paket all-in wedding yang ditawarkan.

Jangan sampai salah memilih makanan, karena para tamu undangan bisa mendapatkan kesan tidak baik jika hidangan yang tersajikan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Biasanya, biaya catering untuk makanan pernikahan sederhana dimulai dari Rp20 ribu. Jadi, untuk 1.000 tamu undangan, kamu dan pasangan bisa mengeluarkan biaya mulai dari Rp20 jutaan.

Namun, harga makanan ini menyesuaikan dengan jenis hidangannya. Kalau kamu ingin menyajikan hidangan terbaik, kamu bisa mulai meriset apa saja makanan dan minuman favorit masa kini, lalu sesuaikan dengan anggaran. Kamu juga bisa memilih hidangan selain khas Nusantara, kok, asal masih sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

Terkadang, tidak semua orang cocok dengan makanan selain dari Indonesia. Jika sudah begitu, kamu bisa siasati dengan tetap menyajikan masakan Nusantara sebagai hidangan penutup.

3. Riasan kedua mempelai dan keluarga

wm_article_img
Foto: Maximus Pictures

Tampil cantik dan tampan di hari pernikahan tentunya menjadi idaman semua pasangan. Semua jenis riasan akan dikenakan ketika menikah, mulai dari rambut hingga kaki. Riasan rambut dan wajah biasanya dapat dilakukan dengan satu make up artist saja. Kedua calon pengantin bebas memilih bentuk riasan dan harganya juga berbeda-beda. Ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sebagai pertimbangan, kamu dan pasangan bisa mempersiapkan biaya mulai dari Rp1 juta rupiah sebagai budget untuk riasan rambut dan wajah. Kemudian, busana pernikahan juga salah satu hal paling penting. Calon mempelai akan menggunakan busana lebih dari satu. Busana selama pernikahan dapat dijahit khusus atau sewa. Tergantung bagaimana preferensi masing-masing pasangan.

Banyak pasangan memilih menjahit busana khusus pernikahan karena menikah merupakan momen terindah dan setiap kenangannya harus diabadikan. Tidak sedikit yang merasa busana pernikahan lebih baik disewa karena hanya dipakai sekali saja.

Untuk biaya penyewaan pakaian pengantin hingga sepatu yang dikenakan, calon mempelai bisa mempersiapkan anggaran setidaknya Rp5 juta. Namun, anggaran akan bertambah lebih banyak lagi jika memutuskan untuk mendesain baju khusus pernikahan.

Kemudian, riasan untuk keluarga kedua calon mempelai termasuk salah satu biaya yang akan dikeluarkan oleh keduanya. Selain keluarga inti, untuk lebih menghemat biaya kamu bisa memberikan kain sesuai dengan kode busana yang akan mereka kenakan nantinya. Berkisar di harga Rp20 ribu/meter, setiap orang bisa diberikan kain dengan ukuran 2,5 meter. Bagaimana dengan riasan bagi keluarga inti? Kamu bisa menyediakan budget mulai dari Rp5 juta, ya!

4. Biaya hantaran dan seserahan

wm_article_img
Seserahan: Riefinka Seserahan

Selain ketiga hal di atas, hantaran dan seserahan juga memengaruhi biaya nikah di gedung. Karena, biaya hantaran dan seserahan juga salah satu detail pernikahan terpenting. Seserahan dan hantaran paling umum adalah seperangkat alat salat.

Kemudian, barang-barang lain yang akan dijadikan hantaran dan seserahan dapat didiskusikan bersama. Setidaknya, Rp 1 juta harus dipersiapkan untuk membeli barang-barang yang sudah disepakati bersama calon mempelai wanita.

5. Biaya souvenir dan undangan pernikahan

wm_article_img
Undangan: Pemberley Paperie

Jangan lupakan undangan untuk mengajak para tamu agar menghadiri pernikahan dan souvenir sebagai kenang-kenangan mereka. Kedua hal ini merupakan benda yang paling sering dilupakan padahal seharusnya undangan dan souvenir merupakan salah satu kenang-kenangan untuk terus diingat.

Banyak faktor membuat keduanya menjadi barang yang sering dilupakan. Salah satunya, undangan dan souvenir tidak menarik. Untuk membuat undangan pernikahan yang menarik, kamu bisa mulai dengan biaya Rp20 ribu. Dengan harga segitu, undangan pernikahan bisa di desain dengan unik.

Berbeda dengan undangan, souvenir juga disarankan mengutamakan kegunaan agar bisa disimpan oleh tamu yang hadir. Siapkan budget Rp25 ribu untuk setiap tamu dan kamu bisa mendapatkan souvenir yang akan diingat serta bermanfaat!

6. Biaya dokumentasi dan hiburan pernikahan

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Setiap momen pernikahan bisa diabadikan dengan foto dan video terbaik. Kamu juga ingin pernikahan nantinya diabadikan dengan baik, bukan? Oleh karena itu, jangan sampai salah memilih jasa dokumentasi pernikahan agar tidak mendulang kekecewaan. Penyewaan jasa fotografer dan videografer berkisar dari harga Rp2 juta hingga puluhan juta.

Semakin tinggi harga, kamu akan mendapatkan lebih banyak pelayanan. Namun, kembali lagi dengan anggaran kamu dan pasangan, ya. Inti dari dokumentasi adalah mengabadikan setiap momen dengan indah dan dapat memastikan semua kegiatan selama pernikahan terpatri sempurna dalam sebuah foto dan video.

Selain foto dan video, sudah banyak pasangan menggunakan photobooth sebagai hiburan agar tamu bisa mengabadikan momen khas pernikahan mereka. Karena kepopulerannya, banyak vendor yang menyediakan photobooth. Harganya juga beragam mulai dari Rp3 juta hingga Rp5 jutaan saja. Dengan harga Rp5 jutaan, kamu sudah bisa mendapatkan photobooth yang oke!

Hiburan pernikahan tidak lengkap tanpa musik, apalagi di dalam gedung. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk menyewa band atau pemain musik untuk melengkapi acara pernikahan, paling sedikit harus menyediakan anggaran sebesar Rp 7 juta. 

Karena, biaya mengundang para pemain musik profesional untuk menyempurnakan acara pernikahan memang tidak sedikit. Namun, dapat dipastikan kehadiran band tersebut akan memperindah pernikahan kamu bersama pasangan. Adanya alunan musik juga akan memeriahkan acara dan membuat para tamu bisa betah berlama-lama menghadiri undangan.

7. Biaya lain-lain

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Pembawa acara, doa, hingga saksi juga harus diperhitungkan selama menyusun biaya nikah di gedung. Sebagai ucapan terima kasih karena mereka telah meluangkan waktu untuk ikut berpartisipasi dalam kelancaran acara pernikahan. Setidaknya, Rp2 juta merupakan biaya yang harus disediakan.

Beberapa pasangan juga membiayai kedatangan keluarga atau saudara jauh yang akan menghadiri pernikahan, seperti transportasi dan penginapan. Namun, hal ini perlu didiskusikan lebih lanjut dengan pihak keluarga. Jika memang kamu dan pasangan merasa sedikit keberatan harus membiayai seluruh akomodasi, bisa memberi pengertian agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Apa keuntungan mengadakan pernikahan di gedung?

wm_article_img
Fotografi: Askar Photography

Memutuskan untuk menikah di gedung akan memberikan banyak keuntungan, mulai dari kapasitas tamu yang lebih banyak, lahan parkir luas, area luas dan mudah mengatur segala kebutuhan pernikahan. Menikah di gedung juga memudahkan kedua mempelai setelah pernikahan selesai. 

Biaya nikah di gedung memang tidak dapat dikatakan murah, karena memerlukan banyak pelengkap agar pernikahan bisa berlangsung dengan hikmat dan berkesan. Salah satu solusi untuk menghemat biaya, bisa menggunakan jasa wedding organizer untuk membantu mempersiapkan rencana pernikahan.

Biasanya, dengan menggunakan jasa wedding organizer biaya pernikahan bisa lebih murah karena mereka akan menawarkan paket-paket pernikahan dengan berbagai benefit. Jadi, sudah yakin akan mengadakan pernikahan di gedung?

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store! Diskon hingga 20%*
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...