Pilih Kategori Artikel

Biaya Pernikahan Sederhana, Sambut Resesi 2023
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Heboh berita yang beredar belakangan ini mengenai resesi 2023 cukup mengganggu pikiran dan ketenangan jiwa banyak orang. Nah, apakah kamu juga salah satunya? Tak bisa dipungkiri, di 2023 kedepan perekonomian negara diramalkan akan memburuk. Seandainya angka inflasi kian melonjak, jumlah pengangguran meningkat akibat PHK besar-besaran, termasuk harga barang yang akan turut merangkak naik dan berbagai dampak lainnya pun akan dirasakan.

Jika menelisik lebih dalam, tentu hal ini akan menjadi momok besar buat mereka yang hingga saat ini masih belum mempersiapkan diri menghadapi ‘’ancaman resesi 2023’’. Termasuk pula bagi pasangan muda yang berencana menikah di tahun 2023. 

Duh, berat ya bahasannya?! Kalau begitu, apa kaitan resesi 2023 dengan konsep pernikahan sederhana? Pernikahan sederhana dapat menjadi solusi alternatif bagi para calon pengantin yang hendak meresmikan hubungan ke jenjang lebih serius, meski di tengah-tengah himpitan ekonomi ataupun resesi yang dikhawatirkan akan terjadi. 

Namun, tak perlu khawatir, kali ini WeddingMarket akan mencoba berbagi insight buat calon pengantin yang sudah memiliki rencana akan mengadakan pernikahan di tahun 2023 nanti. Dengan biaya pernikahan sederhana pun kamu bisa mewujudkan momen istimewa tersebut. Yuk, pantengin penjelasannya!

Biaya Nikah di KUA 

wm_article_img
Ilustrasi Akad Nikah | Fotografi: Aspherica

Nah, kamu pasti sudah tahu bahwa menikah di KUA itu sebenarnya gratis alias tidak dipungut biaya, bukan? Dengan catatan, bila pernikahan dilangsungkan pada weekdays di jam kerja. Jika memilih waktu menikah di akhir pekan, hari libur, atau di luar kantor KUA, maka kamu akan dikenakan biaya administrasi. 

Estimasi biaya nikah di luar jam kerja tersebut sekitar Rp600.000, cukup hemat bukan?! Mungkin ini jadi salah satu gerakan pemerintah membantu jomblowan dan jomblowati dalam mengentas angka kegalauan mikirin biaya nikah, setuju ya?!

Seserahan dan Hantaran

wm_article_img
Seserahan: Beblooms Seserahan

Di negara tercinta kita ini, memberikan seserahan dan hantaran sudah menjadi budaya turun temurun yang diserahkan saat acara lamaran maupun acara pernikahan itu sendiri. Biasanya, diberikan dari mempelai pria ke mempelai wanita dan umumnya berisi seperangkat alat sholat, paket make up, perlengkapan mandi, pakaian, tas dan lain lain, sesuai permintaan dari si mempelai wanita. Adapun biayanya juga bervariasi, tergantung jumlah dan merk barang, namun untuk kamu yang mau menikah dengan biaya sederhana budget Rp 1 Juta sudah cukup oke kok!

Undangan dan Souvenir

wm_article_img
Undangan: Trouvaille Invitation

Setelah memasuki era dunia digital seperti sekarang, banyak orang yang sudah mulai beralih dari undangan versi cetak ke undangan online. Tentunya ini sangat menguntungkan loh! Kamu bisa banyak memangkas biaya dari bagian ini. Selain murah, konsep undangan online ini juga lebih praktis dan bisa langsung dibagikan ke sosial media mu.

Sementara untuk suvenir, kamu bisa langsung hunting ke e-commerce andalanmu untuk memilih suvenir yang cocok dengan budget yang sudah dianggarkan. Namun, sebelum memutuskan membeli, lebih baik pastikan terlebih dahulu ulasan terhadap barang tersebut agar kamu tidak salah pilih.

Venue dan Dekorasi

wm_article_img
Venue: Azila Villa | Fotografi: Aspherica

Hal yang tidak kalah penting dipersiapkan berikutnya adalah lokasi pernikahan atau venue dan juga konsep dekorasinya. Lakukanlah survei terlebih dahulu, karena untuk menyewa sebuah gedung dan dekorasi biasanya akan menelan biaya kisaran belasan hingga puluhan juta rupiah.

Jika tanggal pernikahan sudah pasti, kamu bisa segera memesan atau melakukan down payment (DP) untuk menghindari harganya naik di tahun depan. Namun perlu diingat, menikah tidak perlu harus yang mewah, hanya dengan mengadakan nya dirumah bukan berarti jelek ‘kan? Sebab, inti dari pernikahan itu sendiri akad yang ‘’sah’’ dan meraih ‘’sakinah, mawaddah, warrahmah’’.

Make Up dan Baju Pengantin

wm_article_img
Fotografi: Aspherica

Buat Kamu calon mempelai wanita, tampil cantik sempurna layaknya ratu pada hari pernikahan nanti tentu menjadi impian selama ini. Sehingga Kamu harus mencari jasa Make Up Artist (MUA) yang sudah mumpuni keahliannya. Nah, usahakan jauh-jauh hari kamu sudah mulai mencari informasi jasa MUA dan sewa baju pengantin yang cocok serta sesuai dengan budget kamu. 

Cincin Nikah dan Mahar

wm_article_img
Ilustrasi Cincin Nikah | Fotografi: Aspherica

Mencari cincin untuk pernikahan memang gampang-gampang susah, kadang ada yang cocok dengan model, tapi tidak ada ukurannya, atau ada yang oke model dan ukuran tapi harganya jauh diatas budget yang sudah ditentukan, maka dari itu sebaiknya Kamu diskusikan kembali dengan calon pasangan mu untuk hal ini ya. 

Nah, untuk mahar adalah hak yang harus diberikan oleh pengantin pria kepada pengantin wanita. Biasanya, mahar pernikahan berisi perhiasan dan perlengkapan ibadah. Estimasi untuk cincin dan mahar ini bisa kamu anggarkan kisaran Rp4 Juta.

Dokumentasi

wm_article_img
Fotografi: Askar Phoptography

Karena pernikahan hanya terjadi sekali seumur hidup, kamu tentunya ingin mengabadikan salah satu momen terindah dalam hidupmu ini bukan? Saat ini banyak, loh, jasa fotografer dan videografer pernikahan yang harganya sangat terjangkau. Bahkan, ada yang tarifnya bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu punya. Alternatif lainnya, Kamu bisa mencoba menggunakan jasa temanmu yang hobi fotografi, biasanya biayanya jauh lebih hemat.  

Konsumsi

wm_article_img
Catering: Asri Indo Catering

Tidak bisa dipungkiri, dalam setiap acara budget untuk konsumsi memang terbilang cukup besar. Namun untuk menekan biaya, kamu juga bisa memesan catering pernikahan pada kerabat maupun sahabatmu, siapa tahu mereka akan memberikan diskon. Atau, jika acara pernikahan diselenggarakan di cafe/resto, kamu juga bisa langsung memesan paket sewa tempat termasuk konsumsi yang langsung mereka sediakan, untuk hal ini kebanyakan vendor akan memberikan harga khusus.

Biaya Tak Terduga

wm_article_img
Fotografi: Askar Phoptography

Untuk biaya yang satu ini, Kamu juga harus menyiapkannya, seringnya biaya ini meliputi biaya konsumsi panitia dan keamanan, transportasi, dan biaya jamuan tamu atau keluarga besar di rumah. Anggarannya sangat fleksibel tergantung kebutuhan pengantin. 

Budget Pernikahan Rp20 Juta

Jika dibayangkan, apakah mungkin hanya dengan uang Rp20 Juta bisa mengadakan sebuah pernikahan? Faktanya bisa banget lho. Bahkan kamu bisa mewujudkan hal itu dengan dekorasi yang diinginkan, baik di rumah maupun dengan menyewa satu tempat. Berikut rincian bujet nikah Rp 20 juta yang bisa kamu contoh :

Biaya Nikah KUA Rp600.000
Hantaran  Rp1.000.000
Undangan & Souvenir  Rp800.000
Venue & dekorasi  Rp3.000.000
Make Up & Baju Pengantin  Rp1.500.000
Cincin Nikah & Mahar Rp4.500.000
Dokumentasi  Rp2.000.000
Konsumsi  Rp6.000.000
Biaya tak terduga  Rp600.000
Total  Rp20.000.000


Dari rincian sederhana diatas, total budget yang kamu butuhkan hanya Rp 20 juta dan itu sudah mencakup semua hal. Contoh ini bisa digunakan untuk tamu undangan kisaran 50 sampai 100 orang. Bagi sebagian pasangan, ada yang lebih mengutamakan acara pernikahan langsung dibanding mengadakan acara lamaran. Dengan demikian, budget dekorasi yang dialokasikan dari lamaran bisa dialihkan untuk acara pernikahan yang lebih istimewa.

wm_article_img
Fotografi: Aspherica

Itulah penjelasan singkat buat kamu yang mau mewujudkan pernikahan sederhana dengan biaya Rp20 juta. Biar tetap sesuai budget, buatlah rencana anggaran biaya nikah sederhana sedetail mungkin dan patuhi rencanamu. Pahami betul hal apa yang memang kamu butuhkan dalam pernikahanmu ini sehingga dapat mengefisienkan biaya.

Semoga contoh rincian biaya nikah sederhana bujet Rp20 juta ini bisa menginspirasi kamu, ya! Jadi, walaupun tahun depan diramalkan akan gelap karena resesi ekonomi, tetapi kamu dan pasangan tetap bisa melakukan pernikahan sederhana. Semangat, dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...