Pilih Kategori Artikel

Berapakah Biaya Catering Untuk 300 Orang? Berikut Cara Menghitungnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat mempersiapkan pernikahan, jamuan dalam acara pernikahan menjadi salah satu pertimbangan yang sangat diperhatikan. Meski mengadakan acara sederhana dengan jumlah undangan terbatas, namun persiapan yang berkaitan dengan hidangan selalu menjadi prioritas. Banyak orang yang melakukan perhitungan biaya catering untuk 300 orang, 500 orang, ataupun sesuai dengan jumlah perkiraan tamu undangan yang hadir.

Kamu tentu tidak ingin acara pernikahan yang telah disusun dan ditunggu sejak lama justru tidak terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan. Hal inilah yang membuat kamu harus menghitung budget catering dan pengeluaran lainnya dengan teliti.

Meski biasanya acara pernikahan juga didukung dengan vendor catering yang berkualitas, namun ada baiknya jika kamu tetap mengetahui cara menghitung budget pernikahan yang dibutuhkan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu dan pasangan bisa menyediakan budget dengan benar tanpa harus mengkhawatirkan pengeluaran yang tidak terduga.

Adapun cara menghitung biaya catering untuk 300 orang bagi kamu yang memang berencana mengundang tamu sebanyak angka tersebut. Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menghitung Biaya Catering Untuk 300 Orang

wm_article_img
Foto: .stock on iStock

  • Hitung Dua Undangan

Cara menghitung budget catering pernikahan yang pertama adalah dengan membuat permisalan dua kali undangan. Jika kamu mengadakan acara pernikahan dengan 300 undangan, maka ada baiknya jika kamu menyiapkan porsi catering dua kali lipat dari jumlah tamu undangan yakni 600 porsi makanan.

Begitupun jika kamu mengundang 150 undangan, maka kamu harus menyiapkan 300 porsi makanan utama di acara pernikahanmu. Jumlah budget yang harus disiapkan juga tergantung pada harga per porsi hidangan utama yang dipesan. Saat ini mayoritas harga catering pernikahan dari vendor mematok diangka minimal Rp 20.000 untuk satu porsi hidangan.

Jika kamu memilih porsi hidangan dengan harga Rp. 20.000 per porsi dan mengundang 300 tamu undangan, maka perkiraan budget yang harus kamu siapkan bisa dihitung dengan rumus 300 undangan x 2 x Rp 20.000 sehingga menghasilkan perkiraan budget senilai Rp 12.000.000. Namun perhitungan ini baru perhitungan kasar sehingga kamu masih harus melakukan perhitungan lainnya.

  • Menghitung Porsi Buffet dan Stall

wm_article_img
Foto: LElik83 on iStock

Rumus perhitungan dua kali undangan yang dibahas sebelumnya pada dasarnya merupakan perhitungan kasar, sehingga kamu harus menghitung kembali untuk mendapatkan hasil perhitungan budget yang tepat. Untuk menghitung budget dengan lebih rinci, kamu harus melakukan perbandingan antara porsi buffet dan stall yang akan disediakan.

Dalam sebuah pesta pernikahan biasanya tersedia dua pilihan makanan yaitu stand buffet dan stand stall. Kedua jenis makanan ini tentu harus menjadi pertimbangan penting dalam penyusunan biaya catering untuk 300 orang yang sedang kamu lakukan.

Menyusun jumlah perbandingan porsi buffet dan stall perlu dilakukan karena pada dasarnya tidak semua tamu undangan yang hadir pasti menyantap hidangan buffet. Beberapa tamu undangan juga sering datang ke acara pernikahan dan hanya menyantap hidangan yang tersedia di stand stall saja. Inilah alasan utama mengapa kamu harus menentukan perbandingan porsi yang tepat antara kedua jenis hidangan ini.

Jika pada perhitungan sebelumnya kamu sudah mengetahui bahwa jumlah porsi hidangan yang harus dibuat untuk 300 undangan adalah 600 porsi, maka kamu bisa membagi 600 porsi tersebut menjadi persentase yang tepat antara buffet dan stall. Mayoritas vendor catering biasanya menyarankan untuk membuat perbandingan 5 : 1 untuk stall dan buffet dengan persentase 40% dan 60% .

Hal ini berarti kamu harus menyiapkan 5 kali lipat jumlah porsi stall dibandingkan dengan porsi buffet. Jika kamu menyiapkan 600 porsi makanan, maka kamu harus menyiapkan jumlah porsi stall sebanyak 40% dari 600 porsi yaitu 240 porsi stall kemudian dikali 5 dengan anggapan banyak tamu undangan yang mengambil buffet dan stall sehingga jumlah porsi stall yang disediakan adalah 1.200 porsi dan jumlah buffet sebanyak 360 porsi.

Biaya catering pernikahan untuk 300 orang sesuai dengan hitungan porsi diatas juga tergantung pada harga makanan yang kamu pilih. Jika kamu memilih buffet dengan harga Rp. 20.000 per porsi dan stall dengan harga Rp 10.000 per porsi maka jumlah budget yang harus kamu sediakan adalah Rp 19.200.000 dengan rincian Rp 7.200.000 untuk buffet dan Rp 12.000.000 untuk stall.

Itulah beberapa cara menghitung biaya catering untuk 300 orang yang harus kamu siapkan untuk acara pernikahanmu. Pada dasarnya jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk menyambut tamu undangan di acara pernikahanmu, kamu bisa menghemat budget yang ada dengan memilih menu yang tepat dan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Kamu bisa menghemat biaya yang harus dikeluarkan dengan cara berkonsultasi dengan vendor yang kamu gunakan. Kamu juga bisa mengurangi jumlah porsi stall untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Buat susunan tamu yang akan kamu undang terlebih dahulu beserta dengan biaya persiapan pernikahan lainnya untuk mengetahui besaran budget yang harus kamu keluarkan.

Berkonsultasi dengan vendor atau jasa catering pernikahan yang akan digunakan juga bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghitung biaya catering untuk 300 orang yang dibutuhkan. Melakukan perhitungan dengan cermat akan membuat acara pernikahanmu berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...