Pilih Kategori Artikel

Serba-serbi Pengetahuan Soal Cincin Nikah Emas Kuning, Si Logam Populer untuk Segala Perhiasan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Cincin pernikahan sering kali disebut sebagai perlambang ikatan dalam hubungan. Bentuknya yang melingkar dan dikenakan di jari menjadi pertanda bahwa mereka yang telah mengenakan cincin, biasanya sudah terikat entah dalam pertunangan atau pernikahan. 

Di antara banyaknya bahan logam untuk cincin, emas adalah yang paling populer di dunia meski faktanya, cincin emas bukanlah yang terkuat. Ya, ada berbagai kekurangan emas sebagai bahan perhiasan, tapi kelebihannya pun tak main-main. 

Berikut ini adalah segala sesuatu yang perlu kamu tahu sebelum memilih cincin emas untuk pernikahan. Biar sesuai dengan harapan!

Pengertian perhiasan emas kuning

wm_article_img
Cincin: Le Prive Lux

Tahukah kamu kalau emas murni memiliki sifat yang sangat lunak? Inilah mengapa perhiasan emas menggunakan campuran dari logam yang berbeda. Biasanya, emas akan dipadukan dengan tembaga, perak, seng, nikel, dan paladium.

Tak hanya untuk memperkuat emas, tapi campuran logam juga bisa menghasilkan warna yang lebih bervariasi. Sebut saja seperti cincin nikah emas putih, rose gold, hijau dan, tentu saja, kuning. Emas kuning dibuat dengan mencampurkan emas murni dengan tembaga, perak atau seng. 

Sejak deklarasi Perang Dunia II tentang platinum sebagai logam yang sulit dicari, emas kuning telah menjadi bahan utama pembuat perhiasan di seluruh Amerika Serikat. Bahkan, selama 75 tahun terakhir emas kuning menjadi pilihan populer untuk semua jenis perhiasan.

Jenis-jenis karat dalam emas

wm_article_img
Cincin: Fourher.id

Saat membeli cincin emas, biasanya kamu akan dihadapkan dengan banyak pilihan. Selain bentuk, ada juga menyoal karat yang merupakan bentuk pengukuran dalam industri perhiasan. Dalam berlian atau batu permata lain, karat digunakan untuk menggambarkan beratnya. Namun untuk emas, karat mengacu pada ukuran kemurnian emas. 

Karat dalam emas yang paling umum adalah 14K, 18K, dan 22K. Ada juga yang 10K dan 24K. Lalu, mana yang terbaik untuk cincin kawin emas? 

  • 24K atau 100% emas murni

Menjadi emas dengan karat tertinggi, banyak yang berasumsi bahwa 24K adalah emas terbaik untuk dibeli. Sayangnya, belum tentu demikian, loh. 

Sebab, emas murni tanpa campuran sangat mudah tergores dan bengkok. Singkatnya tidak dianjurkan untuk dipakai sehari-hari meskipun emas yang paling mahal. Namun jika hanya akan dikenakan sesekali untuk pesta atau investasi, yang satu ini laik dipertimbangkan. 

  • 22K atau 92% emas dan 8% logam campuran

Meski hanya 8% logam campuran yang digunakan, tapi membuat emas 22K lebih kuat dan lebih tahan lama daripada emas murni atau jenis 24K. Walau begitu, kamu tetap perlu waspada karena ini masih merupakan bentuk perhiasan logam campuran yang paling lembut.

  • 18K atau 75% emas dengan 25% logam campuran

Ini adalah campuran emas dan logam lainnya yang paling umum dipilih. Emas 18K cenderung memiliki semburat kuning yang lebih dalam daripada 14K karena kandungan emas yang lebih tinggi, dengan segi harga yang juga lebih mahal.

  • 14K atau 58% emas dan 42% logam campuran

Paduan ini menawarkan lebih banyak ketahanan terhadap keausan daripada emas dengan kadar 18K atau 22K. Emas kadar ini ideal untuk penggunaan sehari-hari dan merupakan pilihan paling populer untuk cincin pernikahan dan cincin tunangan. Terlebih kamu memiliki gaya hidup aktif, perhiasan 14K akan menjadi pilihan terbaik.

Kelebihan cincin pernikahan emas kuning

wm_article_img
Cincin: Fourher.id

Emas kuning tidak sekadar warna. Mereka punya banyak keistimewaan yang tidak dimiliki logam lainnya. Inilah mengapa banyak pasangan yang memilih emas kuning sebagai bahan untuk perhiasan mereka. 

  • Fleksibel dan mudah dibentuk

Apakah kamu dan pasangan sedang merencanakan membuat custom cincin nikah dengan bentuk atau aksen yang unik? Coba pertimbangkan untuk membuatnya dari logam emas, ya. 

Kebanyakan pengrajin logam atau perhiasan, mereka menyukai emas kuning karena terkenal fleksibel. Emas mampu dibengkokkan dan ditekan menjadi berbagai bentuk. Emas yang lembut dan mudah dibentuk ini tidak akan retak atau pecah saat menyesuaikan desain perhiasannya. Tak heran kalau emas kuning pun sangat populer di kalangan para pembuat perhiasan sendiri.

  • Ramah untuk kulit sensitif

Siapa nih yang masih ragu untuk memasang cincin nikah di tangan karena punya alergi terhadap berbagai jenis logam? Tenang, emas kuning cukup ramah terhadap kulit sensitif, kok. 

Kombinasi paduan pada emas dan jenis logam lain paling kecil kemungkinannya menyebabkan seseorang mengalami reaksi alergi atau warna "hijau" yang tertinggal di kulit.

  • Mudah dipadukan dengan segala batu permata

Tak banyak yang tahu bahwa emas adalah simbol nilai, kekuatan, dan keindahan. Emas juga merupakan lambang kesetiaan. 

Menggunakan emas kuning menciptakan keindahan yang mencolok pada cincin gaya modern ataupun vintage  yang biasanya digunakan untuk perhiasan pernikahan. Dan yang perlu diingat, segala batu permata berwarna, serta berlian, akan selalu cocok bersinar terang dengan latar emas kuning.

  • Mendekati warna emas alami

Emas alami memiliki warna yang kekuningan. Maka dari itu, emas kuning bisa jadi representasi dari logam emas alami dengan harga cincin nikah yang lebih murah. 

Meski lebih murah daripada emas alami, tapi emas campuran ini lebih kuat. Sangat cocok dipilih jika kamu menginginkan yang terbaik, tapi juga bertahan sepanjang waktu.

Cara merawat cincin nikah emas

wm_article_img
Cincin: V&Co Jewellery

Jika dirawat dengan benar, perhiasan emas akan bertahan selama bertahun-tahun dan bisa tampak seperti baru terus. Bagaimana ya cara merawatnya yang benar?

  • Emas memiliki kilaunya tersendiri. Namun perlu diingat kalau emas adalah logam lunak. Ini membuatnya rentan terhadap goresan dan penyok. Berhati-hatilah dengan cincin, jam tangan, dan gelang emas saat kamu memakainya dalam sehari-hari. Baiknya, lepaskan saat bermain olahraga dengan kontak tinggi. 

  • Klorin adalah musuh terburuk emas. Jika digunakan berulang, klorin akan melemahkan struktur perhiasan emas dan akhirnya membuatnya pecah. Pastikan untuk melepas perhiasan sebelum masuk ke kolam renang atau spa

  • Lepaskan perhiasan kamu saat akan mengenakan riasan, parfum, hairspray, dan losion karena dalam kandungannya dapat merusak emas. Pastikan untuk memakai barang-barang ini sebelum perhiasan Anda untuk membatasi paparan. 

  • Lepas perhiasan sebelum mandi! Penting, mengenakan perhiasan saat mandi dapat menyebabkan penumpukan sabun yang akan menyebabkan lapisan tipis pada perhiasan sehingga kemilaunya tertutup.

Terlepas dari harga cincin pernikahan dari emas kuning yang naik turun, kemilaunya yang indah, dan tak mudah berkarat, emas kuning juga bermakna kekayaan dan kemakmuran, sehingga diharapkan bisa menjadi representasi pada kehidupan selanjutnya. Semoga setelah membaca hal-hal di atas, kamu makin mudah menentukan cincin nikah impianmu, ya! 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...