13 Tahapan Makeup Pengantin agar Tahan Lama di Hari Pernikahan

19 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 32
13 Tahapan Makeup Pengantin agar Tahan Lama di Hari Pernikahan
Foto: Pixabay

Di setiap ada acara atau aktivitas apapun, tidak bisa dipungkiri memiliki polesan makeup tahan lama di wajah adalah impian setiap wanita. Karena makeup yang cepat luntur, akan menghilangkan kepercayaan diri kita dan tentunya sangat merepotkan jika harus memasang makeup berkali-kali. Bagaimana jika masalah ini terjadi pada calon pengantin? Tidak perlu khawatir, ada tahapan makeup pengantin yang nantinya mendapatkan hasil makeup tahan lama.

Penasaran urutan tahapan makeup agar tahan lama? Ketahui terlebih dahulu cara makeup pengantin yang baik dan benar. Setelah itu, simak ulasan  8 tahapan singkat yang harus kamu mulai secara berurutan. Berikut ulasan jelasnya! 

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah pertama ini tentu merupakan kewajiban paling utama buat kamu yang ingin merias wajah. Karena hasil makeup yang bagus dimulai dari wajah yang bersih.

Itulah mengapa, kamu harus membersihkan area wajah dengan benar sampai tidak ada sedikit saja sisa makeup sebelumnya atau kotoran di wajah. Jangan lupa juga ditahap membersihkan wajah ini, kamu juga menghapus minyak di wajah terutama di area yang produksi minyaknya tinggi seperti T-Zone. Dengan upaya ini, makeup luntur akibat keringat bisa diminimalisir bahkan tidak luntur sedikitpun.

2. Oleskan Wajah dengan Es Batu

Buat kamu yang masih pertama kali mengenal makeup pasti tahap kedua ini cukup mengherankanmu bahkan mungkin terkesan aneh. Tapi, tidak bisa dipungkiri dengan mengoleskan es batu ke area wajah akan meningkatkan ketahanan makeup yang menempel di wajah.

Es batu ini dipercaya berfungsi mengecilkan pori-pori wajah. Ketika pori-pori sudah diperkecil, tentu saja produksi minyak dan keringan berlebih di siang hari bisa dikurangi.

Caranya, kamu tinggal mengoleskan saja es batu pada area wajah yang sudah kamu bersihkan barusan. Kemudian, diamkan selama beberapa menit, setelah itu keringkan dengan handuk kecil. Setelah ini bisa dilanjutkan untuk tahapan makeup berikutnya.

3. Aplikasikan Pelembab pada Wajah

Tahapan Makeup Pengantin: Aplikasikan Pelembab pada Wajah
Foto: Pixabay

Setelah menenangkan otot-otot wajah dengan es batu, tahapan makeup pengantin selanjutnya adalah mengaplikasikan pelembab pada wajah. Kegiatan ini dapat membuat makeup kamu tahan lama walaupun kulit wajah kamu berminyak.

Hanya saja, kamu harus pilih-pilih merk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Misalnya, kalau kulit kamu berminyak, memakai pelembab yang mempunyai efek mattifying adalah yang paling cocok.

Berbeda jika kulit kamu normal, kamu bisa menggunakan pelembab wajah yang ringan. Cara mengaplikasikannya cukup mudah, kamu tinggal mengoleskannya di area wajah dan leher secara merata kemudian diamkan sampai sekitar 3 atau 4 menit.

4. Pasang Primer

Tahapan makeup pengantin selanjutnya adalah mengoleskan primer di area wajah. Utamanya di bagian T-Zone atau di area kelopak mata. Supaya bedak dan shading di hidung serta eyeshadow di kelopak mata lebih tahan lama dan tetap cantik sepanjang hari.

Sayang sekali jika kamu melewatkan tahapan ini, jadi jangan lupa aplikasikan primer sebelum memakai bedak ya.

5. Gunakan Concealer

Untuk menangkal efek buruk cuaca panas yang bisa melunturkan makeup di wajah. Penggunaan concealer sebelum pemakaian bedak juga menambah durabelitas makeup di wajah.

Concealer ini bisa digunakan sebagai pengganti foundation. Karena memang lebih bagus concealer kalau memang ingin makeup lebih tahan lama. Tekstur concealer lebih pekat daripada foundation sehingga tidak mudah luntur.

Kamu bisa mengoleskan concealer pada area wajah yang memang rawan luntur kalau diberikan makeup. Seperti di area hidung, bawah mata, dagu dan pada bagian bekas-bekas jerawat di wajah atau pada bagian wajah tertentu yang sekiranya memang dibutuhkan ketahanan lamaan makeup.

6. Aplikasikan Bedak

Tahapan Makeup Pengantin: Aplikasikan Bedak
Foto: Pixabay

Setelah melalui beberapa tahapan makeup pengantin di atas, saatnya kamu pasang bedak di wajah kamu. Hanya saja yang perlu kamu perhatikan, pastikan concealer yang tadi sudah dioleskan tunggu sampai kering terlebih dahulu.

Dalam pemilihan bedak, kamu tidak boleh memilih bedak yang glow meskipun sebagian besar perias mengambil opsi tersebut untuk merias wajah pengantin. Kamu harus memilih bedak yang berbahan dasar matte supaya tidak mudah luntur saat cuaca panas. Memilih bedak glow akan cenderung tidak tahan keringat dan akhirnya luntur.

7. Mulai Rias Alis

Setelah pemakaian bedak, kamu bisa langsung merias alis kamu dengan rapi. Pilihlah pensil alis yang berwarna cokelat muda supaya terkesan lebih natural tapi tetap menonjol. 

Rapikan alis dengan sisir alis supaya makeup pada alis lebih tahan lama. Alis juga termasuk bagian cantik wajah yang memikat bukan? Jadi, pastikan alis serapi mungkin ya!

8. Pasang Eyeshadow

Eyeshadow berguna untuk meneduhkan atau mempertajam mata. Kamu bisa menggunakan eyeshadow yang sesuai dengan model makeup kamu. Kalau kamu memilih gaya makeup Arabian Look sepertinya kaku butuh warna eyeshadow yang lebih mencolok, seperti hitam.

Tapi, kamu tidak boleh sembarangan memilih bahan eyeshadow, supaya tahan lama kamu harus memakai eyeshadow yang bertekstur krim. Karena jenis eyeshadow ini lebih menempel pada kelopak mata.

Jadi, kamu harus menghindari penggunaan eyeshadow yang bubuk. Soalnya, akan mudah luntur terbawa keringat. Seperti yang sudah diulas tadi, sebelum penggunaan eyeshadow jangan lupa untuk mengoleskan primer supaya lebih tahan lama lagi.

9. Gunakan Eyeliner

Tahapan Makeup Pengantin: Gunakan Eyeliner
Foto: Pexels

Tahapan makeup pengantin selanjutnya adalah pemakaian eyeliner. Jangan lupa pilih produk yang waterproof supaya tidak cepat luntur akibat keringat. Pasang eyeliner tipis atau tebal sesuai dengan gaya makeup yang ingin kamu terapkan.

10. Pasang Bulu Mata

Berikutnya, pemasangan bulu mata. Dalam tahap ini kamu juga harus menyesuaikannya dengan gaya makeup kamu. Kalau kamu membutuhkan bentuk mata yang tajam dan seksi memilih bulu mata lentik dan lumayan tebal merupakan pilihan yang tepat.

11. Bronzer dan Blush On

Finshing makeup, saatnya kamu mengaplikasikan bronzer pada tulang pipi sedikit saja. Setelah itu mulai padukan dengan blash on supaya wajah lebih terlihat fresh.

12. Kunci dengan Translucent Powder

Setelah berhasil meriah wajah secara sempurna ini. Kamu juga harus mengunci wajah dengan translucent powder. Pengaplikasian bedak pengunci yang satu ini dapat membuat tampilan make-up di wajah menjadi matte tapi tetap terkesan halus dan butiran halusnya dapat menyerap minyak di wajah.

13. Setting Spray untuk Penguncian yang Sempurna

Setting Spray untuk Penguncian yang Sempurna
Foto: Pexels

Supaya penguncian makeup lebih maksimal jangan lupa untuk menggunakan setting spray di tahap terakhir makeup wajah sehingga akan lebih awet. Fungsi setting spray ini adalah untuk membebaskan wajah kamu dari minyak mengkilap, wajah kamu akan terlihat lebih flawless, dan  sudah pasti makeup kamu akan terkesan lebih mate.

Untuk menjaga lebih lanjut ketahan lamaan makeup di wajah, kamu tidak boleh atau sering-sering menyentuh wajah kamu dengan tangan. Karena kegiatan ini akan memicu lunturnya makeup. Tidak lupa untuk sediakan tisu sebagai persediaan jika keringat keluar. Dalam mengelap keringat, kamu hanya tap-tap saja jangan diusap.

Nah, itulah 13 tahapan makeup pengantin supaya tahan lama di hari pernikahan, mudah sekali bukan? Namun, jika kamu tak ingin repot di hari pernikahan. Ketahui juga tutorial makeup pengantin ala MUA agar tampil lebih maksimal. Kamu bisa andalkan MUA khusus makeup pengantin dari WeddingMarket. Selain berpengalaman, harga yang beragam pun membuat kamu punya banyak pilihan.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket