3 Manfaat Tes Kesehatan Pranikah yang Wajib Diketahui - Wedding Market

3 Manfaat Tes Kesehatan Pranikah yang Wajib Diketahui

05 Jul 2021 | By WeddingMarket | Viewers: 291
3 Manfaat Tes Kesehatan Pranikah yang Wajib Diketahui
Foto: singaporemotherhood

Pernikahan merupakan salah satu fase terpenting dalam kehidupan. Banyak orang yang menilai bahwa pernikahan menjadi fase penting yang bisa merubah segala hal dalam kehidupan. Berbagai persiapan terus dilakukan mulai dari mencari informasi mengenai tes kesehatan pranikah hingga menyiapkan mental dan finansial.

Dalam mempersiapkan pernikahan, memang ada berbagai macam detail yang harus dilakukan. Bukan hanya terpaku pada persiapan untuk perhelatan pesta pernikahan saja, persiapan pernikahan lainnya yang juga perlu dilakukan adalah persiapan dari segi berkas hingga kondisi kesehatan sang calon pengantin.

Salah satu proses yang harus dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri sebelum pernikahan adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal ini pada dasarnya sudah diketahui oleh masyarakat luas sebagai salah satu proses persiapan pernikahan yang cukup penting.

Meski banyak masyarakat yang sudah mengetahui proses persiapan yang satu ini, namun masih ada beberapa kalangan yang bertanya-tanya mengapa calon pengantin harus melakukan proses pemeriksaan yang satu ini. Beberapa kalangan juga terus bertanya-tanya seberapa penting peran pemeriksaan ini dalam mempersiapkan pernikahan dan apa akibat yang akan terjadi jika pemeriksaan kesehatan ini tidak dilakukan.

Manfaat Tes Kesehatan Pranikah

Manfaat Tes Kesehatan Pranikah

Foto: Prodia

Untuk menjelaskan hal tersebut, berikut beberapa manfaat tes kesehatan pranikah yang perlu diketahui oleh para calon pengantin sebagai referensi.

1. Mengetahui Kondisi Kesehatan Pasangan

Memiliki kehidupan pasca pernikahan yang bahagia tentu menjadi harapan setiap calon pengantin. Agar keinginan ini bisa terwujud, maka sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan dari kedua calon pengantin.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pranikah, kamu bisa mengetahui apakah kamu dan pasangan memiliki penyakit berbahaya yang perlu ditindaklanjuti dengan cepat. Dengan mengetahui kondisi kesehatan masing-masing, kamu juga akan lebih mudah merencanakan berbagai jadwal penting terkait dengan persiapan pernikahanmu.

2. Persiapan Program Kehamilan

Manfaat lain dari cek kesehatan sebelum menikah adalah sebagai salah satu langkah persiapan program kehamilan. Saat dua insan manusia memutuskan untuk menikah, tentu ada harapan besar berkaitan keturunan yang ingin segera dicapai.

Mayoritas pasangan calon suami istri pasti ingin segera mendapatkan keturunan setelah menikah. Hal ini tentu harus dipersiapkan dengan baik agar bisa segera terwujud tanpa hambatan.

Salah satu persiapan paling dasar yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tes kesehatan pranikah. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan ini, kamu bisa mengetahui kondisi kesehatan reproduksi kamu dan pasangan.

Tes kesehatan ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan agar program kehamilan yang direncanakan setelah pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Setelah tes kesehatan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kamu dan pasangan serta meminta beberapa saran medis untuk memaksimalkan program kehamilan yang direncanakan.

3. Mendeteksi Penyakit Menular

Memastikan pasangan memiliki kondisi kesehatan yang baik tentu menjadi salah satu tugas utama saat mempersiapkan pernikahan. Bukan hanya kondisi kesehatan yang berkaitan dengan persiapan memperoleh keturunan, kondisi kesehatan umum lainnya juga harus menjadi perhatian utama.

Salah satu kondisi kesehatan yang harus diketahui sebelum pernikahan adalah kondisi apakah pasangan kamu menderita penyakit menular atau tidak. Melalui tes kesehatan pranikah, kamu dan pasangan bisa mendeteksi apakah ada penyakit menular yang saat ini sedang diderita atau tidak.

Beberapa contoh penyakit menular yang harus segera dikenali sebelum pernikahan adalah penyakit HIV/AIDS serta penyakit hepatitis B. Kedua penyakit ini termasuk penyakit menular yang membahayakan sehingga sangat penting untuk segera mengetahuinya agar proses pengobatan bisa segera dilakukan sebelum penyakit tersebut menular kepada pasangan.

Itulah beberapa manfaat pemeriksaan kesehatan pranikah yang perlu diperhatikan dengan seksama oleh para calon pengantin. Tidak ada aturan pasti kapan tes kesehatan ini harus dilakukan, namun mayoritas ahli medis menyarankan tes ini dilakukan sekitar 6 atau 3 bulan sebelum pernikahan.

Ada berbagai rangkaian tes kesehatan pranikah yang perlu dijalankan diantaranya :

  • Tes Hematologi
  • Tes Urine
  • Tes Golongan Darah
  • Tes Gula Darah
  • Venereal Disease Research Laboratory
  • TORCH

Rangkaian tes kesehatan tersebut memiliki manfaat yang berbeda-beda sehingga akan lebih baik jika dilakukan seluruhnya. Namun tentu kamu harus mengeluarkan budget agak tinggi jika ingin melakukan seluruh tes kesehatan tersebut.

Tingginya budget yang harus dikeluarkan untuk melakukan tes kesehatan ini pada dasarnya sebanding dengan manfaat yang dimilikinya. Berbagai rencana mulai dari persiapan kehamilan hingga rencana kehidupan lainnya bisa dipengaruhi oleh hasil dari tes kesehatan ini.

Kamu juga bisa melakukan proses pemeriksaan jauh-jauh hari sebelum acara pernikahan berlangsung sebagai langkah antisipasi jika terdapat masalah pada hasil tes kesehatan tersebut. Semakin cepat kamu dan pasangan melakukan tes kesehatan, maka semakin cepat juga tindakan medis yang bisa diambil untuk memaksimalkan kondisi kesehatan yang dimiliki.

Dengan melakukan tes kesehatan pranikah dengan sempurna, kamu bisa mempersiapkan agar kondisi kesehatanmu setelah pernikahan berada pada kondisi yang maksimal. Maksimalnya kondisi kesehatan kedua calon pengantin bisa mempengaruhi kebahagiaan di fase pernikahanmu.

Cek Kesehatan Kamu Sekarang, Yuk!

Silahkan Klik Disini

Temukan Vendor Terbaik Untuk Hari Spesialmu
Lebih dari 8000 Vendor Pilihan untuk Mewujudkan Pernikahan Impian

Artikel Terkait


Hubungi Kami!
Chat Us