Ini Dia 5 Tipe Mertua yang Populer dan Cara Menghadapinya

22 Nov 2020 | By Wedding Market | Viewers: 31
Ini Dia 5 Tipe Mertua yang Populer dan Cara Menghadapinya
Foto: parenting.firstcry

Menikah pada hakikatnya bukan hanya menyatukan dua hati dan juga jiwa diantara sepasang suami istri, namun juga kedua orang tua dan keluarga yang tentunya memiliki banyak perbedaan didalamnya. Mengenali kedua orang tua dari calon pasangan kalian sepertinya akan menjadi langkah yang bagus lho untuk mengetahui mertua seperti apa yang akan kalian jaga dan miliki. Nah, sebagai referensi untuk kalian, ini dia beberapa tipe dan jenis mertua yang banyak dihadapi para pasangan pengantin baru diluar sana agar mampun taklukan hati mertua.

1. Pencemburu

Foto: shutterstock

Jika kalian menikah dengan seorang anak tunggal atau bahkan mungkin anak kesayangan dari satu keluarga, maka besar kemungkinan kalian akan menemui tipe mertua pencemburu yang pasti akan merajuk jika sang anak dianggap mulai tidak peduli atau hanya terlalu focus dengan pasangannya saja lho. Rasa memiliki atas anak yang begitu tinggi kerap kali menjadi pemicu rasa cemburu dari para mertua dengan tipe seperti ini. 

Untuk menghadapi Mertua pencemburu seperti ini, kalian bisa mulai sering menunjukkan perhatian kalian kepada para mertua kalian ya. Cobalah untuk lebih sering mengajaknya berbicara dan juga mendengarkan segala kisah maupun cerita yang dilontarkannya dengan baik.  

2. Pemalu 

Nah, jika kalian memiliki tipe mertua yang pemalu atau serba tidak enak untuk meminta pertolongan kepada kalian, maka rasa peka kalian akan sangat diuji lho calon pengantin sekalian. Biasanya, rasa malu atau sungkan untuk meminta pertolongan kalian yang dialami para mertua ini timbul berdasarkan latar belakang di keluarga tersebut yang sedikit lebih tertutup atau juga kepribadian yang dimiliki. 

Menghadapi mertua dengan tipe yang satu ini, kalian akan sangat dituntut untuk mengasah tingkat sensitivitas kalian untuk lebih peka dan perduli. Meski akan terasa sedikit membingungkan di awal pernikahan kalian, namun sepertinya dengan hal ini kalian pun akan lebih memahami karakteristik dari mertua kalian bukan? Kamu pun bisa memberi hadiah untuk ibu mertua agar ada topik pembicaraan baru diantara kalian berdua.

3. Hobi Marah

Foto: shutterstock

Kalau kalian menikah dan kurang memahami karakteristik calon mertua kalian, seperti sifat, hobi, hal yang beliau sukai maupun tidak, maka tidak menutup kemungkinan kalau kalian akan menghadapi mertua dengan hobi baru, yaitu marah-marah. 

Untuk para calon mempelai atau justru pasangan muda yang baru saja menikah, untuk menghadapi tipe mertua yang kerap kali memarahi kalian saat berjumpa, kalian bisa mulai dengan mengoreksi diri kalian, apakah ada hal yang membuat ibu atau ayah mertua kalian merasa kurang nyaman hingga berujung dengan kemarahan tersebut .

Atau mungkin, kalian pun bisa mencari tahu kondisi sebenarnya dari sang mertua, apakah mungkin beliau sedang memiliki kesulitan hingga akhirnya secara emosi beliau sedikit terguncang dan melampiaskannya melalui amarah yang meledak, akan selalu ada kemungkinan untuk hal tersebut bukan?

4. Kepo 

Rasa ingin tahu atau dalam Bahasa pergaulan dewasa ini disebut dengan kepo, ternyata tak hanya dimiliki oleh para generasi milenial saja lho, bahkan mungkin saja mertua kalian kelak akan menjadi tipe mertua yang kepo lho calon mempelai sekalian. 

Tingkat keperdulian yang tinggi dan juga kasih sayang melimpah, kerap kali menjadi landasan dari para mertua untuk mulai mencari tahu segala sesuatu yang berhubungan dengan rumah tangga para anak-anaknya. Nah, untuk menghadapi rasa ingin tahu dari mertua kalian, tentunya kalian harus kompak dengan pasangan kalian untuk mulai memilah dan memilih informasi seperti apa yang bisa dan tidak bisa kalian bagi ayah dan ibu mertua kalian nantinya ya. 

5. Ikut Campur

Foto: relationshipscope

Hampir mirip dengan tipe mertua yang kepo, untuk mertua yang satu ini, biasanya kerap kali disebabkan karena rasa sayang yang terlalu melimpah dari para orang tua kepada anak-anaknya calon mempelai sekalian. 

Nah, untuk menghadapi tipe mertua yang satu ini, pastikan kalian dapat membuktikan kualitas hubungan kalian yang baik dengan pasangan kalian ya. Hal ini bisa kalian mulai dengan menjalin komunikasi yang kuat dan berimbang dengan pasangan kalian dan juga berikan pembuktian kepada mertua kalian bahwa kalian dapat menjalani kehidupan pernikahan kalian dengan baik dan penuh romansa ya.

Lalu, apakah kalian sudah mengenali calon mertua kalian dengan baik selama ini calon pengantin sekalian? Atau justru mertua kalian merupakan salah satu tipe mertua yang kita bahas kali ini? Yuk baca juga cara mengambil hati calon mertua saat bertemu pertama kali.

Tertarik membaca artikel pernikahan? Yuk baca beragam artikel menarik dari WeddingMarket yang bisa menambah insight seputar diri kamu, pasangan, dan pernikahan kalian.


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket