Pilih Kategori Artikel

Tips Gelar Resepsi di Venue Pernikahan Kafe atau Restoran
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ada banyak pilihan venue untuk menggelar pernikahan yang tak terlupakan, mulai dari venue dengan pemandangan pantai yang indah dan menyegarkan hingga venue di rooftop hotel tengah kota yang memberikan pengalaman malam bercahaya yang tak terlupakan. Selain itu, ada juga venue yang cocok untuk pernikahan dengan konsep intim yang bisa disesuaikan dengan tema pernikahan.

Salah satu venue yang memberikan kesan akrab tersebut adalah kafe atau restoran. Venue ini juga bisa menawarkan biaya yang lebih hemat, tapi tetap memiliki layout yang cantik. Ada beberapa kelebihan lain dan kekurangan dari tempat yang satu ini. Sebelum memutuskan untuk menggelar pernikahan di kafe atau restoran, beberapa informasi ini mungkin akan kamu butuhkan. Makanya, simak sampai habis, ya!

Kelebihan dan kekurangan menggelar pernikahan di kafe atau restoran

wm_article_img
Venue: Habitate Jakarta

Seperti pemilihan venue yang lainnya, akan ada kelebihan dan kekurangan di setiap venue termasuk di kafe atau restoran. Berikut ini beberapa di antaranya.

Kelebihan

  1. Intim dan nyaman

Kafe dan restoran akan menjadi pilihan yang  cocok jika kamu ingin menggelar pernikahan dengan konsep yang intim. Pasalnya, biasanya tempat ini menyediakan ruangan yang tidak terlalu besar sehingga pengantin bisa membaur dan tamu bisa lebih akrab satu sama lain. Kenyamanannya pun lebih terjamin karena biasanya mereka akan menjaga atmosfer yang menyenangkan sehari-harinya supaya pelanggan mau datang.

  1. Interior yang sudah cantik

wm_article_img
Venue: Blue Jasmine Restaurant

Kafe atau restoran biasanya sudah memiliki interior cantik yang memiliki tema berbeda yang bisa disesuaikan juga dengan tema pernikahan. Ada kafe dan restoran yang memiliki tema etnik yang akan cocok untuk pernikahan dengan tema tradisional. Ada juga yang memiliki tema industrialis yang akan lebih cocok untuk pernikahan dengan tema kontemporer.

Selain itu, ada juga kafe dan restoran yang memiliki space luar ruangan yang akan cocok untuk menggelar pernikahan dengan tema rustic atau garden party. Interior dan penataan yang sudah disesuaikan dengan tema tersebut membuatmu tak perlu pusing-pusing lagi dalam melakukan dekorasi tambahan karena sudah cantik dari sananya.

  1. Akses yang lebih mudah

Biasanya kafe atau restoran terletak di lokasi-lokasi yang mudah untuk diakses, seperti di tengah kota sehingga jika ada keperluan melakukan loading barang akan lebih mudah. Selain itu, mobilitas pengantin, keluarga, dan tamu juga akan lebih mudah. Hindari kafe atau restoran dengan embel-embel hidden gem untuk mendapatkan kelebihan yang satu ini.

  1. Kuliner yang lezat

wm_article_img
Venue: Harum Manis Indonesian Restaurant

Makanan menjadi salah satu hal yang dijual di model bisnis ini sehingga rasanya pun akan terjamin. Biasanya mereka akan menawarkan paket makanan sekaligus sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan katering lagi. Jika ingin menggunakan jasa katering dari luar, sebaiknya pastikan dulu dengan pihak kafe atau restoran, ya.

  1. Paket all-in

Ada beberapa kafe dan restoran yang memang menyediakan tempatnya sebagai venue untuk menggelar pernikahan. Makanya, mereka bukan hanya menyediakan tempat saja, tapi juga paket all in di mana mereka juga menyediakan katering, dekorasi, hingga organizer yang akan memudahkan calon pengantin dalam mengatur acara.

Kekurangan

wm_article_img
Venue: Habitate Jakarta

  1. Kapasitas terbatas

Beberapa kafe atau restoran memiliki ruang yang tidak terlalu besar sehingga akan ada keterbatasan kapasitas. Makanya, venue ini agak kurang cocok jika kamu ingin menggelar pernikahan dengan jumlah tamu yang banyak.

  1. Keterbatasan menu

Kebanyakan kafe dan restoran akan sekaligus menawarkan katering dari mereka. Makanan yang disajikan mungkin memang lezat, tapi bisa jadi pilihannya lebih terbatas dibandingkan jika menggunakan jasa katering secara terpisah.

  1. Keterbatasan penggunaan ruang dan waktu

Beberapa kafe atau restoran ada yang membatasi penggunaan ruang yang bisa disewa. Beberapa juga mungkin tidak menyediakan ruang tunggu yang akan kamu butuhkan untuk persiapan sebelum acara pernikahan. Tak hanya itu, waktunya pun juga biasanya lebih terbatas. Hal ini akan menghalangimu dalam membuat acara yang lebih fleksibel.

  1. Keterbatasan privasi

wm_article_img
Venue: Rumah Sarwono

Jika kafe atau restoran tetap beroperasi dan menerima pelanggan selama acara pernikahan berlangsung, privasimu bisa jadi akan terganggu apalagi jika ruangan tidak cukup terpisah. Bukan hanya kamu saja, pengunjung reguler juga akan merasa tidak bebas.

  1. Pertimbangan teknis

Aspek-aspek teknis seperti sistem suara, pencahayaan, dan tempat parkir harus diperhatikan. Beberapa tempat mungkin tidak memiliki infrastruktur yang sesuai untuk kebutuhan teknis tertentu.

Tips menggelar pernikahan di kafe atau restoran

wm_article_img
Venue: Seribu Rasa

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan menikah di kafe atau restoran tersebut, kamu mungkin sudah mulai mendapatkan gambaran jika akan menggelar pernikahan di venue itu. Nah, untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal, beberapa tips berikut ini bisa kamu terapkan.

  1. Pilih lokasi yang tepat

wm_article_img
Venue: Seribu Rasa Gunawarman

Pastikan kafe atau restoran yang kamu pilih memenuhi kriteria yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan juga bahwa kafe atau restoran memadai serta mendapatkan izin untuk dipakai menggelar pernikahan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat daftar apa saja syarat yang harus dipenuhi oleh penyedia venue. Misalnya, kapasitas yang dibutuhkan untuk bisa menampung jumlah tamu, jenis makanan yang disediakan, hingga fasilitas apa saja yang dirasa akan penting dan dibutuhkan.

  1. Jadwalkan dengan detail

Sebelum memilih lokasi, pastikan kamu sudah memiliki jadwal untuk melangsungkan pernikahan sehingga jika sudah cocok, kamu bisa memesan tempat. Pertimbangkan juga waktu untuk menggelarnya, apakah di siang hari atau malam hari sehingga kamu juga bisa sekaligus melihat tempat tersebut pada waktu yang diinginkan.

  1. Dekorasi dengan sesuai

wm_article_img
Dekorasi: Dreamee Decoration 

Biasanya kafe atau restoran memang sudah memiliki interior yang sesuai dengan temanya masing-masing sehingga memudahkan dalam mendekorasinya. Namun, kamu tetap bisa menambahkan sentuhan detail untuk mempercantik seperti menambahkan bunga-bunga, kain, atau foto-foto prewedding yang sudah kamu ambil.

  1. Pilih menu makanan lezat 

wm_article_img
Venue: Seribu Rasa

Menu makanan merupakan salah satu hal yang penting untuk disajikan kepada tamu. Diskusikan kepada pihak kafe atau restoran menu mana yang menjadi andalan atau rekomendasi dari mereka. Kamu juga bisa meminta untuk disediakan jenis makanan tertentu jika memungkinkan. 

Jangan lupa untuk melakukan tes rasa untuk memastikan makanan yang akan disajikan nanti terasa lezat. Pastikan juga apakah tamu memiliki alergi tertentu sehingga kamu bisa menghindari makanan tersebut.

  1. Hiburan yang tepat

wm_article_img
Venue: Harum Manis Indonesian Restaurant 

Satu hal yang harus dipastikan saat akan menggelar acara pernikahan di kafe adalah menghadirkan hiburan yang tepat sesuai dengan ukuran tempat. Kafe dan restoran cenderung memiliki ukuran yang tidak terlalu luas sehingga kamu bisa menyediakan hiburan seperti band akustik, DJ, atau bahkan hanya menyetel playlist yang sudah dikurasi dengan cermat.

  1. Uji coba peralatan teknis

wm_article_img
Venue: Rumah Sarwono

Selain makanan, ada hal lain yang juga harus dicek terlebih dahulu sebelumnya, yaitu peralatan yang akan digunakan. Beberapa hal yang harus dicek meliputi sound system, lighting, dan berbagai peralatan lainnya.

  1. Perhatikan ruang ganti dan tempat parkir

Kamu mungkin memiliki daftar panjang tentang fasilitas yang penting untuk dimiliki. Namun, ada beberapa fasilitas yang perlu kamu perhatikan selain toilet, yaitu ruang ganti atau ruang tunggu dan tempat parkir. 

Ruang ganti akan penting bukan hanya untuk persiapan saja, tapi juga menaruh barang-barang penting. Selain itu, parkir yang luas juga diperlukan supaya tamu yang datang dengan kendaraan sendiri tidak pusing mencari tempat.

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu jadikan catatan saat akan menggelar pernikahan dengan venue di kafe atau restoran. Walaupun kapasitas tempat mungkin tidak terlalu besar, kamu justru bisa menghadirkan suasana yang akrab dan intim pada acara pernikahan.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...