Pilih Kategori Artikel

7 Tips Membuat Catering Pernikahan Prasmanan Terlengkap
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Catering pernikahan prasmanan memang sangat dibutuhkan dan tentunya terlihat anggun untuk para tamu undangan. Pada pembahasan di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara membuat catering pernikahan sendiri di rumah. Ada beberapa hal atau poin yang diperhatikan ketika membuat prasmanan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pilihan Menu Utama

Tips membuat catering pernikahan prasmanan yang pertama adalah memilih menu utama. Tahukah kamu jika pilihan menu utama ini bisa berupa nasi, mi, atau makanan yang memberatkan? Masak dan sajikanlah masakan menu utama dengan pilihan olahan yang menarik dan bervariasi.

Misalnya adalah jika kamu memilih menu utama nasi maka bisa memasak olahan seperti nasi goreng, nasi kuning, nasi goreng jawa, dan lain sebagainya. Begitupun dengan olahan mie maka kamu bisa memilih dan mengolahnya sesuai dengan selera dan kesesuaian dengan makanan khas masyarakat sekitar kamu.    

2. Pilihan Menu Tambahan

Menu catering pernikahan prasmanan tambahan yang dimaksud disini bisa seperti dessert dan lain sebagainya. Tips catering pernikahan prasmanan tentunya harus terdapat menu tambahan sebagai hidangan pelengkap dan pencuci mulut. Menu tambahan ini bisa dibuat seperti makanan puding, buah, snack, es buah, dan minuman segar lainnya.

Untuk menu tambahan biasanya disajikan dengan rasa yang manis dan segar. Ini memang benar karena tujuanya adalah memang untuk mencuci mulut setelah memakan hidangan menu utama. Sajikan dengan menu tambahan yang bervariasi agar tamu bisa memilih dengan leluasa apa yang mereka kehendaki.

3. Memperhatikan Rasa

wm_article_img
Foto: chilalynn

Tips membuat catering pernikahan prasmanan tentunya harus memperhatikan rasa. Perlu diketahui jika rasa suatu makanan adalah penilaian utama. Ketika kamu memutuskan memasak hidangan prasmanan sendiri maka bisa berkonsultasi dan meminta bantuan kepada tetangga, saudara, atau bahkan chef yang ahli.

Rasa yang diberikan harus tepat sesuai dengan resep olahan makanan pada umumnya. JIka kamu ingin membuat pengembangan rasa maka tentu harus didampingi oleh chef ahlinya. Ini ditujukan untuk menghindari rasa yang aneh dari setiap masakan yang dikembangkan dari rasa ahlinya.

4. Memperhatikan Kebersihan

Tingkat higienis pada makanan memang harus benar-benar diperhatikan. Ini karena kebersihan dapat membuat seseorang berpengaruh kesehatannya setelah memakan sebuah makanan. Oleh karena itu, dalam proses pencucian, pemasakan, hingga penghidangan harus sesuai dengan teknik proses kebersihan yang sesuai.

Jika kamu tidak memperhatikannya maka bisa saja makanan tersebut bisa menjadi racun untuk orang lain. Selain itu, makanan yang tidak diperhatikan kebersihannya juga akan mudah basi dan tidak bisa dimakan lagi. Untuk itulah dalam proses memasak hidangan catering harus benar-benar diperhatikan akan teknik proses dan kebersihannya.

5. Memperhitungkan Jumlah Tamu Undangan

Tips penting dalam pesta pernikahan adalah memperhitungkan jumlah tamu undangan dengan hidangan pesta. Jika kamu berani menyebarkan undangan ke beberapa tamu maka tandanya juga siap dengan sajian hidangan untuk mereka. Kamu harus bisa memperhatikan jumlah makanan menu utama dan hidangan dengan banyaknya tamu yang diundang.

Perhatikan juga jangan lupa untuk memperhatikan jarak waktu makan dengan sajian hidangan karena bisa saja makanan basi dan tidak nyaman dimakan untuk para tamu. Jadi, kamu sendiri harus bisa menyediakan dan memperkirakan hidangan dan tamu undangan pada pestanya masing-masing.

6. Menyiapkan Alat Makan yang Sesuai

wm_article_img
Foto: potterybarn

Alat makan juga sangat diperhatikan dalam penyajian hidangan pesta pernikahan. Sediakan alat makan dan minum selengkap mungkin mulai dari sendok, garpu, gelas, piring, mangkok, dan lain sebagainya. Alat makan harus sesuai dengan apa saja hidangan yang kamu sajikan dalam pesta.

Alat makan ini juga harus kamu sajikan dengan higienis agar mampu mengkondisikan kesehatan tamu undangan. Jumlah alat makan yang disediakan harus diperhatikan dan disesuaikan dengan makanan hidangan yang telah dibuat.

7. Mengurutkan Hidangan dengan Benar

Tips membuat catering pernikahan prasmanan yang terakhir adalah menyesuaikan dan mengurutkan hidangan dengan rapi dan benar. Kamu harus mengetahui bahwa ciri-ciri dari pesta yang berkualitas adalah adanya pengelompokan makanan sesuai dengan olahan menunya. Tempatkan olahan menu makanan utama dengan menu makanan utama lainnya. 

Bariskan olahan makanan dessert satu sama lain, dan rapatkan barisan minuman yang sudah kamu buat. Dengan begitu, tamu undangan akan merasa senang dan mudah dalam hal memilih makanan yang sudah disediakan. Tamu undangan akan senang untuk memilih makanan jika semuanya sudah dibariskan dan disesuaikan dengan olahan menu yang ada. 

Itulah penjelasan lengkap mengenai tips catering pernikahan prasmanan terlengkap. Langkah-langkah diatas dapat kamu lakukan satu persatu dengan tetap memperhatikan setiap poinnya. Selain itu, kamu juga benar-benar harus memperhatikan porsi makanan yang dibuat dengan tamu undangan pernikahan.

Mengapa ini sangat ditekankan? Ini ditunjukkan dengan tujuan menghormati tamu undangan yang telah diundang. Ketika makanan sajian baik dan mencukupi maka tamu juga pastinya akan tenang dan senang mengunjungi pesta pernikahan kamu. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...