Pilih Kategori Artikel

10 Daftar Menu Catering Pernikahan Prasmanan yang Direkomendasikan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Berbicara mengenai menu catering pernikahan prasmanan, ini sangat besar kaitannya dengan pihak catering yang sedang diajak kerjasama. Catering pernikahan umumnya mempunyai banyak pilihan paket dengan rentan harga yang bermacam-macam pula. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai menu umum yang biasanya digunakan untuk catering pernikahan prasmanan

1. Menu Aneka Olahan Ayam

Seperti yang diketahui jika masyarakat di Indonesia sangat menyukai olahan ayam. Adapun olahan ayam itu sangat bermacam-macam dan memang tidak pernah membuat bosan. Untuk olahan ayam pada menu catering pernikahan prasmanan biasanya meliputi ayam goreng, rica-rica, sate, panggangan, dan opor.

Selain itu, terdapat juga beberapa catering yang bisa kamu pilih seperti pilihan semur ayam, gulai, hingga bumbu padang. Olahan menu ayam ini tentunya disajikan dengan cara yang higienis dengan bahan makanan dan bumbu yang terjaga akan kualitas. 

2. Menu Aneka Olahan Nasi

Pada aneka olahan nasi biasanya sangat menarik jika membahas mengenai tipe nasi goreng. Mengapa demikian? Ini dikarenakan nasi goreng merupakan makanan yang menjadi favorit semua orang. Nasi goreng yang dapat dilihat di prasmanan pernikahan biasanya mempunyai warna yang berbeda-beda seperti coklat, merah, dan putih.

Selain itu, ada pilihan menu catering pernikahan prasmanan seperti nasi goreng Hongkong, Makassar, Thailand, Chinese, Jawa, Pete, Magelang, cabai hijau, babat, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, ketika kamu sedang mengadakan sebuah pesta jangan lupa untuk menyisipkan pilihan nasi goreng istimewa.

3. Menu Aneka Olahan Daging

wm_article_img
Foto: freepic.diller

Setelah itu, ada juga menu catering pernikahan prasmanan yang tidak bisa lepas dari sebuah pesta. Menu tersebut adalah aneka olahan daging. Ini sangat menjadi favorit baik itu untuk daging sapi maupun kambing. Sangat banyak sekali olahan makanan dari daging yang bisa digunakan untuk menu prasmanan.

Pada aneka menu olahan daging ini pilihannya antara lain rendang daging padang, semur daging, bistik, tongseng, sapi lada hitam, rolade, teriyaki, rica-rica, balado, hingga empal. Semua pilihan tersebut rata-rata banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Jadi, ketika kamu memilih makanan ini maka dapat dipastikan bahwa prasmanan yang disajikan akan habis tak tersisa.

4. Menu Aneka Olahan Ikan

Menu catering pernikahan prasmanan yang terbuat dari ikan juga sangat menarik tamu undangan. Biasanya aneka olahan ikan ini sudah dipisah dari duri di dalamnya sehingga tersisa fillet saja. Sehingga para tamu tidak perlu lagu memisahkan antara duri dan fillet ikan. Adapun olahan ikan untuk prasmanan antara lain tongkol suwir dabu-dabu. ikan bumbu asam manis, kakap fillet bumbu pedas, dan tongseng ikan tongkol.

Selain itu ada juga kakap saus asam manis, ikan acar kuning, fillet saus tiram, dan juga ikan bakar kecap. Semuanya mempunyai cita rasa khas masing-masing dan tentunya masakan akan dibuat dengan bumbu resep yang sudah terpercaya. Olahan masakan ini sangat cocok untuk menambah variasi masakan karena biasanya makanan prasmanan lebih identik dengan olahan daging sapi, kambing, dan ayam saja.

5. Olahan Sup

Menu catering pernikahan prasmanan yang selanjutnya adalah soup. Biasanya, acara resepsi memang tidak jauh dari olahan masakan yang berkuah. Ini akan menambah kesegaran dan juga gizi untuk tubuh. Banyak sekali olahan sup yang bisa kamu pilih ketika sedang mengadakan resepsi pernikahan.

Adapun makanan berkuah disini adalah seperti soto kambing, sup bening, sup ayam, bakso, soto ayam santan, sop manten Solo, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk menyediakan mangkok pada pesta untuk mempersiapkan jenis makanan yang berkuah seperti ini. 

6. Menu Aneka Olahan Pelengkap

wm_article_img
Foto: stoica

Beberapa paket catering pernikahan prasmanan di atas dapat dikategorikan sebagai menu utama. Saat ini, akan dibahas mengenai olahan pelengkap untuk menu prasmanan. Adapun aneka olahan pelengkap disini yaitu menambah cita rasa hidangan semakin kuat akan hawa resepsi pernikahan.

Adapun menu olahan pelengkap ini antara lain sambal kentang goreng, ati goreng ampela, aneka sambal. dan juga lalapan. Untuk tiap olahannya juga tawaran resepnya sangat bermacam-macam. Untuk itu, gunakan resep andalan Anda untuk menciptakan rasa masakan yang istimewa.

7. Menu Aneka Olahan Dessert

Menu catering pernikahan prasmanan juga tidak lengkap adanya kalau tidak ada dessert. Ini sangat menarik dan penting dalam hal pemilihan hidangan penutup. Seperti yang diketahui hidangan penutup ini sangatlah bermacam-macam. Mulai dari buah, minum-minuman, masih banyak lagi. Biasanya desert ini banyak disajikan dengan rasa manis sebagai pencuci mulut.

Adapun macam-macam olahan dessert yang ada antara lain adalah es campur, bubur sum-sum, es krim, salad sayur, salad buah, pudding, hingga kelapa muda. Pada olahan ini memang disajikan dengan rasa yang manis dan segar. Biasanya pada prasmanan disajikan banyak dessert sebagai penutup hidangan dan tamu bisa memilih sesuai dengan selera msing-masing.

8. Menu Aneka Olahan Tumis

Menu catering pernikahan prasmanan juga banyak menggunakan olahan tumis. Ini nantinya akan ditambahkan dengan tambahan makanan seperti tempe dan tahu. Selain itu seafood juga bisa dicampur dengan olahan tumisan ini. Untuk pemilihan makanan olahan tumis antara lain capcay, kangkung terasi, taoge, brokoli, hingga buncis.

Untuk porsi olahan tumis, kamu bisa mengira-ngira berapa banyak olahan tumis yang akan dibuat. Tentunya dengan memperhitungkan jumlah tamu undangan yang diundang di dalam pesta. 

9. Menu Aneka Olahan Mie

wm_article_img
Foto: Markas Boemboe from Tokopedia

Mie adalah makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan jika mie adalah makanan yang tidak membuat bosan. Variasi untuk memasak mi juga sangat banyak. Inilah mengapa mie mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Adapun masakan olahan mi antara lain mi goreng original, pedas, seafood, capcay, Aceh, Jawa, bakmi salatiga, dan kwetiau goreng pedas.

Beberapa olahan mie tersebut sangat menarik dan tentunya cara masaknya tidak ribet dan memakan waktu yang lama. Harga mie juga sangat ekonomis jika dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Untuk itu, jangan lupa menyediakan olahan mie jika kamu mempunyai acara pesta pernikahan dan lainnya.

10. Pemilihan Olahan Masakan

Untuk menu catering pernikahan prasmanan kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan dan standar budget. Jangan lupa untuk selalu memperhitungkan kuantitas dan kualitas makanan sajian. Ketika sajian makanan itu lengkap dan enak maka itu tandanya kamu menghargai pesta dan juga para tamu undangan.

Masakan prasmanan biasanya disajikan langsung secara bersamaan. Untuk makanan sajian lebih baik dijajarkan sesuai kelompok masing-masing seperti kelompok makanan utama, dessert, dan lainnya. Ini bertujuan agar para tamu lebih mudah untuk memilih makanan yang sedang dihidangkan.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai rekomendasi menu catering pernikahan prasmanan yang sering diterapkan. Untuk kamu yang sedang ingin mengadakan pesta pernikahan, jangan lupa untuk menu-menu diatas agar bisa ada di dalam pesta. Mulai dari makanan utama hingga makanan penutup. Dengan begitu, pesta akan semakin lengkap dan juga maksimal karena ada banyak pilihan makanan untuk tamu yang diundang.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...