Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Gaun Pengantin Pas Warna Kulit dan Bentuk Tubuh
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hari pernikahan adalah hari yang teramat istimewa bagi kamu, karena di hari yang sakral itu kamu akan tampil spesial dengan gaun pengantin yang melekat di tubuhmu. Tentu saja kamu perlu tips memilih gaun pengantin yang tepat untuk warna kulit dan tubuhmu supaya selaras dan matching.

Apabila hal itu terjadi, rasa malu dan minder akan menghinggapi dirimu bahkan setelah pernikahan kamu tidak akan mau mengingat-ingat kembali momen bersejarah dalam hidupmu itu. Karena itu, supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, yuk mari simak tips-tips di bawah untuk memilih gaun pernikahan yang tepat.

wm_article_img

Foto: Shopee

1. Untuk Kulit Putih

Bagi kamu yang memiliki kulit putih sebenarnya kamu termasuk yang beruntung karena kulit dengan warna tersebut cocok menggunakan warna apa saja.

Apalagi jika kamu memakai gaun pengantin berwarna pastel yang lembut seperti salem, toska, atau abu muda sehingga akan memunculkan kesan yang anggun.

Kesan ini akan semakin bertambah jika dikombinsikan dengan sedikit warna emas atau perak sehingga juga memancarkan kesan berkilau.

Namun yang perlu kamu sadari bagi yang berkulit putih yang cocok menggunakan warna apa pun, sebaiknya tetap memilih warna yang tidak terlalu terang menyala seperti kuning, oranye atau merah cabai.

Soalnya, jika kamu memakai gaun pengantin dengan warna-warna seperti itu dijamin penampilanmu menjadi kurang maksimal, Ladies.

2. Untuk Kulit Kuning Langsat

Sebagai sebuah negara yang iklimnya tropis, beberapa wanita di Indonesia mempunyai warna kulit yang kuning langsat. Seperti halnya warna kulit putih, warna kulit jenis ini sebenarnya juga cocok menggunakan warna apa pun.

Jadi, Ladies, bagi kamu yang punya warna kulit kuning langsat tidak perlu repot-repot mencari warna gaun pengantin yang pas.

Namun supaya benar-benar cocok dengan warna kulitmu, kamu disarankan untuk memakai seperti biru, hijau, merah jingga, kuning cokelat, dan warna tropis lainnya.

Lalu tambahkan sedikit payet dan taburan kristal pada gaunmu itu sehingga penampilanmu benar-benar seperti seorang putri!

3. Untuk Kulit Sawo Matang

Selain warna kulit kuning langsat, di Indonesia juga ada yang memiliki warna kulit sawo matang. Tidak seperti kulit putih dan kuning langsat, pemilik dengan warna kulit seperti ini harus berhati-hati dalam memilih warna karena tidak semuanya cocok dikenakan.

Apabila kamu berkulit sawo matang, kamu sebaiknya memilih gaun berwarna cokelat, krem, peach lembut, dan abu-abu.

Warna-warna ini akan membuat kulitmu begitu bersinar. Namun apabila kamu ingin menggunakan warna putih, pilih warna putih gading yang membuat kulitmu terlihat lebih berkilau.

4. Untuk Kulit Hitam

Lalu bagaimana dengan mereka yang kulitnya berwarna hitam terutama yang tinggal di Maluku dan Papua atau Indonesia Timur?

Jangan khawatir. Buat kamu yang termasuk kulitnya hitam bisa memilih warna yang disarankan seperti warna yang kontras dan terang, yaitu putih, kuning, dan merah muda untuk menyamarkan dan menerangkan kulit hitammu.

Jangan memilih warna yang sama dengan warna kulitmu karena itu akan semakin membuat kamu tenggelam alias tidak terlihat.

Sesudah kamu mengetahui gaun pengantin yang tepat sesuai dengan warna kulitmu, yang perlu kamu perhatikan lagi adalah bentuk tubuh.

Bentuk tubuh juga mempengaruhi penampilanmu dalam mengenakan gaun pengantin. Tentunya kamu menginginkan, bukan, gaun yang sesuai dengan bentuk tubuhmu?

Di bawah ini adalah tips-tipsnya.

Tips Memilih Gaun Pengantin Pas Bentuk dan Ukuran Tubuh

wm_article_img

Foto: Shopee

1. Tubuh Mungil

Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh mungil sebaiknya jangan menggunakan warna gelap karena warna tersebut malah akan membuat tubuhmu terlihat semakin mungil, Ladies.

Supaya kamu tidak mengalami hal seperti itu, kamu gunakan saja gaun yang dengan banyak detail seperti payet, lipatan, atau motif yang dapat memberi efek tambahan volume tubuh.

2. Kurus Tinggi

Kalau tubuhmu berukuran kurus tinggi, kamu bisa menggunakan warna cerah dengan motif yang besar dan banyak detail.

Hal ini akan dapat membuat tubuhmu terkesan lebih berisi. Hindari pemakaian motif yang vertikal dan berbahan tipis karena nanti tubuh kurus tinggimu malah akan semakin menonjol.

3. Gemuk

Kalau kamu berbadan gemuk, Ladies, kamu bisa memilih warna gaun pengantin dengan warna gelap yang dapat menyamarkan bentuk tubuhmu sehingga terlihat langsing.

Disarankan jangan menggunakan gaun yang terlalu besar karena akan semakin menambah efek besar pada tubuh.

Juga yang paling penting dan tidak boleh dilupakan adalah jangan juga memakai gaun yang terlalu ketat ya, Ladies, yang bisa memperlihatkan bentuk lemakmu.

4. Buah Pir

Wanita dengan bentuk tubuh seperti buah pir adalah yang mempunyai ukuran pinggul ke bawah lebih besar jika dibandingkan dengan bagian atas. Istilah kerennya adalah curvy.

Nah, bagi kamu yang mempunyai bentuk seperti itu sebaiknya gunakan gaun yang lebih menonjolkan motif dan detail pada bagian atas tubuh.

Contohnya pada bagian bahu yang yang dibuat lebih besar dengan motif horizontal atau besar. Hal ini untuk membuat tubuh terlihat proporsional dan menambah volume bagian atas tubuh. Untuk bagian bawah sebaiknya dibuat tidak terlalu ramai atau polos saja dan lebih longgar.

5. Segitiga Terbalik

Apabila wanita dengan tipe buah pir adalah wanita yang tubuhnya di bagian atas ramping namun bagian bawahnya tidak.

Nah, segitiga terbalik adalah kebalikannya. Wanita dengan tipe tubuh seperti mempunyai bentuk tubuh bagian bawah ramping namun bagian atasnya tidak.

Ciri khas dari wanita dengan ukuran tubuh ini adalah mempunyai bahu yang besar sehingga terkesan maskulin dan kurang memiliki lekuk tubuh.

Untuk mensiasatinya, kamiu yang punya tubuh seperti adalah menggunakan gaun dengan bagian atas polos dan simpel lalu pada bagian bawahnya dibuat lebih ramai dengan motif dan bentuk yang lebih berisi.

6. Persegi Panjang

Ciri pada pada bentuk tubuh ini adalah kurang memiliki lekuk tubuh karena ukuran dada dan pinggang yang hampir sama sehingga terkesan datar dan lurus.

Kalau kamu memang mempunyai bentuk tubuh yang persegi panjang sebaiknya jangan menggunakan gaun dengan motif atau detail yang terlalu ramai. Gunakan saja busana yang simpel dan elegan, dan sertakan belt sebagai pemanis.

7. Buah Apel

Bagi kamu yang mempunyai bentuk tubuh seperti buah apel adalah ukuran tubuh atas yang lebih besar khususnya di sekitar perut dan pinggul, sebaiknya menghindari banyak detail pada daerah-daerah tersebut.

Apabila ingin menggunakan belt, gunakan saja yang berukuran sedang, dan juga jangan yang terlalu kecil karena akan menonjolkan ukuran pinggul yang besar.

8. Tubuh Besar

Nah, untuk yang bertubuh besar terutama di bagian pinggang bisa memilih gaun yang memberikan efek tinggi supaya terkesan langsing. Gunakan saja busana yang berlekuk pada bagian pinggang namun tidak terlalu ketat ataupun longgar.

Untuk motif yang bisa digunakan adalah motif vertical untuk memberi kesan tinggi, dan hindari gaun yang dengan motif yang terlalu ramai apalagi motif yang besar.

Itulah tips memilih gaun pengantin yang sesuai dengan warna kulit serta bentuk dan ukuran tubuhmu.

Semoga tips yang disajikan ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari-cari gaun pengantin yang pas sehingga kamu tampil benar-benar cantik dan sesuai di hari pernikahan.

Jika kamu menginginkan yang seperti itu kamu bisa juga mencarinya dengan klik vendor gaun pengantin Wedding MarketSelamat mencoba, ya, Ladies!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...