Pilih Kategori Artikel

Jangan Bingung! Ini Dia Tips Memilih Jas Pengantin Pria Modern yang Nyaman dan Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Busana pengantin merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dan dipilih jauh-jauh hari sebelum melangsungkan prosesi pernikahan. Untuk jas pengantin pria, meskipun terkesan hanya memiliki model yang sedikit dan simpel, tetapi tidak boleh asal pilih, loh. 

Dalam artikel ini, WeddingMarket akan membagikan tips dan faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan jas pengantin pria modern yang tepat. Simak ulasan selengkapnya di sini!

Sejarah Singkat Jas Pengantin Pria

wm_article_img
Suit by SAS Designs

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jas pengantin, pasti kamu sempat bertanya-tanya bagaimana sejarahnya pria memakai jas di hari pernikahan?

Pemakaian jas saat prosesi pernikahan yang menggantikan pakaian tradisional ini memiliki pengaruh besar dari budaya Eropa yang kental. Singkat cerita, jas mulai marak digunakan setelah masa perang dunia, yaitu sekitar tahun 1940-1950-an. 

Penggunaannya terutama untuk berbagai acara formal, salah satunya adalah pernikahan. Untuk desainnya sendiri mengikuti perkembangan zaman, dari model yang klasik hingga semakin sederhana dan modern seperti jas pengantin pria saat ini.

Tips Memilih Jas Pengantin Pria

wm_article_img
Suit by SAS Designs

Pemilihan jas pengantin tidak boleh sembarangan dan harus diperhatikan dengan baik. Meskipun hanya dipakai saat prosesi pernikahan saja, tetapi dengan pemilihan jas yang tepat bisa meningkatkan kenyamanan dan rasa percaya diri mempelai pria. Ini dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih jas pengantin pria modern:

1. Bahan 

Selama prosesi pernikahan, pasti kamu akan merasakan banyak emosi seperti bahagia, tegang, takut, dan perasaan lainnya. Karena pengaruh perasaan yang campur aduk tersebut, alhasil bisa membuat tubuhmu mudah berkeringat dan kepanasan. Untuk itu, pastikan kamu memilih bahan jas pengantin yang berkualitas dan nyaman saat dikenakan.

Selain itu, pemilihan bahan pada jas pengantin juga bisa kamu sesuaikan dengan lokasi pernikahan. Jika kamu menikah di musim kemarau, maka sebaiknya pilih jas berbahan ringan namun tetap bisa menyerap keringat dengan baik. Sebaliknya kalau kamu menikah di musim hujan, pilihlah bahan jas pengantin pria yang tebal dan mampu menjaga suhu tubuh dengan baik.

2. Warna dan Desain

Pilih warna yang serasi dengan tema pernikahan yang kamu dan pasangan tetapkan. Pastikan juga desain jas pengantin pria sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuhmu agar tampak proporsional saat kamu kenakan.

3. Harga 

Jas pengantin pria modern memiliki harga yang beragam sesuai dengan bahan dan desainnya. Untuk itu, kamu bisa memilih jas sesuai dengan anggaran yang sudah kamu tentukan.

Tipe Jas Pengantin Pria Modern

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, jas pengantin pria memiliki banyak model yang bisa kamu pilih. Berikut adalah beberapa detail jas yang bisa kamu pilih sesuai selera:

Model Jas

wm_article_img
Tipe jas pria | Foto: iStock

Ada 4 tipe jas yang sering digunakan di pernikahan, yaitu:

    • Tailcoat, jenis jas yang lebih sering digunakan di Inggris dan sangat jarang digunakan di Indonesia.
    • Morning coat, biasanya dipakai untuk acara pernikahan di pagi hari dan sangat formal.
    • Tuxedo, biasa digunakan untuk acara pernikahan di malam hari untuk memberikan penampilan yang klasik.
    • Three-piece suit, terdiri dari 3 potongan yang dapat digunakan di berbagai kesempatan.


    Bentuk Breast

    wm_article_img
    Sumber: Wikipedia

    Ada 2 jenis breast yang bisa kamu pilih untuk jas pengantin pria modern. Yang pertama, jas single-breasted dengan satu baris kancing di bagian depan. Selanjutnya ada jas double-breasted yang memiliki 2 baris kancing, di mana satu lajur sebagai pengencang dan satu lajur lainnya sebagai hiasan. 

    Disamping itu, jas double breasted juga biasanya lebih panjang daripada jas single-breasted. Jas double-breasted memiliki desain yang lebih sempit di bagian pinggang.

    Bentuk Kerah

    wm_article_img
    Sumber: Fitinline

    Bentuk kerah atau lapel pada jas memiliki karakter yang berbeda dan dapat kamu pilih berdasarkan karakter yang ingin ditonjolkan. Berikut penjelasan singkatnya:

    • Notch Lapel

    Kerah jas yang paling sering ditemukan untuk jas kasual biasanya memiliki potongan notch lapel. Tipe lapel ini memiliki lekukan yang membuka ke arah samping. Notch lapel seringkali dijumpai pada jas single breasted. Jika kamu ingin tampilan yang simpel dan aman, notch lapel adalah pilihan alternatif yang tepat.

    • Peak Lapel

    Tipe lapel yang paling formal dari semua jenis lapel yang ada adalah peak lapel. Selain itu, peak lapel memiliki bagian lapel yang lebih lebar daripada notch lapel. Pola di bagian dekat leher cenderung mirip dengan huruf “V”. Awalnya, jenis lapel ini digunakan untuk jas atau blazer formal saja. Namun, dewasa ini sudah banyak dikombinasikan dengan jas kasual.

    • Shawl Lapel

    Bentuk dari shawl lapel cenderung melengkung, berbeda dengan kedua lapel sebelumnya yang meruncing. Lapel ini biasanya diaplikasikan pada jas tuxedo. Kesan yang ditunjukkan oleh lapel ini cenderung bersifat formal.

    Jumlah Kancing

    Jas pengantin pria modern biasanya memiliki dua hingga tiga kancing. Untuk jas tiga kancing sendiri biasanya dipakai untuk acara formal. Namun jas dengan tiga kancing kurang cocok dipakai untuk kamu yang berbadan gemuk dan pendek. 

    Sementara itu, jas dua kancing cocok dipakai untuk semua bentuk tubuh. Jas dua kancing juga lebih fleksibel karena bisa dipakai untuk berbagai acara.

    Jenis Saku

    wm_article_img
    sumber: suitsexpert

    Jenis jetted pocket lebih direkomendasikan untuk pemilihan jas pengantin pria modern. Hal ini karena desain jetted pocket yang memiliki celah di bagian depan jas dengan kantong yang tergantung di dalamnya menghasilkan tampilan jas yang rapi dan elegan. Untuk jas yang dipakai pada acara informal, kamu bisa menggunakan jas dengan flap pocket.

    Vent 

    wm_article_img
    Sumber: Fitinline

    Vent merupakan jahitan belahan di belakang jas pengantin pria modern. Fungsi dari vent adalah untuk memudahkan kamu dalam bergerak, terutama saat memasukkan atau mengambil barang dari saku celana belakang. 

    Selain untuk memudahkan pergerakan dan aktivitas, fungsi lain dari vent adalah untuk mempertegas siluet tubuh agar lebih menarik saat dilihat dari samping. Ada 3 jenis vent yang bisa kamu pilih, yaitu:

    1. Single Vent

    Single vent adalah jenis belahan jas yang terletak pada bagian tengah belakang. Memiliki tampilan dengan kesan klasik dan old school yang membuat jenis jas ini cocok digunakan untuk berbagai acara. Jika kamu memiliki tubuh yang tinggi dan kurus, jenis jas dengan single vent ini adalah rekomendasi yang tepat buat kamu.

    2. Double Vent

    Double vent memiliki dua belahan di bagian belakang kiri dan kanan jas pengantin pria modern. Jenis jas dengan double vent sangat cocok dipakai oleh kamu yang memiliki tubuh pendek.

    3. Ventless 

    Ventless sendiri tidak memiliki belahan sama sekali, sehingga memberikan kesan yang kaku. Meskipun demikian, jenis jas ini cocok dipakai untuk acara formal.

    Cutting 

    Cutting atau potongan jas memiliki 2 jenis, yaitu regular fit dan slim fit. Jas dengan regular fit memiliki potongan lurus ke bawah yang terlihat longgar. Namun potongan jas ini sudah mulai ditinggalkan. 

    Sementara itu, jas slim fit merupakan model jas yang dibuat dalam potongan yang pas di tubuh kamu, sehingga bisa membalut dan membentuk tubuh dengan baik.

    Itu dia beberapa tipe dan tips untuk memilih jas pengantin pria modern yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan sebelum membeli busana pernikahanmu. Baca juga artikel lainnya seputar pernikahan dan persiapannya di WeddingMarket. Demikianlah, semoga bermanfaat!

    Sedang mencari vendor pernikahan?,
    Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
    temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

    Article Terkait

    Loading...

    Article Terbaru

    Loading...

    Media Sosial

    Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

    Loading...