Pilih Kategori Artikel

Catat, 8 Persiapan Pernikahan yang Perlu Dilakukan Calon Pengantin Pria. Bukan Sekadar Materi!

Pasangan yang siap nikah tak hanya dinilai dari katering yang sudah dipesan, venue yang siap ditempati, dan berbagai hal yang berhubungan dengan acara saja, tapi juga persiapan pernikahan dari si calon pengantin. Misalnya pengantin perempuan melakukan serangkai perawatan tubuh sampai mengadakan bridal shower yang meriah, calon pengantin pria sebaiknya juga tak jauh beda. 

Calon pengantin lelaki mungkin tampak lebih rileks, tenang, dan bahagia dibanding perempuan yang rentan mengalami stres, mudah marah, dan serba buru-buru. Namun siapa tahu di balik itu semua ternyata lelaki pun menyimpan kegelisahan? 

Apalagi hari besar semakin dekat, berbagai hal mulai dari detail kecil sampai besar sedang diusahakan, wajar kalau merasa khawatir meski disimpan sendiri. Yuk, coba simak persiapan pernikahan untuk pengantin lelaki yang telah dirangkum oleh tim WeddingMarket berikut ini.  Jalani satu per satu demi kelancaran dan kewarasan di hari bahagia!

Mencari setelan jas yang eye catching dan matching 

wm_article_img
Jas pengantin: Wong Hang Tailor | Foto: Thepotomoto Photography

Selain gaun pengantin, jas yang dikenakan mempelai pria juga menjadi hal paling mencolok selama pesta pernikahan. Setelan jas setidaknya harus matching dengan gaun pengantin perempuan baik secara warna, kain, dan konsepnya. Makanya soal yang satu ini perlu dibicarakan berdua dengan pasangan. 

Pertimbangan dalam memilih jas pengantin laki-laki tak sampai di situ saja, loh. Mempertimbangkan musim dan venue pesta dalam memilih setelan juga perlu demi menambah kenyamanan selama dikenakan. Kamu bebas memilih beli atau jahit,  tapi pastikan itu yang fit to body supaya tampak gagah dan menawan!

Last but not least, aksesoris setelan pernikahan jangan sampai diabaikan. Setidaknya ada dasi, ikat pinggang, kaus kaki, atau kamu juga bisa menambahkan jam tangan juga. 

Potong rambut dan merapikan janggut

wm_article_img
Foto: pexels/midia

Potong rambut adalah cara paling sederhana untuk menyegarkan penampilan. Walau begitu, jangan potong rambut di detik-detik terakhir jelang pernikahan karena biasanya akan tampak kaku dan menghindari kalau potongan terlalu pendek. Untuk itu waktu terbaik untuk potong rambut adalah seminggu sebelum acara. 

Eits, tapi sebelum melangkah ke salon favoritmu coba untuk melihat berbagai referensi gaya rambut pengantin pria di internet. Pelajari juga soal gaya rambut seperti apa yang cocok dengan bentuk wajah yang dimiliki. Kemudian, jika memang ingin memelihara janggut atau kumis pastikan sebelum pernikahan pun telah dipangkas rapi dan bergaya supaya bisa tampil maksimal. 

Tidur cukup dan mengonsumsi makanan sehat

wm_article_img
Foto: pexels/andrea-piacquadio

Meski kamu sangat menyukai menonton film atau ada pertandingan sepak bola dari klub kegemaranmu, sebaiknya hindari begadang setidaknya selama sebulan jelang pernikahan. Memenuhi tujuh jam tidur dalam sehari bukan hanya demi kesehatan, tapi juga penampilan yang lebih 'siap nikah'. Kamu pasti tak mau ‘kan tampil sebagai pengantin dengan mata panda yang tebal?

Nah, lanjutkan tidur cukup dengan gaya hidup yang lebih sehat kemudian. Yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein, biji-bijian, dan ditambah dengan lemak sehat. Dan apabila kamu adalah perokok dan gemar minum minuman beralkohol, sebisa mungkin hindari kedua hal tersebut. 

Mengosongkan jadwal dari segala pekerjaan

wm_article_img
Foto: pexels/alex-green

Hal paling penting tapi sering luput dari perhatian calon pengantin adalah soal timing. Banyaknya hal yang harus dipikir dan dipersiapkan ditambah soal pekerjaan utama, waktu yang bertabrakan antara dua hal tadi bisa jadi boomerang yang tak disangka. Apalagi jika kamu dan pasangan telah sepakat membuat list persiapan pernikahan tanpa WO, mengagendakan bulan madu, atau menggelar resepsi di beberapa tempat. 

Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan pihak HRD di tempat kerja soal jadwal pernikahan dan cari tahu soal berapa lama waktu cuti yang didapatkan. Baru setelahnya ajak pasangan untuk kerja sama dalam membagi waktu antara mempersiapkan pernikahan dan profesional kerja. Pernikahan rampung dengan tuntas, pekerjaan pun lancar. 

Sempatkan berolahraga di tengah jadwal yang padat

wm_article_img

Siapa sih yang tak mau tampil paripurna di hari pernikahan? Tak heran kalau banyak calon pengantin melakukan diet sampai jadi mendadak rajin olahraga demi mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Sebaiknya, kamu pun juga sempatkan berolahraga meski waktu mungkin sangat terbatas di antara banyaknya kesibukan. 

Lebih menyenangkannya lagi jika olahraga ini bisa dilakukan bersama pasangan, entah itu lari pagi, berenang, atau bersepeda bersama. Selain tubuh bugar dan mengupayakan postur tubuh idaman, olahraga berdua juga sebagai cara merekatkan hubungan, loh. 

Mengapalkan dan melancarkan ijab kabul

wm_article_img
Foto: Oneclick.id

Hayo, sudah hafal belum nama lengkap pasanganmu beserta nama bapaknya? Kalau belum, yuk, segera hafalkan nama lengkap kedua orang penting tersebut beserta kalimat ijab kabul selanjutnya, termasuk jumlah mahar yang diberikan. Mumpung masih ada waktu, kamu bisa berlatih atau mencari tahu bagaimana pengucapan ijab kabul yang tepat dan sesuai syariat Islam

Kamu bisa latihan di depan cermin kapan saja, kok. Atau, minta bantuan teman dan kerabat yang telah menikah untuk mendampingi berlatih membaca ijab kabul. Amit-amit, ketika hari-H itu datang kamu sebagai calon pengantin lelaki malah salah ucap dan berujung pada pernikahan yang tak sah. 

Belajar soal sex life

wm_article_img
Foto: pexels/cottonbro-studio

Di usia dewasa yang siap menikah seperti kamu dan pasangan, perihal sex education bukan lagi hal tabu melainkan wajib dicari tahu. Sex bukan hanya soal penetrasi, tapi juga kenikmatan dan kenyamanan satu sama lain. Faktanya, banyak laki-laki yang tidak bisa membedakan lubang vagina dan lubang buang air besar dan melakukan kesalahan fatal di malam pertama saat akan melakukan hubungan suami istri. 

Awali dengan mempelajari sistem reproduksi wanita, kemudian diskusikan dengan pasangan apakah berencana langsung punya anak atau tidak. Jika ingin menunda, pertimbangkan untuk mencari alat kontrasepsi yang nyaman buat kamu dan pasangan. Lalu cari tahu bagaimana sebaiknya hubungan seks tersebut dimulai dan diakhiri, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berhubungan, dan lain-lain. 

Mengadakan pesta bujang

wm_article_img
Fotografi: Calia Photography

Jika dalam list persiapan pernikahan pengantin perempuan ada agenda bridal shower, pengantin lelaki juga boleh kok bersenang-senang, menghibur diri, dan bertemu dengan sahabat dengan mengadakan pesta bujang. Pesta bujang adalah perayaan khusus untukmu yang akan segera melepas masa lajang dan menikahi wanita terbaik pilihan hati. 

Berbagai hal menyenangkan bisa dilakukan seperti dengan menonton film, berwisata di akhir pekan, atau sekadar makan malam bersama. Ini bukan menjadi pesta terakhirmu bersama sahabat kok, melainkan pesta terakhirmu sebagai lelaki single! Namun ingat ya, tetap jaga batasan dalam berpesta dan hindari kegiatan yang membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

Bisa disimpulkan nih kalau siap nikah itu bukan hanya soal materi tapi termasuk mental dan fisik. Semoga dengan list tadi kamu sebagai calon pengantin lelaki bisa lebih tenang dan menawan ketika datangnya hari pernikahan. Katakan ‘halo’ dengan status baru sebagai suami dan ucapkan ‘bye’ pada masa lalu!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store! Diskon hingga 20%*
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...