Pilih Kategori Artikel

Tips dan Trik Menciptakan Pernikahan Sederhana Nan ''Wah'' di Rumah
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Saat mendengar kata ‘’Wah’’, apa yang terlintas dipikiranmu dears? Apakah sesuatu yang erat kaitannya dengan hal-hal mewah atau ada makna lain? Mungkinkah sebuah pernikahan impian ala dongeng putri cantik dan pangeran tampan? Atau, bisa jadi muncul dalam benak pikiranmu pernikahan mewah ala artis-artis papan atas yang sedang marak saat ini?

Bisa jadi sebagian kita memikirkan hal yang sama ya! Nah, itu fakta sih, disebabkan sejak kecil hampir keseluruhan orang mengasosiasikan kata ‘’wah’’ dengan hal-hal yang mewah. Namun, kali ini WeddingMarket ingin memberikan sudut pandang lain sesuatu yang ‘’wah’’ yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam mempersiapkan pernikahan impian.

Menikah adalah impian setiap pasangan, karenanya segala sesuatu harus disiapkan secara matang. Bukan hanya persiapan acaranya saja, tapi yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mental setelah pernikahan nanti. Karena itu, jika pasangan tersebut sudah banyak mempelajari arti sebenarnya esensi sebuah pernikahan, maka bisa jadi mereka memutuskan untuk melangsungkannya secara sederhana atau diselenggarakan di rumah. 

Konsep ini sudah banyak sekali jadi pilihan pasangan muda zaman now, loh, Dears. Nah, meskipun diselenggarakan di rumah, untuk menghadirkan suasana pernikahan yang sakral dan mengesankan, beberapa tips di bawah ini bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Tentukan Budget Pernikahanmu

wm_article_img
Dekorasi: Kimikayo Decoration

Karena dari awal kamu dan pasangan sudah memilih konsep pernikahan sederhana, maka langkah selanjutnya adalah, tentukan budget yang sudah kalian persiapkan. Sebab, saat sudah menentukan berapa nominal yang akan dikeluarkan, otomatis kamu dan pasangan akan mencari ‘’perangkat’’ penunjang pernikahan yang sesuai anggaran. Selain itu kamu juga tidak akan khawatir jika dipertengahan persiapan acara dihantui pertanyaan ‘’Aduh, bisa bayarnya gak ya nanti?’’.

Pilih Tema Rustic Wedding

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Meskipun sederhana, Kamu tetap bisa menghadirkan konsep pernikahan impian loh. Menggunakan tema rustic wedding ini bisa jadi pilihanmu, sebab tak memerlukan banyak properti maupun ornamen yang detail, tema rustic menghadirkan nuansa alami dalam desain dekorasinya. Dengan penerapan warna-warna alam, menjadikan konsep pernikahan ini terlihat sederhana tetapi mewah. Bahkan jika kreatif, Kamu bisa menata sendiri dengan melihat contoh dari pinterest atau dari kanal Youtube. 

Pilihlah warna tema satu hingga tiga warna

wm_article_img
Dekorasi: Sweetbella Decoration

Agar acara pernikahan tampak lebih elegan walau hanya diadakan di rumah, kamu bisa menggunakan tiga warna saja, misalkan warna putih, coklat dan hijau, atau warna netral lainnya. Sehingga, pemilihan warna tersebut dapat disesuaikan untuk dekorasi lain seperti karpet, warna bunga, kursi hingga tenda yang bisa cocok dengan tema rustic wedding yang sudah Kamu pilih tadi.

Lokasi pelaminan yang nyaman

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Saat mengadakan acara pernikahan di rumah, sebaiknya kamu juga harus menetukan dimana letak yang paling nyaman untuk pelaminan sederhana yang akan digunakan. Yang mana akses tamu saat memberikan do’a restu dan ucapan selamat lebih mudah. Selain itu pilihlah lokasi yang memudahkanmu untuk engage dengan semua orang yang hadir saat momen bahagia kalian tersebut. Kamu bisa jadikan teras rumah atau ruang tamu sebagai lokasi pelaminan, namun pastikan area tersebut tidak mengganggu akses jalan panitia, maupun keluarga dan para tamu undangan lain.

Tamu undangan 

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Jika Kamu sudah memilih konsep pernikahan sederhana di rumah, maka sudah barang tentu memiliki konsekuensi bahwa tidak bisa mengundang terlalu banyak tamu. Karenanya, memperhatikan jumlah tamu yang hadir pada acara pernikahanmu akan membuat lebih nyaman sebab mereka merupakan orang-orang terdekat denganmu dan pasangan. Selain itu membatasi jumlah tamu yang diundang juga sangat efektif untuk menghemat budget pernikahan, loh.

Paket makan dan dokumentasi

wm_article_img
Catering: Akasya Catering & Co.

Jumlah tamu undangan yang sudah terbatas membuatmu bisa memilih paket catering yang menyediakan menu makanan yang harganya lebih terjangkau. Biasanya, dalam satu paket bisa di-customize isinya berupa makanan pembuka makanan utama serta makanan penutup. 

Jika tidak ingin menggunakan catering, kamu pun dapat juga mengoptimalkan anggota keluargamu yang biasa "masak besar" sehingga sejak mulai pemilihan bahan makanan dan packaging bisa sangat lebih efisien secara biaya. Namun, pastikan hal ini sudah didiskusikan secara matang ya dear.

Untuk dokumentasi, sudah sangat menjamur paket fotografi yang sangat terjangkau, bahkan ada saat ini bandrol harga paket foto wedding day yang harganya mulai dari Rp 2 juta dan itu bukan hanya jepretan foto, melainkan juga rekaman cinematic proses akad nikah mu yang biasanya mengharu biru itu, menarik ‘kan?!

Izin RT dan Tetangga

wm_article_img
Fotografi: Askara Wedding Photography

Segala persiapan yang sudah matang tadi, pastinya akan lebih sempurna jika kamu tidak melupakan izin serta do'a dan restu dari ketua RT dan juga tetangga. Hal ini akan menjadikan acaramu akan jauh lebih tenang Dears. Selain itu, hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberitahuan agar mereka tidak merasa terganggu dengan keramaian yang akan ditimbulkan dari acara pernikahanmu nanti. 

Untuk menambah kesan hangat pada pernikahanmu, Kamu bahkan bisa meminta tolong kepada tetangga untuk turut berpartisipasi, seperti menjadi penerima tamu. Dijamin mereka akan merasa terhormat dengan permohonan itu.

Kondisikan lahan parkir tamu

Memilih menyelenggarakan acara pernikahan di rumah artinya kamu dan pasangan juga siap dengan segala konsekuensi yang ada, salah satunya lahan parkir. Jika memungkinkan untuk menyediakan lahan parkir yang tidak jauh dari lokasi acara, akan sangat bagus karena  tamu undangan tidak perlu repot mencari-cari. 

Namun, jika terpaksa harus meminjam sebagian bahu jalan untuk lokasi parkir, ada ketentuan yang harus kamu perhatikan. Perizinan peminjaman lahan pada ketua RT maupun pihak yang bersangkutan ya dear. Kemudian, pastikan pengguna jalan umum tersebut mempunyai jalan alternatif saat jalanan di depan rumahmu beralih fungsi untuk sementara waktu.

Rustic Wedding untuk Pernikahan nan “Wah” di Rumah

wm_article_img
Dekorasi: Royal Kinanthi Dekor

Dari ulasan diatas lantas bagaimana caranya agar pernikahan sederhanamu kali ini tetap akan terlihat “Wah”? Nah, di sini  WeddingMarket akan mencoba memaparkannya lebih lanjut. Pemilihan tema rustic wedding ini salah satunya, konsep yang bisa dijadikan ‘’jalan ninja’’ untuk menghadirkan sesuatu yang ‘’wah’’ tapi ‘’murah’’. 

Dari segi bahasa, rustic diartikan tua dan berkarat, hal ini dikarenakan kedekatan maknanya pada penggunaan ornamen-ornamen yang terkesan jadul, karatan dan ornamen yang lebih alami seperti kayu.

Dahulunya tema rustic ini banyak digunakan di Amerika sebagai sebuah konsep interior rumah, dan kini justru merambah ke konsep pernikahan. Kamu juga mungkin sudah banyak sekali melihat para selebriti luar maupun dalam negeri yang menggunakan tema ini untuk acara spesialnya seperti lamaran dan pernikahan. Tak jarang meski terlihat simpel tapi kesan ‘’Wah’’ justru sangat melekat pada konsep ini. 

Pernikahan dengan konsep rustic, meski tak diadakan di dalam gedung mewah justru kesan elegan dan glamour tampak jelas dari penggunaan ornamen meja kayu, tatanan bunga dan dedaunan yang menyemarakkan acara tersebut. Pada rustic wedding, pengantin juga bisa menyatu dengan tamu undangan dikarenakan konsep ini memang memunculkan suasana yang akrab dan hangat.

wm_article_img
Foto via instagram/ansoljang110

Sebagai contoh yang masih cukup baru, youtuber asal korea Jang Hansol beserta istrinya memilih konsep pernikahan dengan tema rustic. Sangat sederhana dengan latar belakang rumah kayu dan tatanan bunga yang simpel, menjadikan keharuan akan kebahagian pernikahan tak berkurang sama sekali. Riasan pengantin wanita yang sederhana juga tak menghilangkan kesan anggun, justru semakin memancarkan kecantikan alami gadis korea.

Maka dari itu, rasanya pernikahan nan ‘’Wah’’ yang Kamu selenggarakan di rumah, sangat bisa Kamu wujudkan dear, konsep rustic ini menjadi solusi tepat. Kamu bisa atur semua kebutuhan akan acara pernikahan itu sesuai budget-mu, dengan sedikit kreatifitas, bahkan Kamu bisa memanfaatkan benda-benda sekitarmu dengan DIY (Do It Yourself). Dengan riasan sederhana Kamu justru akan terlihat lebih anggun nan elegan. Selain itu yang pastikan konsep ini menawarkan kehangatan dengan para tamu yang membuat acara pernikahanmu jauh lebih berkesan dear.

Bagaimana inspirasi di atas? Sesuatu yang ‘’Wah’’ tidak melulu harus mewah, bukan? Apakah Kamu juga sedang mempersiapkan konsep yang sama? Jika iya, coba diskusikan lebih matang lagi dengan pasanganmu dan juga keluarga, agar rencana baik ini dapat berjalan dengan lancar. Untuk memenuhi kebutuhan untuk pernikahanmu bisa cek di WeddingMarket Store ya! Jangan lupa juga ikuti terus ulasan inspiratif seputar pernikahan lainnya di WeddingMarket. Good luck!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...