10 Inspirasi Dekorasi Simple dan Modern Untuk Pesta Pernikahan Sederhana - Wedding Market

10 Inspirasi Dekorasi Simple dan Modern Untuk Pesta Pernikahan Sederhana

23 May 2022 | By Dea Vinta WeddingMarket | Viewers: 210
10 Inspirasi Dekorasi Simple dan Modern Untuk Pesta Pernikahan Sederhana
Ilustrasi: Tom Leung Photography

Konsep pernikahan sederhana, minim budget dengan sedikit tamu kini makin populer di kalangan para calon pengantin Indonesia. Apalagi di masa pandemi COVID-19 mulai merebak. Selain karena aturan pemerintah yang membatasi tamu undangan, konsep pernikahan seperti ini juga menyuguhkan kesan intimate dalam sebuah pesta pernikahan.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dalam mengadakan sebuah pesta pernikahan apapun, salah satunya yaitu dekorasi. Meskipun kamu dan pasangan memutuskan untuk melangsungkan pesta pernikahan sederhana, bukan berarti dekorasi hanya ala kadarnya, ya. Kamu bisa mewujudkan pernikahan impianmu menggunakan konsep dekorasi yang simple namun modern dengan maksimal dan tetap tak terlupakan.

Sebelum menentukan dekorasi seperti apa yang cocok untuk pernikahan sederhana, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

  • Space Dekorasi

Kamu harus mengakomodir sebaik mungkin tentang berapa space yang kamu miliki untuk membuat sebuah dekorasi yang apik. Jika hanya memiliki space yang minim di rumah atau di sebuah restoran, kamu bisa memanfaatkan sudut ruangan untuk dekorasi yang aesthetic.

Namun apabila kamu memiliki space yang luas seperti halaman rumah atau taman belakang rumah, bahkan sebuah gedung merupakan sebuah keuntungan untuk memberikan kenyamanan yang lebih untuk semua orang yang hadir dalam pesta pernikahanmu.

  • Tema

Selanjutnya, tentukanlah tema pernikahan seperti apa yang akan kamu usung. Misalkan kamu ingin memadukan tema pernikahan internasional, rustic, botanical, industrial, serba putih, dan lain sebagainya dengan dekorasi yang sederhana namun tetap nampak modern. Pemilihan dekorasi akan lebih mudah jika kamu sudah menentukan tema pernikahan.

  • Jumlah Tamu Undangan

Siapa saja yang hadir dalam pesta juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Kamu pasti tidak ingin tamu undangan dan keluarga merasa tidak nyaman dengan dekorasi yang too much maupun dekorasi yang terlalu minim sehingga terasa tak berkesan di benak mereka. 

  • Budget

Hal yang paling esensial dalam persiapan pernikahan adalah budgeting. Penentuan budget bisa kamu diskusikan terlebih dahulu dengan keluarga dan pasangan. Jangan sampai kamu tidak bisa mewujudkan pernikahan impianmu disebabkan karena tak bisa memanfaatkan budget sebaik mungkin.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya keuntungan dari mengadakan sebuah pesta pernikahan sederhana, akan meminimalkan budget dekorasi supaya dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya, lho. Tapi jangan khawatir, dengan pemilihan konsep dan vendor yang tepat kamu tetap bisa mendapatkan dekorasi pernikahan yang istimewa plus ramah di kantong.

Nah, setelah mempertimbangkan dan menyiapkan hal-hal diatas, kini saatnya kamu menentukan konsep dekorasi simple dan modern seperti apa yang akan cocok untuk pesta pernikahan sederhana. Berikut WeddingMarket berikan 10 inspirasi yang bisa kamu jadikan referensi:

  1. Minimalist Industrial and Botanical

Memanfaatkan rumah dengan gaya industrial sebagai venue pernikahan, mengenakan konsep bunga penuh dengan warna putih yang classic menonjolkan nuansa yang modern. Konsep dekorasi sederhana seperti ini cocok untuk kamu yang suka gaya minimalis namun tetap elegan. 

  1. Blooming Backyard

Cukup dengan backdrop kain dan bunga warna senada saja kamu bisa menyulap taman belakang rumahmu menjadi dekorasi pernikahan yang simple namun modern. Cantumkan juga nama kamu dan pasangan di backdrop untuk mengikuti tren yang sering digunakan oleh pengantin beberapa tahun terakhir. 

  1. Bride and Groom’s Corner

Memiliki space yang sedikit bukan berarti membatasimu untuk menggunakan dekorasi yang menarik. Konsep dekorasi satu ini memanfaatkan sudut ruangan untuk dijadikan pelaminan yang aesthetic. Lampu sorot serta bunga segar di sekelilingnya membuat dekorasi tampak segar dan menyala di dalam ruangan.

  1. All White Outdoor

Warna putih selalu memunculkan kesan klasik dari masa ke masa. Dengan backdrop simple dan bunga berwarna putih, venue outdoor nampak modern dan elegan. Kamu bisa tambahkan sentuhan lilin-lilin di sekitar bunga untuk memunculkan kehangatan di acara pernikahanmu. Selain itu warna putih juga menonjolkan nuansa sakral dan tanda untuk memulai lembaran baru dalam kehidupan kamu dan pasangan.

  1. Minimalist Hall

Siapa bilang dekorasi simple hanya untuk acara di rumah saja? Jika kamu memiliki budget lebih untuk menyewa gedung namun tetap menginginkan dekorasi yang minimalis, bisa banget loh! Nuansa modern all white dipercantik dengan warna kontras untuk menonjolkan kursi pelaminan dan bunga-bunga sebagai pemanis. Konsep mismatched ini sangat cantik diaplikasikan untuk venue dalam gedung yang modern. 

  1. Garden Rustic

Memikirkan begitu banyak persiapan pernikahan mulai dari daftar tamu undangan, vendor, hingga venue, memang sangat melelahkan. Konsep dekorasi pernikahan yang satu ini bisa menjadi salah satu solusi. Kamu bisa coba untuk memilih gaya casual sehingga dekorasi simple pun akan tetap menciptakan momen pernikahan yang modern dan unik. Jika ingin tampil lebih hippie coba juga desain pernikahan gaya rustic bohemian, sebuah dekorasi unik dan artistik yang tak membosankan.

  1. Korean Style

Bagi kamu pecinta Drama Korea tentu tak asing dengan konsep dekorasi seperti ini, bukan? Kamu bisa mengadaptasi gaya ini untuk pesta pernikahan sederhana ala kamu, lho. Selain menggunakan elemen yang minimalis, gaya ini juga akan memberikan kesan modern yang mewujudkan pernikahan impianmu seperti di Drama Korea yang kamu tonton. Jangan lupa lengkapi pula gaya di hari spesialmu dengan makeup dan gaun pengantin Korea yang juga simple dan minimalis agar semakin sempurna.

  1. Goldy and Flowery

Warna emas selalu identik dengan kemewahan dan modernitas. Siapa sangka warna emas juga bisa dipadukan dengan dekorasi yang simple?! Konsep yang satu ini bisa kamu adaptasi dan letakkan kursi pelaminan di depannya dan dapatkan foto pernikahan yang instagramable dan tampak segar dengan hiasan bunga di sekelilingnya. 

  1. Rustic with Modern Installation

Penggunaan instalasi modern dengan beraneka permainan tekstur akan mempercantik perayaan cinta antara kamu dan pasangan pada momen pernikahan yang istimewa. Dikemas dengan tema rustic kekinian dan backdrop monochrome yang simple, akan memberikan unsur magis dan tak akan pernah terlupakan sepanjang hidup.

  1. Traditional Minimalism

Pernikahan yang mengusung tema adat masih menjadi banyak pilihan untuk pasangan calon pengantin. Kamu tetap bisa memadukan konsep tersebut untuk dekorasi pernikahan yang simple namun modern. Salah satunya dengan memadukan backdrop gebyok yang merupakan ciri khas adat jawa dengan hiasan pohon dan dedaunan berwarna hijau segar beserta bunga-bunga cerah yang menonjol. 

Bagaimana?! Apakah artikel ini cukup memberikan pencerahan untuk dekorasi pesta pernikahanmu yang sederhana? Ketahui juga tentang cara efektif menyusun pernikahan sederhana, hemat budget dan minim stres  dan temukan vendor dekorasi yang tepat dan terbaik di platform WeddingMarket untuk hari istimewamu. Semoga pesta pernikahanmu berjalan lancar, ya!

***

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?