Pilih Kategori Artikel

Pelaminan Sederhana Murah Juga Bisa Tampil Maksimal. Yuk, Lihat Inspirasinya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Para calon pengantin pasti ingin pernikahannya menjadi momen paling bersejarah seumur hidup, bukan? Wajar sih, karena ini merupakan saat-saat yang sangat spesial, dimana sepasang kekasih disatukan di dalam ikatan suci pernikahan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang ingin menyiapkan pesta pernikahannya semaksimal mungkin. Entah itu dari venue pernikahan, dekorasi pelaminan, catering, busana pengantin, make up, dan lain sebagainya. Untuk merealisasikannya, tak jarang banyak dana yang harus digelontorkan, khususnya untuk dekorasi pelaminan yang menjadi centre point dari pesta pernikahan. 

Di sisi lain, tidak semua pasangan calon pengantin punya kemampuan untuk mengadakan pesta pernikahan mewah. Selain karena minimnya dana atau budget yang dimiliki, waktu yang terbatas juga menjadi alasan mengapa pernikahan mewah sulit untuk direalisasikan. Persiapan untuk pernikahan mewah dan megah tentunya lebih repot. Sebagai alternatif, beberapa calon pengantin memilih untuk menggelar pesta pernikahan kecil-kecilan atau intimate wedding dengan dekorasi sederhana. Eits, jangan sedih dulu! Sebab, dengan dekorasi pelaminan sederhana murah meriah, juga bisa tetap menarik kok!

Walaupun menggunakan dekorasi pelaminan yang minimalis dan murah, bukan berarti hasilnya asal-asalan. Pasalnya dengan dana yang terbatas, kamu tetap bisa berkreasi sehingga pelaminan sederhana bisa terlihat lebih menarik, bahkan mewah. Tentunya, ada trik-trik khusus untuk mengakalinya. Pastinya kamu penasaran, bukan? Jika demikian, yuk simak pembahasan lengkapnya dalam artikel ini. Ajak pasanganmu baca juga ya, biar bisa langsung praktek!

  1. Dekorasi Lentera dan Lilin

wm_article_img

wm_article_img

ilustrasi | intimateweddings.com | greenweddingshoes.com

Agar pesta pernikahan kamu tidak menghabiskan banyak dana, salah satu caranya  adalah dengan mengundang tamu seperlunya. Bisa dimengerti jika dalam pesta pernikahan, kamu ingin mengundang banyak orang untuk datang. Namun, kamu perlu ingat bahwa semakin banyak tamu undangan, maka semakin banyak pula dana yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, untuk menghemat budget kamu bisa menggelar pesta pernikahan secara intimate dengan mengundang kerabat dekat dan para sahabat saja. Salah satu desain dekorasi pelaminan simple yang cocok untuk pernikahan intimate adalah dekorasi lentera lilin. Konsep yang satu ini mengusung desain pelaminan minimalis tapi elegan. Dengan menggunakan lentera dan lilin-lilin dekoratif yang ditempatkan di sudut-sudut pelaminan maupun sebagai backdrop, menjadikan suasana semakin romantis dan hangat.

wm_article_img

ilustrasi | in.pinterest.com

Jika kamu menggunakan dekorasi bunga, lilin-lilin dekoratif bisa ditempatkan pula di sela-sela bunga-bunga sehingga menciptakan cahaya yang tampak indah. Dekorasi pernikahan dengan lilin-lilin atau lentera bisa pula diaplikasikan untuk pelaminan outdoor yang berkonsep garden party wedding. Pelaminan sederhana cantik nan elegan ini tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan berbagai pencahayaan dari lampu dekorasi pelaminan mewah seperti crystal ceiling atau candelier.

  1. Dekorasi Jaring Besi

wm_article_imgwm_article_img

ilustrasi : in.pinterest.com | in.pinterest.com

Setiap datang ke pesta pernikahan, kamu pasti sering sekali melihat desain pelaminan yang terbuat dari papan kayu atau kain, bukan? Kedua media tersebut memang yang paling sering digunakan untuk dekorasi pernikahan. Bahannya yang mudah dicari dan banyaknya inspirasi model pelaminan yang terbuat dari papan dan kain, membuat konsep pelaminan kain dan papan menjadi semakin populer. Namun, jika kamu merasa dekorasi pelaminan tersebut sudah sangat pasaran, kenapa tidak mencoba untuk mencari inspirasi lain? Salah satunya adalah dekorasi pelaminan yang terbuat dari besi yang dibentuk menjadi pola unik.

Dekorasi pelamin unik yang memanfaatkan besi berukuran kecil yang dibentuk menjadi berbagai bentuk arttistik menambah keindahan pelaminan sederhana untuk pesta pernikahanmu. Elemen dekoratif yang satu ini bisa dicat dengan berbagai warna, mulai dari putih, hitam, kuning, hingga emas, sehingga semakin menarik dan tidak membosankan dipandang. Dengan sedikit sentuhan elemen natural seperti rangkaian bunga dan dedaunan, kesan artistik dan mewah sudah tergambarkan dari pelaminan sederhanamu.

wm_article_img

Ilustrasi | in.pinterest.com

Material besi dapat dibentuk seunik mungkin untuk memberi kesan modern pada pelaminan pernikahamu. Agar tampak mewah, kamu bisa memilih jaring besi berwarna emas. Ditambah rangkaian bunga atau rangkaian lampu tentunya semua setuju, bahwa elemen dekoratif yang satu ini menjadi pusat perhatian dari seluruh dekorasi pernikahan. Kamu bisa tempatkan dua kursi kayu atau sofa berwarna netral sebagai tempat duduk untuk singgasana pengantin di hari H nanti. Konsep dekorasi pelaminan unik dan anti mainstream ini sangat patut untuk dicoba.

  1. Dekorasi Tirai dan Lampu

wm_article_img

Ilustrasi | in.pinterest.com

Jika kamu ingin menggelar resepsi di malam hari, dekorasi tirai dan lampu sangat cocok untuk kamu gunakan. Pasalnya dekorasi satu ini bisa membuat resepsi menjadi lebih meriah. Sesuai dengan namanya, dekorasi tirai dan lampu memang tersusun dari tirai dan lampu. Kamu bisa menggunakan tirai berbagai warna, namun yang paling direkomendasikan adalah tirai putih. Warna putih pada tirai bisa memberikan kesan romantis, apalagi jika kamu menambahkan dekorasi berupa lampu tumblr di depan tirai. Dijamin suasana pernikahanmu mirip seperti pernikahan di pinterest dan para selebgram.

  1. Papan yang Dipenuhi Daun Lebar

wm_article_img

ilustrasi | in.pinterest.com

Mau dekorasi pelaminan sederhana tapi mewah dan natural? Kamu bisa terapkan konsep dekorasi rustic, dengan menggunakan papan yang dipenuhi daun lebar. Biasanya penggunaan papan ini berfungsi sebagai backdrop pelaminan rustic. Dengan menggunakan papan berwarna putih atau warna kayu asli, diberi hiasan daun-daun lebar, membuat pelaminan terlihat lebih semarak dan alami. Selain itu, papan ini juga bisa digunakan sebagai background foto bagi para tamu yang ingin mengabadikan momen di pernikahanmu.

  1. Dekorasi Pintu Rusak

wm_article_img

Ilustrasi: weddingwire.com 

Dalam sebuah pesta pernikahan, para pengantin biasanya menggunakan dekorasi seperti tirai dan papan untuk dijadikan backdrop pelaminan. Hal itu sangat wajar mengingat penggunaan papan dan tirai sangat umum digunakan di Indonesia. Salah satunya yakni gebyok, papan backdrop pelaminan adat Jawa. Namun, ternyata ada juga loh desain backdrop yang anti mainstream dengan menggunakan pintu rusak. Walaupun terlihat tidak umum digunakan, tapi jika pintu rusak kamu ubah dengan baik, pintu tersebut bisa menjadi media yang cantik untuk kamu jadikan sebagai backdrop pelaminan bergaya vintage. Kamu bisa menggunakan pintu rusak sebagai dekorasi pelaminan dengan cara mengecat ulang pintu, serta mengamplas pintu hingga pintu terlihat halus atau dibiarkan apa adanya saja berwarna alami kayu. Jika ada kaca yang menempel, jangan lupa dilepaskan terlebih dahulu, kemudian tambahkan detail lain seperti bunga, ranting atau daun-daunan sebagai hiasan.

  1. Dekorasi Tangga 

wm_article_imgphoto via tokopedia.net

Desain dekorasi pelaminan sekarang memang banyak menggunakan media yang aneh, mulai dari papan tulis, papan biasa hingga pintu rusak. Ada satu lagi media dekorasi pelaminan unik yang murah meriah tapi bisa membuat pernikahanmu tampak semakin berkesan, dan tentunya murah meriah, dengan memanfaatkan tangga. Tangga yang punya bentuk seperti tangga bangunan pada umumnya, namun dicat ulang dan diberikan berbagai aksesoris seperti tirai maupun bunga-bunga, membuat tampilannya berubah total. Tangga tersebut bukan lagi seperti alat bangunan melainkan sebuah elemen dekoratif yang memberikan kesan eksentrik pada dekorasi pernikahanmu. 

Dekorasi tangga bisa kamu gunakan sebagai backdrop pelaminan maupun background foto untuk para tamu yang ingin mengabadikan momen di pernikahanmu. Untuk menambah kesan unik, dekorasi tangga biasa digunakan pada konsep pernikahan outdoor. Namun jika kamu ingin menggelar pernikahan di dalam ruangan, tentu juga bisa menggunakan tangga sebagai dekorasi, hanya saja kamu harus menambahkan detail aksesoris lain seperti lampu tumblr untuk mempercantik penampilannya. Menarik sekali, bukan?

  1. Dekorasi Kain Renda

wm_article_img

ilustrasi | in.pinterest.com 

Selain menggunakan tirai, kamu juga bisa menggunakan kain renda untuk dijadikan dekorasi pelaminan. Kain renda ini punya motif unik yang membuatnya tidak perlu tambahan aksesoris lain untuk mempercantiknya, maka dari itu biaya dekorasi bisa ditekan. Meskipun demikian, kain renda memberikan kesan mewah dan mahal pada pelaminan sederhana milikmu. Jika kamu mengadakan pernikahan berkonsep outdoor, kamu bisa memasang kain renda di sebuah pohon lalu membiarkannya tersampir hingga bawah. Agar tampilannya lebih memukau, kamu bisa pasang kain renda di dua pohon yang berbeda lalu ikatkan dua kain tersebut satu sama lain. Untuk dekorasi pernikahan indoor pun juga oke, karena tekstur dan keunikan motif pada bahan yang satu ini memberikan semarak dan estetika tersendiri yang membuat dekorasi pelaminan menjadi berkelas.

Itulah beberapa inspirasi dekorasi pelaminan murah meriah namun elegan. Selain menghemat budget, detail dekorasi pelaminan sederhana di atas juga termasuk tidak membutuhkan banyak media sehingga lebih efisien. Satu hal yang perlu diingat, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pernikahan yang mewah apabila danamu terbatas. Sebab, ada berbagai macam opsi yang dapat dimanfaatkan, jika mau meluangkan waktu lebih untuk berkreasi, tentu saja kamu tetap bisa menampilkan dekorasi pernikahan simple menjadi lebih elegan dan maksimal.

Jika tak mau repot, konsultasikan saja budget pernikahanmu kepada para vendor dekorasi pernikahan yang sudah ahli dan berpengalaman dibidangnya. Pilih salah satunya di WeddingMarket, serta temukan juga berbagai macam kebutuhan untuk pesta pernikahan kamu dengan berbagai penawaran harga menarik. Yuk, wujudkan pernikahan impianmu bersama WeddingMarket!

Baca juga: Jadikan Dekorasi Pernikahan Lebih Hidup dengan Ragam Pencahayaan dan Lampu Dekorasi Pelaminan Mewah Ini!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...