Pilih Kategori Artikel

5 Tips Menulis Janji Pernikahan yang Romantis, Berkesan dan Tak Terlupakan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Janji pernikahan atau wedding vows adalah sebuah elemen yang sangat vital dalam upacara pemberkatan pernikahan. Ucapan janji pernikahan ini merupakan komitmen yang diungkapkan oleh kedua calon pasangan, berisi tentang upaya yang akan mereka lakukan saat memulai kehidupan bersama atau ungkapan isi hati sang pengantin.

Sejatinya wedding vows berisi perasaan tulus dari kedua calon pengantin. Oleh karena itu, akan lebih personal dan intim apabila kata-kata janji pernikahan tersebut dibuat oleh mereka sendiri. Namun, beberapa calon pengantin mungkin tidak menyadari hal ini, atau ada yang sudah tahu tapi mungkin masih merasa malu untuk mengungkapkannya.

Nah, sejauh mana kekuatan dan keajaiban dari sebuah janji pernikahan? Berikut adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin menulis wedding vows yang akan selamanya dikenang.

1. Lakukan persiapan dengan matang

wm_article_img
Foto: David Salim Photography

Menulis janji pernikahan membutuhkan persiapan dan kesungguhan. Maka dari itu, tidak dianjurkan untuk menulis wedding vows dalam waktu singkat.

Berikan dirimu cukup waktu untuk merenungkan isi janji pernikahan setidaknya dua minggu sebelum acara pernikahan berlangsung. Selain memikirkan isinya, waktu yang cukup panjang juga memungkinkan kamu untuk berlatih agar lebih percaya diri saat membacakan janji pernikahan di depan altar nanti.

2. Kumpulkan referensi sebelum menulis

Menyusun janji pernikahan memang bisa menjadi tugas yang rumit, terutama bagi calon pengantin yang tidak terlalu terbiasa mengungkapkan perasaan mereka. Namun, ada banyak sumber yang dapat membantu dalam proses ini.

Referensi tersebut dapat berasal dari buku, puisi, kutipan film, kutipan dari selebriti atau tokoh terkenal, atau lagu-lagu yang memiliki makna mendalam dan berkesan. Kamu bisa mencari inspirasi dari referensi yang telah dikumpulkan tersebut. 

3. Ungkapan janji pernikahan yang sentimental

wm_article_img

Dalam menyusun wedding vows, kamu tak perlu merasa malu untuk mengungkapkan perasaan dengan jujur yang mengalir dari hati. Meskipun kata-kata janji pernikahan yang kamu tuliskan tersebut sedikit terdengar sentimental. Namun, janji pernikahan yang dilontarkan di depan mereka yang hadir di pemberkatanmu kelak, adalah bukti nyata dari cinta yang diungkapkan secara lisan.

Perasaan yang terungkap dan janji yang diucapkan, yang kemudian dibagikan dengan orang lain, dapat menghadirkan kebahagiaan, keharuan, bahkan kegembiraan yang bisa dirasakan oleh semua yang hadir. Oleh karena itu, tulislah janji pernikahan dengan tulus dan sepenuh hati.

4. Buat daftar rinci poin-poin yang ingin disampaikan

Catat dengan jelas apa yang ingin kamu sampaikan dalam wedding vows, dan pastikan tidak ada yang terlupakan. Isi harus mencakup tentang pasangan kamu dan visi pernikahan yang ingin kalian wujudkan. Jangan lupa periksa secara berkala dan susun dengan cermat bagian mana yang harus menjadi fokus utama untuk dibacakan, mulai dari awal hingga akhir.

5. Berlatih membaca janji pernikahan

wm_article_img

Foto via Flo Organizer

Terakhir, kamu harus sering-sering berlatih membaca wedding vows secara rutin, serta pastikan kamu mengucapkannya dengan suara yang jelas agar para tamu bisa mendengarnya dengan baik. Baik untuk pemberkatan di dalam ruangan atau di luar ruangan, pastikan kamu berlatih agar pengucapan janji pernikahan terdengar dengan jelas dan lancar pelafalannya. Practice makes perfect!

Itulah tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat janji pernikahan sendiri yang tulus dari hati. Tentunya ungkapan jujur yang tercurahkan dalam weding vows tersebut akan lebih berkesan dan tak akan terlupakan. Untuk langkah awal, tak ada salahnya kamu mengulik beberapa wedding vows dari film romantis sebagai referensi. Semoga bisa menginspirasi, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami