Pilih Kategori Artikel

Tutorial Sanggul Modern Simple dan Elegan yang Bisa Kamu Coba di Rumah. Anti Ribet, Langsung Jadi!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sanggul merupakan salah satu tatanan rambut yang dikreasikan untuk membuat penampilan menjadi lebih rapi dan anggun. Bagi sebagian orang, sanggul menjadi style khusus yang digunakan pada waktu-waktu tertentu saja, seperti menghadiri acara pernikahan, wisuda atau pun acara penting lainnya. Namun, ada pula orang-orang yang suka mengenakan sanggul untuk penampilan sehari-hari. 

Apalagi zaman sekarang ada berbagai macam model sanggul yang bisa dikreasikan dari rambut sendiri. Pengguna sanggul pun tak terbatas hanya wanita berambut panjang, tapi juga bisa dikenakan oleh orang-orang berambut pendek. Banyak sekali pilihan model dan desain sanggul modern yang cocok untuk semua kalangan. Baik model sanggul simple yang sangat sederhana, maupun sanggul rumit yang hanya bisa dibuat oleh penata rambut saja. 

Dalam artikel ini WeddingMarket khususkan untuk kamu yang ingin membuat sanggul modern sendiri di rumah. Tentunya sanggul-sanggul yang dipilih adalah sanggul simple yang sangat sederhana, tak perlu alat khusus hanya karet dan jepitan rambut saja. Kamu bisa gunakan sanggul-sanggul tersebut untuk berbagai acara seperti wisuda, pesta pernikahan, ataupun acara-acara penting lainnya. Daripada penasaran, yuk simak tutorial selengkapnya! 

1. Messy Wrap-Around Bun

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi | camillestyles.com

Sanggul simple yang pertama akan kita bahas sangat sederhana, sedikit terkesan berantakan tapi tetap terlihat cantik, namanya sanggul lilit atau messy wrap around bun.  Kamu bisa  loh membuat sendiri model sanggul messy wrap around ini di rumah. Meski sedikit terkesan berantakan, sanggul modern ini membuat tampilanmu lebih muda dan mempesona. Sekilas, sanggul messy wrap terlihat sulit untuk dibuat, tapi ternyata cukup mudah loh.

Alat-alat yang digunakan pun mudah ditemukan, cukup dengan sebuah karet gelang dan beberapa jepit rambut kamu sudah bisa menghasilkan sanggul simple yang elegan untuk menghadiri pesta pernikahan atau acara-acara penting lainnya. Sanggul modern sederhana messy wrap around bun bisa kamu gunakan dengan kebaya atau baju pesta. Untuk lebih lengkap terkait cara pembuatan sanggul messy wrap, ini dia langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, bagi sedikit rambut bagian depan atau poni pisahkan dengan rambut bagian belakang. Kemudian sisir semua rambut sisanya agar tidak kusut sebelum dikuncir dengan ikat rambut atau karet membentuk ikatan ponytail rendah atau sedang.

  2. Selanjutnya, ambil sedikit bagian dari kunciran rambut, lipat ke bagian dalam lalu lilitkan sekeliling kunciran untuk menutupi karet atau ikat rambut yang digunakan hingga seluruhnya terlilit rambut. Kemudian jepit unjung rambut dengan jepitan yang sudah dipersiapkan.

  3. Terus ulangi lilitan rambut sampai semua kuncirannya habis dan terlilit dengan sempurna.

  4. Sementara itu, untuk bagian poni yang masih terurai, dirapikan dengan sisir, kemudian tarik ke bagian belakang hingga bertemu dengan ujung lilitan sanggul kunciran yang sebelumnya telah dibuat, rekatkan dengan penjepit. Apabila poni pendek, maka dibiarkan saja terurai.


2. High Knot Bun

wm_article_img

sumber: id.pinterest.com

Apabila kamu memiliki rambut yang cukup panjang dan tebal, maka rekomendasi model rambut sanggul simple berikutnya yang bisa dicoba adalah high knot bun. Sesuai dengan namanya, high knot bun adalah tipe sanggul yang terletak di atas kepala dengan bentuk seperti cepolan. Model sanggul satu ini cocok digunakan untuk acara semi formal hingga formal, seperti acara pernikahan, tunangan, ataupun lamaran. 

Walaupun sanggul modern yang satu ini terkesan formal tapi kamu tetap bisa terlihat fresh dan awet muda. Cara pembuatan sanggul high not termasuk mudah dan tidak memakan waktu lama, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini: 

  1. Langkah pertama tarik semua rambutmu ke bagian belakang

  2. Setelah itu, rambut tersebut kamu ikat ke bagian atas kepala hingga membentuk sebuah kuncir kuda.

  3. Bagi rambut yang sudah terikat, lalu lilitkan mengelilingi kunciran sehingga terbentuk sebuah sanggul. 

  4. Terakhir, sematkan ujung lilitan rambut dengan jepitan.  


3. Sanggul Half-Up Half-Down Twisted

wm_article_imgwm_article_img

wm_article_img

ilustrasi | pinterest.com.mx

Selanjutnya adalah rekomendasi bagi kamu yang ingin menata rambut dengan sanggul kecil tanpa perlu mengikat seluruh rambut. Maka, sanggul sederhana model half-up half-down twisted bisa dicoba. Ciri khas sanggul ini berupa tatanan rambut yang dibentuk sanggul hanya setengah bagian saja, sedangkan sisanya dibiarkan terurai. Jika dilihat sekilas dari depan memang tidak ada yang spesial dari gaya rambut model half-up half-down twisted, tetapi dari belakang terlihat detail twisted yang membuatnya menjadi lebih cantik.

Gaya sanggul simple ini bisa dipakai untuk sehari-hari, acara pesta, ataupun ketika kamu didapuk menjadi bridesmaid. Untuk membuat sanggul jenis ini pun tidak membutuhkan banyak alat, cukup sediakan satu buah karet rambut atau jepitan dan kamu sudah bisa berkreasi dengan sanggul sederhana dari rambut sendiri. Begini langkah-langkah untuk membuat sanggul kecil yang cantik dan sederhana ini:

  1. Rapikan seluruh rambut dengan sisir, jangan sampai ada bagian yang kusut.

  2. Ambil sedikit rambut bagian depan dari kedua sisi kanan dan kiri, kemudian pulir keduanya masing-masing.

  3. Kemudian, arahkan ke bagian belakang, temukan kedua sisi rambut bagian kanan dan kiri di tengah, ikat dengan karet.

  4. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menutupi ikat rambut atau karet yang dikenakan. Caranya, ambil sedikit rambut dari sisi sebelah kanan, lilit rambut ke arah dalam ikatan sehingga menutupi karet rambut. Lakukan beberapa kali lilitan dan biarkan sisa rambutnya tergerai.

  5. Lakukan hal yang sama pada bagian sebelah kiri, ambil sedikit rambut, kemudian lilit ke arah dalam ikatan sehingga menutupi karet rambut. Lakukan beberapa biarkan sisanya menjuntai alami. Sanggul simple ini pun sudah siap. Mudah sekali, bukan?


4. Sanggul Pigtail Bun

wm_article_img

ilustrasi | id.pinterest.com

Kamu ingin tampil lebih muda dengan gaya rambut yang cute? Coba deh sanggul pigtail bun yang menggemaskan ini. Sanggul sederhana yang terdiri dari dua cepolan di sisi kanan dan kiri kepala ini bisa membuat tampilanmu terlihat lebih ceria dan nampak jauh lebih muda. Untuk membuat sanggul imut ini pun tak sulit, hanya terdiri dari tiga tahapan saja. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama,  bagi dua rambut dengan bagian yang sama rata antara kanan dan kiri

  2. Kedua, buat kuncir kuda di kedua sisi rambut dan gulung-gulung ke arah dalam

  3. Terakhir sematkan penjepit agar lilitan rambut tidak bergeser atau jadi berantakan. 

Apabila kamu ingin membuat model sanggul modern cute ini tampak lebih menarik, sebelum menggulung-gulung rambut, kamu bisa mengepang kedua rambutmu terlebih dahulu baru setelah itu digulung-gulung. Kunciran juga bisa dibuat lebih rendah, misalnya di bawah tengkuk, dengan begitu kesannya lebih dewasa. Model sanggul ini bisa kamu gunakan untuk menghadiri berbagai acara, baik casual maupun formal.


5. Simple Low Chignon

wm_article_img
Ilustrasi | euroresidentes.com

Model sanggul simple terakhir yang sangat sederhana dan tentunya bisa kamu buat sendiri yakni sanggul chignon. Jangan khawatir, sanggul modern yang satu ini bisa untuk rambut pendek maupun rambut panjang. Untuk membuatnya pun sangat sederhana, tidak membutuhkan catokan atau alat-alat lainnya, hanya cukup dengan satu buah karet gelang dan penjepit rambut saja. Nah, bagaimana caranya? Berikut tahap-tahap membuat sanggul modern chignon sederhana untuk dikenakan ke pesta pernikahan, wisuda ataupun acara lainnya.

  1. Pertama, rapikan rambut dengan sisir kemudian kuncir seluruh rambutnya dengan karet atau ikat rambut kecil.

  2. Kemudian, ambil posisi di tengah-tengah ikatan, buat lubang seukuran rambutmu.

  3. ambil ujung bawah rambut, kemudian tarik ke atas dan selipkan ke dalam lubang ikatan yang sudah dilonggarkan sebelumnya

  4. Gulung rambut dengan rapi hingga ujung-ujungnya tidak tampak menyembul lagi ke luar

  5. Terakhir, rekatkan dengan jepitan rambut agar sanggul yang terbentuk lebih tahan lama.

Bagaimana, membuat sanggul simple ini mudah dan gak perlu ribet, bukan? Tentunya, kamu bisa mencobanya dengan rambutmu sendiri untuk ke kondangan, wisuda, maupun acara-acara penting lainnya. Walaupun simpel dan tidak membutuhkan banyak alat, sanggul yang dihasilkan tetap bagus dan membuat kamu nampak cantik dan mempesona. Nah, dari kelima model sanggul modern itu kamu mau coba yang mana?


Baca juga: Inspirasi Model Sanggul Modern dari Rambut Sendiri yang Cantik dan Modis

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...