Contoh Ukuran Undangan Pernikahan yang Sering Digunakan

26 Jan 2021 | By Wedding Market WeddingMarket | Viewers: 435
Contoh Ukuran Undangan Pernikahan yang Sering Digunakan
Foto: Smock Paper

Undangan merupakan salah satu perlengkapan pernikahan yang perlu dipersiapkan dengan sangat matang. Undangan ini akan digunakan untuk memberitahukan pernikahan kepada rekan atau kolega. Kamu bisa menggunakan ukuran undangan pernikahan yang beragam baik ukuran yang kecil maupun yang besar. 

Ukuran yang diambil bisa disesuaikan dengan keinginanmu agar bisa sesuai. Jangan sampai kamu tidak terlalu memperhatikannya karena hanya akan membuatmu merasa tidak terlalu tenang. Terlebih jika tamu yang akan diundang merupakan orang yang memiliki jabatan yang cukup tinggi atau bukan orang yang biasa saja. 

Namun berapapun ukurannya tugasmu hanya perlu memastikan bahwa isinya sudah tepat dan sesuai. Untukpenggunaan formatnya bisa disesuaikan dengan ukuran atau jenis undangan. Namun intinya format undangan tersebut harus bisa menyampaikan maksud dan tujuan undangan tersebut. 

Jika kamu masih bingung dengan ukuran yang bisa digunakan pada sebuah undangan maka kamu bisa memilih beberapa contoh ukuran undangan pernikahan berikut ini. 

1. Ukuran A4 / Soft Cover

Ukuran soft cover merupakan ukuran yang cukup basic atau standar. Ukuran kertas yang digunakan ialah A4 dengan panjang dan lebar khusus. Biasanya ukuran kertas untuk undangan ini berukuran 21 x 29, 7 cm. Ukuran tersebut cukup standar dan ideal bagi pembuatan sebuah undangan pernikahan

Ukuran undangan pernikahan ini bisa kamu pilih jika kamu ingin menggunakan ukuran yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Saat kamu membeli bahan kertas Plano untuk undangan maka bahannya akan menjadi panas dan tidak terlalu banyak terbuang. Contohnya kamu bisa menggunakan kertas Plano dengan ukuran 65 x 100. 

Itulah mengapa ukuran ini lebih banyak direkomendasikan karena memang cukup efektif dan efisien terhadap penggunaan bahan dan pembuatan undangan. Kamu bisa menggunakan ukuran ini jika kamu ingin benar-benar ideal dalam setiap proses pembuatannya. Jika kamu tidak ingin terlalu banyak bahan yang terbuang maka ukuran ini bisa kamu pilih. 

2. Soft Cover Lipat Dua

Kamu juga bisa memilih ukuran undangan pernikahan untuk jenis undangan lipat 2. Untuk ukuran ini kamu bisa memilih ukuran A4. Untuk ukurannya kamu bisa memilih ukuran buka 25×18 CM dan ukuran tutup : 12,5×18 CM. Ukuran tersebut sudah cukup standar dan dan bisa membuat undangan nampak lebih menarik. 

Untuk lipat 2 ini kamu harus memastikan ukurannya benar-benar sama agar saat dilipat hasilnya menjadi lebih simetris. Jangan lupa tetap pastikan isinya sesuai dengan penulisan atau ejaan yang benar. Kamu bisa melakukan survei langsung agar melihat ukuran asli baik bahan sebelum jadi maupun saat sudah menjadi undangan. 

Ukuran ini memang cenderung lebih kecil daripada biasanya. Akan tetapi dengan menggunakan ukuran undangan pernikahan ini kamu tetap bisa memuat setiap informasi mengenai maksud dan tujuan undangan tersebut. Kamu tak perlu khawatir karena ukuran ini sudah cukup untuk bisa memuat setiap informasi yang dimaksud. 

3. Undangan Lipat Sedang

Kamu juga bisa memilih ukuran undangan lipat yang cukup sedang yaitu ukuran buka 22 x 22 cm dan ukuran tutup 22 x 11 cm. Antara ukuran tutup dan bukanya berbeda hanya 1 cm saja. Tujuannya untuk membuat lipatannya lebih simetris dan ukurannya sesuai. Jangan sampai kamu tidak menggunakan ukuran yang tepat. 

Sebab untuk undangan lipat sedang ini sudah dibuat dengan sebaik mungkin. Sehingga jika ukuran undangan pernikahan ini dikurangi sedikit saja hasilnya tidak akan maksimal. Pastikan kamu membuat ukuran yang sesuai dengan petunjuk tadi agar tidak menjadi undangan yang tidak rapi. 

Hal ini tentu saja membuatmu kurang percaya diri jika ingin membagikan undangan tersebut karena bentuknya yang kurang baik. Jangan sampai hal ini sampai terjadi karena kamu justru akan merasa kurang nyaman bahkan bisa mendapat komentar yang kurang baik. Untuk ukuran sedang ini bisa kamu pilih agar lebih leluasa menulis setiap isinya. Karena tak hanya ukuran, isi undangan pernikahan juga perlu diperhatikan.

4. Soft Cover Klasik Lipat Dua Sedang Tidak Lebar

Kamu juga bisa memilih jenis undangan klasik lipat dua dengan ukuran yang cukup sedang namun tidak terlalu lebar. Ukuran undangan pernikahan untuk bagian bukanya bisa menggunakan ukuran 21 x 21 cm. Kemudian ukuran tutupnya bisa memilih ukuran 10,5 x 21 cm. Ukuran ini bisa menjadi lebih ramping. 

Model seperti ini bisa kamu pilih jika kamu lebih menyukai desain yang tidak terlalu lebar. Pilihlah ukuran ini untuk membuat undanganmu nampak lebih rapi namun tidak terlalu besar. Kamu tak pernah khawatir karena meskipun sedikit lebih ramping setiap isi dan maksud dari undangan tetap bisa dimuat dengan baik. 

Gunakan jenis soft cover agar melipatnya bisa lebih mudah. Selain itu desain atau model undangannya juga lebih mudah disesuaikan. Selain itu, untuk ukuran ini harganya juga bisa lebih murah dibandingkan beberapa ukuran sebelumnya. Terlebih jika jenis kertas yang dipilih tidak terlalu tebal dan ukurannya sudah sesuai. 

5. Soft Cover Simple Lipat Tiga

Kamu juga bisa memilih model undangan pernikahan soft cover lipat 3 dengan ukuran buka 30 x 15 cm serta ukuran tutup 15 x 15 cm. Ukuran ini bisa kamu sesuaikan kembali dan dirapihkan jika ingin melipatnya menjadi 3 bagian. Ukuran undangan pernikahan ini cukup simple dan tidak akan terkesan berlebihan terutama jika kamu juga mengusung tema yang cukup simpel. 

Ukuran tersebut cukup sedang karena tidak melebihi ukuran 20 cm yang biasanya sudah termasuk ukuran undangan yang cukup besar. Pada masing-masing bagian atau lipatan kamu bisa menuliskan setiap informasinya. Sesuaikan dengan ukuran masing-masing lipatan atau halamannya agar informasinya bisa dituliskan semua. 

Pastikan masing-masing ukurannya sesuai sehingga saat dilipat menjadi tiga bagian bisa lebih simetris. Jangan sampai setelah berhasil dilipat menjadi tiga bagian bentuknya justru tidak akan menjadi rapi dan simetris. Untuk itu, pastikan kamu memperhatikan ukuran undangan pernikahan tadi jika ingin menggunakan model soft cover simple lipat tiga. 

6. Hard Cover Standar

Pada jenis undangan ini kamu bisa menggunakan hard cover sehingga membuatnya menjadi sebuah undangan berukuran standar. Untuk ukuran buka kamu bisa menggunakan ukuran 24 x 12 cm. Sementara untuk ukuran tutup kami bisa memilih ukuran 12 x 12 cm. Hal ini bisa menjadikan sebuah undangan yang rapi dan teratur. 

Untuk penggunaan hardcover kamu harus berhati-hati karena jika ingin melihatnya maka ukuran yang digunakan. Jangan sampai kamu menjadi kurang percaya diri terhadap undangan yang akan dibuat. Untuk jenis hard cover ukuran undangan pernikahan tersebut terbilang standar dan tidak akan nampak terlalu lebar atau berlebihan. 

Pastikan kamu memilih bahan yang sesuai serta menuliskan setiap isinya dengan maksimal dan tidak diada-adakan. Hal ini akan membuat penggunaan undangan menjadi tidak maksimal sehingga hasilnya tidak akan memuaskan. Pilih style atau desain yang sesuai agar hasilnya lebih maksimal. 

Demikianlah beberapa contoh ukuran undangan pernikahan yang bisa kamu untuk membuat sebuah undangan sesuai keinginanmu. Kamu bisa menyesuaikan setiap ukuran dengan bahan yang kamu senangi. Perhatikan setiap penggunaannya agar hasilnya bisa lebih maksimal dan sesuai dengan rencana awal. 


Artikel Terkait



Vendor Untuk Pernikahan terbaik di WeddingMarket