Pilih Kategori Artikel

Tips Menggelar Virtual Bridal Shower yang Seru dan Berkesan di Masa Pandemi Bersama Para Sahabat
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kaum millennials pasti akrab dengan istilah bridal shower, bukan? Bahkan, perayaan ini seringkali dijadikan tradisi sebelum menikah. Bridal shower adalah selebrasi atau perayaan yang dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk sahabat yang sebentar lagi melepas masa lajangnya. Tradisi ini biasanya digagas oleh para sahabat si calon pengantin atau bridesmaid, sebagai hadiah untuk sahabatnya yang akan segera menikah. 

Sejatinya, bachelorette party atau bridal shower adalah tradisi barat dan tidak wajib untuk dilaksanakan. Namun, tidak ada salahnya apabila kamu ingin mendapatkan momen yang menyenangkan dan tentunya istimewa bagi sahabatmu yang hendak menikah. 

Selain sebagai bentuk dukungan untuk sang sahabat, bridal shower juga menjadi bentuk ungkapan kepedulian dan rasa sayang kepada si calon pengantin. Sayangnya di tengah pandemi COVID-19 ini perayaan bridal shower tidak bisa sebebas dulu. Kalaupun bisa digelar di tempat umum, ada beberapa pembatasan yang mesti dipatuhi guna mencegah penyebaran virus sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Namun tidak masalah, kamu masih bisa kok menggelar virtual bridal shower untuk sang sahabat sebagai alternatifnya. Virtual bridal shower bisa dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa kini, seperti video call atau virtual meeting.

wm_article_img
foto via id.pinterest.com

Lantas, bagaimana caranya membuat virtual bridal shower tetap seru dan berkesan meskipun tidak saling bertemu? Gak perlu pusing, berikut ini WeddingMarket berikan tipsnya khusus untukmu. Disimak, ya!

1. Pilih platform video call yang paling sesuai 

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengadakan virtual bridal shower bagi si calon pengantin adalah memilih platform untuk kalian melakukan live streaming yang paling sesuai dengan kebutuhan. Yup, perayaan secara virtual tentunya akan sangat bergantung dengan platform yang digunakan. Ada banyak pilihan, contohnya yang paling mudah adalah Zoom dan Skype. Selain itu, ada  Google Hangout, Microsoft Team, dan lain sebagainya. 

2. Pilih tema yang seru

Selanjutnya, tentukan tema bridal shower yang ingin kamu gelar secara virtual. Untuk mendapatkan tema yang paling seru dan menarik, sebaiknya diskusikan dengan si calon pengantin dan para bridesmaid yang lain, ya. Tema ini juga akan sangat berkaitan dengan persiapan bridal shower lainnya seperti dekorasi dan dress code yang akan dikenakan. Beberapa contoh tema bridal shower yang bisa kamu coba secara virtual bersama sahabat-sahabat antara lain: movie night, yoga, home spa, dll.  

3. Tentukan dress code biar semakin menarik

Virtual bridal shower dijamin akan semakin menarik apabila kamu dan para sahabat merencanakan untuk mengenakan baju yang seragam, loh. Gak perlu yang heboh-heboh, pilih dress code yang sekiranya mudah saja, misalnya baju tidur atau piyama, baju berwarna seragam, dan sebagainya. 

4. Buat makin meriah dengan dekorasi

Pada acara bridal shower yang biasa umumnya selalu ada dekorasi sebagai pemanis. Nah, bagaimana dengan dekorasi bridal shower virtual? Tentu juga perlu dong, kurang lengkap rasanya apabila tidak ada hiasan sama sekali di acara virtual bridal shower yang kamu adakan. Caranya, bisa dengan mendesain template untuk background virtual bridal shower yang kemudian dikirimkan kepada teman-teman yang lainnya. Background ini nantinya bisa dipakai bersama-sama saat melakukan video call atau Zoom bridal shower

Mau yang lebih ‘niat’ lagi? Kamu bisa menyiapkan dan mengirimkan properti dekorasi bridal shower kepada teman-teman yang lainnya. Nah, nanti properti dekorasi itu bisa disusun biar semakin meriah pada saat acara virtual bridal shower dilaksanakan. Contoh properti yang bisa kamu gunakan misalnya balon-balon, bunga, bando, tulisan, poster, dll.

wm_article_img
foto via davidsbridal.com

5. Sebarkan undangan bridal shower digital

Biar makin lengkap, desain juga undangan bridal shower virtualnya dalam bentuk digital (e-invitation) kepada para sahabat. Jangan lupa lengkapi informasi penting seperti waktu dan tanggal acara, link video call, susunan acara, hingga keterangan dress code yang harus dikenakan dalam undangan virtual itu, ya. Supaya semua bridesmaids dan juga si calon pengantin bisa sama-sama mengetahui gambaran acaranya secara lengkap. 

6. Kirim-kirim makanan 

Kurang lengkap rasanya kalau kumpul bersama sahabat tanpa ada acara makan-makan, bukan? Meskipun bridal shower yang diadakan secara virtual, kamu juga perlu menyiapkan makanan untuk disantap bersama-sama. Jika biasanya ada kue bridal shower, saat perayaan virtual juga bisa kamu pesan dan dikirimkan kepada calon pengantin. Kalau bosan dengan kue yang itu-itu saja mungkin bisa diganti dengan makanan lainnya seperti pizza atau aneka makanan ringan lainnya yang bisa kamu kirim melalui aplikasi online ke rumah masing-masing. Apapun makanannya, mau itu bridal shower cake yang dipesan khusus atau yang lainnya, pasti membuat acara makin seru, deh!

7. Coba berbagai games dan aktivitas seru

wm_article_img
Foto via id.pinterest.com

Terakhir, supaya acara virtual bridal shower yang diadakan semakin berkesan, coba juga berbagai macam games atau permainan yang seru dan lucu. Misalnya, tebak-tebakan, bermain kuis, karaoke bersama dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut bisa semakin memperkuat bonding kamu dan para sahabat. 

Walaupun di masa pandemi ini masih belum leluasa untuk saling bercengkrama dengan para sahabat, namun bridal shower tetap bisa dilaksanakan secara virtual dengan melakukan streaming  bersama. Virtual bridal shower ini pun tak kalah seru dengan bridal shower biasanya.

Kamu dan para bridesmaids yang lain tetap bisa menghabiskan momen hangat bersama-sama dengan si calon pengantin meskipun dari jarak jauh. Tentunya momen tersebut akan menjadi kenangan spesial yang tak akan terlupakan bagi sahabat-sahabatmu, khususnya si calon pengantin. Selamat mencoba, dears!


Baca juga: 9 Tugas Bridesmaid yang Perlu Kamu Ketahui

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...